Sedulur sudah tahu daftar jenis tanaman aromaterapi dan bermacam manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Tanaman aromaterapi merupakan salah bentuk terapi atau pemulihan yang dilakukan dengan minyak atsiri atau yang dikenal juga dengan nama essential oil. Essential oil tersebut didapatkan dari beberapa tanaman aromatik yang juga dapat menghasilkan minyak aromaterapi yang digunakan untuk pemulihan.

Terdapat beberapa jenis aromaterapi, yang paling umum berasal dari berbagai jenis tanaman. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar aromaterapi alami berikut dengan cara membuat aromaterapi. Beberapa produk aromaterapi berasal dari jenis tanaman yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

-->

Daftar Jenis Tanaman Aromaterapi yang Bisa Memberikan Manfaat

1. Lavender

1. Lavender
warstek.com

Tanaman pertama adalah lavender. Banyak produk aromaterapi yang menggunakan lavender sebagai minyak essential. Lavender merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bunga berwarna ungu dan juga merupakan tanaman anti nyamuk. Karena aroma dari lavender sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Sedulur bisa melakukan cara membuat minyak aromaterapi dari tanaman ini. Selain anti nyamuk, lavender juga merupakan tanaman yang mempunyai aroma yang sangat wangi yang dapat memberikan efek baik untuk berbagai penyakit, seperti sakit kepala, migrain, flu dan juga dijadikan sebagai obat antidepresan.

2. Chamomile

2. Chamomile
indoblognet.com

Tanaman selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai aromaterapi adalah chamomile. Bunga dari tanaman ini seringkali digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat teh, hal tersebut dikarenakan aromanya yang sangat wangi dan juga dapat memberikan manfaat untuk mengobati beberapa gejala penyakit.

Penyakit seperti sakit perut, sakit kepala, mual dan muntah bisa diredakan dengan tanaman ini. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai antidepresan ringan yang membuat tanaman ini cocok dijadikan sebagai aroma terapi. Selain itu, tanaman ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias, karena bentuknya yang indah dan dapat mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Baca Juga: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

3. Bunga Hibiscus

3. Bunga Hibiscus
gelorasriwijaya.co

Hibiscus atau tanaman yang dikenal di Indonesia dengan nama kembang sepatu ini merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai aromaterapi. Beberapa masyarakat di Indonesia juga memiliki tradisi yang panjang dan menjadikan bunga ini sebagai teh yang dapat memberikan efek baik untuk tubuh.

Bunga hibiscus memiliki beberapa jenis warna, ada warna merah, merah muda dan kuning. Salah satu manfaat dari bunga ini adalah dapat memberikan relaksasi dari bagi tubuh. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam bunga ini juga sangat berguna sebagai obat herbal dan antidepresan.

4. Tanaman Bergamot

4. Tanaman Bergamot
cekaja.com

Tanaman bergamot memiliki daun berwarna hijau dan memiliki bentuk yang menyerupai pohon jeruk. Warna buah daru bergamot sendiri seperti buah jeruk atau lemon. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai aromaterapi, karena ekstrak dari tanaman ini sering digunakan seabgai bahan untuk parfum.

Terdapat senyawa asetat, alkohol linalool dan linalyl dalam tanaman ini. Tanaman ini juga memiliki sifat antidepresan dan dapat mengobati stress dan meningkatkan mood tubuh. Serta dapat mengobati anoreksia, mengatasi rasa cemas berlebih dan depresi.

5. Peppermint

5. Peppermint
cekaja.com

Tanaman aromaterapi ini sudah sangat terkenal dengan manfaatnya yang dapat memberikan ketenangan. Banyak bahan kosmetik yang menggunakan peppermint sebagai bahan utama, bukan hanya itu, peppermint juga banyak digunakan sebagai bahan untuk beberapa permen dan makanan manis lainnya.

Aroma mentol yang kuat dalam tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk pengharum ruangan, karena dapat memberikan efek baik untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Beberapa produk permen menggunakan mentol dalam peppermint untuk menghilangkan aroma mulut yang tidak sedap.

6. Bunga Melati

6. Bunga Melati
bola.com

Bunga yang memiliki bentuk sangat indah dan juga menawan ini bisa dijadikan sebagai aromaterapi, aroma wangi yang terdapat dalam bunga melati yang mendasari hal tersebut. Wangi dari bunga melati dapat meningkatkan kewaspadaan yang tinggi dan membuat suasana hati membaik.

Banyak produk pewangi ruangan yang menggunakan bunga melati sebagai bahan utamanya. Banyak jenis dari bunga melati dan juga berbagai macam jenis warna yang menghasilkan aroma yang berbeda-beda. Jika Sedulur ingin lebih tenang, sangat cocok untuk menggunakan bunga melati sebagai pewangi dalam rumah.

7. Bunga Mawar

7. Bunga Mawar
liputan6.com

Bunga yang merupakan simbol cinta dan kasih sayang ini juga dapat dijadikan sebagai aroma terapi dan sudah digunakan sejak dulu, selain sebagai aroma terapi, bunga mawar juga digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan beberapa penyakit. Senyawa fenolat yang terkandung dalam bunga mawar merupakan jawabannya.

Senyawa fenol dapat memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat melindungi tubuh dari beberapa zat yang berbahaya yang dapat merusak tubuh. Umumnya, bunga mawar seringkali digunakan sebagai obat untuk sakit kepada dan juga antiseptik. Oleh karena itu aroma yang dihasilkan bunga mawar dapat membuat tubuh dan pikiran lebih tenang.

8. Kemangi

8. Kemangi
cekaja.com

Bagi Sedulur yang sering membeli makanan pecel atau ayam goreng di kaki lima akan tahu dengan tanaman ini. Kemangi merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai lalap atau sayur, hal tersebut dikarenakan aroma dari kemangi yang dapat menyegarkan dan membuat nafsu makan meningkat.

Kemangi juga mengandung flavonoid, saponin dan karotenoid yang baik untuk tubuh. Ekstrak daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat herbal dan tentu saja sebagai aroma terapi, untuk dapat membuat tubuh dan pikiran lebih tenang dan mengurangi bahkan dapat menghilangkan stres.

9. Rosemary

9. Rosemary
cekaja.com

Tanaman aroma terapi selanjutnya adalah rosemary. Aroma dari tanaman ini dapat merangsang sirkulasi dan juga berperan sebagai tonik. Sedulur bisa langsung mencobanya untuk dapat merasakan manfaatnya. Sedulur bisa menaungkan 4 gelas air dalam panci dan rebus rosemary hingga mendidih.

Minum air rebusan rosemary ketika sudah dingin atau juga bisa Sedulur jadikan sebagai air untuk mandi. Sedulur akan merasakan perubahan dan perbedaan yang dirasakan oleh tubuh akibat dari manfaat yang diberikan oleh rosemary tersebut.

10. Kayu Manis

10. Kayu Manis
liputan6.com

Tanaman terakhir yang bisa dijadikan sebagai aroma terapi adalah kayu manis. Kayu manis mengandung sinamaldehid yang merupakan kandungan utama dari kayu manis yang dapat memberikan beberapa manfaat dalam tubuh, seperti meredakan perut kembung, radang sendi dan juga dijadikan suplemen.

Selain itu kandungannya juga dapat memberikan sensasi tenang untuk pikiran, meredakan stress dan mengobati insomnia. Sangat cocok bagi Sedulur yang mengalami kesulitan tidur atau memiliki beban pekerjaan yang berat dan rawan stress.

Semoga daftar tanaman aromaterapi di atas bisa menambah informasi dan wawasan bagi Sedulur yang ingin menjadi lebih tengan dengan bantuan dari beberapa tanaman yang telah diulas di atas. Sedulur juga bisa mendapatkan beberapa tanaman di atas dengan membelinya di Aplikasi Super.

Melalui Super Eats yang dimiliki oleh Aplikasi Super, terdapat berbagai macam barang dan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang super murah dan cara belanja yang super mudah. Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang penasaran belanja menggunakan aplikasi, Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Selamat mencoba kemudahan belanja sembako online, dan mendapatkan keuntungan melimpah dari Aplikasi Super.