jamu pelancar haid

Masalah siklus haid yang tak teratur tentu akan membuat para wanita menjadi khawatir. Sebab siklus haid yang teratur bisa jadi indikasi adanya masalah kesehatan. Selain pengobatan medis, masalah datang bulan juga bisa coba diatasi dengan mengonsumsi jamu pelancar haid.

Namun, Sedulur juga harus berhati-hati ya saat memilih jamu pelancar haid. Sedulur harus memilih jamu yang bahan-bahannya benar-benar alami. Karena jamu dengan bahan abal-abal akan membahayakan kesehatan Sedulur. Selain itu, bagaimana jika tak sengaja minum jamu pelancar haid saat hamil muda? Yuk simak pembahasan di bawah ini.

BACA JUGA: 12+ Penyebab dan Cara Mempercepat Haid yang Lebih dari Tujuh Hari

Penyebab datang bulan tak teratur

Dikutip dari Alodokter, siklus datang bulan bisa dibilang tidak lancar jika terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu, haid disebut tidak teratur jika lamanya selalu berubah-ubah setiap bulannya

-->

Adapun beberapa penyebab datang bulan tak teratur berdasarkan alasan medis antara lain:

1. Kehamilan

Inilah penyebab paling lazim dan banyak disangka jika ada keterlambatan haid. Jika Sedulur yang biasanya mendapatkan jadwal haid secara rutin, namun tiba-tiba mengalami keterlambatan, Sedulur mungkin bisa berpikir sedang hamil. Untuk meyakinkan, lebih baik segera periksakan kondisi Sedulur ke dokter kandungan.

2. Alat kontrasepsi

Bagi Sedulur yang saat ini memakai alat kontrasepsi seperti IUD atau mengonsumsi obat kontrasepsi seperti pil KB, ada kemungkinan berpengaruh pada jadwal datang bulan Sedulur.

IUD bisa saja membuat darah menstruasi keluar lebih banyak dan jangka waktu yang berturut-turut. Sementara pil KB sebaliknya, bisa membuat darah menstruasi yang keluar sangat sedikit. Bahkan ada kemungkinan Sedulur tak mengalami datang bulan selama 6 bulan sejak pertama kali mengkonsumsi pil KB.

BACA JUGA: 15 Penyebab dan Cara Mengatasi Telat Haid yang Aman

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Dilansir dari Alodokter, Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita. Kelainan ini ditandai dengan jadwal datang bulan yang tidak teratur, bisa terjadi berkepanjangan atau malah sangat jarang.

Sindrom ini juga memiliki kelainan pada proses pelepasan sel telur, sehingga terkadang darah yang keluar yang sangat sedikit. Selain itu dalam beberapa kasus, wanita dengan PCOS mengalami kesulitan hamil.

4. Masalah di kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid yang berada di bagian leher berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Dikutip dari Alodokter, jika kelenjar ini bermasalah, maka siklus datang bulan juga dikhawatirkan akan ikut terganggu.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Sedulur bisa segera memeriksakan kondisi kesehatan Sedulur ke dokter.

5. Pola hidup tidak sehat

Tak melulu karena penyakit tertentu, siklus datang bulan tak lancar juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Antara lain diet terlalu ketat, obesitas, kebiasaan merokok, dan semacamnya. Hal ini bisa menyebabkan hipogonadisme atau berkurangnya hormon reproduksi yang bertugas untuk mengatur siklus menstruasi.

BACA JUGA: Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

Untuk mengatasi hal-hal di atas, selain mengonsumsi obat medis dari dokter, Sedulur juga bisa coba untuk mengonsumsi jamu pelancar haid dari bahan-bahan herbal. Inilah daftar jamu yang bisa membantu siklus haid lebih lancar.

1. Nanas

jamu pelancar haid
Unsplash

Meski masuk dalam kategori buah-buahan, namun nanas paling dipercaya sebagai jamu pelancar haid paling ampuh. Nanas mengandung bromealin yaitu enzim yang bisa membantu mengurangi peradangan dan kram perut saat datang bulan.

Selain itu, mengonsumsi nanas dipercaya bisa melunakkan dinding rahim. Sehingga dipercaya bisa melancarkan siklus haid.

2. Kunyit

jamu pelancar haid
Unsplash

Kunyit atau kunir cukup lama dikenal sebagai rempah-rempah yang berguna untuk melancarkan haid. Dilansir dari Orami, kunyit tak hanya bisa berguna untuk melancarkan haid, tetapi juga untuk mengatasi nyeri-nyeri sebelum menstruasi.

Dalam sebuah penelitian, kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya mampu menurunkan gejala-gejala premenstruasi seperti emosi yang tidak stabil, serta kondisi fisik seperti perut nyeri atau sakit kepala. Selain itu, kandungan kurkumin mirip dengan hormon estrogen yang diyakini dapat memperlancar datang bulan.

Untuk mengonsumsi kunyit sebagai jamu pelancar haid cukup mudah, yakni cukup rebus kunyit, tambahkan pula gula merah dan asam jawa. Sedulur bisa mulai konsumsi kunyit jika sudah merasakan tanda-tanda akan menstruasi.

Jika ingin lebih praktis, sudah ada kunyit yang diolah sebagai jamu pelancar haid di apotik. Ada beberapa brand yang menjual minuman kunyit untuk membantu mengatasi masalah haid.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

3. Jahe

jamu pelancar haid
Unsplash

Minuman jahe adalah salah satu yang dipercaya sebagai jamu pelancar haid. Efek hangat pada minuman jahe, dipercaya bisa meredakan nyeri perut yang disebabkan karena PMS (pre menstrual syndrome). Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan jika mengonsumsi 750 hingga 2000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama menstruasi, bisa menjadi pengobatan untuk kram atau nyeri perut yang biasa timbul di awal masa menstruasi.

Karena efeknya yang cukup positif untuk mengatasi kram perut karena datang bulan, jahe kerap kali menjadi ramuan untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur. Namun dilansir dari Healthline, butuh lebih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk benar-benar membuktikan bahwa jahe mampu mengatasi siklus haid yang tidak teratur.

4. Cinnamon

Unsplash

Masih dilansir dari Healthline, cinnamon atau kayu manis ternyata memiliki efek yang baik untuk permasalahan datang bulan. Sebuah penelitian tahun 2014 yang dilakukan oleh American Journal Obstetrics Gynecology menemukan bahwa kayu manis bisa membantu melancarkan periode datang bulan. Tak hanya itu, kayu manis masuk dalam salah satu alternatif treatment untuk wanita yang memiliki masalah PCOS.

Tak berhenti di situ, selain sebagai jamu pelancar haid, kayu manis juga bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri yang diakibatkan karena siklus menstruasi.

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Setelah Berhubungan

5. Cuka Apel

Unsplash

Dikutip dari Healthline, penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine tahun 2013 menunjukkan bahwa minum cuka apel sebanyak 15 ml dapat mengembalikan siklus ovulasi pada wanita yang menderita PCOS. Namun, penelitian lebih lanjut butuh dilakukan untuk membuktikan hal ini karena terbatasnya partisipan.

Jika dikonsumsi tanpa campuran lain, cuka apel akan terasa sangat pahit. Sedulur mungkin bisa mencampurnya dengan madu.

6. Daun Pepaya

jamu pelancar haid
Unsplash

Jamu pelancar haid yang terbuat daun pepaya bisa menjadi pilihan selanjutnya. Daun pepaya mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang juga akan bermanfaat untuk kesehatan reproduksi wanita.. Vitamin yang terkandung dalam daun pepaya antara lain vitamin A, B, C, D, E, serta kalsium.

Sementara itu, cara membuat jamu pelancar haid dari daun pepaya cukup mudah. Yakni rebus daun pepaya bersama asam Jawa dan sedikit garam. Setelah matang, masukkan ke dalam gelas dan minum selagi hangat. Sedulur bisa mengonsumsinya 2 hari sekali.

Jamu pelancar haid apakah bisa menggugurkan kandungan?

Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan, apalagi jika penyebab keterlambatan menstruasi karena hamil. Sedulur pun perlu mengetahui akibat minum jamu pelancar haid saat hamil muda. Dilansir dari Healthline, kandungan senyawa pada jamu pelancar haid seperti pada temulawak dan kunyit dapat memicu melemahnya perkembangan sel embrio.

Embrio yang tidak berkembang inilah yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami keguguran. Jika sudah terlanjur meminum jamu pelancar haid saat hamil muda, lebih baik segera periksakan kondisi kandungan ke dokter, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejumlah jamu pelancar haid yang disebutkan di atas tak menjanjikan bisa mengatasi masalah datang bulan 100 persen, namun patut dicoba karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Tak hanya mengonsumi jamu dan obat-obatan medis, Sedulur juga perlu untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Namun, jika Sedulur ingin meracik sendiri jamu yang digunakan untuk melancarkan haid di rumah, Sedulur bisa lho membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Dijamin murah dan tentu saja mudah. Caranya mudah, tinggal download aplikasinya di sini dan temukan kebutuhan Sedulur.