10 Manfaat Jambu Kristal Untuk  Kesehatan dan Imun Tubuh

Selama ini, jambu kristal mungkin tak banyak dikenal, tapi siapa yang tahu ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Sedulur pasti memiliki banyak kesibukan. Jika kesehatan tubuh tidak dijaga, maka tubuh bisa collapse dan membahayakan kesehatan Sedulur. Oleh karena itu, Sedulur harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan banyak makan makanan bergizi dan buah-buahan.

Sedulur pasti setuju bahwa mengonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat untuk tubuh. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu buah yang Sedulur bisa konsumsi adalah jambu kristal. Tak banyak yang tahu ternyata manfaat jambu kristal bagi kesehatan cukup banyak. Kira-kira apa saja sih? Yuk kita kupas satu per satu.

Yuk Cari Tahu Segudang Manfaat yang Dimiliki Buah Jambu Kristal Untuk Kesehatan

1. Jambu Kristal membantu menjaga kesehatan kulit

Coline Haslé from Unsplash

Penuaan dini pada kulit biasanya disebabkan oleh radikal bebas yang salah satunya disebabkan oleh polusi udara. Agar tidak memperparah kondisi ini, Sedulur perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang mampu menangkal hal tersebut. Dengan cara memakan jambu kristal, Sedulur bisa berupaya untuk menjaga kesehatan kulit. Buah ini mengandung vitamin A dan bermanfaat mengeluarkan antioksidan yang membuat kulit lebih cerah.

BACA JUGA: 12 Buah Penambah Darah Untuk Atasi Anemia, Wajib Konsumsi!

2. Membantu meningkatkan imunitas tubuh

Monica Infiesto from Unsplash

Di masa pandemi seperti sekarang ini menjaga imunitas tubuh sangat penting dilakukan. Jangan sampai imunitas turun hingga mengganggu kegiatan Sedulur Super Agen. Jambu kristal bisa membantu Sedulur meningkatkan imunitas tubuh. Buah berwarna hijau ini mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah tubuh terserang infeksi penyakit. Tak hanya itu, vitamin C di dalam jambu kristal ternyata lebih banyak dari kandungan vitamin C di buah jeruk.

Tak berhenti di situ, manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, pembuluh darah, juga membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Giorgio Trovato from Unsplash

Sedulur mungkin sudah paham bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa melancarkan pencernaan. Jambu kristal mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi pada buah tinggi serat bisa meningkatkan massa feses dan melembutkannya. Sehingga menghindarkan Sedulur dari sembelit. Sebaliknya, buah ini juga bisa membantu memadatkan feses yang terlalu encer. Jadi bisa membantu mengobati diare.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

4. Baik untuk kesehatan mata

Peter Nguyen from Unsplash

Wortel selama ini dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Tapi jangan salah, jambu kristal juga ternyata baik lho untuk kesehatan mata. Sama seperti wortel, buah ini mengandung vitamin A yang memang sangat bagus untuk kesehatan mata.

Tak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, perkembangan sel tubuh, dan menjaga kulit tetap sehat.

5. Meredakan batuk dan flu

Photo by Annie Spratt from Unsplash

Kandungan flavonoid di dalam kulit dan dagingnya dipercaya bersifat antibakteri. Hal inilah yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khususnya bagi penderita batuk dan flu. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih kuat menghadapi inveksi virus.

6. Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil

manfaat untuk ibu hamil
Anna Hecker from Unsplash

Ibu hamil memang membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri dan sang janin. Salah satunya dengan makan makanan yang bernutrisi, seperti sayur dan buah-buahan. Jambu kristal ternyata memiliki manfaat bagi ibu hamil. Buah ini mengandung protein dan berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan janin.

Vitamin C yang dikandung akan bermanfaat untuk penyerapan zat besi bagi ibu hamil yang nantinya berguna untuk menyalurkan oksigen ke janin.

7. Bantu menurunkan berat badan

menurunkan berat badan
Bill Oxford from Unsplash

Hanya mengonsumsi buah memang tidak serta merta membuat berat badan menjadi turun ya, Sedulur. Tapi kandungan serat yang tinggi pada buah ini bisa membantu pencernaan lancar, sehingga metabolisme tubuh pun berlangsung dengan baik. Selain itu, makanan yang tinggi serat biasanya lebih mengenyangkan. Sehingga banyak mengonsumsi makanan tinggi serat akan membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama.

8. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung
Giulia Bertelli from Unsplash

Menjaga kesehatan jantung harus dibarengi dengan mengontrol tekanan darah. Untuk membantu proses ini, Sedulur bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan serat. Buah ini memiliki kedua kandungan tersebut. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu Sedulur menjaga kesehatan jantung. Kalium dan serat bisa membantu mengurangi peradangan pada jantung serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

9. Membantu mencegah kanker

Jambu kristal
Jethro Carullo from Unsplash

Salah satu penyebab kanker biasanya karena terpapar radikal bebas seperti terpapar sinar matahari terlalu berlebihan. Jambu kristal yang memiliki kandungan zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien efektif untuk mencegah kanker. Ditambahnya adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi bisa menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

10. Mencegah penyakit diabetes

Jambu kristal
VD Photography from Unsplash

Sedulur yang memiliki riwayat penyakit diabetes tentunya harus mengurangi konsumsi gula. Jenis jambu ini ternyata bisa membantu tubuh untuk mencegah lonjakan kandungan gula dalam tubuh. Buah ini juga diduga bisa mengurangi kerusakan akibat peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes.

Sedulur kini paham kan bahwa ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah jambu jenis ini. Lalu bagaimana dengan cara makan jambu kristal? Pastikan sedulur mencuci bersih buah ini, lalu potong bagian atas dan bawahnya. Setelah itu, Sedulur bisa langsung mengonsumsinya. Buah ini tak perlu dikupas, karena bagian kulitnya pun mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Dan satu yang perlu diingat, jika Sedulur ingin berbelanja sayur dan buah-buahan yang segar, jangan lupa belanja di Aplikasi Super ya!