inovasi adalah

Untuk membuat kualitas seseorang menjadi lebih baik dan berkembang, perlu dilakukan inovasi dari segala aspek kehidupan. Singkatnya, definisi dari inovasi adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu dalam langkah pembaharuan. Bila merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertiannya tak  jauh-jauh dari pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru serta penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Kamu bisa berkontribusi dalam inovasi ini mulai dari hal sederhana. Memperbaiki sistem dan merapikan sesuatu sudah termasuk dalam proses pembaharuan ini selama bisa memberikan kemudahan bagi banyak orang. Supaya bisa lebih paham tentang pengertian hingga contohnya, simak ulasan di bawah.

BACA JUGA: 8 Fungsi Rangka Manusia Serta Penjelasan & Cara Merawatnya

1. Pengertian menurut ahli

Pengertian menurut ahli
Unsplash

Inovasi adalah menurut para ahli dibagi menjadi beberapa definisi. Secara umum, pendapat ini memiliki gagasan yang sama. Bila ingin tahu gagasan dari beberapa ahli populer di dunia, simak penjelasan di bawah ini:

-->

Sa’ud (2014)

Beda orang, beda juga definisi inovasi yang dipatenkan. Kata ini memiliki arti sebagai pilihan kretaif, pengaturan, serta seperangkat manusia dengan sumber material baru yang menggunakan cara unik untuk menghasilkan peningkatan atas pencapaian yang sudah dijadikan sebagai tujuan sebelumnya.

Nurdin (2016)

Menurut Nurdin, inovasi adalah hal baru yang dikenalkan dan proses barunya dipraktikkan untuk bentuk barang maupun layanan. Selain itu, yang masuk dalam definisi ini adalah hal baru yang merupakan adopsi dari organisasi lain.

Everett M Rogers

Ide, gagasan, dan praktik yang dilandasi serta diterima sebagai hal baru bagi individu dan kelompok untuk diaplikasikan dan diadopsi adalah definisi dari inovasi.

Kuniyoshi Urabe

Kata ini tidak diartikan sebagai kegiatan one time phenomenon, tapi hal yangmembutuhkan proses panjang dan kumulatif.  Terjadi proses pengambilan keputusan oleh bagian dari organisasi yang dimulai dari penemuan gagasan sampai target pemasaran.

Stephen Robbins

Berbeda dengan Stephen Robbins, menurutnya inovasi adalah ide atau gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai dan memperbarui produk hingga jasa yang sudah ada sebelumnya.

Van de ven, Andrew H

Inovasi ialah pemgembangan dan implementasi gagasan baru yang dilakukan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dii sebuah organisasi.

BACA JUGA: Arti AFK adalah? Kepanjangan & Penjelasannya

2. Ciri-ciri

Ciri-ciri
Unsplash

Kata yang berasal dari kata innovation ini memiliki beberapa ciri-ciri. Berikut di antaranya sekaligus dengan penjelasannya:

Baru

Salah satu barometer yang menjadi ciri sesuatu masuk dalam golongan inovasi adalah baru. Konsep ini mencakup segala sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, yang bersifat penyempurnaan dari sistem yang sudah ada juga bisa termasuk ke dalamnya.

Hal baru ini bisa saja didapatkan dari inisiatif sumberdaya manusia serta sumber daya alam baru yang dioptimalkan secara maksimal.

Memiliki tujuan jelas

Saat akan menggodok sebuah inovasi, kamu juga harus memikirkan aspek objectives atau tujuan. Sedulur harus memeprtimbangkan apakah hal baru ini bisa memberikan impact dan manfaat bagi banyak orang. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan apakah inovasi tersebut membutuhkan budget yang besar? Jika melampaui anggaran yang ada, kemungkinan ditolak oleh petinggi organisasi dan perusahaan juga lebih besar.

Terencana

Segala hal yang akan direalisasikan bisa terwujud apabila sudah direncanakan dengan matang sejak jauh-jauh hari. Segala detail, aspek, dan sistem yang mempermudah prosesnya bisa dieksekusi dengan rapi dan bisa didapatkan banyak pembelajaran dan solusinya. Tujuannya agar segala hal bisa didapatkan data dan bisa didapatkan peningkatan yang lebih baik ke depannya.

Khas

Segala hal yang baru dan sudah direncanakan dengan baik akan lebih maksimal hasilnya apabila didukung dengan produk yang punya ciri khas. Langkah ini bisa didapatkan dengan memiliki visual yang memanjakan mata dan menarik minat orang banyak.

BACA JUGA: Contoh Request dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya

3. Tujuan

Tujuan
Unsplash

Selain ciri-ciri di atas, tujuan dari sebuah inovasi ini juga dituntut bisa memberikan perubahan yang baik di masa depan. Berikut ini adalah tujuan utama dilakukannya sebuah inovasi di lingkup kecil maupun besar.

  1. Meningkatkan  kualitas
  2. Mempeluas jaringan dan koneksi
  3. Menciptakan pasar baru
  4. Meng-upgrade produk sebelumnya

4. Manfaat

Manfaat
Unsplash

Sebuah inovasi akan dianggap memiliki manfaat apabila ada banyak orang yang merasakan perubahan baik dari hal tersebut. Untuk mencari tahu apakah innovation tersebut bermanfaat atau tidak bisa ditakar dari hal ini:

Memecahkan masalah

sebuah inovasi bisa memberi manfaat apabila eksistensinya mampu menyelesaikan masalah. Entah itu problem lama atau yang baru. Hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk pelayanan maupun produk. Apabila dianggap tidak banyak yang memiliki peminat, itu adalah tanda suatu keadaan dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang belum bisa di-solving.

Meningkatkan produktivitas

Meningkatnya produktivitas kerja seseorang menjadi salah satu tanda keberhasilan sebuah inovasi. Dari proses menggodok inovasi tersebut, ada banyak pihak yang dilibatkan untuk membuat hal baru. Produk yang dihasilkan juga dituntut untuk membuat pekerjaan orang lain ikut meningkat.

Mendongkrak ketangguhan

Orang yang berinovasi bisa membuat seseorang jadi lebih tangguh dan tahan banting. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan masalah baru juga bisa mengasalah kemampuan problem solving.

Menghasilan hal unik

Menciptakan dan menghasilkan hal unik dan berkualitas adalah salah satu hasil akhir yang didapat dengan melakukan inovasi. Apabila inovasi ini tidak mengembangkan hal baru yang unik dan berbeda dengan pesaing lainnya, proses ini bukanlah proses yang worth it.

BACA JUGA: Contoh Request dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya

5. Bentuk nyata

Bila membahas tentang inovasi adalah dan contohnya, ada banyak bentuk yang sering didapati dalam keseharian. Mulai dari bidang transportasi, teknologi, pendidikan, pelayanan, kesehatan, pemerintahan, hingga kewirausahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah contohnya.

Transportasi

Produk berupa alat transportasi seperti sepeda, motor, mobil, bus, dan angkutan lainnya juga perlu mengupayakan banyak hal agar bisa memberikan kemudahan yang juga ramah lingkungan. Tentunya dibutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk riset dan tahap percobaannya, tapi usaha ini bakal memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Teknologi

Dalam bidang teknologi, contoh nyata yang membutuhkan inovasi dalam waktu singkat adalah dirilisnya banyak smarthphone keluaran baru dengan berbagai sistem operasi.  Selain itu, kehadiran banyak aplikasi baru didukung dengan banyak update juga menjadi salah satu contoh nyata dari hal ini.

Pendidikan

Inovasi pembelajaran adalah yang berkaitan dengan sistem belajar mengajar. Misalnya saja dengan melakukan banyak penyesuaian kurikulum, peningkatan fasilitas sekolah, hingga memperluas relasi dengan pihak lain untuk mendukung prestasi siswa didiknya.

Pelayanan

Dulu, banyak yang mengeluhkan tentang proses pelayanan yang lelet. Semakin ke sini, ada banyak inovasi yang membuat proses ini jadi lebih cepat dan efisien. Salah satunya adalah dengan birokrasi yang lebih cepat serta dukungan dari pihak luar.

Kesehatan

Saat ini, jumlah nakes serta ilmu pengetahuan yang semakin canggih bisa diandalkan untuk mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Dengan banyak penelitian dan riset, inovasi ini mampu meringankan beban orang sakit agar bisa lekas membaik kondisinya dengan harga terjangkau dan proses yang cepat.

Kewirausahaan

Inovasi produk adalah hal yang wajib dilakukan apabila kamu menggeluti bisnis. Ada banyak hal yang harus ditingkatkan supaya produk yang ditawarkan bisa tetap memiliki banyak peminat. Jika tidak ada perubahan dan inovasi yang lebih mutakhir, produkmu akan ditinggalkan karena pembeli akan lebih memilih produk dari kompetitor.

BACA JUGA: Customer Service: Penjelasan, Tugas, & Skill yang Harus Dimiliki

6. Cara menciptakan inovasi

Cara menciptakan inovasi
Unsplash

Setelah membahas tentang contoh inovasi adalah yang bisa didapati di banyak bidang. Apabila ingin memberikan banyak kontribusi pada organisasi dan perusahaan yang sekarang, kamu bisa menciptakan perubahan dan pembaharuan dengan mengikuti cara di bawah ini.

  • Memberikan rincian ide baru yang kreatif
  • Dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam
  • Fokus dengan ide utama
  • Mengilustrasikan ide
  • Menanyakan feedback

7. Ilmu terkait

Ilmu terkait
Unsplash

Inovasi ini bisa diaplikasikan ke banyak bidang ilmu. Segala teori dan penjelasannya bisa didapatkan di banyak materi dan buku yang fokus di bidang ekonomi bisnis, pengantar bisnis, pengantar akuntansi, dan kewirausahaan. Selain itu, kamu bisa membaca banyak materi yang berkaitan dengan dengan inovasi yang berhubungan dengan ekonomi.

8. Rekomendasi bacaan

Rekomendasi bacaan
Unsplash

Menyambung dengan ilmu yang memiliki kaitan dengan ilmu yang membahas tentang inovasi, kamu bisa mencari bacaan yang bersinggungan. Jangan malas untuk mencari referensi bacaan dari dalam maupun luar negeri. Ada banyak jurnal yang bisa diakses secara gratis apabila ada kemauan untuk mencari.

Inovasi adalah sebuah proses yang harus dilakukan oleh banyak individu supaya bisa lebih berkembang dan terarah. Pelajari alurnya, perbanyak bacaan dan jurnal yang berkaitan, dan lakukan banyak riset dan percobaan supaya bisa mendapat hasil yang maksimal.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!