Pernah mendengar istilah kata AFK? Mungkin sebagian orang mengira bahwa AFK ini identik dengan permainan game online PUBG hingga Mobile Legend. Namun, sebenarnya jauh sebelum ada dalam game tersebut, kata AFK sudah eksis. AFK adalah singkatan dari away from keyboard  atau bisa diartikan sebagai jauh dari kata kunci.

Istilah ini sudah banyak digunakan pada game MMORPG atau semacam game multiplayer lainnya yang berada di perangkat PC dan laptop. Hanya saja, sejak populernya Mobile Legend, istilah ini makin eksis pula. Kali ini, mari membahas lebih jauh tentang apa itu AFK dan fungsi AFK dalam game. Simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Top Up Game Modal Kecil, Kerja dari Rumah

Apa itu AFK?

afk adalah
Techijau

Mungkin bagi sebagian orang belum memahami apa itu AFK. Sebenarnya AFK atau away from keyboard adalah kondisi menjauh dari keyboard pada laptop atau PC. Dalam game di PC, istilah kata AFK kerap merujuk pada karakter dalam game sedang dalam kondisi online. Meski demikian, sang pemain tidak berada dekat dengan keyboard. Di mana keyboard merupakan alat yang berguna dalam mengontrol permainan. Hanya saja pemain itu sedang tidak aktif saat mengendalikan karakter.

-->

Jadi, saat pemain masih online dalam permainan, namun hanya berdiam diri tanpa melanjutkan game yang tengah berlangsung, maka pemain bisa disebut dalam keadaan AFK. Seiring berjalannya waktu, AFK adalah istilah yang menjadi bahasa gaul untuk para gamer. Hampir di setiap permainan, pasti ada saja yang melontarkan istilah ini.

Pada dasarnya, AFK adalah bahasa gaul yang menunjukkan sang pemain game sedang tidak bergerak atau keluar dari permainan. Dilansir dari laman Kompas, AFK berasal dari masa ketika keyboard menjadi persyaratan untuk menggunakan internet di tahun 1980-an dan 1990-an.

Kemungkinan istilah kata ini merujuk pada sebuah kata dalam game online RPG. Mereka kerap memakai istilah kata AFK untuk memberitahu pemain lainnya bahwa dirinya perlu istirahat atau bahkan pergi sebentar dari permainan. Tak ada catatan secara tertulis mengenai kapan istilah AFK dipakai pada konteks game. Hanya saja pada tahun 2003, pengguna Urban Dictionary pernah menerbitkan tentang definisi AFK yang berhubungan dengan game.

BACA JUGA: 18 Game Online Gratis Terbaru, Terpopuler & Menghasilkan Uang

AFK pada game online

afk adalah
LINE TODAY

Mobile Legend merupakan game paling banyak digemari di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kerap memainkan permainan yang satu ini. Bahkan saking populernya, game Mobile Legend hingga PUBG mempunyai ajang perlombaan EsportsSaat permainan berlangsung, lalu ada salah satu pemain yang tidak aktif bergerak, para gamer Mobile Legend maupun PUBG kerap menyebutnya sebagai keadaan AFK.

Selain itu, istilah ini juga biasanya diartikan dengan kondisi di mana pemain sudah terlanjur masuk ke dalam game, tapi tiba-tiba meninggalkan area permainan karena alasan teknis, misalnya koneksi internet buruk. Masalah teknis sering kali membuat pemain kurang bisa mengendalikan karakternya dalam game. Hal ini kemudian berdampak pada karakter yang tidak bergerak. Pemain pun akan susah melanjutkan permainan.

Umumnya, game online pada perangkat mobile, para player harus aktif mengendalikan karakter supaya tidak menjadi sasaran empuk dari pihak musuh. Jadi, keadaan AFK bagi seorang player maupun sebuah tim sangat merugikan. Sebab, tim bisa saja kalah karena kondisi ini.

Bila Sedulur adalah player PUBG Mobile pasti tidak akan asing dengan istilah kata AFK. Saat bermain PUBG Mobile dan ada satu rekan tiba-tiba mengalami AFK, maka bisa dipastikan pemain AFK tersebut akan mendapatkan tanda khusus yang menunjukkan jaringan terputus. Selain kata AFK, sebenarnya dalam sebuah game online kerap muncul juga istilah seperti noob, lag, dan GG.

Noob dalam sebuah game online ditujukan kepada mereka yang belum mahir dalam bermain. Atau biasa diartikan juga sebagai pemain golongan pemula. Selanjutnya, ada pula kata pro yang merupakan kebalikan dari noob. Pro merujuk pada seseorang yang sudah mahir bermain game online.

Setelah istilah noob dan pro, dalam game online dikenal juga istilah kata GG (good game), artinya bahwa player bermain sangat bagus. Berikutnya, ada istilah WP (well played). Biasanya, kata WP dipakai dalam memuji rekan satu tim atas kinerjanya dalam sebuah permainan. Para pemain pun sering menggabungkan kata GG dan WP menjadi GGWP, gabungan keduanya memiliki arti yang hampir sama, yakni memuji permainan yang bagus.

Istilah game belum berhenti sampai di situ, ada kata by one yang diartikan sebagai pertandingan satu lawan satu. Lawan main akan mencoba mengajak bertanding pada mode lainnya dengan mekanisme 1:1. Lalu, ada pula kata lag yang bermakna bahwa ada seorang pemain yang tertinggal dalam permainan, bisa karena koneksi buruk atau galat pada game.

Itulah pembahasan mengenai AFK dalam game artinya apa. AFK bisa terjadi karena putusnya jaringan internet atau bisa juga karena pemain memang sengaja keluar dari permainan. Sampai sini, semoga Sedulur makin paham istilah-istilah dalam dunia game online, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.