Tertarik memelihara ikan cupang? Intip beberapa jenis ikan cupang yang bisa menjadi pilihan Sedulur untuk dipelihara.

Selama masa pandemi virus corona, banyak masyarakat yang mulai menggeluti hobi-hobi baru. Mulai dari berkebun, bersepeda, hingga memelihara ikan. Salah satu ikan yang paling banyak dipelihara selama masa pandemi adalah ikan cupang hias. Terdapat beberapa macam jenis ikan cupang yang dipelihara.

Dari mulai cupang fancy, cupang plakat, cupang belgi hingga cupang halfmoon dan beberapa jenis ikan cupang langka dan ikan cupang yang bagus dipelihara. Banyak yang sangat selektif memelihara ikan cupang, selain karena persoalan selera, beberapa jenis ikan cupang juga sangat potensial menghasilkan uang.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa jenis ikan cupang, mulai dari jenis ikan cupang terbesar, ikan cupang siam, hingga ikan cupang black samurai. Selain sebagai hobi, koleksi ikan cupang juga bisa mengantarkan keuntungan. Tentu saja ketika Sedulur telah mahir menernak ikan cupang dan mengetahui bagaimana habitat ikan cupang.

-->

Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasan berkaitan jenis ikan cupang yang bisa dipelihara dalam penjelasan di bawah ini, terdapat juga beberapa warna ikan cupang langka sekaligus jenis ikan cupang aduan terbaik untuk dipelihara.

Baca Juga: 14 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah Kamu Makin Estetik!

Daftar Jenis Ikan Cupang yang Bisa Dipelihara di Rumah!

1. Plakat

1. Plakat
oyimedia.com

Jenis ikan cupang yang paling banyak digemari dan paling banyak dipelihara adalah ikan cupang plakat. Selain harganya yang lebih terjangkau, alasan lain kenapa ikan cupang plakat banyak digemari adalah karena warna dan bentuk tubuh dari ikan yang sangat bagus.

Mulai dari tubuh ikan cupang plakat yang kekar, hingga bentuk sirip yang tegas dan juga warna ikan cupang yang beragam dan unik. Selain sebagai hiasan, ikan cupang plakat juga biasa dipelihara sebagai ikan aduan. Bentuk tubuh yang kekar dan juga warna yang indah bisa membuat ikan cupang plakat ini memiliki dua fungsi sekaligus.

2. Cupang Sawah

2. Cupang Sawah
pinterest.com

Jenis ikan cupang kedua yang banyak dipelihara adalah ikan cupang sawah. Walaupun, pada umumnya ikan cupang jenis ini merupakan ikan cupang liar yang tumbuh dan berkembang di alam bebas dan jauh dari jangkauan manusia. Ikan cupang sawah memiliki warna tubuh yang bergaris kuning dan biru. Karena kelangkaan dan jarangnya dipelihara, ikan cupang sawah memiliki harga yang bervariasi dan cenderung mahal.

3. Halfmoon

3. Halfmoon
kompas.com

Halfmoon merupakan jenis ikan cupang selanjutnya yang banyak dipelihara. Sama seperti plakat, ikan cupang halfmoon juga memiliki bentuk tubuh dengan ciri khusus, yaitu bentuk sirip dan bentuk ekor yang membentuk setengah lingkaran seperti menyatu. Hal tersebut juga yang mengilhami nama jenis ikan cupang ini.

Setelah terkenal dengan bentuk ikan yang indah dan sangat cocok untuk dipelihara. Varian warna dari ikan cupang jenis ini juga sangat beragam dan sangat unik. Terdapat warna merah menyala, warna kuning terang hingga warna putih yang lembut. Keragaman dan keunikan warna tersebut yang membuat ikan cupang halfmoon menjadi primadona untuk dipelihara.

Baca Juga: Resep Pempek Dos Tanpa Ikan, Super Enak, Murah & Mudah!

4. Double Tail

4. Double Tail
aquasnack.co.uk

Sebagaimana namanya,  jenis ikan cupang ini sangat unik. Memiliki ekor ganda, membuat ikan cupa jenis ini sangat menarik untuk dipelihara. Sebenarnya ikan cupang jenis ini bukan memiliki ekor ganda, namun ekor ikan cupang ini yang terbelah menjadi dua bagian dan terlihat seperti bercabang dua.

Salah satu jenis ikan cupang yang sulit dikembangkan dan diternakan, hal tersebut yang membuat keberadaan ikan cupang ini sangat langka dan juga sangat jarang di pasaran. Sekalipun tersedia, harga dari ikan cupang ini lumayan tinggi.

5. HMPK

5. HMPK
pikiran-rakyat.com

Selanjutnya, jenis ikan cupang unik dan paling banyak dipelihara, yaitu ikan cupang HMPK. HMPK merupakan akronim dari Halfmoon Plakat, merupakan perkawinan dari ikan cupang halfmoon dan plakat. Ikan cupang jenis halfmoon dan plakat memiliki bentuk yang menarik unik dan indah. Dikawinkan menjadi satu spesies semakin menambah keunikannya.

Jenis ikan cupang ini menuai banyak pujian, karena bentuk dan warnanya yang indah dan menawan, yang merupakan perpaduan dua jenis ikan cupang. Namun untuk harga, ikan cupang jenis ini sangat bervariasi, namun juga termasuk kategori ikan cupang dengan harga yang tinggi.

6. Giant

6. Giant
jurnalpost.com

Jika beberapa jenis ikan cupang dipelihara karena keindahan dan keunikan warnanya. Ikan cupang jenis ini dipelihara karena ukurannya yang besar, sebagaimana nama dari ikan cupang itu sendiri. Tubuh dari ikan cupang ini yang memiliki ukuran yang sangat besar, menjadi keunikan dari ikan cupang itu sendiri.

Cupang giant dapat tumbuh hingga berukuran 12 cm, sangat jauh lebih besar dibanding jenis ikan cupang lainnya. Namun, dikarenakan tubuhnya yang berukuran besar, ikan cupang satu ini tidak begitu lincah dan bahkan tidak dapat banyak bergerak. Namun, banyak juga yang memelihara karena ukuran tubuhnya yang unik.

7. Big Ear (Dumbo)

7. Big Ear (Dumbo)
idntimes.com

Ikan cupang dumbo atau dikenal juga dengan nama Big Ear. Ikan cupang jenis ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar. Saking lebarnya, sirip teliga ikan cupang jenis ini terlihat seperti sayap.  Ketika sirip telinga ikan cupang ini bergerak seolah seperti sedang terbang dan terlihat sangat indah.

Ikan cupang dumbo merupakan salah satu spesies ikan cupang yang termasuk baru dikembangkan di Indonesia. Kendatipun baru, namun ikan cupang jenis ini sudah banyak ditemui, hal tersebut karena tidak terlalu sulit pada pengembangan ikan cupang jenis ini.

8. Crown Tail

8. Crown Tail
hipwee.com

Salah satu jenis ikan cupang selanjutnya yang juga digemari untuk dipelihara adalah ikan cupang crown tail. Ikan cupang jenis ini dipelihara karena keindahan dari bentuknya, baru kemudian memilih warna yang indah. Sebagaimana namanya, jenis ikan cupang ini memiliki ekor yang sangat indah seperti mahkota.

Jika ekor ikan cupang jenis ini dihadapkan ke atas, akan terlihat persis seperti mahkota, serit-serit pada ekornya akan terlihat seperti mahkota raja.

9. Cupang Paradise

9. Cupang Paradise
infoikan.com

Ikan cupang jenis ini memiliki nama latin Macropodus opercularis, yang bisa Sedulur temui dalam jumlah yang banyak di pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Jenis ikan satu ini memiliki ciri khas dengan ekor yang bercabang, warnanya yang bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda yang sangat menonjol dan sangat menarik untuk dilihat. Hal tersebut yang membuat ikan cupang ini dipelihara, karena keindahannya.

10. Cupang Sarawak

10. Cupang Sarawak
tokopedia.com

Ciri khusus dari jenis ikan cupang satu ini adalah terdapat semacam garis yang terletak di sisi kanan dan sisi kiri ikan. Hari mulai kepala hingga pangkal ekor ikan. Cupang jenis ini juga biasanya sangat mudah ditemui, karena tidak begitu sulit diternak. Hal tersebut disebabkan oleh ciri khas dari ikan cupang jenis ini yang mudah beradaptasi, termasuk di alam liar sekalipun.

11. Cupang Surga

11. Cupang Surga
kumparan.com

Ikan cupang jenis ini memiliki ciri dan bentuk yang hampir sama dengan ikan cupang paradise, namun sirip dan ekor dan jenis cupang ini sangat indah ketika melebar. Dari segi nama jenis pun hanya berbeda penggunaan bahasa saja. Namun, ikan cupang ini umumnya dapat ditemui di kawasan Asia Tenggara, terutama di Jawa dan Sumatra. Ukuran ikan cupang ini juga sangat besar, hampir berukuran 10 cm. Namun tidak melampaui ukuran ikan cupang Giant.

12. Cupang Emas

12. Cupang Emas
dictio.id

Sebagaimana namanya, jenis ikan cupang terakhir satu ini memiliki warna emas yang dominan. Sama seperti ikan cupang sawah, ikan cupang jenis ini sering ditemui di alam liar. Baik di sawah, selokan, sungai dan rawa. Ikan cupang jenis ini juga memiliki sebutan lain, yaitu cupang Betta unimaculata dalam bahasa latin.

Semoga daftar beberapa ikan cupang di atas bisa memberikan referensi dan pengetahuan dasar bagi Sedulur yang baru akan memulai hobi memelihara ikan cupang. Sambil menjalankan hobi, jangan lupa juga untuk senantiasa memperhatikan kebutuhan sehari-hari terutama kebutuhan dapur.

Agar waktu Sedulur bisa tersisa untuk mengurus hobi, untuk segala urusan kebutuhan sehari-hari, Sedulur bisa menyerahkannya kepada Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super, melalui Super Eat, menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga murah. Sedulur bisa cek dengan klik di sini.

Harga ongkir gratis, pengiriman cepat dan terjamin membuat Sedulur tidak perlu khawatir dan bisa membagi waktu untuk mengurus hobi dengan baik. Pelayanan juga semakin mudah dengan download Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini, agar bisa melakukan pemesanan hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!