ide pokok adalah

Ide pokok adalah inti dari sebuah kalimat yang menjadi gagasan utama sebuah paragraf atau tulisan. Ide pokok berfungsi untuk menentukan ke mana kalimat akan ditujukan. Ide pokok merupakan pimpinan dalam serangkaian kalimat dalam sebuah paragraf, inti dari hal yang ingin disampaikan.

Agar mengetahui lebih lengkap bahwa ide pokok adalah gagasan utama, dalam kesempatan ini akan kita ulas dan bahas segala hal terkait ide pokok secara lengkap. Selain itu, akan dibahas juga ciri-ciri, fungsi, dan bagaimana cara menentukannya. Yuk, kita mulai dengan memahami pengertiannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Pamflet adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat & Contoh

Pengertian dan bentuk ide pokok

ide pokok adalah
Ahlun Nazar

Apa itu ide pokok dan contohnya? Sedulur dapat memahami dengan menyimak penjelasan pertama ini. Ide pokok terdiri dari dua kata yaitu ide dan pokok. Ide berarti rancangan yang tersusun dalam pikiran, yang juga dapat disebut sebagai gagasan. Sementara itu, ide pokok adalah suatu gagasan atau pemikiran yang disampaikan penulis dalam sebuah paragraf.

-->

Istilah ini dikenal juga dengan nama ide pokok paragraf. Ide pokok paragraf adalah informasi penting atau informasi kunci. Ide pokok ini berperan penting, yaitu dapat membantu penulis untuk mengembangkan gagasannya dalam sebuah tulisan. Untuk mengembangkan gagasan tersebut, ide pokok akan didukung dengan gagasan penjelas.

Contoh ide pokok biasanya dapat kita temukan dengan mudah di sebuah kalimat. Biasanya ide pokok berada di awal kalimat. Jika ide pokok terdapat di awal kalimat atau awal paragraf maka hal tersebut dikenal dengan paragraf deduktif. Jika ide pokok terletak di akhir paragraf maka dikenal dengan nama induktif. Berikut ini beberapa bentuk dari ide pokok dalam sebuah kalimat.

  • Deduktif: Ide pokok yang terletak di awal paragraf yang kemudian disusul oleh kalimat penjelas.
  • Induktif: Ide pokok yang terletak di akhir paragraf yang biasanya didahului oleh kalimat penjelas dan kalimat pendukung.
  • Campuran: Ide pokok perpaduan dari deduktif dan induktif, gagasan utamnya terletak di awal dan akhir paragraf.
  • Ineratif: Ide pokok terletak di tengah kalimat, sementara kalimat awal seolah menjadi pengantar menuju ide pokok tersebut.
  • Naratif/deksriptif: Sebuah paragraf yang tidak memiliki ide pokok utama dan terdiri dari banyak kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas seakan memiliki ide pokok yang tersirat.

Ciri-ciri ide pokok

Deepublish

Setelah menyimak penjelasan tentang pengertian ide pokok adalah gagasan utama sebuah kalimat, Sedulur juga bisa memaknai bahwa ide pokok bacaan adalah gagasan kunci yang menjadi poin utama dari sebuah kalimat atau paragraf. Ide pokok memiliki ciri-ciri, hal ini bertujuan agar mudah ditemui oleh pembaca itu sendiri. Berikut ini ciri-cirinya.

  1. Ide pokok merupakan gagasan yang tegas dan tidak berbelit-belit. Hal ini agar mudah dimaknai dan ditemukan oleh para pembacanya dan memudahkan penulis untuk mengembangkan kalimatnya.
  2. Ide pokok harus dinyatakan dengan jelas, tidak boleh bermakna ganda atau tersirat. Karena itu, nama lain ide pokok adalah gagasan utama yang memiliki gagasan yang jelas.
  3. Ide pokok harus bersifat umum, karena pada perjalanan kalimat dan paragraf ide pokok akan dikerucutkan lagi. Ide pokok tidak boleh bersifat spesifik.
  4. Memiliki kalimat pendukung, karena ide pokok harus menyampaikan gagasan dengan jelas. Sehingga, paragraf akan menjadi padu dan mudah dimengerti.

Fungsi ide pokok

ide pokok adalah
Kaskus

Ide pokok adalah sebuah pokok pikiran yang menjadi inti dari kalimat atau paragraf itu sendiri. Pokok pikiran adalah gagasan yang menyampaikan tentang inti sebuah kalimat. Dalam penjelasan ini, kita bisa menyadari bahwa fungsi ide pokok adalah hal yang penting, terutama bagi pembaca.

Ide pokok bertujuan untuk memudahkan pembaca untuk mengetahui inti atau pokok bahasan yang terdapat dalam suatu paragraf. Hal itu berguna supaya inti dari apa yang disampaikan dalam paragraf dapat tersampaikan. Melalui identifikasi ide pokok, pembaca dapat mengetahui ide pokok dari suatu paragraf yang dibaca tersebut.

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, serta fungsi dari ide pokok dan kalimat utama, mungkin Sedulur penasaran, bagaimana cara menentukannya dalam sebuah kalimat? Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan untuk mencari ide pokok.

BACA JUGA: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan & Contohnya

1. Membaca seluruh paragraf

Pelayanan Publik

Karena ide pokok adalah inti sebuah gagasan, maka cara menentukannya adalah dengan membaca seluruh paragraf secara utuh. Caranya dengan berkonsentrasi dengan cermat ketika membaca. Bacalah sekaligus cermati kata demi kata yang ada di dalam paragraf tersebut.

Selain  itu, baca dengan teliti setiap informasi yang ada. Langkah ini dapat membantu Sedulur untuk menentukan ide pokok, sehingga Sedulur bisa membedakan yang mana ide pokok atau yang mana kalimat penjelas dalam paragraf tersebut. Jangan sampai Sedulur teralihkan dan sulit membedakan mana informasi penting dan mana yang bukan informasi penting.

2. Membaca setiap kalimat

ide pokok adalah
Ridwan Institute

Ide pokok adalah gagasan inti yang terdapat dalam sebuah kalimat. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menentukannya yaitu dengan membaca setiap kalimat dengan rinci hingga tuntas. Mustahil untuk mengetahui seperti apa kalimat utama jika Sedulur tidak membaca setiap kalimat secara rinci.

Membaca setiap kalimat yang terdapat di setiap paragraf sangat penting. Karena setiap paragraf memiliki ide pokoknya masing-masing dan bisa terletak di bagian awal atau bagian akhir, bahkan terletak di keduanya. Agar dapat mengetahui di mana ide pokoknya, membaca setiap kalimat adalah hal yang sangat wajib.

3. Memisahkan kalimat utama

ide pokok adalah
Caracteristicas

Cara selanjutnya yaitu dengan memisahkan kalimat utama dari kalimat penjelas. Bedakan antara kalimat utama dengan kalimat penjelas yang ada di dalam sebuah paragraf. Kalimat utama di dalam sebuah paragraf biasanya akan diikuti atau diawali oleh kalimat-kalimat penjelas. Namun kalimat utama ini belum tentu merupakan ide pokok dari paragraf tersebut.

Pada bagian ini, Sedulur harus bisa membedakan antara kalimat penjelas dan kalimat utama. Caranya adalah dengan melihat ciri-ciri di antara keduanya. Kalimat penjelas adalah sebuah kalimat yang berisi bukti, contoh, atau sebuah rincian khusus. Jika Sedulur telah mampu membedakan di antara keduanya, Sedulur akan mendapat ide pokok pada paragraf tersebut dengan mudah.

4. Menandai informasi-informasi penting

Viva

Karena ide pokok adalah inti dari gagasan yang memiliki informasi penting sekaligus sebagai informasi utama, maka salah satu cara untuk menemukan ide pokok adalah dengan menandai informasi-informasi penting yang ditemui di setiap kalimat. Informasi penting tersebut dapat berada di setiap kalimat atau paragraf. Sedulur bisa menandai beberapa kata yang Sedulur curigai bahwa itu adalah informasi penting dan menarik.

Ketika informasi penting berada pada dua kalimat atau lebih, coba seleksilah. Kemudian pertimbangkan kembali kalimat-kalimat tersebut. Melalui cara keempat ini, Sedulur bisa menemukan ide pokok dengan mudah dan benar.

5. Kalimat penjelas adalah kalimat pendukung

Terra

Ide pokok adalah gagasan utama, sementara kalimat penjelas adalah kalimat pendukung. Dengan mengenali kalimat pendukung, Sedulur bisa dengan mudah menemukan kalimat utama. Inti dari kalimat pendukung adalah bersifat rinci yang menggunakan kata-kata yang terus berulang.

Hal itu dikarenakan umumnya penggunaan kata yang berulang memiliki fungsi sebagai penjelas. Kata berulang akan menjelaskan kalimat sebelumnya atau sesudahnya. Sedulur bisa memilih kalimat penjelas ini dan mencobanya ketika kalimat tersebut berdiri sendiri.

Ketika kalimat penjelas itu berdiri sendiri, maka kalimat itu tidak bisa diperuntukkan sebagai ide pokok. Oleh karena itu, Sedulur bisa menggunakan cara ini untuk membedakan kalimat penjelas. Sehingga, akan menemukan ide pokok dari paragraf tersebut.

6. Menyimpulkan isi paragraf

ide pokok adalah
A24

Ide pokok adalah inti dari sebuah kalimat dalam paragraf, untuk mengetahui di mana ide pokok sebuah paragraf, Sedulur bisa menyimpulkan sendiri isi paragraf tersebut. Setelah Sedulur membaca setiap kalimat dan setiap paragraf, lalu memisahkan kalimat utama dengan kalimat pendukung serta menandai informasi-informasi penting, Sedulur bisa mulai menyimpulkan isi paragraf sendiri.

Kesimpulan dari isi paragraf tersebut merupakan inti dari paragraf tersebut. Karena ide pokok adalah inti sebuah paragraf, maka kesimpulan yang Sedulur dapatkan merupakan ide pokok itu sendiri. Hal ini tentu saja sebuah praktik yang bisa dilakukan terus-menerus.

BACA JUGA: Koda adalah: Pengertian, Struktur, Fungsi & Penerapannya

7. Menandai ide pokok

Caracteristicas

Jika Sedulur telah terbiasa menyimpulkan sendiri isi dari paragraf, Sedulur akan terbiasa dengan menandai beberapa kalimat yang diduga sebagai ide pokok itu sendiri. Tandai setiap ide pokok yang ditemukan. Karena bisa jadi ide pokok yang ditandai belum tentu merupakan ide pokok utama yang sebenarnya.

Bisa jadi, ide pokok sebenarnya muncul setelah seluruh paragraf dibaca dengan utuh. Oleh karena itu, dengan menandai setiap kalimat yang diduga sebagai ide pokok, Sedulur bisa tinggal memilih mana ide pokok sebenarnya. Karena ide pokok adalah inti gagasan, jika dibaca kembali secara keseluruhan, tidak akan sulit untuk menemukannya. Dengan catatan telah menandai beberapa kalimat yang diduga sebagai ide pokok.

Nah, sebagaimana yang dapat Sedulur pahami bahwa ide pokok adalah gagasan utama atau gagasan inti dalam sebuah kalimat. Penjelasan di atas telah mengulas segala hal terkait ide pokok itu sendiri. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk lebih mamahami segala hal terkait teks bacaan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!