hewan yang paling setia

Hewan adalah makhluk hidup yang cara hidupnya menarik buat diamati. Tidak hanya dari gerak-geriknya, tetapi juga bagaimana mereka berinteraksi dengan sesamanya. Seperti yang kita tahu, hewan cenderung bergonta-ganti pasangan. Mungkin kamu jadi berpikir tentang apa hewan yang paling setia di dunia.

Namun, ada beberapa spesies yang mendapat gelar hewan yang paling setia pada pasangannya. Memang tak banyak, tetapi seru buat diulik dan dibahas. Mau tahu hewan apa saja yang masuk kategori ini? Yuk, langsung gulir layarmu. 

BACA JUGA: Mengenal Hewan Ovivivipar, Contoh & Penjelasannya, Lengkap!

1. Angsa 

hewan apa yang paling setia
Instagram @wonderwingsbirdsandpoultry

Sebenarnya saat memilih simbol cinta, angsa bisa jadi pilihan. Menurut PETA, binatang setia ini dipercaya sangat setia pada pasangannya alias menganut monogami. Mereka baru akan berpisah saat pasangannya meninggal atau terpisah karena sarang yang rusak. Bahkan saat pasangannya sakit, mereka akan setia berada di dekatnya. Saat akhirnya pasangannya meninggal, mereka cenderung mencari pasangan baru. 

-->

2. Penguin

Penguin
Instagram @franslanting

Banyak unggas yang masuk dalam golongan hewan monogamous, termasuk penguin. Seperti yang dilansir Business Insider yang perlu digarisbawahi bahwa penguin setia pada pasangannya selama setahun saja saat musim kawin dan nantinya akan menetaskan telur. Setelah itu, di musim kawin baru mereka bisa saja berganti pasangan.

Namun, peneliti menemukan sebagian penguin tetap bersama pasangan lamanya dan itu bisa bertahan paling lama 16 musim. Itulah mengapa mereka masih bisa dikategorikan sebagai hewan paling setia. 

3. Serigala 

hewan yang paling setia di dunia
Instagram @cowolfcenter

Serigala bisa jadi jawaban atas pertanyaan hewan apa yang paling setia di kerajaan fauna. Meski di dalam dongeng, mereka sering digambarkan sebagai hewan yang licik dan jahat. Sebenarnya, mereka adalah fauna yang punya sistem keluarga mirip dengan manusia. Melansir National Wildlife Foundation, serigala hidup berkelompok dengan beberapa keluarga di dalamnya.

Satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Kemudian, mereka akan beranak pinak dan keluarga dari anak mereka akan tetap bergabung membentuk hirarki yang menarik. Mereka akan bekerjasama mencari mangsa dan merawat anggota yang masih muda. Meski memiliki kemiripan fisik, serigala bertolak belakang dengan anjing yang dikenal sebagai hewan paling setia kepada pemiliknya, tetapi pada sesamanya melakukan poligami. 

4. Kuda laut 

Kuda laut
Instagram @totem_made

Kuda laut juga masuk dalam hewan yang paling setia di dunia. Mereka adalah hewan yang mempraktikan monogami, bahkan akan terus berada berdekatan dengan pasangannya sepanjang masa hidupnya yang pendek yaitu 1-5 tahun.

Mengutip dari National Geographic, hal menarik lainnya dari kuda laut adalah proses perkembangbiakannya yang tidak biasa. Saat proses pembuahan, betina akan meletakkan telurnya di kantong khusus milik pejantan yang disebut brood pouch. Pada saatnya si pejantan yang akan melahirkan anak-anak dari kantong tersebut dengan gerakan kontraksi yang khas. 

BACA JUGA: Metamorfosis Tidak Sempurna, Ciri Ciri & Contoh Hewannya

5. Elang 

Elang
Instagram @awhearne

Seperti yang ditulis dalam liputan CBS, elang memiliki cara kawin yang sangat unik. Mereka bisa melakukannya di udara dengan gaya akrobatik sebelum akhirnya menjatuhkan diri ke tanah secara bersamaan. Unggas ini juga masuk dalam jenis hewan paling setia. Saat sang induk mengerami telur dan merawat bayi-bayinya, elang jantan akan berburu mencari makanan dan membantu pasangannya menyuapi anak-anak mereka. Masuk dalam kriteria hewan jantan atau laki-laki paling setia di dunia, ‘kan?

6. Owa 

hewan yang paling tidak setia
Instagram @sejal_naturephotography

Dalam Bahasa Inggris, Owa dikenal dengan istilah gibbons. Mereka adalah hewan paling setia dan hanya akan memiliki satu pasangan semasa hidupnya. Menurut sebuah artikel di National Geographic tentang monogami di dunia hewan, argumen ini muncul karena owa cenderung tinggal berpasangan. Sangat jarang menemukan mereka hidup sendirian. Ini meyakinkan para pengamat dan peneliti bahwa owa memiliki ikatan yang kuat pada pasangannya.

Namun, fakta membuktikan bahwa sebagian dari mereka meninggalkan pasangannya dan membentuk keluarga baru dengan owa lain. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, misalnya pasangannya sekarat atau owa jantan melihat owa betina dari kelompok lain yang diabaikan pasangannya. Singkatnya, tidak semua owa memiliki hubungan yang permanen dengan pasangannya. Mereka bisa “selingkuh” dan “bercerai”. 

7. Siamang 

Siamang
Instagram @adesso_ojisan

Pola kehidupan siamang pun mirip dengan owa. Mereka hidup berpasang-pasangan bersama anak-anak mereka. Ayah dan ibu memiliki tugas yang sama, mereka bekerjasama mencari makanan dan merawat anaknya secara bergantian. Mereka juga hewan yang teritorial. Dilansir dari Smithsonian’s National Zoo, siamang bahkan memiliki nyanyian khusus untuk menandai wilayahnya dan itu dilakukan rutin setiap hari oleh tiap pasangan. Siamang adalah hewan yang punya rutinitas jelas, mereka juga bangun dan tidur di jam yang sama. 

8. Aligator

buaya hewan yang paling setia
Instagram @dannyg2685

Walau sering diasosiasikan dengan orang yang suka membual, ternyata aligator dan buaya hewan yang paling setia. Merujuk beberapa penelitian yang dirangkum ABC News, aligator betina terbukti hanya kawin dengan pejantan yang sama selama bertahun-tahun lamanya. Kesetiaan ini teruji karena mereka memiliki masa hidup yang panjang mencapai rata-rata 50 tahun bahkan sebagian sampai berusia 70. 

BACA JUGA: 16 Manfaat dan Fungsi Air Bagi Manusia, Hewan & Tumbuhan

9. Berang-berang

hewan paling setia kepada pemiliknya
Instagram @emilietalpin

 Melansir dari BBC Earth, berang-berang yang dikenal setia adalah spesies yang hidup di kawasan Eurasia. Berbeda dengan rekan mereka yang hidup di Amerika Utara, berang-berang Eurasia cenderung hidup berkelompok dan berpasangan. Ini dilakukan guna bertahan hidup di habitat yang ekstrim. Dengan berpasangan, berang-berang bisa berbagi tugas mencari makanan sehingga meringankan beban mereka. Tidak hanya untuk bertahan hidup, mereka juga berbagi tugas saat merawat anak-anaknya.

10. Black vultures 

binatang setia togel
Instagram @miriinthewild

Sebenarnya monogami bukan hal aneh untuk unggas. Beda dengan mamalia yang kebanyakan masuk dalam kategori hewan yang paling tidak setia. Black vultures adalah jenis burung dengan bulu hitam legam yang hanya bisa ditemukan di Amerika bagian Selatan.

Sama dengan elang, saat kawin mereka akan melakukan gerakan akrobatik di udara dengan pasangannya. Saat telur menetas, mereka bahkan akan bergantian mengerami. Masih dari BBC Earth, sifat monogami dari spesies burung ini banyak dipengaruhi oleh kawanan mereka. Saat salah satu dari mereka terpergok selingkuh, kawanan akan menyerangnya dengan brutal. 

11. Kadal shingleback

hewan yang gampang selingkuh
Instagram @philspet

 Ini adalah jenis kadal endemik Australia yang memiliki sisik tebal di bagian punggungnya. Mereka dikenal sebagai kadal yang sebenarnya suka hidup sendiri. Namun, saat musim kawin tiba mereka akan berkumpul dengan pasangannya.

Menariknya, sang pasangan biasanya adalah sosok yang sama dan ini bertahan bertahun-tahun berikutnya. Masih merujuk artikel BBC Earth, kadal ini tidak suka mencari pasangan baru karena menurut mereka proses kawin akan lebih cepat dan efektif saat mereka sudah mengenal pasangan dengan baik. 

BACA JUGA: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

12. Sandhill crane 

laki-laki paling setia di dunia
Instagram @lrbeeson

Ia adalah jenis unggas yang hidup di Amerika Serikat. Secara morfologi, binatang ini berpostur besar dengan leher dan kaki yang kurus serta panjang. Warna tubuh mereka sangat khas, perpaduan antara merah  dengan putih kelabu. Mereka adalah hewan karnivora yang bisa memakan mamalia kecil, amfibi, hingga reptil. Menariknya, mereka juga hidup berpasangan sehidup semati. Sama dengan angsa, mereka baru akan mencari pasangan baru jika pasangan terdahulunya tewas. 

13. Diplozoon paradoxum 

Diplozoon paradoxum
Instagram @bioingenieria_

Hewan ini adalah sejenis parasit yang hidup di tubuh ikan air tawar. Mereka lahir dalam bentuk larva tunggal, tetapi saat akan tumbuh dewasa mereka akan mencari pasangan. Pasangan diplozoon akan menyatu menjadi satu entitas yang sama. Ini dipercaya sebagai bentuk monogami yang absolut. 

14. French angelfish 

French angelfish
Instagram @andy.schmid

Sebagian ikan masuk dalam kelompok hewan yang gampang selingkuh. Namun, ada beberapa yang dipercaya sebagai spesies yang mempraktikan monogami. Salah satunya french angelfish yang hidupnya selalu berpasangan. Mereka akan berburu makanan dan mencari perlindungan atau tinggal di lokasi yang sama. 

15. Tikus California 

Tikus California
Pexels

Sebuah percobaan dari Gubernick dan Nordby, terbukti bahwa tikus California memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi pada pasangannya. Percobaan dilakukan dengan meletakkan tikus yang sudah memiliki pasangan satu kandang dengan tikus selain pasangannya. Hasilnya sebagian besar tikus yang diuji memilih untuk tidak mendekati tikus asing dan tetap berada di dekat pasangan mereka. Meskipun begitu, sebagian kecil lainnya ternyata bisa memilih untuk selingkuh. 

Itu beberapa binatang yang masuk dalam kategori hewan yang paling setia di dunia. Mana yang menurutmu paling mengejutkan, Sedulur? 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.