Sedulur masih menganggap bahwa gula Jawa dan gula aren adalah sama? Jelas Sedulur keliru jika begitu. Simak ulasan terkait perbedaan keduanya di bawah ini!

Gula merupakan salah satu bahan kebutuhan dasar yang wajib Sedulur miliki di rumah. Baik untuk membuat minuman dan juga makanan. Terdapat beberapa jenis gula yang umum digunakan di Indonesia, mulai dari gula putih, gula merah/jawa, gula aren dan gula batu.

Namun, masih ada yang beranggapan bahwa gula aren dan gula Jawa adalah sama. Jenis gula yang sama namun beda penyebutan atau nama. Jika Sedulur salah satu yang beranggapan seperti itu, maka Sedulur salah besar. Karena gula aren dan gula Jawa adalah dua jenis gula yang berbeda.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan apa saja perbedaan dari kedua jenis gula tersebut. Mulai dari bahan pembuatan, warna gula, tekstur dan manfaatnya. Sudah mulai penasaran? Sedulur bisa langsung simak ulasan di bawah ini. Yuk?!

-->

Baca Juga: Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda yang Wajib Sedulur Ketahui!

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Bahan Pembuatan

1. Bahan Pembuatan
mesinarummanis.id

Hal yang pertama, yang sulit diketahui perbedaannya adalah bahan pembuatannya. Gula Jawa terbuat dari getah palma atau sari pohon kelapa, yang diproses dengan cara direbus dalam waktu yang sangat lama. Proses perebusan tersebut bertujuan membuat sari pohon kelapa menjadi karamel, yang kemudian dicetak lalu dijual dipasaran.

Sementara itu, gula aren asli terbuat dari nira pohon enau, yang diolah dengan cara yang sama yaitu direbus dalam waktu yang sangat lama dan dengan cara yang tradisional. Tujuannya pun sama, yaitu membuat nira pohon enau menjadi karamel dan kemudian dicetak sebelum kemudian di jual dari pasaran.

Karena bahan dan proses pembuatannya yang masih tradisional dan alami. Banyak yang beranggapan bahwa lebih sehat gula aren atau gula Jawa dibandingkan dengan gula putih. Anggapan tersebut bukan tanpa dasar, berbagai penelitian ilmiah pun telah membuktikan hal tersebut.

2. Warna dan Tekstur Gula

2. Warna dan Tekstur Gula
kompas.com

Perbedaan dari gula Jawa dan gula aren selanjutnya adalah dari warna dan tekstur gula. Warna dari gula merah atau gula Jawa lebih merah pekat menuju ke warna hitam. Sementara itu warna dari gula aren yang kuning yang menuju merah. Jika dilihat secara sekilas, memang sulit membedakan warna kedua jenis gula ini, berbeda dengan diperhatikan secara seksama.

Terksturnya sendiri berbeda cukup signifikan, gula Jawa memiliki tekstur yang padat dan keras dengan rasa yang tidak terlalu manis. Sementara itu, gula aren memiliki tekstur yang empuk dan padat dengan rasa yang cenderung lebih manis ketimbang gula Jawa.

3. Manfaat dan Kegunaan

3. Manfaat dan Kegunaan
hellosehat.com

Secara spesifik, kedua jenis gula ini juga memiliki perbedaan dalam manfaat dan kegunaan. Namun, jika dilihat secara umum, salah satu kesamaan dalam manfaatnya adalah sebagai pasokan kebutuhan gula dalam tubuh yang berasal dari bahan alami. Dibanding gula dari tebu (gula putih) gula merah dan gula aren cenderung lebih aman. Berikut ini daftar manfaat dari kedua jenis gula yang dimaksud:

Manfaat gula Jawa yaitu untuk mengurangi rasa nyeri saat haid, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah asma, mencegah anemia, kaya akan mineral dan dapat secara efektif menghilangkan rasa tidak nyaman setelah melahirkan.

Gula aren bermanfaat menangkal radikal bebas, sebagai tambahan energi alami, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan mampu menjaga sistem syaraf dalam tubuh. Yang paling penting adalah gula aren aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena tidak mengandung insulin di dalamnya.

Baca Juga: Perbedaan Susu Kental Manis dan Susu Evaporasi

Beli Gula Jawa dan Gula Aren di Aplikasi Super

Beli Gula Jawa dan Gula Aren di Aplikasi Super
superapp.id

Setelah Sedulur mengetahui daftar perbedaan kedua jenis gula yang sering dianggap sama ini, alangkah lebih baik Sedulur menyediakan kedua jenis gula sebagai persediaan di rumah Sedulur. Mulai gunakan gula aren atau gula merah untuk kebutuhan gula dan pemanis Sedulur, karena lebih baik untuk tubuh.

Sedulur bisa membeli kedua jenis gula di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai sembako kebutuhan sehari-hari, dengan harga murah dan kualitas yang sangat baik. Selain itu, pelayanan yang diberikan Aplikasi Super juga sangat membantu dan dapat memudahkan Sedulur menjalani kehidupan sehari-hari.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya di handphone Sedulur. Mulai manfaatkan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sedulur, agar hidup Sedulur lebih mudah dan tentu saja lebih menguntungkan!