Senam lantai merupakan olahraga paling populer di kalangan banyak orang. Selain mudah dan bisa  dilakukan kapan saja, senam lantai bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam gerakan senam lantai terdapat sebuah gerakan bernama gerakan meroda. Arah gerakan meroda adalah gerakan memutar tubuh ke arah samping. Kemudian, pada bagian tangan dan kaki menjadi sebuah tumpuan sehingga bisa melakukan gerakan berputar seperti roda.

Gerakan meroda ini memang tidak mudah dipelajari. Dibutuhkan ketekunan dan kesungguhan dalam mempelajarinya. Selain sulit dipelajari, gerakan ini ternyata sangat berbahaya dan berpeluang besar mengalami cedera. Jika Sedulur adalah seorang pemula, maka Sedulur bisa meminta bantuan dari orang-orang di sekitar seperti teman atau keluarga. Adapun penjelasan manfaat gerakan meroda dan bagaimana bentuk gerakan meroda yang benar dapat Sedulur simak di bawah ini.

BACA JUGA: Gerakan Sikap Lilin yang Baik & Benar dalam Senam Lantai

Tahap awal

gerakan meroda
Percepat

Posisi kaki sikap awal gerakan meroda adalah meletakkan salah satu kaki di depan dengan sedikit menekuknya. Kaki yang berada di posisi belakang harus lurus, lalu posisi kedua tangan sikap awal gerakan meroda adalah di atas kepala dan lengan berada di dekat telinga. Pastikan tangan dan lengan Sedulur dalam keadaan rileks dan tidak kaku.

-->

Letakkan tangan di tanah

gerakan meroda
Sportstars

Bentuk gerakan meroda yang benar adalah ayunkan tangan mengarah ke alas. Alas bisa berupa tanah, lantai, atau matras yang sudah tersedia. Kemudian, putar tangan hingga mencapai 90 derajat. Namun, pastikan tangan Sedulur rileks dan tidak kaku supaya menghindari masalah cedera serius.

BACA JUGA: Apa Itu Senam Kegel, Kenali Manfaat dan Cara Melakukannya

Letakkan kaki di atas

gerakan meroda
Kumparan

Selanjutnya gambar gerakan meroda tahap tiga adalah Sedulur harus mengusahakan kaki untuk diayunkan ke atas. Kemudian, pastikan jika kaki yang diayunkan pertama kali adalah kaki yang akan mendarat terlebih dahulu. Kurang lebih posisinya sama seperti gambar.

Tahap mendarat

gerakan meroda
Kompas

Sikap akhir gerakan meroda adalah tahapan mendarat. Ketika Sedulur melakukan tahap ini, pastikan bahwa cara mendarat Sedulur harus benar. Cara mendarat dalam bentuk gerakan meroda yang benar adalah mendarat ke arah menyamping dan menghadap ke arah berlawanan dari tempat awal saat memulai mengayunkan tangan maupun kaki.

Perhatikan bahwa posisi lengan harus berada di dekat telinga dan posisikan kaki harus sama dengan tahap awal. Di mana kaki depan harus sedikit ditekuk dan kemudian kaki bagian belakang harus lurus. Gerakan meroda tubuh yang terakhir menyentuh matras.

BACA JUGA: 10 Gerakan Senam Lantai dan Berbagai Manfaat Melakukannya

Manfaat

Percepat

Rasanya kurang pas jika hanya tahu tahapannya namun belum mengetahui manfaat dari melakukan gerakan ini. Gerakan roda atau catwheel memberikan banyak manfaat untuk tubuh di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Manfaat pertama melakukan gerakan ini adalah membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  • Kedua, membantu dalam proses pembakaran kalori.
  • Dapat mengencangkan otot-otot pada tubuh.
  • Manfaat keempat, dapat meningkatkan kelenturan tubuh.
  • Manfaat selanjutnya yaitu mampu menguatkan tulang-tulang.
  • Manfaat terakhir adalah meningkatkan keseimbangan pada tubuh.

Demikian ulasan mengenai penjelasan dan manfaat dari gerakan ini. Mempelajari gerakan pada senam lantai membutuhkan ketekunan dan keteguhan. Sebab, melakukan gerakannya sangat rawan akan cedera. Jika ingin melakukan gerakan senam lantai ini, sebaiknya mintalah bantuan teman atau instruktur olahraga. Selain itu, jangan lupa pula mengikuti tahapan di atas dengan benar. Semoga penjelasan ini mampu membantu Sedulur untuk mempelajari senam lantai lebih baik lagi, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.