Senam lantai merupakan kegiatan yang berfungsi untuk meregangkan otot dan tubuh supaya terhindar dari masalah keram atau cedera. Dalam praktiknya, senam lantai mempunyai banyak jenis dan bisa diterapkan untuk meregangkan otot-otot tegang di area kaki atau betis. Salah satu gaya dalam senam lantai adalah sikap lilin.

Penerapan sikap lilin senam lantai memang membentuk seperti lilin. Di mana kedua kaki Sedulur menghadap ke atas dan kedua tangan menyangga pinggang. Sikap ini berguna untuk melatih otot kaki dan membentuk otot perut supaya menjadi kuat serta keras. Tak hanya itu saja, sikap ini mampu melenturkan otot pinggang. Masih bingung dengan sikap lilin dalam senam lantai? Yuk, simak dan pahami pembahasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Pengertian & Contoh Gerakan Lokomotor dan Nonlokomotor

Teknik sikap lilin dalam senam lantai

Gerakan sikap ini biasa dilakukan di atas matras dengan kaki lurus dan tegak ke atas menyerupai lilin. Tujuan penggunaan matras mempunyai fungsi menghindari cedera atau rasa sakit di anggota tubuh. Lalu, bagaimana sikap lilin yang benar kedua tungkai harus seperti apa? Pahami penjelasannya di bawah ini.

-->

1. Sikap awal

sikap lilin
Mufit Indonesia

Sebelum melakukan sikap atau posisi awal dari gerakan ini adalah semua badan diregangkan alias pemanasan. Tidak hanya itu, pakailah matras supaya menghindari rasa sakit dan cedera pada anggota tubuh. Kemudian, Sedulur perlu melakukan beberapa gerakan di bawah ini.

  • Posisi awal dari gerakan sikap lilin adalah tidur terlentang dengan kaki lurus sejajar, rapat dan rileks.
  • Pandangan lurus ke atas.
  • Kedua tangan di samping badan.

2. Tahap kedua

sikap lilin
Hipwee

Sikap lilin bertumpu pada punggung bagian atas dan siku, baru kemudian menahan pinggul dengan tangan. Pada tahapan kedua ini, anggota tubuh Sedulur yaitu kaki angkat ke atas dengan posisi masih lurus dan rapat. Jangan lupa topang punggung Sedulur dengan menggunakan kedua tangan.

BACA JUGA: 18 Manfaat Renang secara Rutin, Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Sikap akhir

sikap lilin
Kumparan

Sikap lilin melatih otot kaki dan kekuatan tangan. Pada posisi terakhir ini, tahan agar tubuh tetap seimbang dan pastikan kaki tetap rapat serta lurus ke atas. Selanjutnya untuk menurukan kaki, tekuk lutut dengan posisi kaki tetap rapat kemudian turunkan badan.

Buat Sedulur pemula mungkin ada yang kesulitan untuk melakukan gerakan ini. Hal itu wajar sebab untuk melakukan gerakan sikap ini dibutuhkan proses dan kebiasaan. Guna membantu Sedulur melakukan sikap ini, maka bisa menggunakan bantuan berupa media dinding.

Ya, dinding bisa dipakai untuk menahan kaki supaya tetap lurus dan pastinya seimbang ketika melakukan gerakan lilin. Inilah proses sikap lilin yang benar, kedua tungkai harus lurus ke atas dan pastinya harus saling rapat.

4. Kesalahan sikap lilin

sikap lilin
Tokopedia

Setelah membahas mengenai pelaksanaan sikap ini, selanjutnya kesalahan dalam gerakan ini. Sikap lilin memang tidak mudah dipelajari, sebab gerakan ini membutuhkan keseimbangan badan dan kaki. Jika ada yang mencoba senam lantai dengan sikap ini, mungkin masih terjadi banyak kesalahan. Bisa jadi, kesalahan tersebut karena alasan berikut.

  • Pertama, jika Sedulur salah melakukan sikap ini, bisa jadi pinggang hanya ditopang menggunakan ibu jari.
  • Mungkin kedua kaki cenderung condong ke belakang. Sehingga, berat untuk ditopang dan tidak bisa bertahan lama.
  • Kedua kaki cenderung condong ke depan.
  • Penempatan siku-siku tangan terlalu keluar dari garis lebar badan yang semestinya.
  • Terakhir, mungkin tidak atau kurang bertumpu kepada pundak.

Demikian ulasan mengenai sikap lilin dalam senam lantai. Melakukan gerakan ini memang susah-susah gampang karena anggota tubuh kaki dan tangan harus benar-benar seimbang. Tak hanya itu, tangan juga harus kuat menopang pinggul bagian bawah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba gaya ini. Semoga ulasan ini membantu Sedulur yang sedang berupaya dalam meregangkan otot kaki dan tangan agar terhindar dari keram atau masalah cedera di area tubuh tertentu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.