Ide foto lebaran

Lebaran sangat identik dengan berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, bahkan dengan keluarga jauh yang lama tidak ditemui. Untuk mengabadikan momen penting tersebut, tentu berfoto di hari raya merupakan hal begitu penting dan monumental. Namun masih ada banyak orang yang kebingungan memilih gaya foto lebaran yang pas.

Nah, bagi Sedulur yang selalu kesulitan dan mati gaya, berikut ini akan kita bahas beberapa rekomendasi gaya foto lebaran agar momentum bahagia saat berkumpul bersama keluarga bisa diabadikan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung berikut ini!

BACA JUGA: 12 OOTD Inner Dress Hitam Terbaik, Tampil Lebih Stylish!

Rekomendasi ide untuk gaya foto lebaran

Foto merupakan hal yang penting untuk mengabadikan setiap momen penting, terutama di hari lebaran momen berharga sangat wajib diabadikan karena menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan saudara lainnya. Tidak akan berkesan jika tidak diabadikan.

-->

Agar menghasilkan foto yang baik, Sedulur juga penting untuk menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari pilihan baju, background foto hingga pose dan tema yang digunakan. Bagi Sedulur yang tengah mencari referensi berfoto, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Tampil kompak dengan baju senada

gaya foto lebaran
Rukita

Rekomendasi gaya foto lebaran yang pertama yaitu foto sekeluarga dengan baju senada.  Gaya foto satu ini sangat cocok untuk menghasilkan tampilan yang sangat elegan, terlihat harmonis dan menawan. Tentu salah satu rekomendasi gaya yang bisa Sedulur gunakan di hari raya nanti.

Untuk pilihan bajunya, bagi waniat Sedulur bisa menggunakan gamis senada dengan sanak saudara dan seluruh keluarga besar. Sementara untuk para prianya, bisa menggunakan koleksi baju koko dengan bahan satin yang tampak mewah.

Tema foto ini paling pas dilakukan di ruangan utama rumah atau di ruang tamu agar tampak elegan. Background untuk foto pun tidak perlu sulit untuk memilih.

2. Berfoto dengan kesan etnik

Momen lebaran tidak harus melulu menggunakan baju gamis atau baju dengan nuansa Islam. Untuk tema foto yang berbeda dan tetap menarik, Sedulur bisa menggunakan tema etnik. Sentuhan etnik sendiri bisa Sedulur hadirkan dengan menggunakan kebaya.

Ada kebaya encim atau kebaya kutu baru yang dipadukan dengan kain. Kesan yang paling penting untuk ditonjolkan saat lebaran yaitu kesan sopan dan rapi. Maka sebenarnya tidak perlu menggunakan baju gamis atau baju koko di hari lebaran.

Untuk melengkapi gaya, Sedulur bisa menambahkan aksen bros yang tampak elegan dan manis. Untuk para laki-lakinya bisa menggunakan kemeja Batik agar tampak senada dengan tema baju perempuan. Latar foto yang pas untuk tema ini adalah nuansa kayu dihiasi bunga-bunga.

3. Dengan koleksi pakaian putih

gaya foto lebaran
Pinterest

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan baju warna putih, hal ini berkaitan dengan hari yang fitri dan suci. Warna putih sendiri memang merupakan warna yang mewakili kebersihan, kesucian dan keharmonisan.

Oleh karena itu, pakaian dengan nuansa warna putih juga bisa jadi pilihan Sedulur. Dekorasi latar foto dengan nuansa rustic yang manis sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam gambar di atas. Bisa jadi salah satu referensi Sedulur untuk berpakaian di hari lebaran.

Untuk pilihan baju warna putihnya, Sedulur bisa memilih model yang simpel agar tetap terasa nyaman dikenakan seharian. Jangan lupa juga tambahkan dekorasi dried flower dengan nuansa warna coklat dan pink yang cantik.

4. Lebaran dengan tema batik

gaya foto lebaran
Rukita

Tema untuk gaya foto lebaran yang bisa Sedulur gunakan dengan tema batik, batik sendiri merupakan warisan budaya Indonesia yang menjadi ciri khas Indonesia di mata internasional. Maka dari itu, Sedulur bisa menggunakan batik di hari lebaran yang suci.

Saat ini sudah tersedia model batik modern senada yang bisa Sedulur pilih bersama keluarga. Latar foto yang kamu gunakan juga nggak perlu berlebihan, cukup melakukan sesi foto ini di ruang tamu, agar tampilan Batik tampak kontras. Pose seperti susunan anak tangga juga pas untuk tema yang satu ini.

5. Foto dengan tema candid

gaya foto lebaran
World Photo

Tema foto tidak harus selalu tampak elegan, formal dan rapi, tema seperti candid photo juga bisa jadi pilihan Sedulur. Tema foto ini mampu menghadirkan suasana lebaran yang hangat dan tampak apa adanya atau natural. Tidak seperti dibuat-buat dan berlangsung sebagaimana adanya.

Untuk tema yang satu ini Sedulur bisa meletakan kamera pada tripod dengan menggunakan mode self-timer. Untuk pemilihan tempatnya, bisa dilakukan di area tempat makan, ruang tamu, atau halaman depan.

6. Foto selfie bersama keluarga

Spacestock

Seperti tema candid photo yang tampak seru dan natural, tema swafoto atau selfie juga bisa Sedulur pilih untuk menangkap hangatnya momen bahagia Sedulur saat berjumpa dengan sanak saudara kala Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya yaitu foto selfie bersama keluarga.

Jangan lupa untuk berpose yang seru agar momen bersama keluarga tercinta kian terlihat menarik. Sedulur juga bisa menambahkan berbagai tambahan properti menarik, seperti topi, kacamata, hingga bunga agar terlihat lebih seru.

Tema foto candid bisa Sedulur dapatkan salah satunya dengan selfie, meskipun akan sedikit bergaya namun jika selfie dilakukan bersama keluarga akan terasa kejujurannya. Sehingga foto candid bisa tampak lebih jujur dan lebih baik. Momen lebaran akan terasa sangat bahagia dan berkesan.

7. Gaya foto lebaran dengan pasangan

Pinterest

Tema foto yang simpel kadang menghasilkan hasil yang lebih menarik dan tampak mewah. Jika Sedulur memilih tema foto ini, Sedulur hanya perlu mengandalkan background  polos dengan menggunakan pilihan baju yang simpel pula.

Atau mungkin Sedulur juga bisa menggunakan rekomendasi gaya foto bersama pasangan sebagaimana Sedulur ketika foto prewedding saat sebelum menikah. Namun bagi yang belum menikah, foto bersama pasangan bisa Sedulur gunakan konsep atau gaya foto natural saja sebagaimana ketika menghabiskan waktu berdua.

8. Foto dengan baju sarimbit mewah

Wolipop

Gaya foto lebaran selanjutnya, ada pilihan tema baju senada dengan motif yang menarik. Tema tampilan yang serasi yang satu ini bisa memberikan kesan elegan. Koleksi baju senada ini juga dikenal dengan baju Sarimbit, biasanya satu set pakaian serasi untuk ayah, ibu, dan anak.

Untuk latar fotonya, usahakan untuk memilih background yang polos agar baju terlihat kontras. Tambahkan juga dekorasi dried flower dengan nuansa warna coklat yang cantik. Atau dinding ruang tamu di rumah juga bisa Sedulur gunakan sebagai background.

Jika ingin terasa lebarannya, Sedulur bisa menggunakan background di halaman rumah dengan latar banyak keluarga yang sedang bersilaturahmi.

9. Gaya foto lebaran latar belakang luar rumah

Rukita

Tema foto terakhir yang bisa Sedulur coba dalah tema foto dengan latar foto di luar ruangan atau outdoor. Sedulur bisa memilih halaman depan sebagai latar foto yang menarik bersama keluarga atau foto sesaat setelah sholat Ied sehingga latar belakang outdoor akan membuat lebaran semakin berkesan.

Salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur gunakan untuk gaya foto lebaran ini seperti yang terlihat dalam gambar di atas. Foto lebaran keluarga Desta beserta dengan anak-anaknya sesaat setelah lebaran. Salah satu rekomendasi foto keluarga yang identik saat lebaran.

Foto ini juga umumnya biasa digunakan oleh keluarga muda dengan beberapa anak kecil yang melengkapi momen kebahagiaan saat bulan puasa.

BACA JUGA: 10 Ide OOTD Blazer Hitam Hijab, Simpel Tapi Elegan

10. Foto dengan background meja makan

IDN Times

Bagi Sedulur yang merupakan pasangan muda dengan anak balita, cocok menggunakan gaya foto lebaran satu ini. Meja makan yang dihiasi bunga hydrangea dengan nuansa ungu dan biru pastel menjadi background yang pas.

Ditambah dengan menggunakan pakaian lebaran yang senada dijamin akan membua foto menjadi semakin enak dilihat. Salah satu selebritis tanah air menggunakan gaya foto lebaran ini, seperti yang dilakukan oleh Aldi Fairuz dan Angbeen Rishi.

Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas, potret keluarga Aldi Fairuz yang tampak begitu bahagia dengan tone nada yang cerah.

11. Warna putih yang sederhana

IDN Times

Rekomendasi gaya foto lebaran yang bisa Sedulur gunakan yang terakhir berasal dari potret keluarga Raditya Dika. Seorang Youtuber dan Komika ini memberikan rekomendasi penampilan yang sederhana dan memberikan kesan.

Warna baju didominasi putih dengan properti yang simpel seperti karpet putih, rak foto keluarga sederhana hingga dried flower bikin gaya foto keluarga Raditya Dika kelihatan minimalis. Bisa jadi salah satu rekomendasi Sedulur untuk diterapkan saat lebaran nanti.

Bagi Sedulur yang tidak ingin ribet dan heboh, Sedulur bisa menggunakan gaya foto lebaran dari Raditya Dika karena tidak sangat sederhana dan enak dipandang, juga tidak menghilangkan keistimewaan dari hari lebaran yang sangat spesial.

Nah itulah rekomendasi beberapa gaya foto lebaran yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Dijamin saat berfoto dengan keluarga Sedulur tidak akan mati gaya dan membuat momen lebaran menjadi semakin berkesan dan tidak terlupakan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, ya!