fungsi pasir zeolit adalah

Saat duduk di bangku sekolah dasar, Sedulur diajarkan materi tentang bebatuan. Salah satu jenis yang dibahas adalah pasir zeolit. Merupakan bentuk yang lebih kecil dari batu, fungsi pasir zeolit adalah memiliki peran penting yang memberi dalam kehidupan umat manusia.

Bukan pasir biasa, hasil alam jenis ini memiliki sifat yang fungsinya berbeda dengan pasir bisa lainnya. Sedulur bisa memanfaatkan pasir ini untuk kebutuhan memjernihkan air, menyuburkan tanaman, hingga untuk hewan peliharaan kesayanganmu.

BACA JUGA: Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, & Dampaknya

1. Menyaring air

fungsi pasir zeolit dalam penjernihan air adalah
Unsplash

Air bersih sudah menjadi kebutuhan utama umat manusia yang ada di dunia. Air ini bisa diolah untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari untuk mandi, minum, hingga dimasak. Proses ini terbilang cukup panjang karena air dari sumber mata air yang bersih disaring sedemkian rupa hingga layak konsumsi.

-->

Dalam memenuhi kebutuhan ini, eksistensi pasir zeolit sangat esensial. Fungsi pasir zeolit adalah menyaring air yang keruh menjadi bersih. Pasir inilah yang ditepatkan di bagian paling atas untuk menyaring air.

Selain untuk membuat air jadi lebih bersih, pasir ini juga mampu menambah kadar oksigen yang ada di dalam air karena bisa menurunkan kadar besi yang ada di air tersebut.

BACA JUGA: Fakta dan Manfaat Hutan Bakau untuk Kehidupan dan Lingkungan

2. Menjernihkan air

Menyaring air
Unsplash

Setelah bersih, langkah selanjutnya supaya air bisa layak konsumsi adalaah dengan dibuat jernih. Fungsi pasir zeolit dalam penjernihan air adalah menyaring kotoran kecil yang mengendap di permukaannya. Proses ini bisa dilakukan dalamm tahapan kedua setelah supaya bisa lebih dipastikan kelayakannya.

BACA JUGA: Teknologi Ramah Lingkungan: Pengertian, Contoh & Fungsinya

3. Filter air

fungsi pasir zeolit untuk filter air
Unsplash

Fungsi pasir zeolit untuk filter air juga bisa didapatkan. Apabila ingin memfilter air bersih untuk dijadikan sebagai air minum secara manual, kamu bisa mencoba cara yang dipaktikkan saat masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Susun batu sesuai urutannya termasuk zeolit. Lakukann penyaringan dua sampai tiga kali. Setelah itu baru bisa dicoba untuk direbus sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA: Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Hidup

4. Menyuburkan tanaman

Menyuburkan tanaman
Unsplash

Selain untuk membuat air bisa layak minum, fungsi zeolit untuk tanaman juga bisa didapatkan. Salah satunya yakni menyuburkan tanah. Dilansir dari buku Inovasi Teknologi Agronomi di Lahan Pasir Pantai yang diterbitkan pada 2021 lalu, dijelaskan tentang fungsu pasir berwarna putih untuk kesuburan tanah.

Mulai dari kemampuan menyerap air yang lebih banyak, pasir ini juga mampu mengikat bahan organik. Selain itu, unsur P dan K di dalam tanah juga bisa meningkat drastis. Penyaringan molekul, penukaran kation dan berbagai reaksi kimia di tanah juga bisa membuat tanah jadi lebih gembur. Selain itu, kadar logam di dalam tanah juga bisa dikondisikan oleh pasir ini.

BACA JUGA: Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Pengertiannya

5. Mengurangi bau dari kotoran hewan

Mengurangi bau dari kotoran hewan
Unsplash

Selain untuk air dan tanaman, pasir ini juga akan sangat dibutuhkan oleh Sedulur yang mempunyai hewan peliharaan di rumah karena fungsi pasir zeolit adalah mencegah bau mereka. Misalnya saja kucing dan hamster. Sudah jadi rahasia umum kalau kotoran kedua hewan ini memang bau apabila terkena permukaan kain.

Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa mengajarkan hewan peliharaanmu untuk buang kotoran di tempat yang sudah disediakan. Siapkan pasir zeolit di dalam wadah tersebut karena bau tidak sedapnya akan terserap dengan cukup baik.

Selain fungsi, ada juga kelebihan dan kekurangan dari pasir ini. Sebelum membelinya, pastikan untuk memahami risiko yang ada.

Kelebihan:

  • Bisa digunakan berulang kali. Pada dasarnya, pasir ini bisa dicuci untuk dipakai kembali setelah dipakai untuk menimbun kotoran hewan.
  • Saat mencuci pasir, diwajibkan menggunakan desinfektan. Setelah dicuci, kamu harus mengeringkannya sebelum dipakai lagi.
  • Harganya jauh lebih murah dibanding jenis pasir lainnya. Dibutuhkan modal Rp5 ribu untuk memberli per kg-nya.
  • Mudah didapatkan hampir di setiap pet shop dan penjual pasir lainnya

Kekurangan:

  • Tidak bisa menggumpalkan kotoran karena pasir ini terbuat dari batuan yang dipecah hingga kecil
  • Harus dalam jumlah yang banyak karena baunya tidak akan terserap
  • Daya serap cairan rendah. Saat hewan peliharaan kencir, akan menggenang di box yang sudah diberikan pasir zeolit. Harus segera dibersihkan agar tidak terlalu lama menggenang dan menjadi sarang bakteri dan penyakit

BACA JUGA: Eutrofikasi: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampaknya

6. Suplemen makanan untuk ternak

fungsi pasir zeolit untuk hewan ternak
Unsplash

Di bidang peternakan juga membutuhkan pasir zeolit karena bisa memberikan output yang cukup baik untuk hewan. Sederhananya, pasir ini adalah suplemen yang cocok untuk diberikan. Pemberian pasir zeolit yang sudah diolah dan diberikan kepada sapi perah dan kelinci bisa meningkatkan efisienssi pangan hingga 49%.

Apabila diberikan kepada hewan ternak lainnya, bisa juga ada peningkatan jumlah anak yang dilahirkan. Selain itu, ada hewan yang mengalami kenaikan berat badan dalam jangka waktu 12 minggu.

Suplemen ini tidak bisa langsung dijadikan sebagai makanan utama. Kamu tetap harus mencampurnya dengan makanan yang biasanya diberikan dan menambah kadar pasir dalam jumlah yang secukupnya. Supaya tetap terkontrol dan kesehatan hewan ternak tidak dipertaruhkan, jangan terlalu banyak memberikan pasir ini.

Meskipun dikenal bisa membantu menjernihkan air untuk dikonsumsi, fungsi pasir zeolit juga sangat berperan dengan kehidupan manusia. Dari beberapa kegunaan tersebut, ada kelemahan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!