Font adalah gaya tulisan yang biasa ditemukan dalam software MS Word ataupun software desain seperti canva. Biasanya fungsi lain font adalah mendesain sebuah website agar tampilannya apik dan nyaman untuk dilihat.  Maka dari itu font keren dibutuhkan supaya website memiliki ciri khasnya sendiri.

Font dibedakan menjadi dua, yakni ada yang gratis dan berbayar. Font dengan kualitas bagus, maka Sedulur harus menyiapkan budget untuk mendapatkan font tersebut. Sedulur bisa mendapatkan font berbayar dari situs-situs seperti Google Font, Google Space, dan masih banyak lagi. Situs-situs tersebut, banyak memberikan kemudahan untuk Sedulur yang sedang ingin mendesain tampilan website ataupun blog pribadi agar lebih bagus dan elegan.

Kali ini ada daftar 20 font keren website (font HTML) dan bisa diinstal pada situs Sedulur. Penasaran bagaimana cara download font keren hingga mendapatkan font keren gratis? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Screenshot di Laptop & Komputer Tanpa Aplikasi

-->

1. Texta family

font keren
Cufon Font

Nama font keren yang pertama dan harus Sedulur miliki sebagai desainer grafis adalah Texta Family. Perlu diketahui bahwa Texta merupakan font sans kontemporer dengan tampilan rasional, transparan, dan sangat berguna bagi Sedulur yang menggeluti bidang desain grafis. Seorang desain grafis memang bukan profesi mudah, sebab mereka dituntut mengumpulkan ide dan materi dalam membuat desain.

2. Arial

font keren
Free Font Pro

Tak hanya Texta Family ada lagi font aesthetic bernama Arial. Font seperti ini biasa ditemukan dalam software MS Word untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan kampus atau pembuatan artikel. Sehingga jika Sedulur membaca berita di media online, pasti font jenis ini banyak dipakai oleh mereka. Arial adalah font yang paling banyak digunakan dalam perusahaan media online maupun cetak.

Apalagi font keren jenis Arial merupakan font default Google Docs dan merupakan office suite paling populer dimiliki oleh Google. Bahkan banyak kritikus mengatakan jika font member sans serif ini sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai hal. Sehingga tak heran jika dalam penulisan artikel biasa memakai font keren jenis ini.

3. Times new roman

font keren
Muhidin Saimin

Selain Arial sebagai font keren gratis dan biasa ditemukan dalam program MS Word, ada pula font yang tak kalah menarik dan banyak digunakan dalam keperluan pembuatan tugas kuliah. Nama font tersebut adalah Times New Roman dan masih populer digunakan sampai sekarang oleh dosen, guru hingga mahasiswa. Times New Roman adalah variasi font lama dari Times dan berasal juga dari grup Serif.

Mengutamakan desain profesional, membuat font keren Times New Roman menjadi pilihan buat media cetak dan konten yang lebih formal. Belum lagi, typeface semacam ini banyak dipilih oleh berbagai situs berita dan institusi lainnya. Jadi, untuk Sedulur yang sedang membuat konten tulisan keren buat blog, maka tak ada salahnya menggunakan font keren jenis ini. Selain klasik, font ini masih populer di kalangan banyak penulis media massa cetak atau online.  

BACA JUGA: Apa itu Desainer Grafis: Pengertian, Tugas, & Prospek Kerja

4. Helvetica

font keren
Pinterest

Berikutnya font keren untuk logo adalah font berjenis Helvetica. Helvetica kurang banyak dipakai penulis di perusahaan media massa cetak atau online. Sebab font keren gratis jenis Helvetica malah lebih banyak digunakan dalam membuat logo ataupun merek. Sehingga lebih banyak dipakai oleh para desainer grafis.

Para desainer menyukai Helvetica karena font jenis ini menonjolkan sifat netral. Sehingga sangat cocok untuk beragam jenis bisnis misalnya elektronik ataupun mobil. Seperti merek mobil terkenal BMW, Kawasaki, Jeep hingga Motorola.

5. Times

font keren
Pinterest

Selain Times New Roman dan Arial yang banyak dipakai oleh media online, ada pula font keren untuk nickname bernama Times. Font times lebih banyak digunakan untuk keperluan media cetak, bidang akademis sampai dengan media online. Jadi jangan heran bila Sedulur sedang membaca koran, media online, hingga jurnal ilmiah menemukan gaya tulisan Times. Nah, bagi Sedulur yang memiliki website untuk keperluan jualan online atau hanya sekadar punya hobi menulis, sangat pas menggunakan font keren gratis bernama Times.

Sebab font times lebih menonjolkan nuansa tradisional sekaligus formal untuk website Sedulur. Sehingga tampilan desain website kamu akan jauh lebih menarik dan menggiring pembaca singgah ke webite kamu.

6. Courier new

font keren
Best Font Pro

Berikutnya ada font keren dafont bernama Courier New yang mana font jenis ini punya kelebihan terlihat lebih ramping dan lebih enak dipandang pada layar komputer Sedulur. Atas dasar alasan ini, maka awalnya perangkat biasa menggunakan font Courier New. Namun, karena font Courier New adalah jenis font typewriter, maka Courier New akan lebih bagus tampilannya pada website yang memang membutuhkan desain old-school.

Dalam profesi penulis, tak banyak pihak menggunakan font Courier New dan sebagai gantinya banyak memilih Arial, Times New Roman, ataupun Times.

BACA JUGA: Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog & Web Terbaru 2022

7. Verdana

font keren
Dafont Free

Selanjutnya nama font keren berikutnya adalah Verdana yang mana typeface ini memang mudah dibaca, namun agaknya font nya terlalu kecil. Ada beberapa perusahaan yang memakai font seperti ini seperti perusahaan asal Swiss,  IKEA. Namun erusahaan yang menjual perlengkapan  rumah ini tidak hanya menggunakan Verdana pada situs mereka. IKEA juga kerap menggunakan font keren Verdana dalam katalog cetak mereka. Jika Sedulur ingin mencari font HTML yang tingkat readability-nya tinggi, maka Sedulur bisa mencoba typeface seperti ini.

8. Courier

font keren
Font Supply

Berikutnya ada font aesthetic bernama Courier dan Sedulur bisa menganggap bahwa Courier adalah font populer dari keluarga monospace. Diketahui bahwa semua sistem operasi memiliki font ini secara prepackage dan font HTML merupakan sebuah standar untuk layar lebar. Maka dari itu, untuk kamu yang bergerak di bidang perfilman, maka sangat pas menggunakan font keren jenis ini.

9. Arial narrow

font keren
FFont

Berikutny ada lagi font keren gratis bernama Arial Narrow yang mana font ini merupakan penyempurna dari font Arial. Font Arial Narrow tampilannya lebih halus daripada Arial dan untuk kamu pengguna iOS, kamu tetap bisa menggunakan font ini. Selanjutnya, Arial Narrow memiliki kelebihan yaitu mempertahankan karakteristik pendahulunya di mana font Arial Narrow lebih serbaguna dan sesuai halaman web apapun. Buat kamu yang bingung dalam mendesain website keren, maka bisa menggunakan font berjenis Arial Narrow.

10. Candara

font keren
Dafont Free

Selanjutnya ada lagi nama font keren bernama Candara. Penggunaan font Microsoft Vista adalah OS pertama yang memperkenalkan Candara ke khalayak secara umum. Font keren photoshop ini sangat mendukung dalam proses sistem rendering teks Windows Clear Type dan bisa meningkatkan readability teks pada layar LCD.

11. Geneva

font keren
Hostinger

Font aesthetic berikutnya yang lebih keren dibanding font sebelumnya adalah jenis font Geneva. Ternyata Geneva masih satu keluarga dari grup sans-serif dan kamu bisa menemukan font keren gratis ini pada komputer. Adapun perusahaan yang menciptakan font Geneva adalah grup perusahaan teknologi bernama Apple. Apple sebagai perusahaan perangkat teknologi mendesain font ini dengan banyak kelebihan.

Font Geneva memberikan kenyamanan untuk penggunanya dengan tampilan yang bersih dan modern di website atau blog Sedulur. Sehingga jika Sedulur kebingungan dalam mendesain tampilan website agar lebih nyaman dilihat, maka bisa menggunakan font jenis Geneva keluaran perusahaan Apple.

12. Calibri

font keren
Free Font

Lalu ada pula font keren gratis dan bisa kamu temukan pada program word yaitu Calibri. Calibri termasuk font populer dan banyak dipakai dalam keperluan menulis artikel, skripsi, dan keperluan lainnya. Font Calibri merupakan font default dari software bernama Microsoft Windows dan masihh berada di puncak tren pada pangsa pasar OS desktop. Buat pengguna atau user seharusnya tidak memiliki masalah saat membaca font HTML ini di browser mereka.

BACA JUGA: Apa itu Copywriter: Pengertian, Tugas, Syarat, serta Potensinya

13. Optima

font keren
CifonFont

Selanjutnya untuk kamu yang banyak membuat proyek seperti pembuatan logo atau desain grafis, maka bisa menggunakan font keren untuk logo bernama Optima. Sebab font Optima sangat terinspirasi dari huruf-huruf Roman Capital. Diketahui bahwa font tipe seperti ini banyak digunakan dalam berbagai hal. Mulai dari keperluan dalam membuat marka jalan hingga logo produk kecantikan.

Tak hanya itu, font keren Optima ini punya beberapa kelebihan yaitu tampilannya yang elegan dan mudah dibaca oleh pengunjung website. Sehingga dengan tampilan elegan, maka konten kamu akan menjadi lebih menonjol dan lebih menarik dibandingkan dengan website lainnya. Jadi saat pembuatan logo dan marka jalan, maka tak ada salahnya kamu memanfaatkan font keren gratis bernama Optima ini Sedulur.

14. Cambria

Dafont Free

Berikutnya ada lagi font keren dafont bernama Cambria yang mana font jenis ini ternyata masih satu keluarga dengan Candara dan Calibri. Ketiga font ini ternyata masuk dalam keluarga font Clear Type dan font jenis ini dibuat oleh perusahaan perangkat teknologi bernama Microsoft. Cambria ternyata punya banyak kelebihan dibandingkan dengan font Calibri dan Candara.

Ya, Cambria di desain untuk pengalaman membaca on-screen bahkan saat harus ditampilka dalam ukuran yang kecil. Maka dari itu, font Cambria sangat direkomendasikan buat kamu untuk mendesain sebuah website atau blog. Supaya website dan blog kamu terlihat lebih keren dibandingkan dengan website milik lainnya.

15. Garamond

Font Squirrel

Ada lagi font keren photoshop bernama Garamond yang mana font ini merupakan tipe font klasik dan sangat sesuai dengan keperluan buku cetak. Bagi mereka para desainer buku banyak menganggap jika font Garamond memiliki kelebihan yaitu bahasanya halus dan mudah dibaca. Tak hanya itu, Garamond memberikan pengalaman untuk pembaca merasakan nuansa antik pada website atau blog Sedulur.

16. Perpetua

FontsGeek

Selanjutnya ada lagi nama font keren bernama Perpetua yang mana font  ini lahir dari sebuah pemikiran oleh seorang pemahat Inggris. Pemahat inggris itu terinspirasi dari monumen dan memorial lettering. Selanjutnya karakteristik font yang formal, membuat Penguin Classics dan University of Pennsylvania lebih memakai Perpetua dalam melaksanakan publikasinya. Jadi intinya,  halaman edukatif dan informatif bisa merasakan keuntungan dari penggunaan font HTML ini.

17. Monaco

FontsGeek

Berikutnya ada lagi font keren gratis bernama Monaco dan biasanya font seperti ini bisa kamu temukan di program MS Word. Namun jika Sedulur adalah penggua Mac OS, tenyata font monaco juga tersedia dan bisa kamu gunakan. Diketahui, font Monaco termasuk dalam monospace family, yang dipakai pada terminal dan Xcode. Jika ingin mendesain website atau blog yang keren, maka Sedulur pun dapat menggunakan font jenis ini.

Sebab  font Monaco mempunyai desain unik dan membuat Sedulur bisa membedakan huruf-huruf yang mirip. Sehingga gunakanlah font ini pada website kamu jika bertemakan coding dan website.

BACA JUGA: Pengertian Artikel, Kenali Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

18. Didot

Download Font

Tak kalah keren dari font Monaco, ada pula font bernama Didot. Font Didot merupakan font serif neoclassical dan font jenis ini, mempunyai desain klasik namun tetap ada sentuhan modern. Biasanya font Didot banyak digunakan oleh CBS News dan The Late Show with Stephen Colbert. Adapun kelebihan dari font Didot dibandingkan dengan font jenis lainnya. Yaitu, font Didot mempunyai Typeface dan terkenal akan kontrasnya yang tinggi.

19. Brush script MT

Fontsisland

Jika font-font lain tampak biasa saja, namun untuk font Brush Script MT ternyata sangat aneh dan unik. Karena font Brush Script MT mengadopsi gaya kaligrafik teknik tulisan tangan. Sehingga font Brush Script MT menjadi font HTML dan menampilkan tulisan yang cantik sekaligus sangat mudah dibaca. Tak hanya itu, font keren Brush Script MT terlihat elegan dan sedikit meriah sehingga font ini sangat sesuai dengan catatan editorial dan sejenisnya.

Nah, untuk Sedulur yang menginginkan tampilan websitenya lebih keren, tampak elegan dan mempunyai huruf seperti kaligrafi, maka tak ada salahnya menggunakan Brush Script MT. Dengan penggunaan font Brush Script MT pada  website dan blog Sedulur, maka akan terlihat perbedaanya dengan website lainnya. Selain itu, tampilan yang beda namun elegan, akan mengundang pembaca untuk menikmati konten-konten menarik Sedulur.

20. Lucida bright

Fontsgeek

Berikutnya ada lagi font aesthetic bernama Lucida Bright yang mana font jenis ini banyak dipakai untuk keperluan pembuatan buku panduan dan majalah. Adapun alasan majalah dan buku panduan banyak menggunakan font ini, sebab font ini lebih ramping dan hemat tempat.

Lucida Bright merupakan font dengan warna lebih kontras dari pendahulunya versi Lucida. Saking kerennya dan bentuknya yang kontras, membuat Scientific American Magazine selaku lembaga besar di Amerika, banyak menggunakan typeface seperti ini.

21. Copperplate

Blog Font

Selain Lucida Bright ada juga font keren untuk nickname bernama Copperplate. Perancang font ini, sejatinya menginginkan agar font Copperplate bisa digunakan pada header atau judul. Jadi, jangan heran jika Sedulur menggunakan font ini ternyata banyak menggunakan font kapital. Typeface seperti ini mulai banyak dikenal orang berkat sebuah kuis bernama Who Wants To Be A Millionare dan pernah dibawakan oleh Tantowi Yahya.

Memiliki ciri khas menggunkan huruf kapital, membuat Copperplate banyak digandrungi orang untuk keperluan mendesain sebuah website ataupun blog. Fungsinya supaya lebih nyaman dibaca dan dinikmati oleh pembaca di dunia maya.

22. Nordik

Dafont Free

Font keren photoshop terakhir adalah Nordik. Nordik adalah tipe huruf eksperimental dan didesain oleh Yana Bereziner. Namun ada kisah menarik dari munculnya font Nordic ini, yang mana sang desainer Yana Bereziner terinspirasi dari Norwegian Runes. Norwegian Runes adalah huruf yang banyak dipakai dalam berbagai bahasa di Eropa seperti bahasa Jerman sebelum mengadopsi alfabet latin.  

Website download font keren

Mendesain sebuah website memang membutuhkan font keren atau gaya tulisan yang keren. Mengapa demikian, karena tampilan font dengan kualitas biasa saja, ternyata dapat mempengaruhi kunjungan pembaca. Namun untuk mendapatkan font berkualitas, kamu harus mendownload terlebih dahulu supaya mendapatkannya. Nah, bicara mengenai font berkualitas ternyata ada website bernama Font Squirrel.

Font Squirrel adalah website yang menyediakan berbagai font kualitas bagus untuk download font keren. Namun kebanyakan font pada situs ini muncul dengan lisensi komersial dan sifatnya tidak gratis. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir, sebab Sedulur bisa mengecek lisensi setiap font sebelum mendownloadnya. Ada hal yang istimewa pada font Squirrel yaitu keberadaan pilihan multibahasa dan tools keren bermanfaat.

Lalu dua tools andalan dalam Font Squirrel adalah Webfont Generator dan Font Identifier. Penggunaan Webfont Generator maka Sedulur bisa menciptakan web font sendiri sesuai keinginan da gaya kamu Sendiri. Sehingga seluruh kebutuhan akan font kamu dapat terpenuhi dengan mendownload beragam font kualitas bagus melalui situs-situs tersebut Sedulur. Selain situs di atas, masih banyak lagi situs lain yang bisa kamu kunjungi tentunya dengan melakukan pencarian di situs pencari google. 

Demikian ulasan mengenai rekomendasi font keren yang bisa kamu gunakan dalam membuat website keren dan mudah dibaca orang. Tampilan website yang keren dan mudah dibaca orang dan pengguna, maka akan semakin besar dikunjugi oleh netizen. Sementara itu, tampilan website dengan penggunaan font kualitas rendah, hanya akan membuat website kamu sepi dikunjungi.

Sebab, seorang pembaca lebih suka dengan tampilan website elegan, keren dan berkualitas. Tampilan yang berkualitas akan membuat orang akan lebih lama mengunjungi website Sedulur. Semoga ulasan dan penjelasan ini dapat membantu Sedulur dalam mendesain websitenya sendiri dan bisa mendatangkan banyak trafik.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.