Butuh film inspirasi bisnis untuk meningkatkan motivasi saat berbisnis? Yuk, kita cek ulasannya.

Film inspirasi bisnis merupakan salah satu sumber motivasi dan dorongan bagi setiap pebisnis dan pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Walaupun motivasi dan inspirasi bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, namun film merupakan media yang tepat untuk mencari inspirasi.

Terdapat beberapa film Indonesia tentang bisnis yang cocok dijadikan inspirasi. Ada film inspirasi bisnis yang diangkat dari kisah nyata kehidupan pebisnis Indonesia yang sukses, ada juga film yang menceritakan tentang lika-liku seseorang mencapai kesuksesan bisnisnya.

Berikut ini terdapat beberapa film inspirasi bisnis yang berasal dari film Indonesia yang wajib ditonton para pebisnis. Selain itu, dengan menonton film Indonesia juga kita telah terlibat dalam memajukan film Indonesia agar semakin berkualitas.

Apa saja film inspirasi bisnis yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Film tentang Bisnis yang Wajib Ditonton Para Pengusaha

Daftar Film Inspirasi Bisnis yang Wajib Ditonton Oleh Para Pengusaha

1. Cek Toko Sebelah Sebagai Insipirasi Bisnis

Film kedua karya Ernest Prakarsa ini bertemakan komedi keluarga. Cek Toko Sebelah merupakan film inspirasi bisnis yang cocok dijadikan motivasi. Dengan cara penyampaian yang ringan dan menghibur, Ernest berusaha menyampaikan konflik keluarga yang menyentuh.

Konflik dimulai saat Erwin yang diperankan Ernest merasa tidak sanggup jika harus mengurus toko kelontong milik ayahnya, Koh Afuk. Di saat karir Erwin sedang menanjak, sebagai lulusan luar negeri dia tentu merasa berat jika harus mengabdikan hidupnya hanya di sebuah toko kelontong.

Sementara, Yohan pun sebagai anak sulung merasa dilangkahi jika toko kelontong ayahnya harus diurus oleh Erwin si adik bungsu. Koh Afuk yang sudah tua dan sakit-sakitan merasa Erwin akan lebih bisa mengurus toko dengan latar belakang pendidikannya.

Koh Afuk tidak yakin jika toko kelontong diurus oleh Yohan yang mengurus hidupnya saja berantakan. Film inspirasi bisnis ini bisa menjadi penyemangat kita saat bisnis terganggu bukan hanya dari faktor eksternal namun juga internal, yaitu keluarga sendiri.

2. 9 Summers 10 Autumns, Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses

Film ini merupakan kisah nyata Iwan Setyawan seorang pengusaha sukses Indonesia. Oleh karena itu, 9 Summbers 10 Autumns sangat cocok menjadi film inspirasi bisnis yang bisa kita jadikan motivasi dalam menjalankan bisnis.

Mengisahkan kehidupan seorang anak kampung asal Malang yang berhasil kuliah di IPB, hingga sukses bekerja di New York. Perjuangan Iwan kecil hingga dewasa ini secara apik diceritakan melalui film 9 Summers 10 Autumns.

Film ini mengingatkan kita untuk tidak mudah menyerah dan tetap teguh mengejar cita-cita. Meski diremehkan, kegagalan tidak membuat Iwan berhenti melangkah. Dia dapat bangkit dan bangkit kembali sesering dia terjatuh.

Perjuangan dan kerasnya hidup yang dialami oleh Iwan Setyawan tersebut sangat cocok untuk menambah motivasi kita saat menjalankan bisnis agar tidak mudah menyerah dan memiliki mental bisnis yang kuat.

3. FIlm Inspirasi Bisnis tentang Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

Diangkat dari perjalanan hidup seorang Merry Riana, perempuan berdarah Tionghoa yang berhasil menjadi miliarder di usia 26 tahun. Film ini menceritakan perjuangan awal Merry yang diperankan Chelsea Islan menghadapi krisis di Indonesia dan kelamnya nasib keturunan Tionghoa saat itu.

Keluarga Merry pun berusaha menyelamatkan anak gadis mereka dengan menerbangkan Merry ke Singapura. Meski secara keseluruhan film cerita hanya sampai Merry berhasil lulus dari universitas di Singapura, tapi perjuangannya cukup dapat menginspirasi kita sebagai penonton.

Terlebih para pengusaha yang selalu takut untuk memulai bisnis, bisa belajar dari kegigihan Merry berjuang demi meraih kesuksesan di negeri orang. Oleh karena itu, film satu ini sangat cocok dijadikan sebagai film inspirasi bisnis untuk meningkatkan motivasi berbisnis kita.

4. Filosofi Kopi, Film Bisnis Dari Dua Orang Sahabat

Filosofi Kopi merupakan salah satu film yang diangkat dari antologi cerpen berjudul sama, karya Dewi Lestari. Film yang mengisahkan Ben dan Jody, dua sahabat penyuka kopi dan membangun bisnis kedai kopi bersama yang dinamai Filosofi Kopi.

Kedua sahabat ini bisa dibilang mempunyai modal sempurna untuk dapat membuat kedai kopi mereka sukses. Jody yang mempunyai ilmu bisnis dari universitas luar negeri dan Ben pencinta kopi yang juga jago meracik kopi.

Ternyata, mempunyai latar belakang yang bagus pun tidak membuat Filosofi Kopi berjalan lancar. Mereka terlilit utang besar dan harus berusaha melunasinya secepatnya jika mereka ingin mempertahankan bisnis mereka.

Perjalanan Ben dan Jody inilah yang akhirnya dapat memberikan pemahaman lain kepada penonton tentang membangun bisnis. Bahwa banyak hal yang bisa kita pelajari saat kerugian menghampiri, film inspirasi bisnis ini sangat cocok untuk mendorong kita agar bangkit untuk memajukan bisnis.

Baca Juga: Tips Anti Stres di Tengah Pandemi Covid-19

5. Hijab, Bisnis Hijab Ibu-Ibu Arisan

Film Hijab menceritakan tentang sekumpulan wanita yang menjalin hubungan persahabatan dan ingin mendapatkan sebuah penghasilan tambahan dengan cara berbisnis. Menjual hijab adalah bisnis yang mereka pilih untuk dijalankan bersama-sama dan ingin sukses dengan bisnis tersebut.

Namun sayang, bisnis yang mereka pilih malah dinodai dengan sebuah kebohongan yaitu tidak meminta izin kepada suaminya. Alhasil beberapa masalah pun, mulai bermunculan setelah kebohongan tersebut terbongkar.

Dari film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini kita bisa mengambil sebuah pelajaran, bahwa jangan sekali-kali mengawali sebuah bisnis dengan kebohongan. Karena nantinya akan menjadi efek negatif, bahkan bisa membuat bisnis pun menjadi hancur.

Film ini memiliki pesan moral yang kuat, dan memberikan pendidikan dasar berbisnis. Hal tersebut yang menjadikan film ini sangat cocok untuk dijadikan referensi film inspirasi bisnis yang kita yang sedang membangun usaha dan bisnis.

Semoga daftar film tentang inspirasi bisnis yang telah diulas di atas dapat menambah motivasi dan dorongan yang kuat untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan. Jangan menganggap setiap tantangan yang kita hadapi sebagai penyebab kebangkrutan yang akan kita alami.

Bagi Sedulur yang tengah berbisnis, terutama berbisnis sembako. Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Karena Aplikas Super menawarkan berbagai macam keuntungan agar dapat membuat bisnis Sedulur maju dan sukses.

Download Aplikasi Super sekarang juga, jangan lupa gunakan Aplikasi Super dan juga pelajari cara daftar Aplikasi Super agar Sedulur dapat memanfaatkan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super. Selamat mencoba!