Belum sejarah hari pelanggan nasional dan fakta lainnya? Yuk simak ulasannya.

Masyarakat Indonesia belum banyak yang mengetahui hari pelanggan nasional jatuh pada tanggal dan bulan berapa. Masyarakat juga belum banyak yang mengetahui bahwa arti hari pelanggan nasional itu memiliki nilai dan tujuan yang penting bagi masyarakat.

Harpelnas atau hari pelanggan nasional dirayakan setiap tanggal 4 September. Perayaan hari pelanggan nasional sudah diresmikan sejak tahun 2003, ketika Indonesia dipimpin oleh Presiden Megawati. Hari pelanggan nasional sangat dinantikan oleh sebagian masyarakat Indonesia yang telah mengetahuinya.

Hal ini dikarenakan selalu ada promo dan diskon pada hari pelanggan nasional dari berbagai brand. Tentu saja membuat beberapa masyarakat tergiur dan sangat penasaran untuk menantikan hari pelanggan nasional.

Artikel kali ini akan membahas mengenai sejarah lengkap dan fakta seputar hari pelanggan nasional di Indonesia. Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Merdeka dalam Berbisnis

Fakta dan Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia

1. Harpelnas Dicetuskan oleh Handi Irawan

Harpelnas Dicetuskan oleh Handi Irawan

Handi Irawan merupakan seseorang yang ada dibalik lahirnya hari pelanggan nasional pada tahun 2003. Handi Irawan merupakan seorang pengusaha yang berasal dari kota Solo sekaligus seorang pakar pemasaran atau marketing di Frontier Consulting Group yang dirintisnya dari tahun 1997.

Ketika Handi Irawan mencetuskan ide untuk menetapkan hari pelanggan nasional, banyak pihak yang mendukung idenya tersebut. Hal ini disebabkan bahwa hari pelanggan nasional dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan pelayanan dan berbagai penghargaan kepada setiap pelanggan.

Selain akan meningkatkan daya beli masyarakat, hal tersebut juga dapat meningkatkan dinamika dan roda perekonomian Indonesia yang akan semakin menggeliat dan bergerak maju. Hal ini bisa kita lihat sekarang, banyak perusahaan dan usaha yang dirintis oleh masyarakat Indonesia.

2. Diresimkan Langsung Oleh Presiden Republik Indonesia

Diresimkan Langsung Oleh Presiden Republik Indonesia

Karena dampak yang akan diberikan oleh hari pelanggan nasional kepada perekonomian Indonesia, membuat Presiden Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri, langsung turun dan ikut terlibat dalam peresmian harpelnas.

Peresmian dan penetapan harpelnas berlangsung pada 4 September 2003 yang dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi dari berbagai perusahaan dan BUMN yang ada di Indonesia. Hal ini juga yang menjadikan harpelnas diperingati setiap tanggal 4 September di Indonesia.

3. Harpelnas adalah Milik Nasional

Harpelnas adalah Milik Nasional

Quote hari pelanggan nasional adalah ‘Senyum Pelanggan Indonesia’, hal tersebut menunjukan seberapa bernilai dan berartinya harpelnas bagi Indonesia dan masyarakatnya. Perlu ditegaskan lagi bahwa harpelnas adalah milik Indonesia secara nasional.

Walaupun digagas oleh Handi Irawan, seorang pengusaha swasta, namun harpelanas bukan milik Hendi Irawan atau perusahaannya yang bernama Frontier, namun harpelnas sepenuhnya milik Indonesia dan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, selain masyarakat yang merayakan harpelnas, BUMN, BUMD dan setiap perusahaan swasta yang ada di Indonesia ikut merayakan hari pelanggan nasional yang jatuh pada 4 September 2020 nanti.

Baca Juga: Rayakan Kemerdekaan dengan Meriah Bersama Aplikasi Super

4. Logo Khusus Hari Pelanggan Nasional

Logo Khusus Hari Pelanggan Nasional

Karena harpelnas merupakan hari penting bagi keberlangsungan perekonomian di Indonesia, oleh karena itu harpelna memiliki logo khusus. Logo tersebut melambangkan senyum dari kepuasan pelanggan, sebagaimana quote dari harpelnas itu sendiri.

Logo yang melambangkan senyum pelanggan dengan warna hijau sebagai warna utama yang melambangkan kesejukan, persahabatan, keramahan dan juga kesuburan yang merupakan harapan bagi roda perekonomian di Indonesia agar semakin maju dan berkembang.

Bidang ekonomi merupakan tiang penting untuk berjalannya negara. Semakin baik ekonomi masyarakat, akan semakin baik juga ekonomi negara Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara demokrasi yang mementingkan peran masyarakatnya.

5. Harpelnas Selalu Dirayakan Secara Meriah

Harpelnas Selalu Dirayakan Secara Meriah

Setiap peringatan harpelnas, selalu dirayakan dengan berbagai kegiatan dan event seperti seminar, paraden hingga beberapa acara lainnya. Acara yang pasti dilaksanakan adalah Seminar Harpelnas dan Parade Simpatik Harpelnas.

Parade Simpatik Harpelnas selalu diadakan pada setiap tanggal 1 September, yang juga selalu diikuti dengan kegiatan Car Free Day. Parade harpelnas selalu diikuti oleh beberapa beberapa perusahaan dan juga BUMN yang ingin menyampaikan beberapa informasi.

6. Arti Harpelnas Bagi Perusahaan

Arti Harpelnas Bagi Perusahaan

Makna dan arti Harpelnas bagi perusahaan adalah sebagai momentum untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Melayani pelanggan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan.

Namun belum banyak perusahaan yang dapat memahami pelanggan dengan baik, hal ini juga mempengaruhi kualitas pelayanan dari perusahaan tersebut. Harpelnas diharapkan selalu dapat menjadi momentum bagi setiap perusahaan untuk lebih dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Makna ini sangat penting bagi setiap perusahaan, baik yang dimiliki oleh negara ataupun yang dimiliki secara swasta. Harpelnas bukan hanya sekedar momentum. Namun memiliki nilai dan arti yang sangat penting bagi perusahaan.

7. Makna Harpelnas Bagi Masyarakat

Makna Harpelnas Bagi Masyarakat

Hal ini yang sangat dinantikan oleh masyarakat, makna dan arti penting harpelnas bagi masyarakat adalah dengan tersedianya banyak diskon dan promo dari setiap perusahaan yang dapat dinikmati oleh setiap masyarakat Indonesia.

Jika perusahaan tersebut menjual produk, maka pada saat harpelnas dapat memberikan momentum bagi masyarakat untuk mendapatkan produk terbaik dengan harga yang sangat murah. Bagi perusahaan yang memberikan jasa, masyarakat Indonesia dapat menikmati jasa dengan harga murah.

Produk dan jasa dari setiap perusahaan selalu memiliki kualitas yang baik, dan setiap masyarakat akan dapat menikmatinya dengan harga yang murah dan dapat dijangkau oleh setiap masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai status sosial.

Selamat hari pelanggan nasional, semoga harpelnas dapat semakin meningkatkan gairah perekonomian Indonesia semakin berkembang pesat. Dan membuat Indonesia semakin maju dalam bidang ekonomi dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Dalam momen harpelnas pada tanggal 4 September 2020 nanti, Aplikasi Super sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako juga ikut terlibat dalam perayaan harpelnas. Aplikasi Super juga selalu memaknai harpelnas dalam menentukan setiap programnya.

Hal tersebut bisa dilihat dan dibuktikan secara langsung kepada setiap pelanggan dan pengguna setia Aplikasi Super. Seberapa serius dan konsistennya Aplikasi Super memberikan pelayanan bagi setiap masyarakat Indonesia.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Pelajari juga cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan pelayanan prima dari Aplikasi Super pada momentum harpelnas pada 4 September 2020 nanti.