durian musang king

Jika Sedulur pecinta buah durian, Sedulur tentu harus tahu salah satu jenis durian yang paling populer. Bukan cuma durian montong asal Thailand, ada pula durian musang king yang tak kalah populer. Bahkan musang king disebut-sebut sebagai durian terbaik di dunia.

Mendapat label durian terbaik di dunia, membuat harga durian musang king sangat tinggi. Akhirnya banyak orang yang penasaran kenapa durian musang king mahal. Kira-kira kenapa ya Sedulur? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Tumbuhan Paku, Kenali Ciri, Macam, Jenis dan Manfaatnya

Asal usul musang king durian

durian musang king
IDN Times

Seperti halnya durian montong dari Thailand, durian musang king juga tak berasal dari Indonesia. Bibit durian musang king berasal dari Malaysia. Durian ini pun sangat dikenal di Malaysia dan Singapura.

-->

Dilansir dari Detikfood, durian ini ternyata juga memiliki nama lain, yakni mao shan wang yang artinya raja kucing. Durian ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1990. Di tahun tersebut, sebuah kawasan di Malaysia, tepatnya di Tanah Merah, Kelantan Malaysia, tiba-tiba sejumlah pohon duriannya menghasilkan buah yang sangat berkualitas.

Buah durian tersebut berwarna kuning keemasan, dagingnya legit dan tebal, bijinya yang kecil, serta rasanya yang sangat manis. Tak butuh waktu lama, kepopuleran jenis durian ini langsung melejit. Hingga akhirnya di tahun 1993, Wee Chong Beng, seorang warga lokal mendaftarkan durian ini dengan nama durian raja kunyit. Namun setelah itu, orang-orang lebih memilih menyebutnya sebagai durian musang king. Hal ini karena lokasi pohon induk durian ini berada dekat Gua Musang di Kelantan.

Namun meski dikenal sebagai durian yang berasal dari Malaysia, sementara durian montong berasal dari Thailand, Yayasan Durian Nusantara memiliki pendapat berbeda. Dilansir dari Kompas.com, Mohamad Reza Tirtawinata, ahli durian mengatakan bahwa sebenarnya semua durian berasal dari Pulau Kalimantan. Lokasi tersebut juga termasuk semenanjung Malaysia. Hanya saja hingga saat ini tak ada yang tahu lokasi tepatnya di mana, namun para ahli sepakat bahwa pusat asal durian ada Kalimantan.

BACA JUGA: 20 Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh & Kecantikan Kulit

Ciri-ciri musang king

Durian Musang King
Essay Monster

Jika Sedulur penasaran kenapa durian musang king harganya mahal, maka karakteristik buahnya yang menjadikan durian jenis ini memiliki harga di atas rata-rata.  Durian jenis ini memiliki daging yang berwarna kuning keemasan atau seperti kuning kunyit, dagingnya tebal, serta rasanya yang manis serta ada semburat rasa pahit khas durian yang membuatnya banyak difavoritkan pecinta durian.

Selain rasa yang enak, ada faktor lain yang juga membuat durian ini menjadi mahal. Durian jenis ini membutuhkan perawatan yang cukup sulit. Ada pupuk khusus yang harus secara rutin diberikan, sebab pohon musang king termasuk yang cukup rawan terkena penyakit dibandingkan pohon durian lain. Jika sekali terkena penyakit, pohon jenis durian ini harus segera ditebang. Tinggi pohon duriang musang king sendiri sekitar 3-4 meter.

Harga durian yang cukup mahal ini juga bisa tergantung pada berapa lama durian musang king berbuah. Durian ini biasanya berbuah setiap lima tahun sekali. Sementara masa panennya berkisar dua kali dalam setahun. Dan biasanya pada bulan Juni dan Juli serta Desember dan Januari. Masa panen durian ini bisa berlangsung sekitar satu hingga dua bulan saja. Namun waktu perkiraan panen ini bisa datang lebih cepat atau juga bisa lebih lama. Tergantung pada jarak penanaman bibit yang dilakukan.

Kekurangan durian musang king

IDN Times

Dibalik rasa yang nikmat dan menggiurkan, ternyata ada juga kekurangan dari jenis durian ini. Kira-kira apa saja sih?

  • Harga durian ini relatif mahal.

Harga satu buah durian ini bisa mencapai Rp200 ribu hingga Rp400 ribu per kilogramnya. Bahkans sempat viral juga harga durian ini yang mencapai hingga Rp7 juta. Harga yang cukup fantastis bukan?

  • Termasuk durian langka di Indonesia

Durian asal Malaysia ini termasuk durian langka di Indonesia. Sedulur mungkin akan menemukannya dalam bentuk beku yang dijual di supermarket. Kekurangan durian beku ini adalah seringkali tak sesegar jika langsung makan setelah kulitnya dikupas.

  • Mengandung banyak kalori

Menurut data National Nutrient Database for Standard Reference, dalam 600 gram durian mengandung 885 kalori. Jumlah ini sudah memenuhi kebutuhan kalori orang dewasa sebanyak 44 persen. Walaupun begitu, dalam buah durian tidak ditemukan kandungan kolesterol yang berbahaya. Namun, konsumsi buah durian juga tak boleh berlebihan, karena jumlah kalori yang tinggi bisa mengakibatkan obesitas. Sebagai informasi, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh per hari adalah 2000 kalori. Jadi pastikan Sedulur membatasi konsumsi durian agar tak berlebihan ya.

BACA JUGA: Cara Menanam Bunga Mawar Cantik dengan Mudah & Cepat

  • Tinggi gula

Selain tinggi kalori, durian satu ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Sebab bisa mengakibatkan penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung, bahkan stroke.

  • Bisa menyebabkan gangguan pencernaan

Saat mengonsumsi durian ini, pastikan Sedulur tidak mengonsumsinya bersamaan dengan soda. Sebab mengonsumsi durian ini dengan soda hanya akan meningkat risiko lambung terluka. Sehingga bisa memunculkan masalah pencernaan.

  • Tidak aman bagi semua orang

Buah biasanya menjadi makanan paling aman yang bisa dikonsumsi untuk semua orang. Tetapi tidak dengan durian musang king. Orang-orang dengan kondisi tertentu disarankan untuk mengurangi atau menghindari mengonsumsi durian ini. Seperti misalnya orang-orang yang mengidap penyakit diabetes, obesitas, serta darah tinggi. Selain itu, ibu hamil juga disarankan tidak sembarangan mengonsumsi durian selama masa kehamilan. Sebelum mengonsumsi buah ini, ibu harus memastikan bahwa kondisi janin dan ibu benar-benar sehat.

Itu dia fakta-fakta tentang durian musang king yang paling populer di seluruh dunia. Bagaimana Sedulur tertarik mencoba salah satu jenis durian termahal ini? Tapi jangan lupa untuk mencicipinya, siapkan pula budget yang cukup banyak untuk membelinya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.