Bagi Sedulur yang belum mengetahui doa setelah adzan, Sedulur bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Adzan selain sebagai sebuah tanda dan panggilan bagi setiap umat muslim untuk melaksanakan ibadah shalat, adzan juga merupakan sebuah doa. Ketika adzan berkumandang, bagi setiap umat muslim yang mendengarkannya akan mendapatkan pahala. Terutama bagi yang membalas kumandang adzan dengan kalimat dzikir.

Setelah adzan berkumandang, setiap umat muslim diharuskan untuk membaca doa, agar semakin berkah dan melengkapi kumandang adzan. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menulis doa setelah adzan dan hal-hal yang berkaitan dengan adzan. Kita langsung saja mulai pembahasannya, yuk?!

Baca Juga: Doa Selamat: Pendek Beserta Artinya

-->

Keutamaan Doa Setelah Adzan

"Keutamaan

Adzan sendiri merupakan sebuah panggilan untuk setiap umat muslim sholat. Tidak mungkin tidak ada keutamaan di balik adzan dan melafalkan doa setelahnya. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa:

Barang siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafaat pada hari kiamat.” – (H.R Bukhari).

Dari penjelasan sabda Rasulullah di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa setelah adzan merupakan waktu yang baik untuk berdoa. Maka dari itu, sunnah setelah adzan dan sebelum iqomah adalah membaca doa sebanyak mungkin. Hal tersebut juga dilakukan pasca kita membaca doa ketika adzan telah selesai berkumandang.

Bacaan Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah

doa setelah adzan

Lalu seperti apa bacaan doa setelah adzan itu sendiri? Berikut ini bacaannya, yang akan disampaikan dalam bahasa Arab, Arab-Latin, beserta artinya. Hal tersebut untuk memudahkan Sedulur dalam menghafal dan melafalkannya. Berikut ini bacaannya:

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniai nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Nilai yang terkandung dalam bacaan doa di atas dapat memberikan kebaikan untuk kita semua. Terutama, kita akan mendapatkan kemuliaan dan juga tempat yang terpuji.

Doa Setelah Iqamah

Doa Setelah adzan
nu.or.id

Berbeda dengan bacaan doa setelah adzan subuh dan lainnya, doa setelah iqamah lebih pendek dan mudah untuk dihafalkan. Berikut ini adalah bacaannya:

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya:

“Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Segala sesuatunya telah diatur sedemikian lengkap dan sempurna oleh Allah SWT. Termasuk dalam aturan membaca doa setelah adzan berkumandang. Hikmat, rezeki dan syafaat merupakan balasan yang akan diterima oleh hambaNya yang mengamalkan hal tersebut. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW, yaitu:

“Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamaannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat.” – (HR. Bukhari).

Baca Juga: Doa Buka Puasa Paling Afdhol, Lengkap Arab, Latin & Artinya

Hikmah Membaca Doa Pendek Setelah Adzan

"Hikmah

Setiap doa mengandung hikmat yang akan didapatkan oleh setiap orang yang melafalkannya, termasuk juga dengan melafalkan doa setelah adzan dan iqomah. Terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai hikmah yang didapatkan dengan melafalkan doa ketika adzan berkumandang. Diantaranya adalah:

  • Diampuninya dosa setiap hambaNya oleh Allah SWT.
  • Mendapatkan syafaat.
  • Doa yang dipanjatkan mustajab.
  • Menjadi sakasi kebaikan bagi yang berdoa.
  • Allah SWT memberikan shalawatNya sebanyak 10 kali.

Ditegaskan pula dalam hadist yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, sebagai berikut ini:

Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamaannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat.” – (HR. Bukhari).

Ketika Rasulullah telah bersabda, terutama tentang membaca doa setelah adzan latin dan artinya. Artinya merupakan sunnah untuk dikerjakan. Hanya, berdasarkan sabda Rasulullah di atas, kita bisa mengetahui apa saja hikmah yang akan didapatkan ketika membaca doa setelah mendengar adzan.

Semoga penjelasan terkait melafalkan doa ketika adzan telah berkumandang di atas, dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar agama. Dan juga bisa menuntun Sedulur menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, tentu saja lebih baik dalam setiap aspek kehidupan.

Selain berdoa, salah satu upaya yang bisa Sedulur lakukan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, adalah dengan menggunakan Aplikasi Super untuk membeli setiap kebutuhan harian Sedulur. Pelayanan yang diberikan oleh Aplikasi Super akan membantu Sedulur menjadi pribadi yang lebih baik lagi.