Apakah Sedulur sudah tahu doa buka puasa? Jika belum, yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini! Ternyata doa buka puasa bukan hanya satu, lho!

Saat buka puasa, atau membatalkan puasa ketika adzan maghrib tiba, Sedulur tentu saja wajib membaca doa. Selain sebagai rasa syukur, tentu saja sebagai harapan atas ibadah puasa yang kita lakukan agar mendapatkan pahala dan juga mendapatkan keberkahan.

Mungkin saat ini Sedulur telah mengetahui beberapa bacaan doa buka puasa yang telah Sedulur hafal, namun faktanya terdapat beberapa jenis doa buka puasa, bukan hanya satu. Begitu pula dengan bacaan doa untuk puasa pengganti atau puasa qadha. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas beberapa jenis doa untuk berbuka puasa yang bisa Sedulur baca.

Namun, sebelum masuk pada pembahasannya, alangkah lebih baik Sedulur bisa simak terlebih dahulu penjelasan mengenai apa itu ibadah puasa. Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

-->

Baca Juga: Keutamaan Puasa Syawal sebagai Pelengkap Iman

Apa Itu Ibadah Puasa?

Apa Itu Ibadah Puasa?
kompas.com

Ibadah puasa, terutama ibadah puasa ramadhan merupakan ibadah yang bertujuan agar setiap umat muslim dapat menjaga hawa nafsu. Terkait ibadah puasa, langsung disampaikan oleh Firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 183, yaitu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al-Baqarah: 183).

Berdasarkan firman di atas, jelas hukumya bagi setiap umat muslim untuk melaksanakan puasa ramadhan. Yang juga merupakan sebentuk pertanggungjawaban setiap umat manusia kepada penciptaNya, yaitu kepada Allah SWT. Berdasarkan tujuan dan pengertiannya, maka ibadah puasa juga terdapat rukun, syarat sah dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai ibadah puasa, yuk mari kita langsung saja simak penjelasan mengenai daftar dan macam2 doa buka puasa sesuai sunnah di bawah ini.

Baca Juga: Syarat Sah Wajib Puasa Ramadhan, Beserta Keutamaan & Hikmahnya

Daftar Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah

1. Doa Buka Puasa Merujuk Pada Hadist Riwayat Abu Daud No. 2357

1. Doa Buka Puasa Merujuk Pada Hadist Riwayat Abu Daud No. 2357
detik.com

Pertama adalah doa buka puasa yang sah dan yang banyak dilafalkan oleh setiap umat muslim. Doa puasa satu ini diambil dari H.R Abu Daun No. 2357. Berikut doa buka puasa dalam bahasa Arab dan Latinnya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain doa di atas, terdapat doa lainnya yang juga masih merujuk pada hadist riwayat Abu Daud No. 2358.

2. Doa Buka Puasa Merujuk Pada Hadist Riwayat Abu Daud No. 2358

2. Doa Buka Puasa Merujuk Pada Hadist Riwayat Abu Daud No. 2358
tirto.id

Rekomendasi doa buka puasa wajib satu ini mungkin jarang diketahui dan dilafalkan oleh beberapa umat muslim, namun doa buka puasa satu ini juga shahih dan sangat wajib. Berikut ini, bacaan doa buka puasa yang bisa Sedulur baca:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya:

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

3. Doa Buka Puasa yang Dibaca Oleh Rasulullah SAW

3. Doa Buka Puasa yang Dibaca Oleh Rasulullah SAW
suara.com

Selain kedua doa buka puasa di atas, terdapat juga rekomendasi doa buka puasa yang dibacakan langsung oleh Rasulullah SAW. Berikut bacaan doanya:

Allahumma laka shumna wa ala rizqika aftharna, Allahumma taqabbal minna innaka antas samiul ‘alim

Artinya: “Ya Allah , untuk-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Doa buka puasa memiliki peran penting dan harus dilafalkan oleh setiap umat muslim saat buka puasa, hal tersebut dikarenakan saat buka puasa selain tubuh segar dan dahaga hilang, jiwa dan keimanan juga akan turut disegarkan dengan bacaan doa buka puasa yang dilafalkan.

Membaca doa buka puasa yang benar dan sesuai sunnah dilaksanakan setelah selesai berbuka, bukan sebaliknya, membaca doa terlebih dahulu lalu berbuka. Hal tersebut disampaikan dalam kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin, yang berbunyi:

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,” (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

4. Doa Buka Puasa Qadha

4. Doa Buka Puasa Qadha
bincangsyariah.com

Selain berpuasa di bulan ramadhan, terdapatnya puasa pengganti atau puasa qadha yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim, terutama yang memiliki kendala dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Berikut niat dari puasa qadha yang bisa Sedulur baca:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

Setelah mengetahui bacaan niatnya, Sedulur juga wajib mengetahui bacaan doa buka puasa qadha ramadhan, sebagai berikut:

Keutamaan Berpuasa Ramadhan Bagi Umat Muslim

Keutamaan Berpuasa Ramadhan Bagi Umat Muslim
tribunnews.com

Setelah mengetahui beberapa doa buka puasa yang telah dijelaskan di atas, berikut ini terdapat beberapa keutamaan puasa bagi setiap umat muslim. Terutama puasa yang tengah kita lakukan di bulan ramadhan saat ini. Selain tentu saja puasa ramadhan merupakan puasa yang bisa memberikan keberkahan kepada kita semua.

Kurang lebih terdapat 10 keutamaan dari ibadah puasa yang bisa didapatkan oleh setiap umat muslim, yuk simak daftarnya di bawah ini agar Sedulur bisa semakin khusyu dalam menjalankan ibadah puasa:

  • Bulan penuh pengampunan
  • Bulan penuh keberkahan
  • Bulan diturunkannya Al-Quran
  • Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka
  • Pahala yang berlipat ganda
  • Terdapat malam lailatul qadar
  • Dikabulkannya setiap doa
  • Bulan yang merupakan bagian dari rukun Islam
  • Dibelenggunya syetan yang mengganggu manusia

Sekian pembahasan mengenai doa untuk berbuka puasa dan juga pembahasan terkait apa itu ibadah puasa dan keutamaan dari ibadah puasa itu sendiri. Semoga penjelasan di atas bisa mempertebal keimanan Sedulur, dan juga bisa menambah kekuatan bagi Sedulur untuk merampungkan ibadah puasa yang tengah dijalani saat ini.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala bahan kebutuhan selama ramadhan, Sedulur bisa mendapatkannya dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjual segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah namun kualitas tetap yang terbaik dan terjaga.

Sedulur bisa membeli bahan untuk persiapan bulan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super, agar ibadah puasa Sedulur semakin khidmat dan hidup Sedulur lebih menguntungkan.