Yuk, hafalkan doa selamat di bawah ini, agar Sedulur bisa mendapatkan keselamatan dan keberkahan dalam menjalani hidup ini!

Setiap doa adalah sesuatu kebaikan, mengandung harapan untuk segala sesuatu yang diinginkan dan diharapkan. Terdapat 10 doa selamat dan doa lainnya. Namun, dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan menjelaskan beberapa doa selamat latin pendek, agar bisa Sedulur hafal dengan mudah dan lalu diamalkan.

Sebenarnya, Sedulur juga membaca atau download doa selamat dunia akhirat di internet jika ingin memanjatkannya. Sebelum membahas daftar doa keselamatan, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari memanjatkan doa dan kapan waktu terbaik untuk membaca doa. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Inilah Doa Untuk Orang Sakit Paling Mujarab Dalam Islam

-->

Tujuan Memanjatkan Doa Dan Waktu Terbaik Membaca Doa

Tujuan Memanjatkan Doa Dan Waktu Terbaik Membaca Doa
pikiran-rakyat.com

Tujuan memanjatkan doa selamat dunia akhirat setelah sholat fardhu adalah untuk mendapatkan sesuatu yang baik dari Allah SWT, namun bukan hanya itu, terdapat beberapa tujuan dan manfaat yang bisa Sedulur dapatkan, yaitu:

  • Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
  • Terhindar dari bencana atau malapetaka
  • Terhindar dari tipu daya orang kafir
  • Selamat dari orang zalim
  • Selamat dari penguasa zalim
  • Dijauhkan dari siksa api neraka

Selain itu, agar Sedulur bisa mendapatkan keberkahan dari doa keselamatan yang dipanjatkan, terdapat beberapa waktu baik yang tepat untuk membaca doa keselamatan. Terutama doa selamat dunia akhirat, waktu-waktu terbaik tersebut adalah:

  • Setelah Adzan
  • Setelah Sholat Fardhu Atau Sholat 5 Waktu
  • Setelah Sholat Tahajud Atau Sholat Malam
  • Malam Lailatu Qadar
  • Malam Ke-23 di Bulan Ramadhan

Lantas seperti apa saja bacaan doa keselamatan yang bisa kita hafal dan kemudian diamalkan? Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Doa Keselamatan yang Bisa Sedulur Baca

1. Doa Agar Selamat Dunia Akhirat

1. Doa Agar Selamat Dunia Akhirat
islampos.com

Doa selamat dunia akhirat arab dan latin berikut ini adalah doa yang paling sering Sedulur dengar, terutama jika Sedulur seringkali sholat berjamaah di masjid. Berikut ini merupakan bacaan doanya:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab

Artinya: “Yaa Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Baca Juga: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya [Lengkap Arab dan Latin]

2. Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan Keluarga

2. Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan Keluarga
tribunnews.com

Selanjutnya adalah doa selamat untuk keluarga, baik doa selamat untuk anak atau orang tua. Baik dipanjatkan oleh orang tua bagi sang anaknya, atau dari sang anak bagi orang tuanya. Berikut bacaan doanya:

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa Wahab Lanaa Mil Ladunka Rahma, Innaka Antal Wahhaab

Artinya :Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi

3. Doa Selamat dari Segala Bencana dan Ujian

3. Doa Selamat dari Segala Bencana dan Ujian
idntimes.com

Dalam awal doa selamat, atau awal doa lainnya, harus dimulai dengan bismillah agar setiap doa bisa mendapatkan keberkahan dan didengar oleh Allah SWT. Selanjutnya merupakan doa yang bisa Sedulur panjatkan agar terhindar dari segala bencana dan ujian. Berikut bacaannya:

بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.” (Hadis riwayat Ibnu al-Sunni dari Sayyidina Ali).

4. Doa Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim

4. Doa Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim
republika.co.id

Salah satu jenis doa keselamatan yang wajib Sedulur hafal dan panjatkan adalah doa keselamatan dan terhindar dari orang-orang zalim. Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa AS untuk orang-orang di sekitarnya yang zalim dan jauh dari kebenaran. Surat ini juga tercantum dalam Al-Quran dalam Surat At Tahrim yang 11, yaitu:

رَبِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ وَنَجِّنِيْ مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهٖ وَنَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَۙ

Rabbibni lii ‘indaka baitanng filjannati wa najjini min fir’auna wa ‘amalihi wanajjini minal qaumidh dhalimiin.

Artinya: “Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.” (QS. At Tahrim: 11).

Sedulur bisa memanjatkan doa keselamatan dan terhindar dari orang zalim. Orang-orang zalim seringkali menularkan hal-hal buruk yang bisa mempengaruhi keimanan kita sebagai seorang muslim. Salah satu doa di atas bisa Sedulur lafalkan dan panjatkan agar senantiasa selamat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Semoga daftar doa keselamatan di atas bisa memperkuat keimanan Sedulur dan Sedulur bisa mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.