Sudahkah Sedulur tahu tentang tata cara sholat hajat dan segala hal yang berkaitan denganya? Jika belum, simak ulasannya di bawah ini.

Sholat merupakan tiang agama Islam. Salah satu ibadah rutin bagi umat muslim. Banyak jenis sholat, sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat hajat merupakan salah satu dari beberapa sholat sunnah. Sholat hajat adalah sholat yang diperuntukan oleh setiap umat muslim yang menginginkan sesuatu atau hajat yang diminta langsung kepada Allah SWT.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang tata cara sholat hajat lengkap beserta segala sesuatu terkait sholat hajat khusus, mulai dari manfaat sholat hajat, tata cara sholat hajat, niat dan waktu yang mustajab melakukan sholat hajat. Seperti apa cara sholat hajat lengkap? Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu terkait dalil dari sholat hajat itu sendiri.

Baca Juga: Bacaan Doa Sholat Dhuha & Terjemahan Latin, Mudah Dipahami!

-->

Dalil Sholat Hajat

Dalil Sholat Hajat
kompas.tv

Dalil dan tuntunan sholat hajat disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA. Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at dengan sempurna maka Allah Ta’ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.”

Berdasarkan sabda di atas, keutamaan shalat hajat memiliki kedudukan dan keutamaan yang tinggi. Terutama bagi setiap umat muslim yang memiliki hajat atau keinginan yang berkaitan dengan hajat hidupnya atau hajat hidup umat keseluruhan. Lalu, bagaimana niat sholat hajat itu sendiri?

Niat Sholat Hajat

Niat Sholat Hajat
correcto.id

Bacaan niat sholat hajat adalah:

“Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa.”.

Artinya: Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala.

Setelah mengetahui niat dari sholat hajat, Sedulur bisa melakukan tata cara sholat hajat secara runut. Sebelum mengetahui tata cara sholat hajat, Sedulur juga wajib tahu, kapan waktu yang baik atau waktu yang mustajab untuk melakukan sholat hajat? Simak ulasannya di bawah ini.

Waktu Mustajab untuk Sholat Hajat

Wakut Mustajab untuk Sholat Hajat
liputan6.com

Sebenarnya tidak ada yang mengatur terkait waktu untuk sholat hajat. Namun, para ulama dan ahli agama menyampaikan bahwa waktu yang baik untuk melaksanakan tata cara sholat hajat yaitu di siang dan malam hari. Dengan catatan tidak dilakukan pada waktu yang terlarang.

Waktu yang terlarang yang dimaksud adalah setelah  sholat subuh hingga terbit matah hari, dan setelah waktu ashar menuju maghrib. Karena, sholat hajat merupakan sholat yang dilakukan karena adanya maksud dan tujuan, sepeti sholat istikharah yang dilakukan untuk memilih sebuah pilihan terbaik. Setelah mengetahui waktu terbaik untuk sholat hajat, berikut tata cara sholat hajat yang wajib Sedulur ketahui.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Tarawih & Terjemahannya. Super Lengkap!

Tata Cara Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat
detik.com

Sedulur wajib mengetahui cara sholat hajat yang benar, terdapat rangkaian tata cara sholat hajat dan doanya yang bisa Sedulur lakukan. Namun doa dan bacaan sholat hajat, tentu saja dibaca setelah sholat hajat. Berikut rangkaiannya:

  1. Niat sholat hajat
  2. Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu)
  3. Membaca doa Iftitah
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka’at pertama Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali.
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua
  12. Membaca surat Al-Fatihah
  13. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka’at kedua Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah
  15. I’tidal dengan tuma’ninah
  16. Sujud dengan tuma’ninah
  17. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  19. Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah
  20. Salam

Dzikir Rasulullah SAW Setelah Sholat Hajat

Dzikir Rasulullah SAW Setelah Sholat Hajat
qazwa.id

Selepas melakukan sholat hajat, Rasulullah SAW selalu membaca dzikir setelah sholat hajat. Dizikir setelah sholat hajat dibaca sebelum memasuki rangkaian bacaan doa sholat hajat. Adapun bacaan dzikir yang dilafalkan adalah:

  • Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu kita membaca Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad sebanyak 10 kali.
  • Dan ditutup dengan membaca doa Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar.

Setelah melafalkan dzikir di atas, Sedulur bisa lanjut membaca doa, berikut dalam penjelasan selanjutnya merupakan rangkaian doa setelah sholat hajat yang mustajab yang bisa Sedulur baca.

Doa Setelah Sholat Hajat

1. Membaca Al-Fatihah dan Surat di Al-Quran

1. Membaca Al-Fatihah dan Surat di Al-Quran
detik.com

Setelah melakukan tata cara sholat hajat dengan benar, sebagai mana yang dijelaskan di atas, Sedulur bisa langsung membaca doa sholat hajat. Namun sebelum itu, disarankan Sedulur membaca Surat Al-Fatihah dan juga Surat lain yang ada di Al-Quran, seperti Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Naas. Hal ini bertujuan untuk melengkapi tata cara sholat hajat, dan juga untuk menyempurnakan bacaan doa setelah sholat hajat itu sendiri.

2. Doa Setelah Sholat Hajat

2. Doa Setelah Sholat Hajat
merdeka.com

Berikut ini merupakan doa sholat hajat yang bisa Sedulur baca setelah melakukan tata cara sholat hajat dengan benar. Bacaan doa akan disampaikan dalam huruf latin agar lebih mudah dihafal. Selain itu, agar tata cara sholat hajat lebih sempurna, ada baiknya Sedulur memahami dan menghafal bacaan doa di bawah ini:

laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. as `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: ” Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

3. Menyampaikan Keinginan atau Hajat

3. Menyampaikan Keinginan atau Hajat
idntimes.com

Selanjutnya dalam tata cara sholat hajat, tepatnya setelah melakukan sholat hajat dan membaca doa, bagian yang paling penting adalah menyampaikan keinginan atau hajat yang diinginkan. Pada hakikatnya doa terbaik adalah doa yang kita mengerti maknanya, sesungguhnya Allah SWT Maha Kuasa mengetahui segala bahasa.

Sedulur bisa memulai menyampaikan segala maksud dan keinginan yang ingin dicapai. Kepada Sang Pencipta, dan sampaikan tujuan dari keinginan tersebut. Semoga penjelasan mengenai tata cara sholat hajat di atas bisa memberikan pencerahan bagi Sedulur dan juga  bisa lebih membuat Sedulur paham tentang tata cara sholat hajat.

Sebelum artikel ini akhiri, untuk menyambut bulan ramadhan yang sebentar lagi akan kita jalani, Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahan kebutuhan sehari-hari dengan membelinya di Aplikasi Super.

Banyak bahan kebutuhan puasa, baik itu untuk sahur dan berbuka, bisa Sedulur dapatkan dengan harga murah. Harga murah dan sekaligus kualitas baik dan terjamin, merupakan sebuah kemewahan yang bisa didapatkan oleh Sedulur Super sekalian.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai menggunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan tentu saja kebutuhan selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!