Simak urutan rukun wudhu di bawah ini, agar Sedulur bisa melakukan wudhu yang baik sebelum melakukan ibadah sholat!

Apa artinya rukun wudhu? Rukun terkait wudhu atau tata cara wudhu merupakan rangkaian yang harus Sedulur lakukan untuk berwudhu. Sebenarnya, rukun wudhu ada 13, mulai dari membaca niat hingga muwaalat. Banyak penjelasan yang telah membahas terkait rukun berwudhu.

Mulai dari pembahasan dari rukun wudhu brainly, rukun wudhu Muhammadiyah hingga hadits rukun wudhu. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas urutan daftar rukun wudhu dan doanya. Seperti apa syarat dan rukun wudhu yang dimaksud? Yuk mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Tarawih & Terjemahannya. Super Lengkap!

Rukun Wudhu, Dari Niat Hingga Tata Cara Wudhu yang Perlu Sedulur Ketahui

1. Niat Wudhu

1. Niat Wudhu
asysyariah.com

Seperti halnya ibadah lainnya, wudhu juga harus diawali dengan niat dan doa wudhu, berikut bacaan niat wudhu dalam huruf Arab dan Latin yang bisa Sedulur hafalkan:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala.”

2. Membasuh Wajah (Ghaslu Al-Wajhi)

2. Membasuh Wajah (Ghaslu Al-Wajhi)
inhilnews.com

rukun wudhu dan sholat kedua setelah membaca niat wudhu adalah membasuh wajah, atau ghaslu al-wajhi. Batas membasuh wajah adalah mulai dari atas kening hingga bawah dagu. Apabila Sedulur memiliki jenggot, maka dilanjutkan untuk membasuh jenggot hingga mengenai kulitnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam hadist sahih.

3. Membasuh Kedua Tangan Hingga Siku Tangan

3. Membasuh Kedua Tangan Hingga Siku Tangan
wajibbaca.com

Rukun wudhu selanjutnya adalah membasuh kedua tangan hingga siku tangan. Batasan membasuh kedua tangan mulai dari ujung jari hingga siku. Hal tersebut langsung difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang berarti “dan membasuh kedua tangan sampai siku

4. Mengusap Rambut Hingga Telinga

4. Mengusap Rambut Hingga Telinga
elevenia.co.id

Rukun wudhu selanjutnya adalah mengusap rambut hingga telinga. Mengusap atau menyapu (almashu) yaitu bagian kepala. Sedangkan membasuh rambut hingga telinga, dalam hal ini bagian kepala, yaitu rambut, kulit kepala dan juga telinga. Hal ini disampaikan langsung oleh Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang berarti “dan sapulah kepalamu.

Baca Juga: Sholat Hajat: Niat, Tata Cara, Doa & Waktu Mustajab

5. Membasuh Kedua Kaki Hingga Mata Kaki dan Muwaalat

5. Membasuh Kedua Kaki Hingga Mata Kaki dan Muwaalat
bincangsyariah.com

Urutan rukun wudhu terakhir adalah membasuh kedua kaki hingga mata kaki. Sama sebagaimana rukun wudhu lainnya, perihal membasuh kedua kaki hingga mata kaki disampaikan langsung oleh Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang artinya “dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki”.

Setelah semua rukun berwudhu dilalui, terakhir adalah muwaalat, muwaalat dalam berwudhu hukumnya wajib. Karena jika tidak muwaalat, konsekuensinya adalah mengulang wudhunya kembali. Hal tersebut dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW yang disaksikan oleh para sahabat dan kemudian dituliskan menjadi sekumpulan hadist yang shahih dan diriwayatkan oleh para ulama.

Muwaalat sendiri berarti berturut-turut membasuh anggota demi anggota dan tidak menyelanya dengan pekerjaan yang lain. JIka disela dengan kegiatan lain selain berwudhu, maka wudhu harus diulang kembali.

6. Doa Setelah Wudhu

6. Doa Setelah Wudhu
okezone.com

Rukun wudhu terakhir adalah membaca doa, Sedulur bisa membaca doa wudhu di bawah ini setelah selesai berwudhu:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Sekian pembahasan terkait rukun wudhu di atas, semoga bisa bermanfaat bagi Sedulur untuk lebih khusyu menjalankan ibadah, karena wudhu merupakan langkah awal untuk melakukan ritual ibadah agama Islam. Sesungguhnya segala sesuatu jika dimulai dengan niat dan membaca doa akan memberikan keberkahan dan manfaat dari yang dilakukan.

Sebagai bagian dari ibadah, berdoa tentunya dapat mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Tidak terkecuali doa dalam berwudhu seperti yang telah dijelaskan di atas. Berdoa sebelum dan setelah wudhu sangat dianjurkan untuk dibaca. Agar wudhu dapat menyucikan diri sebelum masuk ibadah utama yaitu sholat.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.