Selain bentuk rasa syukur atas makanan yang akan disantap, doa makan juga mendatangkan berkah bagi orang yang membacanya.

Doa merupakan salah satu sumber harapan dan kekuatan yang dimiliki oleh seorang hamba yang ditujukan kepada Tuhannya. Dengan berdoa, seseorang berharap diberikan kebaikan dan dijauhkan dari keburukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala sesuatu selalu bisa diawali dan diakhiri dengan doa agar Tuhan senantiasa melindungi hambanya dari segala keburukan.

Sebagai seorang hamba, tentu Sedulur merasa bahwa doa merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai keinginan. Keinginan tidak harus berupa harta benda dan materi lainnya. Keinginan bisa saja berupa ketenangan, perlindungan, dan keberkahan. Doa juga berperan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas segala yang telah diberikan oleh Tuhan.

Dalam Islam, setiap kegiatan memiliki doanya tersendiri. Seperti pada kegiatan-kegiatan rutin misalnya tidur, mandi, bepergian dan tentunya doa makan. Untuk baca doa makan, terdapat dua doa yang dibacakan, yaitu berdoa sebelum makan dan selesai makan membaca doa lagi. Doa makan antara sebelum dan sesudah juga berbeda, begitu pula dengan arti pada doa tersebut.

-->

Membaca doa makan beserta artinya akan membuat makanan yang hendak disantap menjadi berkah. Tak hanya membaca doa makan, sebaiknya kegiatan makan juga dilakukan sesuai dengan tata cara makan yang benar. Duduk, menggunakan tangan kanan, dan tidak banyak bercakap-cakap. Selanjutnya, simak doa makan islam yang bisa Sedulur bacakan beserta artinya.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Bikin Sehat!

Doa Makan dalam Islam Beserta Artinya

1. Doa Sebelum Makan

1. Doa Sebelum Makan
detik.com

Sebagai bentuk rasa syukur dan pengingat kepada Allah Ta’ala, berbagai kegiatan sebaiknya diawali dengan doa. Doa yang paling mudah dibacakan adalah melalui ucapan basmallah (bismillaahirrahmaanirrahiim). Arti ucapan basmallah ini mengandung arti “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang”. Begitu pula dengan doa makan.

Namun, alangkah baiknya apabila Sedulur juga mengetahui doa makan yang benar. Berikut ini doa makan yang bisa digunakan di setiap mengawali aktivitas makan.

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar

2. Arti Doa Sebelum Makan

2. Arti Doa Sebelum Makan
islamidia.com

Arti doa sebelum makan yang Sedulur baca sebelumnya adalah sebagai berikut.

“Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka, Bismillah..”

Arti yang terkandung dalam bacaan doa sebelum makan merujuk pada harapan agar Allah Ta’ala senantiasa memberkahi makanan yang hendak dimakan. Selain itu, ini juga merupakan sebuah bentuk rasa syukur atas makanan yang merupakan rizki yang telah Allah Ta’ala berikan kepada hambanya. Tidak lupa, harapan agar senantiasa dijauhkan dari ngerinya siksaan api neraka.

Baca Juga: 9 Makanan Bergizi Sebagai Penambah Darah, Sudah Coba?

3. Doa Sesudah Makan

3. Doa Sesudah Makan
tribunnews.com

Tidak jauh berbeda dari doa sebelum makan, doa selesai makan juga mengandung ungkapan rasa syukur atas rezeki yang Allah Ta’ala berikan. Selain itu, umat muslim dianjurkan untuk selalu membaca tahmid (alhamdulillaahirabbil’aalamiin) di setiap selesai melakukan suatu kegiatan. Begitu pula dengan doa makan ini, mengandung ucapan tahmid sebagaimana Allah sukai.

Berikut ini adalah doa sesudah makan yang benar.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

4. Arti Doa Sesudah Makan

4. Arti Doa Sesudah Makan
restofocus.com

Arti doa sesudah makan adalah sebagai berikut.

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.”

Pada doa setelah makan dan artinya tersebut, telah terpanjatkan rasa syukur dan harapan agar senantiasa dimasukan ke dalam golongan orang muslim.

Sebagai bagian dari ibadah, berdoa tentunya dapat mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Tidak terkecuali doa makan yang telah disebutkan di atas. Berdoa sebelum dan setelah makan sangat dianjurkan untuk dibaca. Terdapat hadist yang menyebutkan bahwa setan akan ikut menyantap makanan dan minuman apabila tidak membaca doa terlebih dahulu.

Semoga doa makan beserta artinya di atas dapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan setiap harinya oleh Sedulur. Yuk, mulai biasakan diri untuk selalu membaca doa sebelum dan setelah melakukan sesuatu. Jangan lupa juga siapkan makanan lezat, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memilikinya. Selamat mencoba!