Sedulur lupa dan ragu seperti apa niat dan doa wudhu? Simak panduannya dalam penjelasan di bawah ini! Wajib dihafal, ya!

Doa wudhu merupakan salah satu rukun wudhu. Bacaan wudhu diperlukan saat memulai wudhu, agar wudhu pun bisa diterima untuk melaksanakan sholat. Wudhu merupakan salah satu tahapan yang penting, untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah dan sembahyang.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas bacaan doa wudhu lengkap beserta dengan bacaan niat wudhu dan artinya. Fardhu wudhu sangat menentukan diterima apa tidaknya wudhu kita. Jika wudhu kita tidak diterima karena bacaan doa wudhu yang benar tidak berhasil dibaca, sholat tidak akan sempurna.

Seperti apa kumpulan doa wudhu dan bacaan wudhu latin, sekaligus juga tata cara wudhu dan doanya? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Mulailah Kebiasaan Hidup Sehat dengan 8 Cara Unik Ini

Panduan Lengkap Doa Niat Wudhu Dan Sesudah Wudhu Berikut dengan Tata Caranya

1. Niat Doa Wudhu

1. Niat Doa Wudhu
suara.com

Seperti halnya ibadah lainnya, wudhu juga harus diawali dengan niat dan doa wudhu, berikut bacaan niat wudhu dalam huruf Arab dan Latin yang bisa Sedulur hafalkan:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Arti dari bacaan niat doa wudhu di atas adalah ‘Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala’.

2. Doa Setelah Wudhu

2. Doa Setelah Wudhu
muslim.or

Bukan hanya niat akan wudhu yang terdapat doanya. Setelah selesai wudhu pun Sedulur harus membaca doa, sama sebagaimana setelah melakukan aktivitas lainnya, seperti makan misalnya. Berikut doa setelah wudhu yang bisa Sedulur baca:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

3. Arti Doa Setelah Wudhu

3. Arti Doa Setelah Wudhu
merdeka.com

Berbeda dengan niat setelah wudhu yang tidak begitu panjang, sementara doa setelah wudhu begitu panjang dan mengandung arti tertentu. Berikut arti dari doa setelah wudhu di atas adalah:

‘Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.’

Baca Juga: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

4. Tata Cara Berwudhu

4. Tata Cara Berwudhu
assajidin.com

Setelah mengetahui doa niat wudhu dan setelah wudhu, Sedulur juga harus memahami setiap langkah dan tata cara berwudhu. Berikut tahapan dan langkah yang harus Sedulur tempuh:

  1. Membaca niat doa wudhu.
  2. Membaca bismallah sambil mencuci kedua tangan sampai pergelangan tangan sebanyak tiga kali.
  3. Kumur-kumur sebanyak tiga kali.
  4. Membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali.
  5. Membasuh muka dari tumbuhnya rambut hingga dagu sebanyak tiga kali.
  6. Membasuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.
  7. Mengusap sebagian rambut kepala sebanyak tiga kali.
  8. Membasuh kedua telinga sebanyak tiga kali.
  9. Mencuci kaki sebanyak tiga kali.
  10. Membaca doa setelah wudhu.

Sekian penjelasan terkait doa wudhu dan panduan lengkapnya. Semoga Sedulur bisa mendapatkan pahala dari segala kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Sesungguhnya segala sesuatu jika dimulai dengan niat dan membaca doa akan memberikan keberkahan dan manfaat dari yang dilakukan.

Sebagai bagian dari ibadah, berdoa tentunya dapat mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Tidak terkecuali doa dalam berwudhu seperti yang telah dijelaskan di atas. Berdoa sebelum dan setelah wudhu sangat dianjurkan untuk dibaca. Agar wudhu dapat menyucikan diri sebelum masuk ibadah utama yaitu sholat.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.