Menghafal dan mengetahui doa agar hati tenang merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim. Selain agar lebih bertawakal, juga untuk menguatkan hati.

Sudah menjadi hakikatnya, bahwa setiap manusia akan menghadapi masalah yang dapat membuat gelisah dan membuat Sedulur tidak tenang. Oleh karena itu, terdapat beberapa doa agar hati tenang yang berasal dari Al-Quran dan juga As-Sunnah. Bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah tersebut, merupakan doa yang dilafalkan oleh umat muslim dunia saat ini

Lantas, apa saja kumpulan doa penenang hati dan pikiran dan juga doa untuk menenangkan hati yang banyak dilafalkan oleh umat muslim? Yuk, langsung saja simak kumpulan yang telah dirangkum oleh Superapp.id dari berbagai sumber yang terpercaya.

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Beserta Arti dan Keutamaannya!

Kumpulan Doa Agar Hati Tenang Dan Ikhlas

1. Doa Penenang Hati Yang Gelisah

1. Doa Penenang Hati Yang Gelisah
tribunnews.com

Kumpulan pertama doa ketenangan jiwa bisa Sedulur lafalkan untuk menangkan hati Sedulur yang gelisah, doa ini juga merupakan lafal dzikir penenang hati yang bisa Sedulur panjatkan kepada Allah SWT. Berikut doanya:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

“Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.”

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).

2. Doa Agar Hati Tenang Dan Sabar

2. Doa Agar Hati Tenang Dan Sabar
ayosemarang.com

Kumpulan doa selanjutnya adalah doa penguat hati yang bisa Sedulur panjatkan agar Sedulur mendapatkan hati tenang dan sabar. Sedulur bisa membaca doa agar hati tenang ini setelah sholat fardhu. Berikut bacaan doanya:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.”

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapan-Mu dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

Baca Juga: Bacaan Doa Wudhu Pendek Sesuai Sunnah

3. Doa Ketika Hati Sedih Dan Kecewa dari Perasaan Negatif

3. Doa Ketika Hati Sedih Dan Kecewa dari Perasaan Negatif
tafsiralquran.id

Sebagai manusia, ketika menghadapi masalah seringkali merasakan kegelisahan dan membuat hati menjadi sedih dan kecewa. Dan hal tersebut seringkali mangantarkan kita memiliki perasaan negatif. Berikut ini merupakan doa agar hati tenang yang bisa Sedulur baca:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَس وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

“Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

Selain melafalkan doa agar hati tenang, agar Sedulur juga bisa mendapatkan tingkat selanjutnya, Sedulur juga harus lebih ikhlas dan berlapang dapat. Terdapat juga doanya, simak dibawah ini.

4. Doa Mengikhlaskan Hati dan Berlapang Dada

4. Doa Mengikhlaskan Hati dan Berlapang Dada
winnetnews.com

Setelah mendapatkan hati yang tenang karena Sedulur melafalkan doa agar hati tenang, Sedulur juga wajib menjadi seorang pribadi yang lebih ikhlas dan juga berlapang dada. Berikut ini adalah bacaan doa agar hati tenang agar Sedulur bisa memiliki hati yang ikhlas dan berlapang dada:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

“Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

5. Doa Agar Hati Tenang Dan Bahagia Berdasarkan Al-Qur’an

5. Doa Agar Hati Tenang Dan Bahagia Berdasarkan Al-Qur’an
okezone.com

Terdapat beberapa ayat penenang hati dan pikiran yang juga dijadikan sebagai doa hati gelisah. Karena, Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang dijadikan sebagai panduan dan pedoman bagi umat muslim. Berikut ini beberapa doa penenang hati yang bersumber langsung dari Al-Quran.

Doa agar hati tenang yang pertama berasal dari Surat Al-Baqarah ayat 250, yaitu:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

“Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin.”

Artinya: Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir (Q.S Al-Baqarah ayat 250).

Selain surat Al-Baqarah, terdalah juga doa agar hati tenang yang berasal dari surat Thaha Ayat 25-28, yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku (QS. Thaha ayat 25-28).

Semoga daftar doa agar hati tenang yang telah dihimpun oleh Superapp.id di atas dapat membantu Sedulur yang sedang mengalami kegelisahan dan juga mengalami ujian berat yang membuat hati dan pikiran Sedulur tidak tenang. Jangan lupa juga untuk dibarengi dengan ibadah lainnya, agar doa mustajab dan dikabulkan pada waktu yang tepat.

Sebelum artikel ini berakhir, satu informasi penting yang perlu Sedulur ketahui adalah terkait belanja setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur agar Sedulur tetap tenang dan tidak gelisah memikirkan kebutuhan sehari-hari. Selain tersedia banyak barang kebutuhan sehari-hari secara lengkap, Sedulur juga bisa mendapatkannya dengan harga murah.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan memanfaatkan Aplikasi Super untuk mempermudah kegiatan harian Sedulur agar tidak gelisah dan membebani pikiran Sedulur.