Saat ini tersedia berbagai contoh desain teras rumah minimalis, bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang memiliki lahan depan rumah kecil dan seadanya. Lahan kecil bukan berarti tidak bisa memiliki teras depan rumah yang menawan. Terlebih, teras bisa dibilang sebagai ‘wajah’ rumah.

Identitas rumah akan dinilai dari desain teras rumah minimalis. Semakin baik dan menarik desainnya, semakin menawan pula rumah dilihat oleh orang banyak. Berikut ini terdapat beberapa model teras rumah minimalis yang bisa jadi pilihan Sedulur. Seperti apa desainnya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 25 Desain Ruang Tamu Minimalis, Wujudkan Rumah Idaman

1. Teras rumah dengan lantai kayu

Corkwineshop

Rekomendasi desain teras rumah minimalis pertama adalah menggunakan kayu sebagai terasnya. Teras depan rumah untuk tampilan yang lebih cantik bisa dipoles dengan lantai berbahan kayu. Bahan kayu bisa memunculkan suasana sejuk dan nyaman. Sedulur bisa secara bebas meletakkan kursi atau ornamen lainnya agar teras makin menarik.

-->

2. Teras rumah dengan rumput

Homeshabby

Sedulur dapat menggunakan desain teras rumah minimalis satu ini sebagai rekomendasi. Rumput yang ditanam dan dirawat dengan baik akan menambah keindahan sebuah rumah. Selain rumput asli, Sedulur juga bisa memasang rumput buatan untuk menjadikan teras rumah cantik. Berkumpul bersama keluarga dengan desain teras rumah seperti ini akan membuat rumah Sedulur semakin nyaman dan ramai sebagai tempat berkumpul.

3. Teras rumah dengan pot

Rumah123

Selanjutnya adalah desain teras rumah depan dengan hiasan pot. Tanaman dalam pot bisa menjadi sebuah pilihan bila tidak tersedia tanah yang cukup pada teras yang dimiliki. Selain itu, adanya tanaman dalam pot bisa menjadikan teras terlihat lebih nyaman dipandang.

4. Taman di teras depan rumah

Rumah123

Model teras rumah minimalis seperti gambar di atas bisa menjadi pilihan. Masih tentang tanaman, dengan berbagai jenis tumbuhan dan rerumputan, Sedulur dapat membuat taman kecil di teras. Taman tentunya menjadikan rumah lebih segar. Anggota keluarga di rumah bisa menggunakan teras rumah untuk bersantai selepas kerja.

5. Teras rumah dengan batu alam

Medium

Jika dilihat dari gambar desain teras rumah minimalis di atas, bisa membuat rumah Sedulur menjadi lebih asri dengan suasana alami. Untuk memunculkan suasana alam, alih-alih menggunakan banyak tanaman, Sedulur bisa memasang batu alam. Batu alam bisa dipasang pada dinding atau pot tanaman.

6. Teras rumah dengan pepohonan

Rumahpedia

Desain teras rumah minimalis dengan pepohonan membuat kesan asri. Selain tanaman kecil, beberapa pohon juga bisa ditanam sendiri. Hal ini menjadikan teras lebih sejuk dan rindang. Pohon yang ditanam bisa berupa tanaman buah-buahan atau bunga.

7. Teras rumah dengan rak tanaman

Youtube

Apabila Sedulur sudah memiliki banyak tanaman dalam pot, rak bisa menjadi properti selanjutnya yang perlu dimiliki. Rak akan membuat tampilan teras makin rapi dan terlihat lebih estetik.

8. Teras rumah dengan tanaman gantung

Kompas

Opsi lain untuk meletakkan tanaman adalah dengan menyediakan tanaman gantung. Tanaman sangat baik dalam hal menyediakan oksigen dan membuat lingkungan menjadi lebih segar. Sedulur akan mendapatkan kesan asri dan sejuk dengan menggunakan desain satu ini.

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

9. Teras rumah dengan pendopo kayu

Rumah Unik

Jika masih memiliki lahan yang cukup, Sedulur bisa membangun pendopo kayu di depan rumah. Unsur natural seperti kayu tidak hanya bisa digunakan untuk lantai. Sedulur dapat pula membangun tempat bersantai kecil seperti saung atau sekedar kursi panjang untuk bersantai.

10. Teras rumah sederhana dengan pintu hitam

Dekoruma

Ada apa dengan pintu cat hitam? Ya, cat hitam pada sebuah rumah, terutama jika warnanya kontras dengan cat rumah bisa menjadikan rumah terlihat lebih minimalis. Warna hitam juga membuat teras tampak bersih dan warnanya tidak mudah kotor. Desain ini cocok dikombinasikan dengan desain-desain minimalis lainnya.

11. Teras rumah dengan kursi minimalis

Bukalapak

Jika ingin sentuhan desain teras rumah minimalis dengan kesan elegan, Sedulur bisa memberikan sentuhan kursi putih agar kesan minimalis semakin menonjol. Kursi putih dan meja kecil di rumah menjadikan sebuah rumah tampak lebih indah serta minimalis. Sedulur juga bisa bercengkerama dan minum teh dengan lebih nyaman di teras.

Kursi ini berfungsi pula untuk menyambut tamu di bagian teras rumah. Jadi, tamu tidak harus masuk ke dalam rumah, apalagi bila di bagian dalam rumah langsung ruang keluarga karena keterbatasan ruangan. Teras depan dengan hiasan kursi dan meja menjadi ruang tamu alternatif agar tidak menganggu bagian rumah lainnya.

12. Teras rumah dengan nuansa putih

Pinterest

Teras depan rumah bernuansa putih dan sentuhan warna lainnya bisa jadi alternatif. Lantai, dinding, hingga semua barang berwarna putih tidak akan menjadikan rumah membosankan. Sedulur bisa menambah warna hijau yang berasal dari warna alami tanaman.

Karena kosepnya adalah minimalis, sudah tentu sangat sederhana, padat, dan simpel. Jika masih ada bagian lahan di depan rumah, Sedulur bisa menanam beberapa tanaman untuk melengkapi komponen di depan rumah.

13. Teras rumah nuansa putih abu-abu

Homeshabby

Selain warna putih, tambahan abu-abu juga menarik. Warna rumah yang satu ini identik dengan warna modern. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam gambar di atas, untuk sebuah teras rumah minimalis, sangat menarik, ‘kan?

Bagi Sedulur yang masih memiliki sedikit lahan, Sedulur bisa menanam beberapa tanaman hias. Untuk parkir mobilnya, Sedulur juga bisa membuat carport, hal ini memberikan kesan rumah menjadi semakin luas dan menarik.

14. Nuansa rumah pedesaan

Zomato

Bagi Sedulur sebagai orang desa yang merantau ke kota dan rindu dengan suasana desa, cocok menggunakan desain teras rumah minimalis satu ini. Selain asri, desain rumah di atas juga bisa memperkuat kesan tradisional dan membuatmu semakin nyaman berada di dalam rumah.

15. Teras rumah nuansa resort

Rumah123

Bagi Sedulur yang hobi travelling atau staycation, tentu Sedulur sangat akrab dengan desain resort. Nuansa resort tersebut bisa Sedulur jadikan sebagai rekomendasi desain teras rumah minimalis.

Nuansa resort sangat cocok untuk Sedulur yang senang dengan suasana bepergian. Suasana ini memiliki ciri khas seperti adanya pohon besar dan kursi atau bangku berukuran besar untuk bersantai. Tidak lupa ditambahkan dengan hiasan batu alam.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

16. Teras rumah dengan cat warna kuning

Dekoruma

Menggunakan sentuhan warna dapat membuat desain teras rumah minimalis menjadi semakin tebal sentuhannya. Terutama dengan menggunakan warna kuning. Warna kuning identik dengan suasana yang segar. Selain cat dinding, warna kuning juga hanya bisa diaplikasikan pada barang seperti kursi atau pintu.

17. Teras rumah dengan carport minimalis

Grid.id

Desain teras rumah minimalis selanjutnya dengan menyatukan teras rumah dengan bagian carport. Meski tidak dipasangi berbagai hiasan, teras rumah minimalis juga bisa didapatkan hanya dengan membangun sebuah carport. Tentunya sekaligus untuk menyimpan mobil dan memberikan kesan teras rumah yang luas.

18. Teras rumah tanpa kursi

Jualo

Bila ingin memperkuat kesan desain teras rumah minimalis, Sedulur bisa menghilangkan penggunaan kursi untuk teras depan rumah. Terutama bagi Sedulur yang merasa bagian teras akan semakin sempit dengan adanya kursi. Sedulur bisa memilih untuk tidak memasang kursi dan hanya menerima tamu di dalam rumah. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat dalam gambar di atas.

19. Teras rumah gaya alami

Kompas

Rekomendasi desain teras rumah minimalis selanjutnya adalah dengan menggunakan gaya alami atau natural. Teras gaya alami biasanya dipenuhi dengan pepohonan yang sejuk. Selain itu, furnitur yang terbuat dari kayu juga bisa dijadikan sebuah pilihan untuk sebuah teras rumah minimalis.

20. Teras dengan kolam ikan

Kumparan

Selanjutnya, Sedulur bisa menggunakan desain teras rumah minimalis modern dengan menggunakan kolam ikan di bagian depan rumah. Tidak perlu besar, kolam ikan atau kolam air bertujuan untuk memberikan relaksasi kepada saat istirahat atau bagi tamu yang berkunjung ke rumah.

Elemen air dan hewan peliharaan seperti ikan tentunya bisa membuat rumah tampak lebih segar dan sehat. Sedulur bisa membangun kolam ikan kecil untuk hiasan di teras. Sedulur dapat membuat tamu-tamu yang berkunjung ke rumah merasa nyaman dan betah berada di rumah.

21. Teras rumah dengan eksterior marmer

Dekoruma

Penggunaan marmer jadi rekomendasi model teras rumah minimalis sederhana, terutama dengan menggunakan marmer putih. Marmer putih memunculkan kesan elegan dan menawan pada sebuah tempat tinggal. Sedulur bisa mengombinasikan dengan tumbuhan hijau dan bunga yang indah.

Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam gambar di atas, penggunaan marmer bisa membuat kesan modern. Jika Sedulur teliti, setiap area lobby hotel pasti menggunakan marmer agar ruangan tampak luas dan nyaman. Hal ini bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur.

22. Teras rumah dengan lampu yang menarik

Elang Sakti

Rekomendasi desain teras rumah depan selanjutnya adalah menggunakan lampu luar rumah yang menarik. Jika Sedulur pandai memilih barang, sebuah lampu pun tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, namun juga bisa sekaligus menjadi hiasan rumah. Permainan cahaya dapat mempercantik bagian depan rumah.

Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam gambar di atas, lahan rumah yang sederhana pun tidak jadi masalah dan tetap menghasilkan teras depan menarik. Sedulur bisa menjadikan salah satu desain ini sebagai contoh dan rekomendasi.

23. Desain teras dengan warna menarik

Rumah123

Bagi yang ingin membuat teras rumah minimalis cantik, Sedulur bisa menggunakan desain satu ini. Jika dalam gambar di atas, warna dominan adalah warna hijau, kuning, dan putih, Sedulur bisa memadukan warna lain, tentu saja warna yang menjadi favorit Sedulur.

Tanpa hiasan, kombinasi cat rumah yang cocok dan menarik bisa membuat rumah nyaman dipandang. Warna-warna minimalis seperti warna krem dan navy, abu-abu, atau warna hijau yang menyejukkan mata. Jangan lupa buat sedikit kolam yang dapat melengkapi setiap elemen dalam teras depan rumah.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

24. Desain klasik khas Eropa

Hipwee

Desain rumah-rumah di Eropa dirancang untuk tahan berbagai cuaca, sebagaimana yang kita ketahui Eropa merupakan benua dengan cuaca yang ekstrem, terutama saat musim dingin. Oleh karena itu, desain teras rumah di Eropa banyak memanfaatkan batu alam untuk menghasilkan kehangatan.

Terutama ketika menyalakan api unggun di dalam rumah, batu alam akan mampu menahan hawa hangat dalam waktu yang lama. Desain teras rumah minimalis dengan batu alam ini bisa jadi pilihan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang tinggal di daerah yang bercuaca dingin. Biasanya bagi Sedulur yang tinggal di daerah dengan ketinggian di atas 1000 mdpl.

25. Teras rumah dengan balkon

Rumah

Desain terakhir yang bisa jadi rekomendasi untuk desain teras rumah depan Sedulur adalah teras rumah dengan balkon. Balok ini bisa jadi alternatif bagi Sedulur yang tidak memiliki lahan yang banyak. Sedulur bisa membuat area lahan sebagai pondasi dan membuat balkon.

Buat tangga berputar sebagai akses ke balkon, jadikan balkon sebagai ruang tamu outdoor untuk menyambut tamu. Dengan begitu, lahan pun bisa dioptimalkan dan bagian depan rumah bisa dijadikan sebagai ruang keluarga. Banyak desain teras yang bisa jadi rekomendasi Sedulur.

Itulah daftar desain teras rumah minimalis yang bisa menjadi referensi. Sedulur bisa memilih beberapa desain di atas, lalu modifikasi desain tersebut sesuai kebutuhan rumah dan dana yang dimiliki. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!