desain rumah setengah tembok setengah kayu

Kombinasi material kayu dan beton menjadi salah satu yang cukup banyak disukai ketika ingin membangun sebuah hunian. Hal ini tak lepas dari suasana alami dan hangat yang bisa tercipta dari dua bahan tersebut. Apalagi desain rumah setengah tembok dan setengah kayu juga semakin mudah ditemukan.

Penggunaan kombinasi material kayu dan beton juga sangat fleksibel. Dua bahan ini bisa digunakan baik menciptakan konsep rumah tradisional, modern, hingga minimalis. Jadi tak heran jika bahan-bahan ini memiliki nilai yang cukup mahal di pasaran.

Jika Sedulur tertarik untuk membuat desain rumah setengah tembok setengah kayu yang estetik dan kekinian, mari simak  beberapa inspirasinya berikut ini!

BACA JUGA: 26 Inspirasi Desain Model Teras Rumah Atap Miring ke Belakang

1. Desain minimalis setengah tembok setengah kayu

Dwell

Desain rumah setengah tembok setengah kayu yang pertama memiliki konsep minimalis. Konsep satu ini memang sedang populer dan banyak jadi pilihan karena bentuknya yang timeless dan estetik.

Rumah minimalis semacam ini juga sangat fleksibel, tapi umumnya bisa dibangun dengan luas area 6×8 meter, dengan pondasi batu kali dan dinding tembok serta kayu.

Dengan ukuran yang cukup mungil dan simpel, rumah ini sudah memiliki ruangan yang lengkap sebagai hunan. Sedulur juga bisa menggunakan cat seperti warna pastel dan putih untuk semakin menguatkan kesan minimalis pada rumah ini.

2. Kombinasi kayu dan batu bata

Berikut terdapat model rumah semi permanen yang unik yang menggunakan setengah tembok bata dan setengah papan kayu. Kombinasi dari dua material tersebut membuat rumah satu ini terlihat estetik walaupun ukurannya yang terbilang kecil. Perpaduan warnanya juga sangat cocok dan memberikan kesan yang hangat untuk rumah.

Penggunaan batu bata juga cukup bagus untuk rumah-rumah di Indonesia. Konstruksinya akan lebih kuat karena bata akan semakin tangguh ketika hanya mengalami musim hujan dan musim panas.

3. Gaya rumah tembok dan kayu ala Jepang

desain rumah setengah tembok setengah kayu
Curbed

Rumah Jepang dikenal memiliki gaya minimalis sejak zaman dahulu. Bahkan, hanya menggunakan kombinasi tembok dan kayu, rumah gaya Jepang dikenal tangguh dan kuat.

Sedulur bisa mencoba untuk mencontek gaya rumah klasik minimalis yang mengkombinasikan dua bahan bangunan tersebut pada gambar di atas. Agar semakin ciamik, gunakan warna-warna monoton agar rumah terasa lebih kalem dan bersih.

4. Rumah panggung tradisional tembok dan kayu

Bosan dengan desain rumah panggung sederhana yang begitu-begitu saja? Sedulur juga bisa mencoba konsep tembok dan kayu pada rumah panggung. Tak hanya membuat rumah terlihat estetik, konsep ini memiliki gaya tradisional yang kental.

Dengan memanfaatkan rangka beton sebagai pondasi, Sedulur bisa menciptakan sekat-sekat ruangan dengan kombinasi tembok dan kayu agar lebih cantik. Penggunaan dua bahan ini bisa menciptakan suasana yang hangat.

5. Konsep modern tembok semen dan kayu

desain rumah setengah tembok setengah kayu
Design Milk

Sudah hal umum bahwa rumah klasik sangat identik dengan tampilan depan yang dihiasi pilar-pilar kayu yang kokoh. Sehingga Sedulur wajib memilih material terbaik agar rumah aman.

Agar kekuatannya bisa semakin kuat dan melihat banyaknya bencana gempa yang ada di Indonesia, Sedulur juga bisa mengkombinasikan rumah modern dengan bahan tembok semen yang berkualitas.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Merk CCTV Wireless Terbaik di Tahun 2023

6. Desain rumah tembok dan kayu teknik cladding

Ide rumah setengah tembok setengah papan kayu berikutnya menggunakan tembok cladding pada bagian luarnya. Bagi yang belum tahu, cladding merupakan teknik yang merekatkan beberapa material seperti batu alam, bata, atau kayu pada bagian eksterior dan menjadi lapisan paling luar rumah.

Tidak hanya memperindah bangunan saja, teknik cladding juga bisa melindungi rumah semi-permanen dari cuaca ekstrem. Namun, penggunaan teknik ini umumnya cukup mahal dan perlu maintenance yang cukup rutin agar konstruksi claddingnya tetap kuat dan tidak rapuh.

7. Rumah setengah tembok setengah kayu atap saltbox

model teras rumah atap miring ke belakang
Houzz

Inspirasi desain rumah setengah tembok setengah kayu yang bisa dicoba sangat beragam. Namun, Sedulur juga bisa mengkombinasikan konsep rumah ini dengan gaya atap saltbox yang cukup populer dan memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana rumah yang adem dan estetik.

Ciri khas desain rumah ini ada pada atapnya yang memiliki model asimetris, dimana salah satu sisinya lebih panjang dan lebih miring daripada sisi lainnya. Kelebihan dari atap miring ke belakang saltbox ini adalah bentuk yang unik dan banyak ruangan di bawah atap serta lebih tahan lama menjaga kayu agar tidak lapuk.

8. Inspirasi rumah tembok dan kayu tipe 36

Pada desain rumah semi permanen type 36 satu ini dibuat dengan dinding setengah tembok dan setengah kayu. Tembok dijadikan sebagai bagian bawahnya, dan untuk material kayu pada bagian atasnya.

Tidak hanya itu, terdapat juga teras kecil yang bisa digunakan untuk duduk santai menikmati sore hari. Untuk bagian dalamnya, Kamu bisa membuat 4 sekat ruangan. Adapun diantaranya yaitu 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur di sebelahnya, dan juga ruang tamu atau ruang keluarga pada bagian tengah dari rumah.

Rumah setengah tembok setengah papan kayu ini sangat cocok untuk Kamu yang mempunyai keluarga kecil dengan konsep sederhana.

9. Inspirasi rumah tembok dan kayu tipe 45

Arsitektur kanopi rumah modern
Parallel Architecture

Selain type 36,  terdapat juga ukuran bangunan lainnya yang sedikit lebih besar yaitu type 45. Dengan tipe ini atau luas 45 meter persegi, kamu dapat membuat lebih banyak sekat ruangan. Akan tetapi tetap menggunakan konsep setengah tembok dan setengah papan kayu.

Untuk bagian depannya, Kamu bisa membuat teras untuk duduk bersantai. Sementara pada bagian dalamnya, Kamu dapat mendesain sebanyak 5 sekat ruangan. Jika Kamu mempunyai tanah tersisa yang cukup luas, Kamu dapat memanfaatkannya dengan membuat taman atau kebun dengan ukuran kecil.

Kamu juga dapat menanam tanaman-tanaman kecil seperti kaktus, bunga, atau lain sebagainya. Atau Kamu juga dapat menanam pohon yang bisa berbuah seperti jambu, mangga, dan lain sebagainya.

10. Rumah tembok dan kayu ala Eropa

Meski pada umumnya gaya rumah klasik Eropa harus sangat megah, namun siapa sangka hal ini juga bisa diaplikasikan pada model rumah yang simple. Seperti referensi desain di atas, ternyata rumah klasik sederhana gaya Eropa bisa diadaptasi dengan mengkombinasikan tembok dan kayu.

Agar rumah terlihat minimalis, Sedulur bisa mengurangi penggunaan garis lengkung dan menggantinya dengan garis tegas pada beberapa bagian di rumah. Gaya rumah seperti ini memang bisa dibilang tak lekang oleh waktu.

11. Konsep rumah setengah tembok setengah kayu sederhana

Archdaily

Desain berikutnya dapat menjadi bahan pertimbangan karena desainnya cukup sederhana dan simpel. Sedulur bisa mengkombinasikan dua bahan tadi dengan menciptakan rumah semi permanen setengah tembok setengah papan kayu.

Rumah sederhana ini bisa dibuat dengan ukuran 6×8 meter atau di atasnya. Dengan pondasi batu kali dan dinding bata setengah, konsep ini akan cocok dibangun di pedesaan tanpa melewatkan faktor kekuatan pada pondasi rumahnya.

Rumah ini telah dilengkapi dengan dua kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Sangat terlihat rumah yang satu ini sangat nyaman jika ditinggali oleh keluarga kecil. Terdapat juga bagian kayu yang memperindah desain rumah satu ini.

Demikian tadi deretan inspirasi desain rumah setengah tembok setengah kayu yang bisa Sedulur coba. Semoga dengan ide-ide di atas, Sedulur bisa menciptakan rumah yang sesuai selera tapi tetap aman ya!