Ilmu dasar yang perlu dikuasai sebelum membuat denah rumah. Berikut referensi desain sederhananya.

Membuat denah rumah memang terkesan mudah. Tapi tidak boleh asal bikin karena dibutuhkan pengetahuan khusus dengan perhitungan yang matang. Harus disesuaikan dengan ukuran tanah yang tersedia agar setiap bagian rumah berfungsi sebagaiaman mestinya dan sirkulasi udara dan pencahayaan cukup.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi denah rumah yang bisa jadi referensi atau inspirasi Sedulur. Terutama yang ingin membangun dan merenovasi rumah. Barangkali beberapa desain di bawah ini sesuai dengan selera Sedulur dan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: 7 Jenis Rumah Adat Sumatra Barat dengan Desain Unik

1. Minimalis ukuran 6 x 12 M

1. Denah rumah desain minimalis ukuran 6 x 12 M
homeshabby

Rekomendasi denah rumah pertama adalah desain minimalis dengan ukuran 6 x 12 M. Rumah ini sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah dan ingin hidup mandiri terpisah dari orangtua. Desain ini bisa jadi solusinya. Terdapat dua kamar ridur dengan kamar mandi, ruang tamu plus ruang keluarga, dapur, dan taman bagian belakang.

Lebih lengkap lagi karena dari denah ini menyiapkan carport yang bisa dijadikan sebagai garasi untuk mobil dan motor. Jika taman bagian belakang terlalu besar, Sedulur bisa menambahkan ruangan baru dari sebagian sisa tanah di taman belakang. Seperti untuk mencuci baju atau laundry room.

Pemanfaatan lahan bagian depan dan belakang juga bisa memberikan kelulasaan bagi Sedulur untuk menambah bagian rumah. Seperti melebarkan bagian kamar, menambah ruang untuk cuci baju, dan ruangan lainnya. Bagi pasangan baru, kebutuhan ruangan yang ada pada denah di atas lebih dari cukup.

2. Minimalis dengan 3 tiga

2. Desain minimalis dengan kamar tiga
ruangarsitek

Memiliki lahan terbatas bukan berarti tidak bisa membangun rumah dengan beberapa bagian rumah. Seperti yang bisa Sedulur lihat di atas, meski dengan keterbatasan lahan, kamu bisa mendesain berbagai ruangan dengan berbagai cara. Bahkan, bisa mendapatkan tiga kamar, ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi.

Meskipun jika ditelisik lagi desain di atas merupakan desain dari apartemen, namun bisa Sedulur aplikasikan untuk membangun rumah. Tinggal ikuti setiap ukuran ruangannya dan digunakan sebagaimana fungsinya. Ruang keluarga bisanya selalu dibering dengan ruang tamu. Memanfaatkan satu ruangan untuk dua fungsi sekaligus merupakan cara yang umum dilakukan di dalam rumah yang terbatas luasnya.

3. Minimalis dua lantai

3. Desain minimalis dua lantai
rumah.com

Bagi yang membutuhkan design rumah lantai dua, desain satu ini bisa Sedulur gunakan. Dengan dua lantai, kamu bisa dengan leluasa melakukan banyak kegiatan di bagian rumah. Namun, harus dipikirkan juga pembagian ruangan di setiap lantainya agar fungsinya tepat sasaran.

Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat di atas, dalam design dua lantai di lantai satu difokuskan dengan dapur, laundry room, kamar mandi, tempat makan, dan ruang keluarga. Sementar di lantai 2 difokuskan dengan kamar tidur. Bisa tersedia 3 kamari tidur dengan balkon di bagian depan kamar utama.

Pembagian dari rumah lantai dua memang diperlukan, terutama untuk memanfaatkan keterbatasan lahan. Fokus utama di lantai satu untuk kegitan seperti memasak, makan, dan berkumpul bersama keluarga. Lantai dua benar-benar difokuskan untuk tempat istirahat dan ruang privasi.

4. 1 lantai 5 x 20 M

4. Desain minimalis 1 lantai 5 x 20 M
homeshabby

Denah dengan 2 kamar ini merupakan desain yang cocok bagi pasangan milenial. Dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi, tersedia juga ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Jika Sedulur lihat dalam gambar denah di atas, di setiap kamar terdapat bagian kecil sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Hal tersebut merupakan keputusan cernah untuk memanfaatkan ruangan.

Penataan denah juga sangat sederhana karena meletakan ruang tamu yang mengusung konsep open plan. Ditambah lagi dengan partisi sebagai pembatas ruangan agar privasi keluarga tidak terganggu dengan kedatangan tamu. Di bagian belakang rumah tersedia taman yang cukup luas.

Jika taman bagian belakang terasa begitu luas, Sedulur bisa menambahkan beberapa ruangan tambahan dengan menggunakan lahan taman di belakan. Salah satu bagian rumah yang belum tersedia ruang cuci baju. Bagian dapur pun terasa lebih sempit, Sedulur bisa dengan bebas melebarkan dapur sesuai kebutuhan.

5. Rumah dua kamar

5. Deah rumah desain rumah dua kamar
ruangarsitek

Dalam gambar denah rumah di atas, Sedulur bisa melihat dari desain kamar tidur terdapat dua buah. Dengan penataan yang sangat rapi. Di bagian depan, kamar utama terlihat dengan tidak terdapat lemari, namun ruangan yang dikhususkan sebagai tempat penyimpanan baju. Pintu yang digunakan untuk masuk ke kamar mandi juga sangat bagus.

Pada kamar kedua yang di bagian dalam terlihat penataan yang bagus. Mulai dari tempat penyimpanan baju dengan kamar mandi yang menempel. Di bagian samping ruang keluarga terdapat tempat bersantai untuk menikmati waktu luang. Ruang makang dengan dapur menyatu tanpa sekat sama sekali. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan luas di bagian dalam rumah.

6. Ukuran 8 x 16 M

6. Desain minimalis ukuran 8 x 16 M
homeshabby

Bagi yang membutuhkan denah rumah sederhana tapi mewah, desain minimalis ukuran 8 x 16 M ini cocok untuk Sedulur jadikan referensu. Namun, kekurangan dari desain ini adalah susah memanfaatkan langsung seluruh lahan untuk kepentingan rumah. Lahan terbuka hanya terletak di bagian depan yang dijadikan teras dan carport.

Tapi, desain rumah ini menarik dan benar-benar fungsional. Karena terdapat 3 kamar tidur, kamar tidur utama terletak paling belakang karena ukurannya yang paling besar. Sementara kamar tamu terletak di bagian depan dan kamar anak terletak di dekat ruang tamu.

Kelebihan dari desain ini setiap bagian rumah memiliki fungsinya masing-masing. Ruang tamu dan ruang keluarga terpisah dan privasi keluarga tidak akan terganggu jika kedatangan tamu. Terdapat gang kecil di bagian samping bisa dimanfaatkan untuk garasi motor sehingga carport di bagian depan bisa benar-benar digunakan sebagai mobil.

7. Rumah apartemen

7. Denah rumah desain minimalis rumah apartement
ruangarsitek

Saat ini, trend memiliki rumah tengah bergeser. Yang awalnya ingin memiliki rumah besar dengan lahan yang luas, semakin banyak yang menginginkan rumah sederhana di apartemen. Ramainya apartemen sebagai pilihan rumah disebabkan oleh kesulitan mendapatkan tanah dan lahan untuk membangun rumah. Selain itu, apartemen juga lebih terjangkau dan kemanan yang terjamin.

Bagi yang memilih apartemen sebagai pilihan rumah, Sedulur bisa memilih denah apartemen di atas untuk digunakan sebagai alternatif. Penataannya sangat fungsiuonal. Terdapat ruang tamu begitu masuk rumah dan disambut oleh tempat makan dan dapur. Kamar tidur tersedia tiga buah, cukup untuk anggota keluarga.

Namun, kekurangan dari denah apartemen adalah tidak bisa menambah lagi ruangan. Karena lahan yang terbatas dan sulit dikembangkan. Tidak seperti denah dalam rumah yang bisa kita bangun seluas mungkin.

8. Minimalis ukuran 7 x 14.5 M

8. Desain minimalis ukuran 7 x 14.5 M
homeshabby

Sering kali saat membuat denah rumah kita tidak memikirkan interior rumahnya. Paling penting yaitu setiap bagian dari rumah memiliki fungsinya masing-masing. Desain rumah ini memiliki ukuran 7 x 14.5 M memiliki ukuran cukup luas untuk dibangun menjadi rumah. Desain ini memiliki kamar dua dengan carport di bagian luar, taman, dan laundry room di bagian belakang.

Desain rumah di atas memiliki fasilitas lengkap yang umum kita temui di setiap rumah. Hal tersebut membuat fungsi rumah benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Ruang tamu pada desain ini memiliki area open plan tanpa sekat, privasi keluarga pun tidak akan terganggu ketika ada tamu yang berkunjung.

Selain itu, desain ini juga benar-benar menarik karena bisa memanfaatkan lahan dengan maksimal. Sehingga bisa mendapatkan 3 kamar tidur, 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur anak, 1 kamar tidur tamu. Bisa Sedulur lihat terdapat laundryment atau tempat cuci baju di bagian belakang. Lebih baik memang meletakan tempat cuci baju di bagian luar belakang karena kegiatan mencuci identik dengan basah agar bagian rumah tidak basah akibat kegiatan mencuci baju.

9. Desain rumah besar dan mewah

 

9. Denah rumah desain rumah besar dan mewah
rumah.com

Setelah puas dengan denah rumah sederhana yang telah dijelaskan di atas, berikut ini denah rumah dengan bagian yang sangat luas. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat di atas, dari mulai bagian garasi, terdapat ruang untuk 2 buah mobil. Meskipun kamar tidur hanya terdapat 3, area dua lantai ini memiliki ruang yang sesuai dengan fungsinya.

Terdapat bagian rumah yang diperuntukan untuk berkumpul bersama keluarga. Seperti dalam bagian living room, covered terrace, dan dining room yang luas yang diperuntukan untuk berkumpul bersama.

Baca Juga: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

10. Ramah keluarga ukuran 9.6 x 11 M

10. Desain ramah keluarga ukuran 9.6 x 11 M
homeshabby

Bagi yang memiliki lahan agak besar dengan ukuran 9.6 x 11 M, Sedulur bisa membuat denah rumah minimalis 3 kamar dengan bagian rumah lainnya yang digunakan sebagaimana fungsinya. Jika lihat dari desain rumah di atas, Sedulur bisa melihat bahwa ruang tamu dan ruang keluarga terpisah menggunakan partisi. Selanjutnya, ruang makan dan ruang tamu berdekatan dan tidak menguunakan pemisah.

Bahkan, desain rumah ini juga terdapat mushola yang berdekatan dengan carport. Di sebelah carport terdapat pintu dengan langsung masuk ke ruang tengah. Kamar utama dalam denah di atas terletak di bagian depan semetara kamar tamu terletah di bagian depan, dekat dengan ruang tamu. Kamar anak terletak di bagian tengah dekat dengan ruang keluarga.

Lahan disisakan sedikit di bagian depan dijadikan sebagai teras. Jika Sedulur ingin menjadikan sisa lahan tersebut sebagai taman, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Namun, ada baiknya tanaman disesuaikan dengan desain dan arsitektur rumah.

11. Desain minimalis memanjang

11. Denah rumah desain minimalis memanjang
rumah.com

Berikut ini merupakan denah rumah minimalis 2 kamar dengan bentuk rumah yang memanjang. Bagian samping kanan dan samping kiri diisi oleh kamar, sementara di bagian tengah terdapat ruang keluarga dan dapur dan  tempat makan. Ruang tamu sendiri dibuat bersebelahan dengan ruang keluarga.

Desain ini menarik karena memiliki bentuk yang unik, yaitu memanjang tidak seperti desain rumah pada umumnya yang proporsi. Terlihat di bagian depan terdapat garasi khusus yang dipisahkan dengan bagian rumah. Denah ini merupakan yang paling modern dengan memanfaatkan unsur-unsur alam untuk mendukung kondisi rumah.

12. Desain minimalis modern

12. Desain minimalis modern
rumah.com

Berikut ini merupakan desain rumah modern dengan tatanan sederhana. Lahan luas sangat dibutuhkan untuk membangun rumah ini. Seperti dapat dilihat dari denah di atas, terdapat 3 kamar tidur dengan  ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan yang terpisah.

Di masing-masing kamar, bisa dilihat terdapat tempat menyimpan baju khusus dan tidak terlihat tempat lemari untuk menyimpan baju. Di setiap rumah modern, baju disimpan dengan cara seperti dalam desain ini. Sementara kamar mandi tidak dimasukkan di dalam kamari. Kamar mandi di dalam kamar hanya tersedia di kamar utama. Di bagian samping rumah juga dapat Sedulur lihat terdapat tempat untuk bersantai bersama keluarga.

13. 8 x 15 M dengan luas 20 x 15 M

13. Desain minimalis ukuran 8 x 15 M dengan luas lahan 20 x 15 M
homeshabby

Bagi Sedulur yang memiliki luas tanah yang cukup luas, kamu tidak perlu membuat denah rumah yang luas mengikuti ukuran tanah. Pada tahap awal, kamu bisa membangun rumah dengan ukuran 8 x 15 M terlebih dahulu. Perluasan rumah bisa dibangun secara bertahap mengikuti perkembangan dan kebutuhan keluarga.

Dalam desain rumah ukuran 8 x 15 M ini, tersedia 3 kamar tidur dengan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Halaman yang tersisa luas di kedua bagian samping rumah, bisa Sedulur manfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Jika berkenan, Sedkamuulur bisa membangun kolam ikan dan pendopo untuk bersantai.

Baca Juga: 11 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha – 2021

14. Desain minimalis tipe 21 dan 36

14. Desain minimalis tipe 21 dan 36
rumah.com

Desain ini merupakan denah rumah kampung yang umum didapati di banyak pameran properti. Biasanya, perumahan yang dibangun di daerah menggunakan desain ini. Rumah sederhana yang memiliki dua kamar tidur, taman di bagian depan dan taman belakang. Ruang tamu dan ruang keluarga yang bersatu serta ruang makan yang berdampingan.

Sementara itu , dalam denah rumah sederhana lengkap dengan tampak jelas di atas, dapur di bagian belakang dengan area terbuka. Denah taman di bagian belakang bisa Sedulur renovasi untuk memperluas bagian dapur dan menambah ruangan untuk mencuci baju. Agar setiap bagian rumah bisa mendapatkan fungsinya dengan baik, meskipun memiliki lahan terbatas.

15. Desain minimalis ukuran 6 x 8 M

15. Denah desain minimalis ukuran 6 x 8 M

Rekomendasi terakhir denah rumah yang bisa Sedulur gunakan untuk desain rumah yaitu desan minimalis dengan ukuran 6 x 8 M.  Desain rumah yang minimalis dan sederhana ini membagi beberapa bagian rumah dengan kebutuhan yang disesuaikan. Dengan ukuran 6 x 8 M, kita hanya bisa mendapatkan dua kamar tidur dan satu ruang keluarga yang sangat fungsional.

Ruang keluarga yang berfungsi juga sebagai ruang tamu ini berdekatan dengan dapur. Sementara ruang makan bersampingan dengan ruang keluarga. Fungsinya agar lebih mudah untuk menjamu tamu dan menyantap sambil bersantai dengan keluarga. Dapur disimpan paling pojok berdekatan dengan kamar tidur kedua.

Di bagian belakang, terdapat sisa lahan terbuka yang bisa kamu jadikan sebagai halaman kecil. Sedulur bisa menanam berbagai sayuran atau sisa lahan terbuka bisa Sedulur jadina tempat gudang atau tempat untuk bersantai di sore hari. Pada dasarnya, desain ini menjadikan tengah rumah yang lega yang bisa leluasa untuk bergerak.

Semoga daftar rekomendasi denah rumah minimalis di atas bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang sedang memilih denah untuk rumah yang akan direnovasi. Rumah idaman adalah rumah yang didesain dengan keinginan sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan keluarga.

Jangan lupa untuk menabung dan menyiapkan budget untuk renovasi rumah. Seperti yang kita ketahui, biaya renovasi rumah tidak murah dan membutuhkan waktu yang lama. Menyiapkan biaya membutuhkan waktu yang lama, namun hal tersebut bukan menjadi persoalanan demi terwujudnya cita-cita memiliki rumah sendiri. Kamu bisa menabung dengan melakukan penghematan dalam membeli kebutuhan rumah tangga. Supaya mendapatkan harga sembako terbaik dan termurah, kamu bisa membeli di Aplikasi Super. Murahnya nggak ada lawan!