cuddle adalah

Menurut Cambridge Dictionary, maksud dari kata cuddle adalah menaruh tangan di sekitar seseorang (memeluk) dan memegang mereka dengan penuh kasih sayang. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai dua orang yang berpelukan erat untuk menunjukkan cinta terhadap masing-masing dan kenyamanan.

Arti cuddle atau cuddling pun saat ini tengah populer di kalangan masyarakat. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan cuddle? Apa saja posisi dan manfaat cuddle bagi tubuh kita?

BACA JUGA: 150 Kata-kata Romantis untuk Pasangan yang Penuh Makna

Cuddle adalah

Mengutip dari kamus Merriam-Webster, cuddle sebagai kata benda berarti pelukan erat. Sebagai kata kerja, apa itu cuddle berarti memegang erat seseorang atau sesuatu dengan hangat dan nyaman yang disertai dengan kasih sayang.

-->

Tidak terdapat perbedaan cuddle dan cuddling. Dalam bahasa Inggris, cuddle merupakan kata benda dari pelukan erat, sedangkan cuddling adalah bentuk kata kerjanya yang berarti memeluk erat. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berpelukan berasal dari kata peluk. Kata peluk sendiri memiliki arti mendekap dengan erat pada leher, tubuh seseorang atau sesuatu.

Berdasarkan penjelasan dari Carla Marie Manly Ph.D, sudah sedari kecil kita akrab dengan pelukan. Oleh karena itu, tidak heran bahwa kita selalu mengidentikkan sebuah pelukan dengan rasa cinta dan aman.

Berpelukan bersama pasangan membuat kita merasa lebih dicintai walau tanpa ditunjukkan dengan perkataan lisan. Selain rasa cinta dan kasih sayang yang didapat, berpelukan juga dapat menumbuhkan rasa aman dan juga menyehatkan tubuh. Tapi ada juga bahaya cuddle yang wajib diwaspadai.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Serial Netflix Terbaik dengan Berbagai Genre

Posisi cuddle adalah

Terdapat beberapa posisi macam macam cuddle yang dapat Sedulur praktikkan bersama pasangan. Berikut merupakan beberapa di antaranya.

1. Spoon

perbedaan cuddle dan cuddling
Healthline

Spoon atau spooning cuddle adalah posisi yang biasanya dilakukan oleh pasangan. Ketika berbaring di kasur, satu orang dapat menjadi big spoon dan satunya lagi menjadi little spoon. Big spoon memeluk little spoon dari belakang, sembari tidur bersama. Posisinya dapat menghadap ke arah kiri atau ke kanan. Posisi tubuh bagian belakang little spoon pada saat dipeluk berhimpitan dengan tubuh bagian depan big spoon.

2. Half spoon

cuddle dengan pacar
Healthline

Apabila posisi spoon terlalu membuat gerah Sedulur, ada alternatif posisi lain yaitu half spoon. Posisi big spoon merangkul tubuh little spoon dengan satu tangan, dan biasanya big spoon tidur terlentang. Sebagai little spoon, Sedulur akan tidur dengan menggunakan bantalan dari tangan big spoon, sambil merangkul balik tubuh atau perut big spoon dengan tangan. Dengan posisi ini, tubuh akan lebih leluasa untuk bernafas karena tidak berhimpitan terlalu dekat seperti posisi spoon.

3. Posisi butt “cheek-to-cheek” cuddle adalah

apa itu cuddle
Healthline

Bukan tipikal orang yang mudah tertidur apabila sedang dipeluk pasangan di kasur? Tenang saja, posisi butt “cheek-to-cheek” bisa memberikan Sedulur kebebasan di kasur agar dapat tertidur pulas dengan cepat, tetapi juga tetap memberikan “koneksi” terhadap pasangan. Keduanya tidur saling menghadap arah yang berlawanan, punggung dan pantat saling menyentuh dan berhimpitan satu sama lain. Posisi kaki bisa ditekuk pada bagian lutut, atau jika Sedulur sedang jahil dapat memainkan atau menggelitiki kaki pasangan.

4. Honeymoon hug

macam macam cuddle
Healthline

Posisi honeymoon hug cuddle adalah salah satu posisi yang paling romantis. Posisi ini seperti berpelukan intens di atas kasur, saling memeluk satu sama lain, mendekatkan tubuh, berhimpitan, dengan kaki yang saling merangkul. Sedulur dapat membenamkan kepala ke dada pasangan Sedulur, sedangkan pasangan Sedulur dapat mendekatkan kepalanya ke rambut dan mengecup kening Sedulur untuk memberikan kesan romantis yang luar biasa.

5. Sweetheart cradle

Sweetheart cradle
Healthline

Sweetheart cradle sejatinya hampir mirip dengan half spoon. Apabila dalam posisi half spoon Sedulur mengistirahatkan kepala di lengan pasangan, maka pada posisi sweetheart cradle Sedulur menaruh kepala di dada pasangan. Posisi ini sangat nyaman apabila Sedulur sedang mood untuk bermesraan dan menikmati setiap detak jantung pasangan.

6. Posisi leg hug cuddle adalah

arti cuddle
Healthline

Ingin tetap tidur leluasa tapi tidak mau melakukan posisi butt “cheek-to-cheek” karena tidak bisa melihat wajah pasangan? Coba posisi leg hug, deh! Sesuai dengan namanya, posisi leg hug berarti hanya kaki kita saja yang “berpelukan” dengan pasangan. Posisi ini dapat dilakukan dengan dua-duanya tidur terlentang atau salah satu tidur dengan posisi tengkurap. Setelah mendapatkan posisi tidur yang nyaman, kaki Sedulur dapat dikaitkan dengan kaki pasangan.

7. Butt pillow

Butt pillow
Healthline

Apabila Sedulur memiliki ukuran kasur yang luas tetapi masih kebingungan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan apa, boleh sekali mencoba posisi cuddle butt pillow. Sedulur dapat berbaring dengan kepala yang diistirahatkan ke pantat pasangan yang sedang tidur tengkurap. Posisinya dapat menyerupai angka jam sembilan, atau juga jam tiga. Sepertinya unik dan seru, ya Sedulur?

8. Lap pillow

Lap pillow
Healthline

Sesuai dengan namanya, posisi lap pillow cuddle adalah dengan menggunakan pangkuan pasangan sebagai bantal kita. Posisi ini sangat nyaman apabila Sedulur ingin berduaan dengan pasangan, seraya deep talk mengenai hal-hal random, dan tentunya bermesraan dengan yang tercinta.

BACA JUGA: Pengertian Deep Talk Serta Manfaat Emosional & Psikologisnya

9. Posisi arm draper cuddle adalah

arm draper cuddle 
Healthline

Posisi arm draper cuddle adalah posisi yang sedikit mirip dengan half spoon. Tetapi, bedanya dalam posisi ini adalah Sedulur dan pasangan sama-sama tidur menggunakan lengan salah satu orang yang ditekuk. Posisi ini cocok untuk menikmati suasana intim berdua bersama pasangan. Sedulur dan pasangan dapat saling melihat ke dalam mata satu sama lain dan juga saling merasakan kehangatan nafas satu sama lain.

Manfaat cuddle adalah

Setelah mengetahui apa-apa saja variasi posisi cuddle, sekarang kita akan membahas manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan cuddle bersama pasangan. Simak beberapa poin di bawah ini!

1. Menguatkan hubungan asmara

Manfaat pertama dari cuddle adalah untuk menguatkan hubungan asmara bersama pasangan. Saat berpelukan dengan pasangan, Sedulur akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon tersebut dapat membantu Sedulur untuk meningkatkan koneksi dan juga ikatan dengan pasangan.

2. Memuaskan hasrat seksual

Cuddle ternyata dapat memuaskan hasrat seksual seseorang. Tidak perlu heran karena memang biasanya cuddle menjadi “pembuka” dari aktivitas seksual bersama pasangan. Dengan semakin sering cuddling, maka secara tidak langsung akan memperbaiki kehidupan seksual Sedulur.

3. Menurunkan tekanan darah

Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa sering berpelukan dapat membantu kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan risiko stroke.

BACA JUGA: Apakah Kriteria dari Makanan yang Sehat Beserta Contohnya

4. Mengurangi stres

Saat berpelukan, Sedulur juga melepas neurotransmitter serotonin dan dopamin. Alhasil, rasa stres, gundah, sedih, dan juga rasa sakit akan perlahan-lahan menghilang saat Sedulur cuddling dengan pasangan.

5. Menyalurkan emosi

Tidak jarang kita mengalami hari-hari yang berat tetapi tidak mampu mengungkapkannya dalam kata-kata kepada pasangan. Solusi untuk mengurangi beban tersebut adalah dengan berpelukan. Tanpa kata-kata, kita akan tahu bahwa pasangan selalu mencintai dan menyayangi kita, serta selalu memberikan rasa aman yang kita butuhkan.

Nah itu dia ulasan mengenai pengertian cuddle adalah, beserta posisi dan manfaatnya. Cuddle berarti memegang erat seseorang atau sesuatu dengan hangat dan nyaman yang disertai dengan kasih sayang.

Selain tentang cuddle adalah dan perannya dalam hubungan, terdapat sembilan posisi yang telah dijelaskan di atas. Mulai dari spoon, half spoon, butt “cheek-to-cheek”, honeymoon hug, sweetheart cradle, leg hug, butt pillow, lap pillow, dan arm draper

Semua posisi cuddle tersebut dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Seperti menguatkan hubungan asmara, memuaskan hasrat seksual, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan juga menyalurkan emosi tanpa perlu berkata-kata. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Sedulur untuk menentukan posisi cuddle dengan pacar, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.