deep talk adalah

Apakah Sedulur pernah melakukan deep talk? Deep talk adalah melakukan percakapan secara mendalam dengan orang lain, baik itu keluarga, sahabat, maupun pasangan. Topik yang dibahas ketika deep talk biasanya tentang personal dan lebih sensitif secara mendalam.

Deep talk biasanya dilakukan untuk berbagi masalah tentang kehidupan. Supaya bisa lebih dalam pemahaman Sedulur, berikut ini penjelasan deep talk, manfaat hingga cara melakukannnya.

BACA JUGA : 120 Gombalan untuk Cowok Romantis, Receh Tapi Bikin Baper

Pengertian

deep talk artinya
pixabay

Deep talk artinya adalah berbincangan secara mendalam Deep talk adalah percakapan dengan melibatkan topik-topik yang dibahas lebih mendalam. Deep talk juga diseabut dengan deeper conversation, yaitu sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh dua orang.

-->

Topik yang disampaikan saat deep talk tidak hanya pertanyaan biasa seperti hobi maupun makanan makanan kesukaan. Namun ini adalah percakapan yang dilakukan membahas tentang sesuatu yang lebih intim seperti ketika pillow talk.

Deep talk umumnya lebih banyak membahas tentang segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup seseorang, baik di saat senang maupun ketika sedang bersedih. Topik pembicaraan juga dapat meliputi perkembangan teknologi terbaru, masalah politik yang sedang terjadi amupun isu-isu lingkungan yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.

Tidak selalu tentang hal-hal yang berat, ada kalanya pertanyaan yang muncul saat deep talk terkesan remeh tapi tetap bisa membuat kamu berpikir lebih dalam. Misalnya, Sedulur harus membayangkan jika kiamat zombi benar-benar terjadi.

Lantas, apa yang akan kamu lakukan untuk melawannya? Apakah Sedulur akan selamat? Pertanyaan-pertanyaan ini tentu akan memicu sisi imajinatif Anda dan lawan bicara. Intinya, ini adalah saat di mana kamu dan lawan bicara didorong untuk saling terbuka tentang perasaan, pikiran, dan cara pandang satu sama lain

Deep talk dapat dilakukan dengan siapa saja, seperti keluarga, sahabat, maupun pasangan. Tidak perlu ragu melakukan percakapan yang mendalam dengan orang lain, karena ha ini dapat bermanfaat untuk merekatkan hubungan dan membuat suasana menjadi lebih hangat di antara kedua pihak.

BACA JUGA : 120 Gombalan untuk Cowok Romantis, Receh Tapi Bikin Baper

Manfaat deep talk

Manfaat
Unsplash

1. Membuat perasaan menjadi lebih lega

Masalah maupun perasaan yang negatif tidak baik jika dipendam terus-menerus. Banyak penelitian yang sudah menujukkan bahwa berbagi emosi negatif dengan orang terdekat dapat meringankan tekanan fisik, emosial, dan stres.

Respons emosional seperti marah, sedih, dan takut diatur oleh bagian otak yang dinamakan dengan amigdala. Ketika seseorang mengungkapkan emosinya tersebut, tanpa disadari sudah mengurangi respon amigdala.

2. Meningkatkan kebahagian

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa peserta penelitian yang lebih sering terlibat dalam deep talk merasa lebih bahagia dibandingkan dengan peserta yang jarang melakukan hal tersebut.

Akan tetapi belum diketahui secara pasti apa yang dapat membuat dua hal tersebut bisa saling berkaitan. Namun, ada kemungkinan hal ini ada hubungannya dengan kebutuhan manusia untuk menjalin koneksi dengan orang lain.

3. Menjaga hubungan dengan pasangan

Deep talk tak hanya membantu saat proses pendekatan dengan gebetan. Ternyata, komunikasi semacam ini juga sangatlah dibutuhkan untuk menjalin hubungan dengan pasangan tetap hangat dan harmonis.

Dengan melakukan deep talk, Sedulur dapat mengetahui perasaan pasangan yang sesungguhnya. Jika terjadi masalah yang sedang dihadapi, melakukan percakapan yang mendalam ini dapat membuat pasangan lebih memahami apa yang menjadi alasan di balik sesuatu yang telah dilakukan.

4. Menambah sudut pandang kehidupan

Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing mengenai suatu hal. Mendengarkan cerita atau pendapat dari orang lain dapat memberikan Sedulur sudut pandang lain yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Pembicaraan yang mendalam membuat kamu belajar untuk melihat permasalahan dari sisi yang berbeda. Tak jarang nantinya Sedulur akan mendapat pengetahuan baru yang berguna untuk perkembangan diri.

BACA JUGA : Perbedaan Tokoh Cerita: Protagonis, Antagonis & Tritagonis

Cara melakukan deep talk

pertanyaan deep talk tentang kehidupan
pixabay

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika melakukan deep talk dengan orang lain. Berikut langkah-langkahnya.

1. Dilakukan dengan orang yang tepat

Terkadang, chemistry berperan dalam hubungan antara dua orang. Jika telah mencoba dan gagal terlibat dalam percakapan yang mendalam, itu bisa jadi karena dilakukan dengan orang yang salah. Maka dari itu, carilah orang lain yang seperti dengan Sedulur sehingga dapat mengembangkan dalam percakapan yang mendalam tersebut. Orang yang mungkin memiliki sifat sangat ingin tahu, bijaksana, berpikiran terbuka, dan menunjukkan kegembiraan saat mendiskusikan topik yang melampaui permukaan.

2. Waktu dan mood yang tepat

Bahkan jika sudah menemukan orang yang paling ideal, terkadang masih bisa menabrak tembok jika orang itu sedang tidak mood untuk berbicara atau jika konteks dan setting waktunya tidak sesuai. Tingkat pendidikan dan basis pengetahuan juga dapat mempengaruhi apakah seseorang bersedia untuk lebih dalam membicarakan dengan kamu tentang topik tertentu.

Untuk awalan dengan orang tersebut, coba diskusikan topik yang relevan dan menarik untuk percakapan kamu dengannya. Mungkin tanyai dia tentang opininya mengenai orang yang terlambat saat menghadiri acara, ketika seseorang marah atau kesal, lebih memilih di tempat yang bising atau ramai, hingga aktivitas yang dilakukan menjelang waktu tidur. Pada akhirnya, itu akan tergantung pada kamu dan lawan bicaramu. Waktu dan mood yang tepat menjadi bagian penting.

3. Mulai dengan obrolan yang ringan

Melakukan deep talk tidak harus selalu menggunakan obrolan tang berat. Kamu juga bisa memulainya dengan obrolan yang ringan dan sederhana. Salah satu cara untuk dapat terlibat dengan obrolan ringan tersebut bisa dilakukan dengan pertanyaan yang mudah.

Misalnya, Sedulur dapat mengatakan bentuk apresiasi seperti “Aku suka cara berpakaianmu hari ini. Sangat simpel dan sederhana.: Lalu lihatlah bagaimana responnya. 

4. Dengan mudah memahami

Salah satu cara yang bagus untuk dapat membuat orang lain berbagi lebih banyak seperti curhat yaitu harus lebih memahami kondisi lawan biacara. Pendengar yang efektif dan baik adalah sosok yang lebih mungkin mudah untuk terbuka.

Sering kali, Sedulur mungkin mendengarkan untuk mempersiapkan tanggapan. Sebaliknya, cobalah untuk mendengarkan dan benar-benar memahami apa yang coba dikomunikasikan oleh orang lain. Tidak semua orang membutuhkan saran. Terkadang mereka hanya butuh untuk didengar dan dipahami. Maka cobalah lebih banyak mendengarkan untuk bisa lebih memahami merupakan salah satu cara yang efektif saat melakukan deep talk

5. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Saat melakukan percakapan yang lebih mendalam, kualitasnya lebih penting dibandingkan dengan kuantitas atau lamanya waktu yang habiskan untuk berbicara. Menahan diri dari mencoba untuk membuat orang lain terlibat ketika jelas dia tidak ingin berpartisipasi.

Misalnya, ketika berbicara dengan seseorang setiap hari dengan ucapan sesederhana, “Hai, apa kabar?” Namun, kamu mungkin mengetahui lebih banyak tentang orang lain yang hanya diajak bicara seminggu sekali.

Begitupun halnya dengan percakapan di mana semua tergantung pada kualitas. Dibanding waktu terbuang banyak tapi hanya untuk obrolan ringan.

6. Mengajukan pertanyaan yang tepat

Saat mencoba membuat seseorang terbuka dan terlibat lebih dalam dalam percakapan dengan kamu, hindari pertanyaan yang menutup diskusi. Misalnya, dapat langsung mulai mempelajari kesukaan dan ketidaksukaan orang tersebut dengan bertanya, “Apa warna favorit kamu? Makanan kesukaan? Musim favorit?”

Masalah dengan pertanyaan tersebut adalah tidak mengaktualisasikan jawaban yang berorientasi pada detail karena dapat dijawab hanya dengan satu kata. Misalnya adalah “Merah. Pizza. Musim Panas.”

Tak hanya itu, percakapan bertujuan untuk pertanyaan terbuka yang memungkinkan jawaban luas di sepanjang berbagai topik. Contoh pertanyaan itu seperti impian ataupun keinginan, “Apa yang dilakukan selama liburan musim panas?”.

BACA JUGA : Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk?

Contoh deep talk

Contoh deep talk
pixabay

1. Deep talk dengan pasangan

Contoh deep talk dengan pasangan Sedulur dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti “Menurutmu, hal apa yang dapat menghancurkan sebuah hubungan?”

2. Deep talk dengan teman

Contoh deep talk dengan teman dapat dilakukan ketika hubungan pertemanan mulai renggang. Sedulur dapat memulai kembali percakapan yang sederhana tetapi mendalam. 

3. Deep talk dengan gebetan

Jika Sedulur sedang melakukan percakapan dengan gebetan, cobalah mengajukan pertanyaan deep talk dengan gebetan seperti, “Pasangan seperti apa yang sedang kamu cari?”

Itu tadi penjelasan tentang pengertian deep talk dan cara melakukannya. Deep talk adalah pembicaraan yang mendalam yang dapat dilakukan dengan siapun. Ketika melakukan hal tersebut, Sedulur juga dapat mengajukan pertanyaan deep talk tentang kehidupan dengan lawan bicara. Misalnya seperti isu-isu terkini yang terjadi di lingkungan sekitar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.