Aplikasi bernama Clubhouse menjadi perbincangan hangat orang-orang di media sosial selama beberapa waktu belakangan. Clubhouse dikembangkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davison dan mantan pegawai Google, Rohan Seth.

Sebenarnya, aplikasi ini sudah rilis sejak 2020. Tetapi, baru menjadi perhatian pada awal tahun 2021 karena kemunculan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk dalam aplikasi tersebut. Obrolan Musk dengan CEO Robinhood Markets, Vladimir Tenev di Clubhouse mengakibatkan ketenaran aplikasi ini meningkat drastis.

Lantas, apa itu Clubhouse app dan bagaimana cara kerjanya? Daripada Sedulur penasaran, langsung simak saja pembahasan tentang aplikasi Clubhouse beserta fakta menariknya di bawah ini.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres Video Terbaik dan Tidak Mengurangi Kualitas

-->

Apa itu aplikasi Clubhouse?

clubhouse
Tom’s Guide

Clubhouse adalah aplikasi media sosial berbasis suara. Berbeda dengan Line atau WhatsApp yang berbasis teks, aplikasi ini lebih fokus pada konten audio untuk berinteraksi. Menariknya, Sedulur bisa mendengarkan obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live. Ibaratnya, seperti mendengarkan podcast live secara eksklusif melalui aplikasi ini.

Ruang obrolan di aplikasi ini juga mirip panggilan konferensi, tetapi dengan beberapa orang sebagai pembicara di telepon dan sebagian besar anggota lainnya mendengarkan. Saat Sedulur bergabung, akan ada beberapa topik menarik yang bisa dipilih. Contohnya, topik teknologi, buku, bisnis, kesehatan, percintaan, dan sebagainya. Sedulur bisa memilih beberapa topik tersebut sesuai minat.

Makin banyak informasi yang diberikan kepada aplikasi terkait minat Sedulur, makin banyak pula ruang percakapan maupun individu yang direkomendasikan oleh aplikasi untuk diikuti. Aplikasi Clubhouse secara tidak langsung bisa menjadi sarana alternatif untuk berkomunikasi dan berdiskusi topik menarik dengan banyak orang di tengah pandemi saat ini.

Cara bergabung

The Indian Express

Awalnya, akses aplikasi berbasis audio ini sangatlah terbatas. Sedulur harus menerima undangan dari pengguna Clubhouse yang sudah ada agar bisa mengakses aplikasinya. Sama seperti klub di kapal pesiar atau klub negara, harus ada undangan untuk dapat bergabung.

Jika diundang, Sedulur akan menerima link yang dikirim ke nomor telepon. Link tersebut akan mengarahkanmu ke halaman pendaftaran di aplikasi. Namun, anggota yang telah tergabung pun tidak bisa mengirim undangan kepada siapa saja. Anggota hanya memiliki dua undangan untuk bisa dibagikan. Inilah yang membuat Clubhouse dianggap eksklusif kala itu.

Untungnya, pihak pengembang aplikasi ini terus berinovasi untuk memanjakan penggunanya. Saat ini, Clubhouse app sudah terbuka untuk publik dan bisa diakses siapa saja. Sedulur tidak perlu menunggu undangan lagi untuk bergabung ke dalam klub. Cukup unduh aplikasinya dan ikuti langkah-langkah melakukan pendaftaran, Setelah itu, berbagai ruang obrolan akan tersedia dan siap diikuti.

BACA JUGA: Aplikasi Cek Nama Kita di HP Orang Lain Seperti di Layangan Putus

Fakta menarik aplikasi Clubhouse

The Japan Times

Sejak kemunculannya, Clubhouse selalu hangat diperbincangkan di media sosial. Jika berbicara tentang aplikasi ini, maka Sedulur perlu tahu bahwa ada banyak fakta menarik tentangnya. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Populer berkat Elon Musk

clubhouse
20Minutos

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Elon Musk disebut-sebut sebagai “influencer” yang turut serta memopulerkan aplikasi ini. CEO Tesla dan SpaceX ini pernah menulis cuitan di Twitter pada Februari 2021 tentang hadirnya dirinya di Clubhouse app. “Di Clubhouse malam ini pukul 10 malam waktu LA,” tulis Musk merujuk pada sesi bincang-bincang yang akan ia hadiri di ruang Clubhouse bernama “Good Time Club”.

Setelah sesi obrolan itulah popularitas aplikasi ini kian meroket. Pada Februari 2021, jumlah penggunanya sudah mencapai dua juta pengguna. Valuasi aplikasi ini bahkan ditaksir sekitar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp14.3 triliun) saat itu.

2. Kini tersedia di iOS dan Android

Blackxperience

Kabar gembira bagi Sedulur yang ingin mencoba aplikasi ini. Sebab, Clubhouse sudah bisa diakses melalui sistem operasi iOS maupun Android. Saat pertama rilis, hanya perangkat besutan Apple saja seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch yang bisa mengunduh aplikasi ini. Namun sekarang, pengguna Android pun bisa mengaksesnya. Clubhouse Android kini bisa diunduh lewat Google Play Store.

3. Berbagai peran pengguna Clubhouse

clubhouse
The Guardian

Ada tiga peran yang bisa dipilih saat bergabung dengan aplikasi ini, antara lain menjadi moderator, pembicara, atau pendengar. Berikut penjelasan tiap perannya.

  • Moderator. Pihak yang membuka atau memulai ruang obrolan baru akan berperan sebagai moderator. Moderator bisa menjadi pembicara sekaligus memiliki wewenang lebih untuk melakukan mute, menambahkan, hingga mengeluarkan anggota lain. Peran ini juga bertugas untuk mengatur jalannya diskusi dalam ruang obrolan tersebut.
  • Speakers (pembicara). Pihak yang berwenang untuk berbicara di ruang obrolan disebut speakers. Secara otomatis, orang yang memulai ruang obrolan akan menjadi pembicara. Tidak semua orang di aplikasi ini bisa menjadi speakers. Apabila anggota ingin berbicara, mereka bisa menekan ikon “raise hand” agar diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya.
  • Listeners (pendengar). Ketika bergabung ke dalam ruang obrolan dan audio dalam keadaan mute, maka orang tersebut menjadi pendengar. Pendengar hanya perlu relaks dan mengikuti jalannya diskusi.

BACA JUGA: Download Video Instagram (Story, Reels, IGTV) Tanpa Aplikasi

4. Meluncurkan banyak fitur baru

PCMag India

Di tahun 2022 ini, Clubhouse meluncurkan beberapa pembaruan fitur yang paling banyak diminta penggunanya yaitu Share on Clubhouse, Share & Clip Counts, dan Web Listening. Berikut penjelasan tiap fiturnya.

  • Share on Clubhouse, sebuah fitur di mana anggota dapat membagikan ruang obrolan yang disenangi di koridor (hall way). Jadi, para pengikutnya bisa mengetahui dan ikut bergabung ke dalam ruangan tersebut.
  • Share & Clip Counts, berfungsi untuk melihat jumlah orang yang membagikan suatu ruang obrolan kepada orang lain. Selain itu, fitur ini juga dapat melihat jumlah orang yang mengambil cuplikan pembicaraan di ruangan tersebut.
  • Web Listening, sebuah fitur untuk mendengarkan diskusi di ruang obrolan melalui ponsel, laptop, atau Clubhouse PC tanpa perlu mendaftar atau mengunduh aplikasinya.

Nah, itu dia penjelasan tentang aplikasi Clubhouse beserta fakta-fakta menariknya. Apabila Sedulur tertarik bergabung di ruang obrolan aplikasi ini, jangan lupa siapkan camilan untuk menemani aktivitas mengobrolmu, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.