Clickbait adalah strategi supaya sebuah konten bisa meningkat audiensnya. Jika Sedulur merupakan seseorang yang aktif di dunia maya, maka sudah pasti sering menjumpai konten yang seperti ini. Banyak pembuat konten yang menggunakan trik ini agar bisa menarik pembaca. 

Pada akhirnya, pembaca akan klik judul unik yang dimiliki seorang pembuat konten karena penasaran dan tertarik untuk membacanya. Seringkali, judul yang mengandung clickbait berhasil membuat pembaca mengerutkan dahi karena saking unik dan anehnya. 

Simak penjelasan lengkap mengenai pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya melalui artikel ini, yuk.

BACA JUGA: Apa Itu Developer? Pengertian, Tugas, & Skill yang Diperlukan

-->

Apa itu clickbait?

clickbait adalah
Unsplash

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa clickbait adalah sebuah cara yang bisa digunakan oleh para kreator untuk menarik banyak pengunjung. Cara ini digunakan dengan membuat judul yang unik dan menarik. Judul tersebut kemudian akan memancing para pembaca untuk membuka konten yang dibuat, entah itu artikel, video, dan yang lainnya.

Ada pula sebagian kreator yang memancing para pembaca untuk langsung melakukan share pada suatu artikel, padahal belum tahu isi pastinya seperti apa.

Ada berbagai variasi dan inovasi dalam penggunaan umpan klik ini. Para pemilik konten banyak yang menggunakannya dengan baik, sehingga judul yang diberikan tersebut selain unik juga memiliki relevansi dengan isi yang diberikan. Pembaca biasanya lebih banyak mencari konten yang seperti itu.

Di sisi lain, ada banyak pemilik konten yang juga menggunakan judul menarik namun tidak memiliki relevansi dengan artikel atau konten yang diberikan. Yang seperti ini biasanya membuat pembaca menjadi jengkel dan mengeluh. Hal ini dikarenakan konten dinilai tidak menampilkan isi yang baik serta tidak relevan dengan judul.

Dalam permasalahan ini, pemilik konten hanya menggunakan judul yang unik dan menarik sebagai pancingan saja. Supaya, para pembaca bisa melakukan klik pada judul tersebut dan menuju ke isi konten. Sekarang, hal ini terbilang sah-sah saja serta sudah banyak yang menggunakannya.

Namun, hal itu dinamakan sebagai taktik dalam proses pembuatan konten. Jika tidak terlalu berlebihan, penggunaan umpan klik ini merupakan hal yang wajar dan sah saja. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan sampai menyebabkan berbagai dampak yang negatif, maka tidak diperbolehkan.

Kelebihan clickbait

clickbait adalah
Unsplash

Ada beberapa kelebihan dalam berita clickbait pada konten, di antaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Emosi pembaca turut terlibat dalam penggunaan sebuah judul artikel. Sehingga, para pembaca akan terdorong untuk mengklik tombolnya. Apabila klik yang didapatkan semakin banyak, maka rasio CTR pun akan semakin banyak pula yang didapatkan. Jika angka dari CTR tergolong tinggi, maka itu menunjukkan bahwa konten tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan audiens.

Page views bertambah

Selain meningkatkan CTR, hal lain yang bertambah adalah page views. Perlu diketahui bahwa tujuan dalam penggunaan clickbait adalah untuk mendorong para pembaca untuk melakukan klik. Semakin banyak orang yang klik, maka jumlah page views atau total halaman yang dilihat oleh audiens dan traffic website bisa bertambah dan meningkat. Google akan merekomendasikan konten karena dianggap memiliki manfaat. Sehingga, akan muncul pada hasil pencarian atau SERP.

Meningkatkan brand awareness

Kelebihan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan brand awareness. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apabila judul sebuah dianggap menarik serta memiliki kesesuaian dengan konten, maka akan banyak orang yang memberikan informasi mengenai konten tersebut. Potensi social share yang dimiliki oleh umpan klik cenderung cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan melibatkan emosi orang yang penasaran, kaget, dan sebagainya. Sehingga, dinilai cukup efektif dalam mendorong untuk menyebarkan konten ke orang lain. Maka, potensi tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran membeli banyak orang. Adapun contoh clickbait adalah “20 Alasan Mengapa Selebgram Banyak Menggunakan Produk Kecantikan Lokal Ini..”

Kekurangan clickbait

clickbait adalah
Unsplash

Setelah mengetahui sisi positifnya, simak beberapa hal yang merupakan kekurangan dari penggunaan clickbait

a. Anggapan buruk terhadap perusahaan

Kekurangan yang pertama adalah anggapan buruk terhadap suatu perusahaan. Apalagi jika menggunakannya secara berlebihan serta tidak sesuai dengan isi yang ada. Pengguna atau pembaca akan cenderung kesal dan merasa tertipu.

Jika dibiarkan, lama-lama akan banyak orang yang enggan mengunjungi situs tersebut. Akhirnya, hal ini memiliki dampak negatif terhadap citra perusahaan. Contoh kalimat clickbait yang bisa membuat pembaca kesal dan jengkel adalah “Heboh, Novanti Ditemukan Mengambang di Pantai Selatan”.

b. Bounce rate meningkat

Bounce rate akan meningkat apabila isi konten tidak sesuai dengan judul. Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang yang meninggalkan sebuah situs apabila telah membuka satu halaman saja. Hal ini harus dihindari karena jika semakin besar angkanya, maka search engine akan menilai situs tersebut buruk.

Apabila sebuah situs memiliki bounce rate yang terus meningkat, maka situs tersebut akan dinilai sebagai tidak relevan terhadap kebutuhan audiens. Sehingga, posisinya akan semakin buruk pada pencarian Google.

c. Merugikan pembaca

Hal ini berlaku dalam penggunaannya di berbagai platform, seperti Instagram, WordPress, bahkan Youtube. Clickbait Youtube adalah sama seperti pada umumnya, yaitu jebakan yang mengundang klik. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka hal ini bisa merugikan pembaca. Pembaca akan menjadi kesal karena informasi yang diharapkan tidak sesuai dengan judul yang ada. 

Apabila masih melanjutkan hal ini, lama-lama reputasi dari sebuah perusahaan akan semakin menurun. Banyak orang yang nantinya akan menganggap bahwa konten yang diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan sebagai hoax atau penyebar berita bohong.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? Ini Pengertian Kelebihan & Kekurangannya

Cara penggunaan clickbait yang benar

clickbait adalah
Unsplash

Setelah mengetahui clickbait adalah seperti apa, tentunya Sedulur sebagai pembuat konten akan bertanya-tanya bagaimana cara untuk menggunakannya dengan baik agar tidak membuat audiens rugi ketika sedang mengklik sebuah konten. Berikut adalah beberapa cara penggunaan umpan klik yang baik dan tetap menarik. Simak, yuk!

1. Tambahkan angka di dalam judul

Unsplash

Walaupun sebagian orang mengatakan bahwa umpan klik adalah sesuatu yang merugikan, namun tidak selamanya penggunaanya itu memiliki dampak buruk. Jika tidak memiliki umpan klik atau no clickbait, artinya jarang pembaca yang tertarik pada sebuah judul. Cara pertama adalah dengan menambahkan angka di dalam judul. 

Alasannya adalah angka dinilai cukup efektif untuk menarik perhatian dari pembaca. Banyak masyarakat yang menyukai hal yang bisa dipastikan. Selain itu, judul yang ditambahkan angka menjanjikan sesuatu yang cukup spesifik pada sebuah isi artikel. Perhatian audiens akan tertarik jika seseorang menambahkan angka pada sebuah judulnya.

2. Libatkan emosi pembaca

Unsplash

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kalimat yang bisa membangkitkan emosi. Cara ini bisa digunakan namun jangan berlebihan dalam penempatannya. Misalnya adalah ketika Sedulur sadar bahwa pemilik situs takut dan panik apabila situsnya tidak bisa diakses secara tiba-tiba.  

Nah, Sedulur bisa menggunakannya sebagai judul yang memiliki bentuk pertanyaan. Hal ini bertujuan untuk membuat audiens menimbulkan kesan memahami. Jangan lupa untuk membuat kalimat yang bersifat menenangkan setelahnya. Hal ini bisa digunakan baik clickbait sinopsis ataupun yang lainnya. 

BACA JUGA: Cara Login ke Dashboard WordPress Lengkap dengan Fiturnya

3. Judul harus selaras dengan konten

Unsplash

Penggunaan judul harus sesuai dan menarik seperti isi konten yang ditawarkan. Ini merupakan sebuah kunci keberhasilan entah itu untuk konten video, medsos, ataupun artikel. Dengan menerapkan hal ini, maka audiens atau pembaca tidak akan merugi setelah melihat atau membaca isi dari konten tersebut. Contoh clickbait Youtube yang selaras dengan konten adalah “5 Fakta Aktris Cantik Lucinta Luna, Nomor 3 Bikin Kamu Terkejut!”.

4. Beri teka-teki dalam judul

Unsplash

Terdapat beberapa cara menghindari clickbait yang buruk, salah satunya adalah dengan memberikan teka-teki dalam judul. Cara ini dinilai efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu dari audiens. Untuk mengetahui jawabannya, audiens harus klik artikel atau konten lainnya.

Clickbait adalah judul sebuah konten yang dibuat menarik agar pengunjung menjadi penasaran. Meskipun banyak yang menganggapnya negatif, namun bila penggunaannya sesuai bisa membuat traffic suatu konten menjadi berhasil. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.