cat warna hijau cocok dengan warna apa

Kamu sedang bingung mencari tahu cat warna hijau cocok dengan warna apa? Tenang, sebenarnya warna ini bisa dipadukan dengan banyak pilihan warna kok. Jika ingin main aman, kamu bisa memilih warna turunannya yang bisa memberikan kesan senada. Memang sih, warna cat menjadi sangat penting untuk desain interior.

Pasalnya, warna bisa mempengaruhi psikologis atau mood penghuninya. Warna hijau lekat hubungannya dengan keseimbangan, kesegaran, kedamaian, bahkan dipercaya dapat memberikan efek relaksasi bagi seseorang.

Ketika diaplikasikan pada ruangan, warna hijau dianggap mampu memberikan kesan yang tenang dan sejuk, sehingga mampu menurunkan tingkat stres seseorang.

Banyak sekali kok inspirasi desain rumah dengan cat warna hijau yang bisa kamu pilih. Kalau kamu sedang membutuhkan beberapa referensi, dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap. Simak di bawah ini!

-->

BACA JUGA: 10+ Ide Desain Rumah Setengah Tembok Setengah Kayu, Estetik!

1. Cat warna hijau sage cocok dikombinasikan dengan warna zamrud

ruang tamu kamar rumah hijau
Home Decor Bliss

Ada warna favorit yang cocok dipadukan dengan warna hijau. Dimulai dari yang paling sederhana adalah dengan menggabungkan warna hijau dengan warna hijau lain agar bisa menghasilkan palet warna yang lebih manis. Misalnya hijau sage dengan zamrud. Kedua kombinasi ini bisa memberi sentuhan yang menyenangkan.

Kamu bisa menggunakan desain ini untuk ruang makan.Kendati fokusnya adalah warna hijau giok permata, tetapi skema warna tersebut menarik warna hijau lain untuk melengkapi ruangan yang lebih hidup.

Ada banyak pilihan untuk membuat skema warna monokromatik seperti ini. Selanjutnya, kamu tinggal menambah padanan warna hitam dan putih sebagai elemen pemersatu. Pilihan cerdas ini sangat sesuai dengan warna tema hijau.

2. Cat warna hijau sage cocok dikombinasikan dengan warna hijau tosca

Kalau kamu menginginkan suasana yang modern dan elegan, maka perpaduan warna hijau sage dan properti warna hijau tosca adalah jawabannya. Perpaduan kedua warna hijau tersebut memperlihatkan gradasi warna yang bagus dan minimalis.

Supaya tidak terkesan membosankan, kamu bisa menambahkan properti ruangan dengan warna lainnya seperti cokelat dan hitam. Pasti ruangan akan terasa lebih elegan dan nyaman. Jadi tidak lagi bingung cat warna hijau cocok dengan warna apa saja ‘kan!

3. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna krem

Untuk membuat kesan ruangan yang homey dan nyaman, hijau bisa dikombinasikan dengan warna krem. Warna ini memang kerap dipakai sebagai warna cat rumah karena kesannya yang ringan dan menenangkan. Kamu pun bisa mencobanya untuk ruang tamu. 

Warna cat hijau dan krem bisa juga kamu padukan dalam beberapa sisi lainnya. Lalu, tambahkan properti yang warna-warni seperti sofa warna tosca dan orange. Penambahan properti warna-warni ini akan menghidupkan suasana ruangan menjadi lebih menyenangkan. 

4. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna hijau mint

Hijau mint adalah nuansa yang lebih lembut dari warna hijau, dengan sentuhan warna biru yang cukup menenangkan. Warna ini menciptakan tampilan yang bersih, sering kali digunakan dalam desain kamar tidur atau kamar mandi.

Pemilihan warna hijau dan hijau mint menciptakan suasana yang rileks dan nyaman, cocok untuk menciptakan ruang istirahat yang damai.

5. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna hijau khaki

Hijau khaki adalah campuran antara hijau dan cokelat. Perpaduan warna ini akan menciptakan tampilan yang hangat dan netral. Ini sering digunakan dalam desain interior yang memiliki nuansa militer atau klasik.

Pilihan warna hijau khaki memberikan tampilan yang hangat dan akrab, menciptakan suasana yang mendalam dan tenang. Jadi, bisa banget untuk kamu coba pada rumah kamu.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Dapur Rumah di Bagian Depan, Minimalis Modern!

6. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna hijau pucuk daun

cat warna hijau cocok dengan warna apa
Better Home & Garden

Warna hijau pucuk daun adalah pilihan yang menciptakan tampilan penuh semangat dan cerah. Ini adalah nuansa yang mengingatkan kita pada dedaunan muda yang segar di musim semi.

Pemilihan warna ini cocok untuk ruangan yang membutuhkan sentuhan energi dan keceriaan, seperti ruang keluarga, ruang bermain anak, atau dapur.

Kombinasi warna hijau dan hijau pucuk daun akan memberikan tampilan yang hidup dan segar, menciptakan suasana yang merangsang dan memikat. Pasti orang yang di dalamnya akan merasa nyaman dan tenang.

7. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna putih

Putih menjadi warna yang sempurna untuk dipadukan dengan warna hijau. Mulai dari warna hijau hutan yang dalam hingga limau yang hidup, warna putih akan menambah kontras dan kesegaran dalam skema warna.

Warna putih bisa hadir dalam berbagai bentuk dan corak tertentu, sehingga akan bekerja lebih baik dengan warna hijau. Sebagai contoh, perpaduan warna hijau dingin dan hijau kuning seperti jeruk nipis, hijau pakis, hijau giok, dan hijau zamrud sangat bagus dengan warna putih murni yang segar.

Sementara untuk warna hijau yang lebih redup dan kehitaman seperti sage dan pistachio, biasanya akan cocok dengan warna putih cerah. Karena putih cerah bisa menambah kesegaran dan menghasilkan warna yang lebih kalem. Atau bisa juga dengan warna putih pucat untuk suasana yang lebih hangat.

8. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna abu-abu

Selanjutnya ada warna abu-abu yang bisa bekerja dengan banyak warna hijau yang berbeda. Dari semua kombinasi yang paling tren adalah abu-abu dan hijau sage.

Warna hijau sage melambangkan energi menenangkan yang melekat pada warna hijau. Alternatif lainnya, coba padukan warna hijau muda yang sejuk dengan abu-abu yang benar-benar pucat dan mendung untuk kombinasi kontemporer.

Kombinasi warna-warna tersebut cocok diaplikasikan di dapur dan kamar mandi, atau ruangan mana pun yang mungkin kekurangan cahaya alami.

Untuk kombinasi lanjutan, padupadankan semua warna terang dengan menambahkan sedikit warna hitam. Misalnya dalam ide dapur hijau sage yang cantik dengan aksen marmer gelap atau kayu.

9. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna kuning

Dalam roda warna, hijau dan kuning berdekatan satu sama lain. Sehingga ruangan yang menggunakan kedua palet warna ini serasi dan mudah untuk dikombinasikan. Prinsipnya, saat sedang memadukan warna, kamu bisa mengupayakan warna dasar yang serupa sehingga ada hubungan antar corak warna.

Warna hijau dan kuning yang kontras dapat digunakan untuk kesan berani. Namun untuk warna yang lebih modern dalam menggunakan kombinasi ini, carilah perubahan warna yang lembut dan bernuansa. Warna chartreuse, misalnya, bisa menjadi warna di antara warna kuning hijau yang dapat membawa semangat. 

Warna ini juga merupakan warna yang cocok dengan sage green. Warna ini mentransmisikan dengan lembut di antara nuansa warna keduanya, sekaligus menggambarkan estetika yang tenang secara keseluruhan.

BACA JUGA: Mengenal 10 Jenis Atap Rumah Terbaik Beserta Harganya

10. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna merah

ruang tamu kamar rumah hijau
The Spruce

Kamu mungkin terkejut melihat warna merah cocok dipadukan dengan warna hijau. Tapi bukankah warna merah dan hijau menjadi kombinasi yang tepat pada saat Natal?

Dalam mengkombinasikan dua warna ini, kamu tidak terbatas untuk menggunakan warna merah dan hijau yang paling dasar secara bersamaan. Justru kombinasi kedua warna ini jauh lebih atraktif dalam kombinasi dan shade warna lain dari keduanya.

Sebuah ruangan tentunya harus bisa tampil menyenangkan tetapi juga meninggalkan kesan menenangkan yang selalu dapat dinikmati keluarga. Untuk tujuan tersebut, kamu bisa memberikan kelembutan dengan warna merah dan hijau yang lebih cerah.

Kedua warna ini kemudian bisa dilengkapi dengan warna kayu dan untuk menambahkan kehangatan dengan menggunakan warna logam. 

11. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna biru

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa warna biru dan hijau tidak boleh terlihat bersama. Tapi hal itu tak berlaku bagi para desainer yang pandai memadupadankan kedua warna ini. Biru dan hijau telah menjadi favorit desainer akhir-akhir ini, karena merupakan kombinasi warna yang terasa fresh dan menarik, serta tidak berlebihan. 

Sama seperti hijau dan kuning, hijau adalah warna yang serasi dengan warna biru karena berdekatan dalam roda warna. Selama kamu memasangkan nada warna yang tepat dengan hati-hati, kombinasi warna ini bisa menjadi pasangan yang tak terduga dan kelihatan sangat unik.

Dengan menggunakan kelompok warna yang sama, kedua rona warna akan saling melengkapi. Hijau dan biru seperti warna permata merupakan kombinasi yang baik.

Tak hanya itu, warna primer dan pastel yang lebih hidup juga dapat bekerja dalam skema yang tepat. Keduanya menghasilkan segar, berani, cerah, dan menyenangkan. Cat warna hijau yang karakteristiknya kalem dan segar pada dasarnya mudah dipadukan dengan berbagai pilihan warna.

12. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna pink

Hijau adalah warna pilihan yang cocok dengan warna pink dan merupakan kombinasi warna yang populer. Hijau dan pink adalah warna yang saling melengkapi dan memiliki dampak tinggi.

Tren yang populer saat ini adalah mengecat dengan warna hijau kemudian mengkombinasikannya dengan warna pink. Kombinasi dua warna ini cocok untuk dapur karena membuat suasana hangat dan tenang.

Kamu juga bisa mencoba memasangkan warna hijau sage muda atau pistachio krem ​​​​dengan warna pink. Kemudian kombinasi hijau sage dengan merah muda pucat. Warna-warna ini semuanya kaya dan menenangkan, mengundang kamu untuk merasa nyaman dan santai di rumah.

13. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna orange

Jika menyukai warna yang lebih hangat di rumah, tetapi juga menginginkan warna yang tetap terasa segar dan menarik, coba pasangkan warna hijau hutan atau warna zaitun tua dengan warna orange kalem.

Kombinasi warna-warna tersebut memiliki warna kontras yang jelas. Masih terasa berani dan berdampak, tetapi tidak terlalu berlebihan. Tentu saja ada kombinasi yang lebih kuat dari sebelumnya, yakni warna tangerine dengan chartreuse, zamrud dengan terakota tebal.

Memasangkan warna hijau dengan warna orange cerah akan memberi lebih banyak energi di suatu ruangan. Warna komplementer yang kontras menekankan kualitas masing-masing dan menciptakan tampilan yang berani.

14. Cat warna hijau cocok dikombinasikan dengan warna ungu

Bagi sebagian dari kamu, memadukan warna hijau dengan ungu mungkin terlalu nekat atau berani. Tapi ternyata kedua warna tersebut bisa sangat menawan, terutama di ruangan yang lebih kecil di mana kamu ingin membuat dampak yang menyenangkan. 

Kamu bisa mencoba warna hijau zamrud atau hijau botani dengan plum. Kalau kamu merasa perpaduan ini masih terlalu berani, kamu bisa mencoba juga mengkombinasikannya dengan warna netral seperti abu-abu lembut dan putih. Pasti akan kelihatan begitu manis.

15. Cat warna hijau cocok dengan warna kayu

The Spruce

Kira-kira cat warna hijau cocok dengan warna apa lagi ya? Warna ini ternyata sangat selaras dan terlihat menarik terhadap corak dan tekstur alami warna kayu. Hal ini karena hijau adalah warna yang terinspirasi dari alam untuk dipasangkan dengan bahan alami lainnya. Kamu bisa menilai bahwa hampir semua warna hijau terlihat indah bila dipadukan dengan aksen kayu.

Berbicara soal yang paling tren adalah memasangkan warna hijau dengan warna kayu pucat. Kamu bisa memilih antara hijau muda atau sage untuk tampilan yang lembut dan halus dengan beberapa aksen kayu ringan. Dari perspektif pasangan warna, tentu saja keharmonisan ini meluas hingga memadukan warna hijau dengan warna netral. 

Seperti yang disebutkan, warna hijau berada di tengah roda warna sehingga dapat dipadukan dengan warna dingin dan hangat. Sebagai contoh memadukan hijau verdigris dengan warna abu-abu dan biru akan menciptakan skema yang sejuk dan tenang. Sementara memasangkannya dengan warna krem atau ​​​​kuning yang lebih hangat akan menciptakan nuansa yang bersahaja dan luar ruangan.

Jadi kalau masih bertanya cat warna hijau cocok dengan warna apa, jawabannya sangat banyak. Kamu bisa memadukan warna hijau dengan turunanya. Atau mengkombinasikannya dengan tiga warna sekaligus. Kemudian diberi akses-aksen warna senada pasti akan membuat ruangan terasa begitu segar dan menyenangkan.

Itulah kenapa sekarang kamu gak perlu takut atau ragu menggunakan warna hijau di rumah kamu. Pasalnya, warna ini bisa memberikan nuansa asri, subur, segar, dan damai di dalam ruangan. Setelah capek beraktivitas seharian, masuk ke rumah disambut dengan warna hijau bisa membuat kamu merasa segar kembali dalam sekejap.

Namun, karena tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mengkombinasikan warna hijau yang baik, alhasil nuansa tersebut tidak muncul ketika diaplikasikan ke rumah. Jadi, artikel ini bisa banget sebagai referensi kamu untuk memadukan warna hijau. Selamat mencoba!