Sedulur memiliki masalah dengan bau kaki yang tidak sedap? Simak langkah dan cara menghilangkan bau kaki di bawah ini. Dijamin ampuh!

Kadang jika kita sedang berada di luar rumah dan sedang mengalami kegiatan, setiap bagian tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar tersebut yang menjadi penyebab bau tidak sedap di tubuh kita. Salah satu bagian tubuh yang seringkali memiliki aroma tidak sedap adalah bagian kaki.

Jika kita sedang berkegiatan di luar rumah dan harus masuk ruangan yang mengharuskan kita membuka sepatu, aroma bau tidak sedap di kaki seringkali membuat kita tidak percaya diri. Oleh karena itu, penting sekiranya untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki di sepatu, agar tidak mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri.

Namun, sebelum masuk pembahasan cara menghilangkan bau kaki, Sedulur bisa simak terlebih dahulu tips agar terhindar dari persoalan bau kaki di bawah ini.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

Tips Menghilangkan Bau Kaki

Tips Menghilangkan Bau Kaki
liputan6.com

Langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan rutin membersihkan kaki dengan menggunakan sabun atau scrub khusus untuk kaki. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kuku kaki. Karena, biasanya, bau kaki yang tidak sedap disebabkan oleh kotoran atau keringat yang menempel pada kuku kaki. Rutin memotong kuku kaki dan juga menghilangkan kulit keras di bagian kaki.

Jangan lupa juga, Sedulur harus memilih menggunakan sepatu dan kaus kaki yang tepat agar terhindar dari bau kaki yang tidak sedap. Berikut ini tips menggunakan kaus kaki dan sepatu agar terhindar dari bau kaki:

  • Ganti kaos kaki setelah digunakan seharian, jangan menggunakan kaus kaki yang sama keesokan harinya.
  • Gunakan dua pasang sepatu secara bergantian, jangan menggunakan sepatu yang sama selama beberapa hari. Hal ini akan percuma ketika pun Sedulur mengganti kaus kaki setiap hari.
  • Pilih kaus kaki dengan bahan yang dapat menyerap keringat, seperti kaus yang mengandung serat alami. Biasanya terdapat pada produk kaos kaki khusus untuk olahraga.
  • Jangan menggunakan sepatu yang ketat dan terlalu tertutup. Hal ini akan menghilangkan sirkulasi udara dan menyebabkan bau kaki semakin tidak sedap.

Setelah mengetahui tips menghilangkan bau kaki di atas sebagai tindakan pencegahan, Sedulur bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini dalam cara menghilangkan bau kaki. Setelah bau kaki hilang, Sedulur bisa melakukan tips di atas agar tidak memiliki aroma kaki yang tidak sedap.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Komedo Membandel Secara Alami & Mudah

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap Secara Alami

1. Merendam dengan Air Garam

1. Merendam dengan Air Garam
klikdokter.com

Langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan garam. Garam merupakan bumbu dapur yang hampir bisa ditemui di setiap rumah. Cara menghilangkan bau kaki dengan garam sangat mudah, Sedulur tinggal menggunakan garam dan dicampurkan dengan air hangat ke dalam baskom. Rendam kaki Sedulur salam 20 menit, kegiatan ini bisa Sedulur lakukan secara rutin setiap malam atau setiap setelah selesai beraktifitas di luar.

2. Merendam dengan Air Lemon

2. Merendam dengan Air Lemon
beautynesia.com

Tips untuk menghilangkan bau kaki selanjutnya, bisa Sedulur gunakan air lemon. Tentu saja menggunakan air perasan lemon dengan dicampur dengan air. Karena jika mengandalkan air perasan lemon, jumlah buah lemon yang dibutuhkan agar bisa menghasilkan air untuk merendam kaki sangat banyak.

Langkah pertama dalam cara menghilangkan bau kaki dengan lemon adalah memeras lemon dan mencampurkannya dengan air hangat dalam baskom. Sedulur langsung rendam kaki Sedulur selama 15 menit, dan lakukan setiap pulang dari kegiatan dengan menggunakan sepatu seharian. Air lemon sangat mengandung vitamin C dan mengandung antibakteri yang ampuh menghilangkan baik kaki secara efektif.

3. Merendam dengan Air Cuka

3. Merendam dengan Air Cuka
republika.co.id

Bahan alami yang bisa digunakan dalam cara menghilangkan bau kaki adalah air cuka. Selain berfungsi untuk membuat makanan menjadi sedikit masam, air cuka juga sangat efektif untuk membuat bau tidak sedap pada kaki hilang. Meskipun Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal dalam menggunakan air cuka ini.

Satu hal yang harus Sedulur pastikan adalah penggunaan air cuka dan air dengan perbandingan 2:1. Lalu rendam kaki Sedulur selama 15 menit. Satu hal penting lainnya, pastikan kaki Sedulur sedang tidak memiliki luka atau iritasi. Karena jika ada luka atau iritasi, rasa perih tidak bisa Sedulur abaikan saat merendam kaki menggunakan air cuka.

4. Menggunakan Baking Soda

4. Menggunakan Baking Soda
grid.id

Baking soda juga merupakan bahan alami yang dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan bebauan. Salah satu contohnya adalah menggunakan baking soda untuk menghilangkan aroma tidak sedap di dalam kulkas. Hal tersebut disebabkan karena baking soda memiliki sifat menyerap bebauan.

Sedulur bisa melakukan cara menghilangkan bau kaki menggunakan baking soda dengan dua cara, pertama menggunakan air baking soda dan merendam kaki Sedulur selama 15 menit. Kedua dengan membalur kaki Sedulur menggunakan bubuk baking soda. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dan bersihkan. Bau tidak sedap pada kaki dijamin akan hilang seketika.

5. Merendam dengan Teh Hitam

5. Merendam dengan Teh Hitam
blogtuban.ciom

Alternatif cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hitam. Karena, teh hitam memiliki kandungan asam tanat yang dipercaya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Bukan hanya itu, teh hitam juga dapat mengurangi produksi keringat pada kaki yang menjadi penyebab utama bau kaki.

Gunakan dua liter air dan tambahkan dengan teh hitam, lalu rendam kaki Sedulur selama 30 menit. Setelah itu, bilas kaki Sedulur dengan sabun agar memiliki aroma kaki yang lebih segar dan wangi.

6. Menggunakan Jeruk Nipis

6. Menggunakan Jeruk Nipis
orami.co.id

Sama dengan menggunakan lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap. Kandungan jeruk nipis yang sama dengan lemon, yang mengandung vitamin C dan antibakteri penyebab bau kaki tidak sedap. Cara menghilangkan bau kaki menggunakan jeruk nipis juga sama persis dengan menggunakan lemon.

Gunakan beberapa jeruk nipis dan peras airnya, lalu campurkan dengan air hangat. Rendam kaki Sedulur selama 20 hingga 30 menit. Biarkan keringat penyebab bau kaki terlepas dari kaki. Setelah direndam selesai, Sedulur bisa membilasnya menggunakan sabun agar kaki menjadi lebih wangi.

7. Menggunakan Kopi Bubuk

Meskipun Sedulur bisa menggunakan produk penghilang bau kaki atau obat bau kaki di apotek, namun menggunakan bahan alami lebih kecil berisiko. Bahan alami terakhir yang bisa Sedulur gunakan adalah kopi bubuk. Kopi bubuk dikenal ampuh mengatasi masalah bau kaki yang tidak sedap.

Terutama jika penggunaan kopi bubuk bersamaan dengan minyak kelapa dan diolah menjadi scrub. Sel kulit mati yang ada pada kaki akan terangkat, dan keringat yang menyebabkan bau kaki pun akan diserap oleh kopi dan dinetralkan. Cara ini cukup terkenal dan banyak dicoba oleh masyarakat di Indonesia.

Semoga daftar cara menghilangkan bau kaki yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur untuk menghilangkan bau kaki tidak sedap yang mengganggu. Seringkali, bau kaki yang tidak sedap membuat kita tidak percaya diri di beberapa kegiatan yang mengharuskan kita melepas sepatu. Selain mengganggu indera penciuman pribadi, bau kaki juga bisa mengganggu lingkungan di sekitar kita.

Agar dapat menghilangkan bau kaki, bahan-bahan alami yang ada di atas bisa Sedulur beli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu. Dengan menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, segala permasalahan harian yang Sedulur temui akan ditemukan dengan mudah solusinya.