Bukan hanya mendapatkan pahala, ternyata berpuasa juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Simak daftar manfaat puasa yang wajib Sedulur ketahui.

Dalam waktu dekat, kita semua akan menghadapi bulan yang suci yang kita tunggu-tunggu setiap tahunnya, yaitu bulan suci Ramadan. Selama bulan suci Ramadan, setiap umat muslim dituntut untuk lebih giat dan lebih banyak melakukan ibadah, salah satunya adalah ibadah puasa.

Namun, tahukah Sedulur bahwa dengan berpuasa kita bukan hanya mendapatkan pahala, namun juga terdapat manfaat puasa bagi kesehatan. Manfaat berpuasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh, oleh karena itu Superapp.id dalam kesempatan ini akan membahas manfaat puasa ramadhan dalam rangka menyambut Ramadan yang akan tiba.

Puasa dan kesehatan merupakan dua hal penting yang saling berkaitan, salah satu manfaat puasa adalah bisa menjaga kadar gula darah. Bukan hanya itu, pengaruh puasa terhadap kesehatan sangat tinggi. Puasa yang baik adalah puasa menyehatkan. Selain mengetahui materi tentang puasa lengkap dan juga tujuan puasa, Sedulur juga wajib mengetahui manfaat puasa bagi tubuh. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Selain Ramadhan, Macam-Macam Puasa Ini Perlu Kamu Tahu

Daftar Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Menurunkan Gula Darah

1. Menurunkan Gula Darah
idntimes.com

Pertanyaan kapan kita puasa di tahun 2021 ini akan terjawab, bahwa sekitar pertengahan April kita akan memasuki bulan puasa. Setelah Sedulur mengetahui ketentuan puasa dan tata cara dan syariatnya, tentu saja Sedulur harus mengetahui manfaat puasa. Manfaat puasa yang pertama adalah dapat menurunkan kada gula darah dalam tubuh.

Setiap kali berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh bisa turun secara signifikan, yaitu sekitar 30 persen. Hal tersebut terjadi langsung setelah beberapa saat kita berpuasa. Bagi Sedulur yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, rajin berpuasa merupakan hal yang wajib dilakukan.n

Namun, akan sangat berisiko bagi Sedulur yang memiliki kadar gula darah rendah, maka dari itu menjaga kadar gula darah tetap stabil merupakan kewajiban lainnya agar kesehatan selalu terjaga.

2. Menjaga Berat Badan

2. Menjaga Berat Badan
alodokter.com

Manfaat puasa satu ini sangat penting bagi yang sedang melakukan program diet atau bagi yang ingin menurunkan berat badan. Karena, selama puasa kita akan mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh secara signifikan. Lalu, selama hampir 12 jam, tubuh kita tidak menerima asupan makanan sejak dari sahur hingga berbuka puasa.

Selama 12 jam berpuasa tersebut, tubuh akan menggunakan energi cadangan yang ada dalam tubuh yang digunakan sebagai energi untuk bergerak. Energi cadangan dalam tubuh yang dimaksud adalah lemak-lemak yang menggumpal. Dengan begitu, berat badan pun akan turun secara signifikan.

Baca Juga: 6 Ide Resep Jajanan Unik di Bulan Puasa

3. Membuang Racun dalam Tubuh

3. Membuang Racun dalam Tubuh
winnetnews.com

Berpuasa juga dikenal dengan istilah detoksifikasi, yang proses membuang racun dalam tubuh. Hal tersebut juga merupakan salah satu tujuan dari berpuasa. Seringkali, dalam tubuh kita terkandung banyak racun yang disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat dan tidak sesuai standar.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup selama seharian, hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan fokus dalam membuang kandungan racun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, lemak juga mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh, yang akan dibakar untuk kebutuhan energi bagi tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

4. Meningkatkan Fungsi Otak
alodokter.com

Salah satu organ vital dan juga organ penting yang menggerakan seluruh bagian tubuh adalah otak. Menjaga dan meningkatkan kesehatan otak merupakan suatu kewajiban, salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak yang paling mudah adalah dengan berpuasa. Dengan berpuasa, kita bisa menjaga dan sekaligus meningkatkan kinerja otak.

Berpuasa diyakinin dapat merangsang pelesapan BDNF untuk meningkatkan fungsi otak, selain itu, BDNF juga menghasilkan lebih banyak sel-sel dalam otak yang dapat menjaga kesehatan otak dan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan otak, seperti pikun.

5. Meremajakan Sel Kulit

5. Meremajakan Sel Kulit
tribunnews.com

Kaum hawa tentu saja sangat bersemangat mengetahui manfaat dari puasa satu ini. Dengan melakukan perawatan menggunakan skin care dan kosmetik lainnya, Sedulur juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan sambil berpuasa, agar kesehatan kulit lebih cepat didapatkan.

Selama berpuasa, metabolisme dalam tubuh berhenti dan menyebabkan sel-sel tubuh bisa bekerja secara efektif termasuk untuk meremajakan sel kulit yang telah mati. Ditambah penggunaan skin care dan juga kosmetik yang cocok, akan lebih cepat mendapatkan kulit yang sehat dan cemerlang.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

6. Menjaga Kesehatan Jantung
tribunnews.com

Manfaat puasa lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung, Sedulur juga pasti sudah mengetahui bahwa jantung merupakan organ vital yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Serangan jantung dan juga penyakit jantung lainnya merupakan salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di dunia.

Sedulur bisa mendapatkan jantung yang sehat dengan berpuasa, hal tersebut dikarenakan selama berpuasa lemak yang menjadi sumber tenaga utama, namun di sisi lain lemak juga dapat menjadi penyebab penyakit kolesterol yang bisa merusak jantung. Karena lemak menjadi energi utama dan dibakar oleh tubuh, ancaman terhadap jantung pun akan berkurang dan jantung akan tetap sehat.

7. Memulihkan Cedera

7. Memulihkan Cedera
alodokter.com

Selanjutnya manfaat puasa adalah dapat membantu memulihkan cedera dengan cepat. Pemulihan cedera bisa dilakukan dengan cepat membutuhkan satu syarat, yaitu kesehatan dan fungsi otak yang optimal. Sedulur bisa mendapatkan hal tersebut dengan berpuasa. Bagi Sedulur yang seringkali mengalami cedera dan lama pulih, Sedulur bisa coba untuk berpuasa dan merasakan langsung bagaimana khasiatnya.

8. Dapat Membuat Awet Muda

8. Dapat Membuat Awet Muda
halodoc.com

Setiap orang tentu saja selalu ingin terlihat muda, termasuk juga Sedulur. Dengan manfaat puasa satu ini, Sedulur bisa selalu terlihat muda. Sebelumnya, berpuasa dikatakan dapat membuat awet muda, terdengar seperti sebuah candaan, namun terdapat penjelasan ilmiahnya terkait manfaat satu ini.

Selama berpuasa, tubuh akan mengurangi bahkan menghentikan proses metabolisme tubuh sementara waktu, terutama metabolisme di saluran pencernaan. Berhentinya proses metabolisme tersebut dapat menghambat penuaan dini, hal tersebut membuat setiap orang yang berpuasa tampak awet muda.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
alodokter.com

Salah satu manfaat puasa satu ini sangat diperlukan, terutama di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, yang mengharuskan setiap dari kita untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dengan berpuasa, kita bisa mendapatkan daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Hal tersebut disebabkan pola makan yang seimbang dan teratur selama berpuasa sebulan penuh yang dapat merangsang peningkatan daya tahan tubuh. Terutama jika Sedulur rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, akan semakin memudahkan Sedulur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

10. Mengurangi Risiko Kanker

10. Mengurangi Risiko Kanker
detik.com

Manfaat puasa yang terakhir adalah dapat mengurangi setiap dari kita terkena penyakit kanker. Banyak penyakit lainnya yang bisa terhindar dengan kita melakukan puasa secara rutin. Dengan berpuasa daud, atau puasa selang seling, akan dapat menghindarkan kita dari proses pembentukan tumor yang menyebabkan kanker. Selain itu, berpuasa juga memiliki ola efektivitas yang sama dengan proses dari kemoterapi, terapi untuk menghambat pertumbuhan kanker.

Semoga penjelasan terkait manfaat puasa di atas bisa memberikan tambahan informasi bagi Sedulur, dan juga bisa membuat Sedulur untuk semakin bersemangat puasa agar bisa mendapatkan manfaat puasa yang sangat penting di atas. Jangan lupa juga untuk menyiapkan takjil yang nikmat untuk berbuka puasa nantinya.

Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuat takjil yang super nikmat dengan membelinya di Aplikasi Super. Langsung saja gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Selamat mencoba!