Salah satu olahraga yang bisa memberikan ketenangan dan kesehatan adalah yoga, simak serba serbi informasi berkaitan dengan olahraga satu ini.

Sedulur yang memiliki rutinitas yang padat dan sangat menjemukan, bisa terkena berbagai penyakit, terutama penyakit psikis. Salah satunya adalah stres, depresi dan kecemasan. Sedulur harus bisa menjaga kesehatan dan kesimbangan antara tubuh dan dan pikiran, agar bisa tetap menjaga kesehatan.

Belum diketahui apa efek samping yoga jika dilakukan secara berlebihan, namun Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas serba-serbu informasi berkaitan dengan senam yoga, mulai dari senam yoga untuk pemula, gerakan yoga bagi pemula, belajar yoga untuk pemula, latihan yoga untuk pemula, kursus yoga bagi pemula dan informasi berkaitan dengan olahraga yoga lainnya. Yuk langsung simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Meditasi Bagi Hidupmu

Apa Itu Yoga?

Apa Itu Yoga?
alodokter.com

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan dan pernapasan untuk dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik. Rangkaian gerakan dan teknik yoga terdiri dari dua komponen utama, pertama olah tubuh dan kedua adalah teknik pernapasan.

Olahraga yoga diduga berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata dari olahraga ini juga berasal dari bahasa Sansekerta ‘Yuj’ yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tidak terbatas. Secara sederhana, olahraga ini juga dapat diartikan dengan membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan. Terdapat beberapa jenis-jenis yoga yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Yoga

Jenis-Jenis Yoga
okezone.com

Perkembangan yoga terus terjadi selama beberapa abad setelah ditemukan, selain itu terdapat juga beberapa percampuran dengan budaya lain. Berikut ini adalah daftar jenis-jenis olahraga yoga:

  • Yoga Hatha
  • Yoga Ashtanga
  • Yoga Power
  • Yoga Bikram
  • Yoga Iyengar
  • Yoga Kundalini

Setiap dari jenis-jenis di atas memiliki gerakan, rutinitas dan manfaat yang berbeda-beda. Sedulur bisa memilih jenis-jenis di atas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Sedulur berdasarkan dari gerakan dari setiap jenis-jenis yoga di atas.

Baca Juga: Tips Anti Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Manfaat dari Olahraga Yoga

Manfaat dari Olahraga Yoga
detik.com

Terdapat beberapa manfaat dari olahraga satu ini yang bisa memberikan kesehatan untuk tubuh dan tentu juga kesehatan mental. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Mengatur berat badan
  • Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur
  • Melancarkan pernapasan
  • Menguatkan keseimbangan tubuh
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga
  • Meringankan nyeri dan cedera
  • Membentuk otot

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan
tokopedia.com

Salah satu olahraga low intensity yang aman dilakukan oleh siapapun, namun tentu saja harus perlu persiapan juga. Beberapa hal yang perlu disiapkan terutama peralatan yoga. Mulai dari matras, dan alat-alat yang bisa membantu gerakan melakukan yoga. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan dan catat adalah:

  • Gerakan olahraga ini tidak dapat dijadikan pengganti perawatan media konvensional.
  • Setiap pemula tidak boleh langsung mencoba gerakan ekstrim yang bisa menyebabkan cedera.
  • Jika Sedulur sedang hamil atau memiliki tekanan darah tinggi, Sedulur harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga.

Yoga Untuk Pemula

Yoga Untuk Pemula
cantikmenawan.com

Terdapat beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan sebagai pemula yang bermain olahraga satu ini. Jika Sedulur menggunakan instruktur yoga, Sedulur harus benar-benar memilih instruktur yang kompeten dan langsung melakukan survei ke tempat lokasi studio dan menanyakan langsung pada instruktur.

Pertanyaan yang wajib Sedulur tanyakan adalah pengalaman dari instruktur, apakah sudah bersertifikat dan diakui secara resmi. Apakah ada treatment khusus bagi pemula dan lain sebagainya.

Tips Olahraga Yoga

Tips Olahraga Yoga
beautynesia.id

Beberapa tips yang harus diperhatikan saat melakukan yoga adalah pertama memilih jenis yoga yang sesuai dengan kemampuan awal, jangan terburu-buru dan membandingkannya dengan orang lain. Pastikan Sedulur dekat dan memiliki komunikasi dengan baik kepada instruktur. Satu hal yang penting adalah jangan terlalu memaksakan untuk melakukan olahraga ini.

Agar menunjang kegiatan olahraga Sedulur, Sedulur juga harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi. Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli berbagai kebutuhan makanan dan minuman di Aplikasi Super. Banyak barang kebutuhan sehari-hari berkualitas tinggi dengan harga yang super murah.

Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar kemudahan dalam berbelanja bisa Sedulur lakukan kapanpun dan dimanapun.