Sedulur merasa kekurangan berat badan? Artikel kali ini akan membahas cara menaikkan berat badan.

Kurangnya berat badan seringkali memicu permasalahan yang merepotkan. Selain berisiknya omongan orang karena tubuh yang dinilai terlalu kurus, tak jarang kekurangan berat badan ini juga melewati permasalahan lain. Misalnya, beberapa kegiatan menetapkan standar berat badan untuk dapat mengikutinya. Seperti, kegiatan donor darah atau penerimaan anggota tertentu.

Untuk mengetahui cara menaikkan berat badan, sebaiknya Sedulur terlebih dahulu mencermati penyebab badan kurus. Badan kurus bisa disebabkan akibat gangguan dalam tubuh seperti hipertiroid, tuberkulosis, diabetes, gangguan pencernaan, endokarditis hingga kanker. Selain gangguan fisik, gangguan psikologis juga berpengaruh pada perkembangan dan kesehatan tubuh.

Meski demikian, Sedulur jangan dulu panik karena bisa jadi tubuh kurus yang Sedulur miliki diakibatkan oleh faktor gaya hidup. Pola makan yang tidak seimbang berisiko menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Begitu pula dengan pola aktivitas yang tidak normal, seperti kelebihan olahraga sehingga kalori yang terbakar terlalu banyak. Keduanya bisa menyebabkan badan kurus.

-->

Badan yang terlalu kurus cenderung lebih rentan terkena penyakit anemia dan osteoporosis. Bahkan bagi perempuan dapat mengganggu siklus menstruasi yang berisiko buruk pada kesuburan. Jika demikian, sebaiknya Sedulur perlu tahu cara menaikkan berat badan berikut ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Tersembunyi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Tetap Menjaga Kesehatan

Cara menaikkan berat badan tidak lepas dari pola hidup yang sehat dan tidak sembrono. Jika Sedulur ingin tahu cara menambah berat badan dengan cepat, sebaiknya Sedulur segera membuat program menambah berat badan dengan memasukan poin-poin yang akan SuperApp.id bahas berikut ini.

1. Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

1. Jangan Pernah Lewatkan Sarapan
detik.com

Untuk beberapa orang, sarapan bisa menjadi suatu aktivitas yang sangat sulit dibiasakan. Faktornya bisa karena bangun kesiangan, tidak punya cukup waktu untuk membuat sarapan, hingga hanya karena malas. Namun, jangan sampai rasa malas menghambat keinginan Sedulur untuk hidup sehat, ya. Apalagi sarapan juga merupakan cara menaikkan berat badan.

Mulai praktekan cara menaikkan berat badan dengan sarapan. Sedulur bisa mengawali pagi dengan meminum secangkir teh atau kopi dan tambahan gula dan susu. Kemudian, beri waktu untuk selanjutnya memakan 2 potong roti gandum yang diolesi mentega atau keju. Sebaiknya, sertakan juga telur rebus dan jus buah.

2. Akali dengan Lebih Sering Makan

2. Akali dengan Lebih Sering Makan
kumparan.com

Jika Sedulur bukan tipe orang yang bisa menghabiskan makanan sekaligus, sebaiknya akali dengan lebih sering makan meski dalam porsi sedikit. Apabila biasanya Sedulur makan tiga kali sehari, cobalah untuk makan enam kali sehari dalam porsi yang lebih sedikit. Ini merupakan tips menambah berat badan yang jangan sampai Sedulur lewatkan.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

3. Smoothies dan Jus, Asupan Sehat untuk Menambah Berat Badan

3. Smoothies dan Jus, Asupan Sehat untuk Menambah Berat Badan
huffingtonpost.com

Selain  makanan, beberapa jenis minuman juga jadi suatu cara menaikkan berat badan yang selayaknya Sedulur coba. Baik jus maupun smoothies, keduanya cocok untuk membantu menaikkan berat badan karena nutrisi yang terkandung lebih mudah terserap ke dalam tubuh apabila teksturnya lebih halus.

Cara menaikkan berat badan juga bisa dilakukan dengan beberapa buah-buahan yang diracik untuk hasil yang optimal. Salah satunya jus pisang dan alpukat yang dicampur dengan coklat menjadi salah satu menu penambah berat badan alami. Kalori yang terkandung didalamnya menjadi suatu cara menambah berat badan yang bisa sedulur coba.

4. Biasakan untuk Mengkonsumsi Susu

4. Biasakan untuk Mengkonsumsi Susu
detik.com

Susu bisa dikategorikan sebagai obat alami penambah berat badan. Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Protein di dalam susu juga bermanfaat untuk menambah massa otot. Sedulur tidak perlu hanya mengkonsumsi susu murni, makanan olahan susu seperti yogurt, puding, dan es krim juga tidak masalah.

5. Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mengkonsumsi Tambahan Kalori

5. Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mengkonsumsi Tambahan Kalori
bukalapak.com

Kalori merupakan sumber energi terbaik bagi tubuh manusia. Tiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Pilihan makanan berkalori yang baik untuk menambah berat badan banyak, diantaranya buah-buahan kering, telur, keju, alpukat, dan kacang-kacangan. Namun, tetap waspada dengan kalori yang berlebih karena justru bisa menyebabkan diabetes.

6. Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mengonsumsi Protein Berkualitas

6. Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mengonsumsi Protein Berkualitas
makassar.terkini.id

Cara cepat menambah berat badan yang selanjutnya adalah menambah asupan protein berkualitas ke dalam tubuh. Setiap manusia, membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan /hari. Jumlah itu digunakan untuk membentuk otot-otot baru pada tubuh. Semakin berkualitas protein yang Sedulur konsumsi, maka pembentukan otot akan semakin lancar.

7. Jangan Lupakan Keajaiban Air Putih

7. Jangan Lupakan Keajaiban Air Putih
kompas.com

Minum air putih juga masuk ke dalam opsi cara menggemukan badan. Sedulur harus tahu bahwa lebih dari 70% orang kurus ternyata diakibatkan oleh kurangnya cairan tubuh. Air menjadi bagian terpenting dalam tubuh karena fungsinya untuk pengoperasian organ tubuh, tidak terkecuali sistem pencernaan. Pastikan setidaknya Sedulur minum 2 liter air per hari.

8. Melakukan Olahraga dengan Rutin dan Teratur

8. Melakukan Olahraga dengan Rutin dan Teratur
liputan6.com

Cara menaikkan berat badan  selanjutnya adalah olahraga. Tidak hanya dilakukan untuk mengurangi berat badan, nyatanya olahraga merupakan salah satu cara menambah berat badan yang sehat. Olahraga bisa membuat nafsu makan bertambah. Selain itu, olahraga juga bisa membantu proses pembentukan badan sehingga menjadi lebih berisi tanpa terlihat loyo.

Selain itu, Sedulur juga harus memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Sebaiknya, Sedulur membatasi olahraga jenis kardio karena latihan semacam itu justru akan mengurangi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga lain yang tidak dianjurkan adalah aerobik, bersepeda, atau lari.

9. Lakukan Pola Hidup Sehat dan Hindari Begadang

9. Lakukan Pola Hidup Sehat dan Hindari Begadang
popbela.com

Terakhir, cara menaikkan berat badan yang paling krusial adalah memperbaiki pola hidup. Apabila Sedulur tergolong dalam orang yang mempunyai pola hidup tidak teratur, sebaiknya segera berbenah diri.

Dimulai dari pola tidur agar menghindari aktivitas begadang. Tak hanya membuat kurus, begadang juga menjadi pengundang ulung penyakit-penyakit mematikan. Pola hidup sehat selanjutnya adalah mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan agar selalu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Itulah kesembilan cara menaikkan berat badan yang bisa Sedulur coba. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya cara menaikkan berat badan di atas diikuti dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Cara menaikkan berat badan di atas juga bisa digunakan sebagai cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu apabila dilakukan dengan disiplin.

Sedulur juga bisa mulai mengkonsumsi berbagai makanan bergizi agar berat badan bisa segera naik secara ideal. Siapkan berbagai bahan makan yang sehat dan bergizi. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!