8 Cara Membuat Ayam Kecap Enak dan Mudah

Bingung cara membuat ayam kecap yang enak dan mudah? Yuk simak ulasan artikel di bawah ini.

Bagi Sedulur Super yang menyukai daging ayam mendengar namanya saja sudah terbayang bagaimana tekstur lembut dan rasanya yang manis gurih dari ayam kecap. Ayam kecap juga merupakan salah satu olahan yang sering dijual oleh warung makan dan restoran.

Cara membuat ayam kecap yang enak dan mudah terdiri dari beberapa cara. Artikel kali ini akan membagikan bagaimana cara membuat ayam kecap yang enak dan mudah yang bisa dilakukan oleh Sedulur di rumah.

Yuk, langsung saja kita simak cara membuat ayam kecap yang enak dan mudah. Perhatikan dan siapkan bahan dan bumbu yang akan dijelaskan di bawah ini, ya!

Baca Juga: Berbagai Olahan Daging Ayam yang Bisa Sedulur Coba di Rumah

Cara Membuat Ayam Kecap dengan Mudah

1. Resep Ayam Kecap Bakar

Resep ayam kecap pertama yang akan kita bahas adalah cara membuat ayam kecap bakar. Resep ayam satu ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Bayangkan saja, ayam yang disajikan telah dibumbui dan kemudian dibakar, dan lalu dibumbui lagi. Hal tersebut memberikan rasa dan aroma yang khas.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan adalah daging ayam sesuai kebutuhan, bumbu ayam bakar kecap, bawang merah 6 siung, bawang putih 5 siung, cabai rawit 7 butir, cabai merah 3 butir, kemiri 2 butir, jahe 1/2 ruas jari, sebatang serai, daun jeruk 2 lembar, dan kecap sesuai selera.

Cara membuat ayam kecap satu ini adalah cuci dan bersihkan daging ayam dan lumuri menggunakan dengan air jeruk nipis supaya tidak amis. Diamkan sebentar sambil mengupas bawang merah, bawang putih dan cabai, kemudian cuci lalu haluskan.

Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut bersama dengan jahe, serai (digeprek). Kemudian masukan ayam dan biarkan hingga meresap dan air surut. Lalu tuangkan gula, garam, bumbu kaldu dan kecap. Cicipi rasanya dan biarkan sampai menyusut serta bumbu terlihat kering.

Selanjutnya, angkat ayam dan kemudian bakar di atas panggangan. Di saat proses pembakaran, jangan lupa untuk menambahkan kecap kembali agar ayam tidak mudah gosong terbakar oleh arang pembakaran. Setelah matang, ayam bakar kecap pun siap dihidangkan.

2. Resep Ayam Kecap Pedas

Cara membuat ayam kecap pedas satu ini sangat mudah. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit. Siapkan 1/2 kilo gram ayam atau sesuai kebutuhan, selanjutnya adalah menyiapkan bumbu yang akan dihaluskan.

Bumbu halus tersebut adalah bawang merah 7 siung, bawang putih 2 siung, cabai merah 7 buah, cabai rawit merah 2 buah, lada 1 sendok teh, kemiri 2 butir, kunyit 2 cm, jahe 2 cm.

Lalu siapkan juga bumbu tambahan yaitu daun jeruk 3 lembar, kecap manis sesuai selera, bumbu kaldu ayam, garam seperlunya, air secukupnya dan minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Cara membuat ayam kecap pedas ini adalah dengan mencuci bersih ayam terlebih dahulu, kemudian kumpulkan bumbu-bumbu halus dan tumis dengan minyak panas, aduk-aduk sebentar lalu tambahkan daun jeruk. Biarkan sampai aroma bumbu harum.

Masukan ayam yang tadi dicuci, aduk-aduk sampai bumbunya merata. Biarkan selama 3-4 menit agar bumbu meresap. Selanjutnya, masukan air secukupnya dan taburkan garam, bumbu kaldu, kecap dan gula pasir. Aduk-aduk hingga merata

Cicipi rasanya, jika kurang pas bisa tambahkan sesuai selera. Diamkan beberapa menit atau hingga airnya surut. Jangan lupa cek daging ayam apakah sudah empuk atau belum. Angkat dan hidangkan. Cara membuat ayam kecap pedas pun selesai dengan sempurna.

3. Resep Ayam Kecap Sederhana

Tidak semua resep dan resep ayam kecap mudah dibuat, terdapat beberapa resep ayam kecap yang sulit dibuat dan perlu beberapa cara khusus untuk membuatnya. Namun bagi Sedulur Super yang ingin tetap membuat ayam kecap, berikut cara membuat ayam kecap sederhana.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam kecap sederhana adalah daging ayam setengah kilo atau sesuai kebutuhan, bumbu seperti bawang putih besar 4 siung, jahe 2 ruas jari, bawang bombay 1 buah, daun bawang, dan kecap manis.

Siapkan juga merica bubuk secukupnya, garam dan bumbu kaldo secukupnya, serta air matang satu gelas, margarin dan juga minyak goreng. Cara membuatnya sangat mudah bersihkan ayam dan rendam menggunakan air garam, kurang lebih 15 menit.

Bawang putih dan bawang Bombay diiris. Sementara jahe dikupas dan digeprek. Selanjutnya ayam digoreng dengan sedikit minyak sampai matang tapi jangan sampai kering, lalu tiriskan. Panaskan minyak dan margarin, kemudian tumis bawang putih sampai harum.

Masukan jahe dan aduk-aduk. Lalu masukan bawang bombay, tumis sampai layu. Masukan ayam, beri  kecap dan lada bubuk secukupnya. Tambahkan air, marinasi dan cicipi rasanya. Tunggu sampai airnya surut kemudian tambahkan bawang daun.

Ratakan dengan cara diaduk. Tunggu beberapa menit agar bumbunya meresap ke dalam ayam. Dan resep ayam kecap sederhana pun rampung dilakukan. Ayam kecap sederhana pun siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk.

4. Ayam Goreng Kecap

Resep selanjutnya adalah ayam goreng kecap. Bumbu dan bahan yang dibutuhkan pun sama dengan resep ayam kecap pada sebelumnya. Cara membuatnya adalah cuci ayam dan lumuri garam dan lada bubuk. Biarkan selama 15 menit.

Panaskan minyak goreng dan masak ayam hingga warnanya berubah kecoklatan. Bawang bombay dan bumbu-bumbu lain ditumis sampai aromanya harum. Masukan air, garam, gula dan penyedap rasa. Tunggu sampai air mendidih kemudian masukan ayam dan tutup.

Seperti biasa, biarkan hingga air surut dan warna ayam berubah. Perubahan warna berarti kecapnya sudah meresap ke dalam ayam. Taburkan daun bawang, aduk-aduk dan tutup sebentar. Ayam goreng kecap pun siap dihidangkan bersama keluarga tercinta.

5. Resep Ayam Bumbu Kecap

Cara membuat resep ayam ini adalah ayam dicuci lalu dibersihkan. Kasih perasan air jeruk nipis dan garam. Biarkan selama 10 menit, kemudian goreng sampai warnanya berubah kecoklatan. Kumpulkan bumbu halus dan tumis. Tambahkan dengan daun salam, sereh dan lengkuas.

Tunggu beberapa saat sampai aromanya harum. Masukan air, kecap manis, saus tiram, garam, gula dan penyedap rasa. Kemudian masukan ayam goreng, masak sampai airnya menyusut dan daging ayamnya empuk.

Jika sudah surut, tambahkan irisan bawang bombay dan cabe ijo. Masak lagi sampai layu. Cicipi rasanya, angkat dan hidangkan. Hampir semua bumbu dan bahan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan resep yang telah dipaparkan di atas.

6. Resep Ayam Kecap Mentega

Resep ayam kecap mentega bisa dibilang lebih mudah dibanding dengan membuat ayam kecap lainnya. Pertama panaskan minyak goreng dan mentega. Lalu tumis semua bumbu dan tunggu hingga tercium aroma harum.

Masukan ayam sesuai kebutuhan, aduk-aduk dan masak sampai setengah matang. Tambahkan air dan kecap secukupnya, jangan lupa untuk menggunakan api kecil, agar ayam tidak gosong. Masak ayam hingga air menyusut dan kecap meresap ke dalam daging ayam. Kemudian taburkan daun bawang.

Cicipi rasa ayam kecap mentega, atur rasa sesuai selera. Jika Sedulur menyukai makanan berkuah, bisa tambah air agar kuahnya lebih banyak dan lebih kental.

7. Resep Ayam Suir Kecap

Cara membuat olahan ayam satu ini adalah menyiapkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Campurkan bumbu-bumbu, seperti jahe, bawang bombay dan daun salam. Tumis semuanya hingga matang

Selanjutya masukan ayam suwir dan bumbu lainnya dan juga jangan lupa untuk memasukan air. Masak sampai mengental dan semua bumbunya meresap. Jika sudah matang, angkat dan hidangkan dengan perasan jeruk limau. Agar ayam suir kecap memiliki cita rasa yang lebih beragam.

Baca Juga: Resep Ayam Bumbu Bali Spesial & Cara Buat, Mudah Banget!

8. Resep Ayam Panggang Kecap

Resep ayam kecap terakhir ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Sediakan 500 ml di dalam panci dan panaskan. Tambahkan setengah bagian bumbu halus, kayu manis dan garam. Selanjutnya masukkan semua potongan ayam dan rebus hingga air meresap.

Tunggu sampai ayam matang, angkat dan tiriskan. Campurkan semua bumbu kecap dan tambahkan 100 ml air. Lalu masak hingga kuah mengental, dan sisihkan. Siapkan bara api untuk memanggang ayam. Panggang ayam di atas bara api tersebut sambil diolesi permukaannya dengan bumbu kecap.

Bolak-balik ayam sampai matang. Ayam yang sudah matang bisa dipotong-potong dan disajikan dengan cara disiram bumbu kecap agar tampilan lebih sempurna.

Resep ayam kecap di atas, semoga bisa memberikan informasi bagi Sedulur yang sedang menginginkan ayam kecap sebagai lauk untuk makan. Jangan lupa untuk membeli setiap kebutuhan ayam kecap di Aplikasi Super.

Selain harga yang murah, belanja di Aplikasi Super juga jauh lebih mudah. Selain itu juga Aplikasi Super dijamin menyediakan segala kebutuhan sembako yang Sedulur Super butuhkan. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super sekarang juga.