Olahraga selain menyehatkan ternyata dapat mendulang prestasi. Salah satu olahraga yang paling diminati masyarakat dan bisa mendulang banyak prestasi adalah bola voli. Bola voli merupakan olahraga yang menerapkan kerja sama tim. Masing-masing tim pada olahraga bola voli terdiri dari enam orang serta mempunyai tugas masing-masing. Ada yang bertugas mengumpan bola, servis, hingga menghalau pukulan bola dari tim lawan.

Membahas tentang sejarah bola voli, olahraga ini sebelumnya dikenal dengan nama minitonette. Pertama kali sejarah bola voli ini diciptakan oleh William G. Morgan seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat sekitar tahun 1895. Nah, guna membahas lebih lengkap tentang sejarah bola voli dunia dan Indonesia, yuk simak artikel lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: Contoh Chest Pass beserta Teknik & Cara Melakukannya

Pengertian bola voli

sejarah bola voli
Grid

Membahas voli memang akan lebih baik mengetahui terlebih dahulu pengertian olahraga ini. Bola voli atau dalam bahasa Inggris kerap dinamakan dengan volley ball merupakan permainan olahraga yang mana dimainkan oleh dua grup berlawanan. Namun dalam perkembangannya, olahraga voli ini dibedakan menjadi dua macam. Pertama olahraga voli umum dengan anggota enam orang dan voli pantai yang beranggotakan dua orang untuk setiap timnya.

Olahraga voli juga memiliki induk untuk menaungi olahraga ini. Induk olahraga tersebut dinamakan dengan FIVB (Federation International de Volley Ball). Kemudian, setiap negara masih memiliki induk organisasi olahraga ini termasuk di Indonesia. Di Indonesia, wadah yang menaungi tentang olahraga bola voli kerap dinamakan dengan PBVSI atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Teknik Mengambil Bola Rendah dalam Bola Voli secara Tepat

Sejarah bola voli

sejarah bola voli
Media Indonesia

Sebelum menjadi olahraga paling populer di dunia dan Indonesia, ternyata olahraga ini punya sejarah panjang. Diciptakan oleh William G. Morgan di tahun 1895 di Amerika Serikat, olahraga ini sebelumnya dikenal dengan nama minitotette. Meski demikian, seiring perkembang zaman, istilah itu akhirnya diganti dengan nama volley ball atau dalam bahasa Indonesia dinamakan olahraga bola voli.

Singkat cerita olahraga bola voli berasal dari negara Amerika Serikat. William G Morgan selaku pencetus atau pencipta bola voli, menciptakan permainan ini dengan rentang waktu empat tahun setelah diciptakannya olahraga bola basket oleh James Naismith. Dilihat dari permainannya, olahraga voli ini ternyata banyak mengadopsi jenis permainan yang sudah populer lebih dahulu. Seperti bisbol, tenis, dan bola tangan.

Sejarah bola voli di Indonesia

sejarah bola voli
Bukalapak

Voli merupakan olaharaga paling populer di masyarakat Indonesia. Sehingga tak jarang kerap kita menjumpai hampir di pelosok desa atau perkotaan, pasti memiliki fasilitas bola voli. Tak hanya itu, pada acara-acara besar seperti lomba 17 Agustus, sering diselenggarakan turnamen bola voli yang bertujuan untuk memperkokoh persahabatan antarwarga kampung atau perkotaan. Guna memfasilitasi keberadaan bola voli di Indonesia maka lahirlah organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Meski demikian, jauh sebelum itu, ternyata bola voli benar-benar masuk di Indonesia dimulai sekitar tahun 1928. Olahraga ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda di masa penjajahan era Belanda. Saat itu, permainan voli hanya sebatas dimainkan oleh orang-orang Belanda dan kaum bangsawan saja. Sebab, pada masa itu, permainan voli memang hanya dikembangkan oleh guru-guru pendidikan jasmani dari Belanda. Sehingga saat itu, permainan voli hanya dimainkan oleh para tentara dan kerap melangsungkan turnamen antara orang Belanda saja.

Namun lambat laun seiring Belanda tak lagi menjajah Indonesia, olahraga ini mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga sekarang. Sehingga sampai saat ini, PBVSI selaku induk olahraga voli Indonesia kerap menggelar turnamen besar bola voli ternama bernama Proliga.

BACA JUGA: Pukulan yang Tidak Diperbolehkan dalam Permainan Bola Voli

Mengenal Proliga, kompetisi bola voli Indonesia

sejarah bola voli
Tirto

Sebelum masuk ke teknik dasar bola voli, maka ada baiknya mengetahui kejuaraan atau kompetisi bola voli di Indonesia bernama Proliga. Gagasan membentuk sebuah kompetisi profesional di bidang bola voli ternyata sudah dicetuskan sejak tahun 2002 oleh PBVSI selaku induk dari olahraga bola voli di Indonesia.

Ajang kompetisi Proliga ini mulai dihelat untuk pertama kalinya pada bulan Februari sampai April 2002. Di mana partai puncak perhelatan kompetisi tertinggi bola voli Indonesia ini berada di Jakarta. Dalam penyelenggarannya, kompetisi Proliga terbagi menjadi dua kategori yaitu tim putra dan putri. Adapun peraih trofi pada edisi perdana kompetisi bola voli Proliga Indonesia jatuh ke tangan tim putra Palembang Bank Sumsel Babel. Kemudian di kategori direbut oleh tim Bandung Bank BJB.

Ajang kompetisi Proliga ini tujuanya adalah mencetak bibit pemain bola voli yang siap masuk timnas Indonesia dan berlaga di ajang kejuaraan bola voli Asia dan dunia. Seiring perkembangan waktu, ajang kompetisi Proliga mulai memberikan keleluasaan untuk masing-masing tim. Baik tim putra atau tim putri merekrut pemain asing asal Eropa, Amerika, bahkan Asia.

Kejuaraan bola voli dunia

sejarah bola voli
Schmu

Bola voli selalu menarik untuk diulas, terlebih olahraga ini sangat populer di Indonesia dan dunia. Membahas tentang olahraga bola voli ternyata FIVB selaku induk olaharaga bola voli dunia sudah mencetuskan beragam kejuaraan yang biasa dikuti oleh federasi bola voli dari masing-masing negara. Salah satu kejuaraan paling bergengsi tentang bola voli adalah FIVB Volleyball Men’s World Championship.

Periode awal tahun penyelenggaraan kejuaraan bola voli dunia ini dimulai tahun 1949, 1952, 1956, 1960 dan 1962. Meski demikian mulai tahun 1962, turnamen ini mulai diadakan setiap empat tahun sekali. Kemudian pada edisi perdana tahun 1949, negara paling banyak mengoleksi gelar juara adalah Rusia dengan enam gelar, kemudian disusul dengan Polandia dengan dua gelar.

Sistem pertandingan bola voli

Sripoku

Mengenal permainan ini rasanya kurang pas jika tidak mengetahui mekanisme sistem pertandingan bola voli. Permainan bola voli ini merupakan permaian tim dan mempunyai penilaian sendiri dibanding olahraga lain seperti basket. Sistem hitungan pada voli digunakan adalah 25 rally point. Jadi, saat poin kedua tim seri 24-24 maka pertandingan ditambah dua poin. Kemudian, jika peserta pertama unggul dengan selisih 2 poin maka dinyatakan memenangi pertandingan.

Teknik dasar bola voli

VoIball

Bermain olahraga voli tidak boleh asal-asalan. Ternyata, dalam olaharaga bola voli dikenal beberapa teknik khusus dalam memainkannya. Tujuan penerapan teknik bermain bola voli agar menjadi acuan buat banyak federasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun teknik dasar bola voli di antaranya adalah servis, passing bawah, passing atas, smash, blocking, dan terakhir set up.

Servis

Suara

Servis adalah teknis paling pertama berupa pukulan tangan guna menandai akan dimulainya permainan. Ada beberapa jenis servis pada bola voli. Mulai dari servis bawah, floating overhand, overhand round, hook service, dan jumping service.

Passing bawah

Pikira Rakyat

Lalu ada pula teknik passing bawah atau biasa dinamakan dengan umpan bawah. Umumnya cara ini dilakukan jika sudah menerima servis bola yang dilancarkan lawan. Adapun cara mempraktikkan passing bawah ini yaitu dengan memberikan umpan ke rekan dalam tim kemudian meluruskan kedua tanga secara sejajar.

Passing atas

Kumparan

Tak hanya passing bawah, dikenal pula keberadaan passing atas. Prinsip passing ini hampir mirip dengan passing bawah. Hanya hal yang paling membedakan adalah posisi tangan dan tenaga saat dikeluarkan kemudian mendapatkan umpan kepada rekan pada tim berupa umpan atas. Posisikan kedua tangan membentuk segitiga. Pastikan bahwa kedua tangan dalam posisi sejajar. Lalu, setelah bola tepat berada di tangan, keluarkan sedikit tenaga baru selanjutnya memantulkan kembali ke tujuan yang kita harapkan.

Smash

Okezone

Selain passing atas dan bawah dikenal pula dengan teknis smash dalam bola voli. Teknik ini adalah dengan memukul bola keras dan penuh tenaga ke arah lapangan tim lawan. Namun, pastikan bahwa bola harus melewati net.

Blocking

Kompas

Berikutnya hal yang tak kalah penting dalam permainan bola voli adalah teknik blocking. Blocking adalah sebuah gerakan menghalau bola dan diarahkan ke pihak lawan. Teknik ini sangat penting untuk mendapatkan banyak poin. Terlebih poin maksimal dalam bola voli adalah 25 untuk setiap setnya.

Set up

WikiHow

Teknik terakhir dalam permainan bola voli adalah teknik set up. Teknik ini dilakukan untuk menyusun sebuah strategi. Adapun cara melakukan set up ini dilakukan dengan cara memosisikan badan para pemain ke depan, belakang, dan ke samping.

Lapangan bola voli

Okezone

Kita sudah memahami tentang pengertian, pencipta bola voli, dan teknik dasarnya. Maka kemudian kita beralih ke bentuk lapangan bola voli. Lapangan bola voli umumnya memiliki ukuran 9×18 meter. Lalu, garis batas serang untuk pemain belakang mempunyai jarak 3 meter dari garis tengah. Selanjutnya, garis tepi pada lapangan bola voli mencapai 5 meter.

Demikian ulasan mengenai bola voli dari pengertian, sejarah, kejuaraan, teknik dasar, hingga berapa jumlah pemain bola voli. Semoga penjelasan di atas membuat kita lebih memahami aturan dan teknik dasar bermain voli.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.