cafe di semarang

Semarang menjadi salah satu kota pariwisata yang menarik di Pulau Jawa. Tak hanya menyimpan banyak spot menarik seperti kuliner dan wisata sejarah. Sedulur juga bisa menemukan banyak cafe di Semarang yang menyajikan suasana cozy serta makanan lezat.

Tentunya keberadaan cafe di Semarang bisa menjadi solusi wisatawan ketika bingung ingin mencari tempat nongkrong di Kota Lumpia tersebut. Jika Sedulur kebetulan sedang berada di sana, mari simak deretan rekomendasi cafe di Semarang paling nyaman dan populer berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe di Kintamani dengan View Indah!

1. Kedai Amarta

cafe di semarang
Qraved

Sedulur ingin mencari cafe yang cozy dengan suasana tenang dan nyaman untuk nongkrong? Maka Kedai Amarta ini bisa jadi pilihan terbaikmu ketika berada di Semarang.

Berada di lokasi yang sangat strategis, Kedai Amarta memiliki tempat yang nyaman dan bersih. Meskipun saat makan siang, cafe ini sering kali penuh pengunjung, tetapi suasananya tetap bikin kamu nyaman bersama teman-teman.

Kedai Amarta juga katanya memiliki pelayanan yang baik, lho. Para pelayannya ramah dan kalau memang mereka sedang sibuk, pelayan selalu sigap membantu kamu.

Untuk makanan yang ditawarkan di sini mulai dari western hingga Asian untuk menu utama dan menu sampingnya. Harganya juga cukup murah kisaran Rp35 ribu sampai Rp50 ribu aja untuk satu per orangnya. Cukup murah kan, untuk nongkrong bareng teman di tempat kece nan nyaman gini? Tentunya tidak boleh Sedulur lewatkan.

2. Valle Pizza e Resto

Kalau Sedulur senang hidangan ala Itali seperti pizza, maka tidak ada salahnya datang ke Valle Pizza e Resto. Cafe satu ini memang dikenal punya sajian pizza yang super yummy. Selain itu, aneka rasa gelato yang manis segar akan menjadi penutup yang sempurna untuk momen istimewa kamu.

Oh ya jangan lupa mengabadikan momen indah Sedulur dengan latar belakang pemandangan indah yang dapat dinikmati dari restoran ini. Kalau siang hari, hijau dan rimbunnya pepohonan akan memanjakan mata kamu. Sementara di malam hari, gemerlap lampu kota akan memberikan kesan romantis, apalagi ditambah alunan nada dari live music-nya.

Kabar baiknya lagi, restoran ini juga bisa disewa untuk jadi venue pernikahan kamu lho. Dan kalau kamu kurang suka pizza, masih ada pilihan menu western dan nusantara yang gak kalah lezat.

3. LOT 28 Coffee Bar

Lalu ada Lot 28 Coffee n Bar, cafe yang dapat kamu pilih untuk tempat nongkrong di Semarang. Suasana di sini juga asyik dan nyaman banget untuk kamu yang hobinya nongkrong bersama teman-teman dengan waktu lama.

Cafe ini memiliki desain arsitektur modern dengan jendela kaca besar, berpadu pas dengan dinding batu bata expose yang estetik. Tempat duduk di bagian indoor juga sangat menunjang kegiatan kamu untuk bekerja ataupun sekedar nongkrong, terlebih ada sofa yang nyaman dan empuk.

Menu makanan dan minumannya pun cukup variatif. Kamu bisa mencoba nasi goreng tongseng kambing, nasi ayam cabe garam, nasi ayam geprek crispy, hingga aneka donburi.

Makanan Western pun ada di sini seperti mushroom soup, spaghetti rendang sapi, chicken cordon bleu, cheese burger, dan pizza. Minumannya juga ada aneka kopi, milkshake, hingga bir.

Soal harga kamu nggak perlu khawatir karena relatif terjangkau. Mulai dari Rp15 ribu hingga Rp40 ribuan kamu sudah bisa kenyang saat nongkrong di sini.

4. The Sky Line Lounge

Ingin melihat pemandangan eksotis Simpang Lima, Masjid Agung Semarang, sampai Pelabuhan Tanjung Mas sambil ditemani segelas cocktail dan alunan musik akustik? Maka segeralah beranjak ke The Sky Line Lounge & Exclusive Dining.

Terletak di lantai 17 Gumaya Tower Hotel, The Sky Line menawarkan romantisme nan elegan di ketinggian. Corak interior yang dominan dengan warna cokelat, putih, hitam, dan keemasan memberikan kesan mewah dan eksklusif.

Hampir di setiap sisi restoran terdapat dinding kaca raksasa transparan setinggi 6 meter sehingga memungkinkan kamu bisa menikmati lansekap Kota Semarang dengan sudut pandang 270 derajat. Jika tidak berawan, kamu bahkan bisa melihat panorama gunung hingga laut sekalipun!

Penikmat minuman beralkohol akan sangat dimanjakan dengan koleksi wine impor asal Eropa dan Australia serta sochu (minuman khas Jepang) sebagai pendamping hidangan bercitarasa mewah, seperti Meltique Rib Eye Steak, Linguarian Style Chicken, atau Salmon ala Normande.

5. The Hills Dining Restaurant

Bisa dibilang, inilah salah satu restoran dengan suasana paling romantis yang ada di Semarang. Makanya tak heran kalau tempat ini kerap dijadikan lokasi untuk private romantic dinner hingga resepsi pernikahan di area tamannya yang luas.

Seperti namanya, The Hills Dining Restaurant berada di sebuah bukit yang ada di kawasan perumahan elit Semarang. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan taman hijau yang menyejukkan hati serta kelap-kelip lampu kota saat malam menjelang.

Meskipun area indoor akan terasa lebih hangat, namun makan malam di area outdoor lebih kami anjurkan jika kamu ingin makan malam romantis berdua orang tercinta ditemani pendaran cahaya lilin sambil memandangi Kota Semarang dari ketinggian.

6. Nikos Bar & Kitchen

cafe di semarang
Jateng News

Kalo cafe satu ini mengusung tema Mediterania yang memiliki gabungan nuansa Bali dan Santorini. Ya, warna biru dan putih khas bangunan-bangunan di Santorini menjadi warna dasar cafe ini.

Nikos Bar & Kitchen juga memiliki area outdoor sangat kental sekali dengan suasana di Pulau Dewata. Hiasannya ada lampu-lampu berkap rotan yang menggantung di beberapa sisi. Beratapkan tumpukan jerami dan penyangga balkon terbuat dari kaca.

Di area luar, Sedulur bisa melihat pemandangan luas Kota Semarang dari atas sambil duduk di bean bags yang tersedia. Duh, kebayang makin serunya nongkrong bersama teman atau kerabat lainnya di cafe ini.

Namun, kalau Sedulur menginginkan privasi bisa memilih makan di lantai satu yang cenderung cukup sepi tapi juga tetap nyaman. Nah, kalau mau ngajak pasangan kamu untuk coba makan malam romantis bisa pilih cafe ini juga.

Ketika sore menjelang malam, lampu perkotaan dari ketinggian bakal menambah romantisnya makan malam kamu bersama yang tersayang. Supaya nggak terganggu dengan kebisingan bisa pilih tempat di dalam.

Untuk soal makanan yang ditawarkan di sini juga nggak kalah unik. Nikos Bar & Kitchen itu punya menu khas Yunani seperti Chicken Lemon Cheese sebagai signature cafe ini.

7. Encycoffeedia

Kalau berencana untuk ngopi di sini, sebaiknya Sedulur harus lebih awas memperhatikan jalanan. Letaknya yang berada di tikungan yang menanjak membuat tempat kopi ini sering terlewat begitu saja.

Bangunannya memang belum sebesar kedai kopi lain yang hits di Kota Semarang ini. Tapi soal kenyamanan, nggak perlu diragukan lagi deh. Di malam hari, kamu bisa duduk santai sambil melihat pemandangan gemerlap lampu kota.

Untuk memanjakan lidah Sedulur, Encycoffeedia punya banyak varian minuman kopi yang menggoda. Americano di sini juga jadi salah satu menu yang banyak dipesan. Selain itu, yang jadi nilai plus dari Encycoffeedia adalah koleksi kopi nusantara-nya yang beragam.

Kalau kamu nggak suka kopi, gak masalah karena masih ada minuman non kopi lainnya yang bisa kamu nikmati. Selain minuman, cheesecake dan donat yang ditawarkan di sini juga jadi favorit pengunjung.

8. Sky Pool Bar

Tak perlu iri ketika melihat teman kamu mengunggah foto saat bersantai di infinity pool Marina Bay Sands Hotel Singapura yang tersohor itu, karena kini kamu pun bisa melakukannya tanpa repot mengeluarkan paspor (dan tak seramai di Singapura)!

Terletak di lantai 30 Star Hotel Semarang dengan ketinggian 97 meter, kolam renang Sky Pool yang ada di hotel ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai kolam renang terbuka di hotel tertinggi di Indonesia.

Asiknya lagi, untuk bisa bersantai di sini kamu tak perlu menginap di hotel. Setiap hari tersedia sajian buffet dengan tema yang berbeda, mulai dari Asian, Indonesian, Western, Italian, dan American yang pastinya akan menggoyang lidah kamu.

Menyenangkan bukan, setelah makan, kamu bisa ngadem di kolam renang memandangi keindahan Kota Semarang atau bermalas-malasan di atas floaties.

9. Eden Resto

Kalau di restoran lain Sedulur harus pergi ke lantai atas untuk melihat pemandangan, di Eden Resto ini sebenarnya kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah sejak di lantai satu. Terdiri dari dua lantai, kamu akan mendapatkan pemandangan yang lebih cantik dari balkon di lantai 2.

Soal makanan, restoran yang dikenal dengan nama Eden Resto International Daily Food ini memang lebih banyak menawarkan aneka menu western. Pilihannya beragam dengan penyajian yang cantik, rasanya pun lezat dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi nggak perlu ragu mau pesan banyak menu pun dijamin nggak akan menguras kantong kamu.

Di sini, menu Penne Lasagna dan Cheeseburger Pizza cukup menggoda lho. Dessert-nya juga nggak kalah menarik, Pannacota Daon atau Banana Cream Cheesecake akan jadi penutup yang manis untuk sesi makan Sedulur.

10. Nestcology

Mengusung slogan “One Stop Dining Experience”, salah satu restoran paling hits di Semarang ini menjanjikan pengalaman menarik kepada setiap tamunya.

Terletak di dataran tinggi, tepatnya di Jalan Tambora, sudah pasti kamu bisa menikmati landscape Kota Semarang yang spektakuler dari area teras maupun dalam ruangan yang dilengkapi dengan jendela-jendela besar.

Eits, pemandangan keren bukan hanya ada di luar saja lho. Interior restoran bergaya industrial ini juga sangat Instagramable! Dinding bata, mural, hingga sangkar burung memberi sentuhan yang begitu artistik. Wajar saja, mengingat sang head chef sekaligus owner-nya Ernest Christoga, adalah putra dari desainer kebanggaan Indonesia, Anne Avantie.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe di Pusat Kota Surabaya yang Cozy!

11. Beach Day Semarang

Jateng Live

Beach Day punya konsep pantai di tengah kota. Sekali melihat kemungkinan besar kamu akan langsung tertarik merasakan langsung konsep unik dari cafe ini.

Tempat nongkrong ini cocok banget untuk kamu yang suka quality time bersama teman, kerabat, keluarga, atau pun pasangan. Di cafe ini kamu benar-benar akan merasakan sensasi berada di pantai tropis.

Tempatnya cukup luas, nyaman, dan fasilitasnya juga sudah cukup memadai. Ada area indoor dan outdoor, uniknya meskipun kamu berada di indoor area kamu tetap akan merasakan sensasi pantai tropis karena alasnya adalah pasir pantai.

Bedanya di indoor kamu hanya tertutup atap saja. Jadi, meskipun lokasinya sama sekali tidak dekat pantai, kamu dijamin tetap akan merasakan nuansa seperti di pantai. Ada ornamen-ornamen khas cafe di Bali dengan kursi kayu, atap jerami, dan terdapat lukisan pantai yang menarik.

Sedangkan di area outdoor, kamu akan merasakan angin dengan pepohonan hijau di sekitarnya yang didesain persis seperti berada di pantai asli. Bahkan, di ujung resto ada sebuah lukisan pantai besar yang seakan-akan membuat para pengunjung sedang berada di beach club ala Bali.

Cafe ini juga ramah pengunjung keluarga karena menyediakan wahana permainan berupa kolam renang kecil untuk area bermain anak-anak. Untuk urusan menu makanan, nggak usah ditanya lagi. Di sini menunya cukup lengkap dan harganya juga terjangkau.

Tersedia menu makanan aneka seafood, camilan, hingga berbagai minuman. Harganya mulai dari Rp10 ribu hingga Rp120 ribu saja. 

12. Anantari Coffee

Nggak butuh konsep yang terlalu unik atau gimana-gimana banget. Anantari Coffee mampu menarik perhatian pengunjung karena tempatnya keliatan cozy banget.

Desainnya bangunannya campuran dengan rumah khas joglo Jawa dengan sisi outdoor yang modern. Anantari Coffee akan cocok banget untuk kamu yang mau bekerja sendiri di cafe atau kumpul bersama teman-teman.

Kesan nyaman dan asrinya bisa terasa ketika kamu juga menjajal duduk di area luar. Kamu bisa melihat pemandangan perbukitan Kota Semarang dan jauh dari keramaian pusat kota.

Kebayang deh, pas malam hari kelap-kelip lampu jalanan dari atas sini semakin terlihat memesona. Kalau bagian indoor, ada bangunan pendopo yang dilengkapi dengan AC dan fasilitas lainnya.

Menu yang ditawarkan di sini juga cukup beragam. Pastinya banyak jenis kopi dan teh yang bisa Sedulur nikmati. Makanan lainnya pun nggak kalah bervariasi, semakin membuat kamu betah nongkrong lama-lama di sini.

13. Kofitiere

Cafe satu ini punya konsep minimalis yang cozy bikin kamu betah berlama-lama nongkrong di sini. Banyak spot cantik untuk berfoto mau di area indoor ataupun outdoor.

Nah, bagi para pencari café untuk bekerja pilihan satu ini mungkin bisa jadi yang terbaik. Soalnya Kofitere punya jaringan internet kenceng banget dan bakal mempermudah kamu kerja.

Untuk para pekerja nggak perlu khawatir kehabisan daya gawai kamu. Tinggal hubungkan charger ke stop kontak yang banyak tersedia. Cafe ini memang tempatnya buat kamu yang mau work from café.

Menariknya lagi, biar makin kekinian Kofitere sudah mendukung kampanye bebas plastik. Jadi, kamu nggak akan menemukan gelas atau sedotan berbahan plastik.

Pilihan menunya juga cukup bervariasi dengan harga yang relatif murah antara Rp18 ribu sampai Rp45 ribu saja.

14. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Sebagai pecinta kopi sejati, tentu kamu tak ingin melewatkan merasakan pengalaman ngopi di lereng gunung dengan pemandangan yang selalu indah baik pagi, siang, sore maupun malam.

Tempat nongkrong asik ini terletak di lereng gunung, di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Rasanya seperti negeri di atas awan! Perpaduan antara hangat dan harumnya aroma kopi dengan udara pegunungan yang bersih dan sejuk tentu membuat segalanya tambah nikmat.

Ada tiga area tempat duduk yang terdapat di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, yaitu di dalam ruangan, di teras, serta di halaman yang terbuka.

Meskipun bernama pondok kopi, namun opsi minuman yang ditawarkan cukup beragam. Selain kopi ada minuman tradisional penghangat tubuh yang cocok dinikmati di tengah hawa sejuk (bajigur, sekoteng, bandrek, wedang jahe), cokelat panas juga teh poci. Sedangkan makanannya antara lain roti bakar, pisang bakar, French fries, bakmi goreng, sampai paket nasi. Pokoknya tak perlu takut kelaparan. Apalagi harganya amat sangat terjangkau!

15. Mr. K Cafe Gombel

Dari luar, bangunan ini memang tidak terlihat seperti cafe pada umumnya. Tapi saat kamu melangkahkan kaki ke dalam, kamu akan takjub dengan ruangannya yang cukup luas dan terbagi menjadi dua area. Sedulur bisa pilih area outdoor ataupun area indoor yang non-smoking untuk duduk bersama si kecil. Di sini juga ada banyak spot unik untuk foto-foto lho. Dekorasi Mr. K Cafe ini memang nggak ngebosenin.

Di malam hari, saat weekend para tamu akan dihibur dengan live music. Mau menyumbangkan suara merdu kamu? Boleh banget! Kalau makan di sini jangan lupa pesan Pizza Classic yang cocok untuk disantap bareng teman-teman.

16. Goodfellas Resto

Siapa bilang kalau gedung tua itu terkesan membosankan? Buktinya, Goodfellas berhasil menyulap bangunan cagar budaya yang dibangun tahun 1921 menjadi sebuah restoran hits di kalangan anak muda.

Goodfellas punya beberapa ruangan yang bisa Sedulur pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari ruang VIP untuk kamu yang butuh privasi hingga glass house untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan cantik atau berfoto ria. Dengan desain bergaya Eropa, setiap sudut Goodfellas memang terlihat cantik untuk dipamerkan di social media Sedulur.

Untuk mengisi perut, restoran ini punya varian menu yang beragam. Mau makan mie, steak, sampai mac & cheese semuanya ada. Oh ya, kamu juga bisa menikmati aneka wine berkualitas di sini.

17. Eastman Coffee House

IDN Times

Cafe satu ini menawarkan suasana nyaman untuk kamu yang ingin work from coffee. Memiliki desain modern dengan hiasan kaca besar, berpadu pas dengan kesan vintage seperti pada kursi rotan lawas yang membuat cafe ini cocok dijadikan spot foto menarik.

Sajian minuman maupun makanannya juga begitu menggugah selera. Ada aneka kopi, pastry, hingga sajian utama seperti philly cheese steak sandwich dan nasi goreng cakalang asap layak Sedulur coba.

Harga menu di cafe ini pun relatif masih terjangkau antara Rp15 ribu sampai Rp55 ribu saja. Mau nongkrong lama-lama di sini nggak akan bikin bolong kantong kamu, deh.

Sejak pertama kali buka beberapa tahun lalu, Eastman Coffee House selalu menjadi cafe di Semarang yang hits dan favorit. Lokasinya yang berada di pusat kota dekat Simpang Lima membuatnya selalu menjadi tujuan berbagai kalangan.

Demikian tadi deretan rekomenasi cafe di Semarang yang bisa Sedulur jadikan pilihan untuk nongkrong. Tak hanya memiliki vibes yang cozy, Sedulur juga akan dimanjakan dengan berbagai menu spesial. Jadi selamat mencoba ya!