bunga rafflesia

Bunga rafflesia berasal dari Bengkulu, Pulau Sumatera. Bunga ini mencuri perhatian, selain bentuknya yang unik dan besar, rafflesia juga merupakan bunga yang saat ini keberadaannya langka. Di Indonesia sendiri, rafflesia hanya dapat ditemukan di kota Bengkulu saja.

Terdapat beberapa fakta dan informasi terkait rafflesia itu sendiri, karena bunga ini berasal dari Indonesia sudah sewajarnya sebagai warga negara kita harus mengetahui fakta dan informasi seputar bunga rafflesia. Yuk, mari langsung saja kita mulai pembahasannya!

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Dandelion Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

Ditemukan oleh dua peneliti asal Inggris

bunga rafflesia
Tribunnews

Fakta awal bunga rafflesia ditemukan oleh dua peneliti asal Inggris pada tahun 1818. Saat itu, Hindia-Belanda (negara jajahan Belanda, nama Indonesia di masa penjajahan) tengah berada di bawah kekuasaan Inggris. Hal tersebut disebabkan Belanda kalah perang dari Inggris dan menyerahkan Hindia-Belanda kepada Inggris.

-->

Banyak pegawai kerajaan Inggris dikirim ke Hindia-Belanda untuk meneliti segala potensi alam yang ada di Hindia-Belanda, termasuk ahli tumbuhan. Termasuk dua orang Inggris bernama Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles. Keduanya melakukan ekspedisi di Pulau Sumatera pada tahun 1818 dan akhirnya menemukan bunga yang kemudian diberi nama dengan nama mereka, yaitu Rafflesia Arnoldii.

Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia

Wikimedia

Bunga rafflesia arnoldii dimana yang ditemukan di Bengkulu tersebut kemudian diteliti dan banyak temuan fakta yang ada pada bunga tersebut. Salah satu faktanya bunga rafflesia adalah tumbuhan parasit dengan bunga terbesar. Bunga ini merupakan bunga parasit karena tidak dapat tumbuh sendiri.

Rafflesia membutuhkan tumbuhan lain sebagai inangnnya dan akan mendapatkan nutrisi makanan dengan mengambil dari makanan yang dikonsumsi oleh inangnya. Jika tumbuhan inangnya mati, maka bunga terbesar di dunia ini juga akan ikut mati. Bunga ini tidak memiliki daun, akar, dan hal-hal yang dimiliki tumbuhan lain pada umumnya.

Berbeda dengan Bunga Bangkai

bunga rafflesia
Tirto.ID

Banyak yang mengasosiasikan rafflesia merupakan bunga bangkai. Namun kedua jenis bunga ini ternyata berbeda. Meskipun bunga bangkai termasuk jenis tumbuhan parasit sama dengan rafflesia, namun bunga bangkai memiliki daun dan batang tidak seperti rafflesia.

Selain itu, ukurannya juga tinggi ke atas, bukan melebar ke samping seperti rafflesia. Dengan tinggi mencapai 4 meter, bunga bangkai memiliki kelopak yang berwarna keunguan. Keduanya merupakan jenis bunga yang berbeda namun sangat identik dan sering disamakan.

BACA JUGA: Bunga Teratai: Manfaat, Jenis, Cara Menanam & Merawatnya

Keberadaannya langka dan terancam punah

Cleanipedia

Bunga terbesar di Indonesia dan di dunia ini saat ini sedang dalam kondisi krisis, karena keberadaannya langka dan terancam punah. Di seluruh dunia saat ini, hanya ada sekitar 20-an rafflesia. Belasan di antaranya dapat dijumpai di Indonesia terutama di Bengkulu.

Tetapi, ternyata Rafflesia Arnoldii ini sudah semakin langka serta terancam punah, lo! Hal ini dikemukakan oleh salah seorang ahli peneliti di kota Bengkulu. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan, karena ketika sebuah spesies bunga punah, sedikit banyaknya akan mempengaruhi ekosistem dan keseimbangan alam itu sendiri.

Menjadi ikon dan sering dikunjungi wisatawan

bunga rafflesia
CNN Indonesia

Karena keberadaan rafflesia yang ada di kota Bengkulu, hal tersebut menjadikannya sebagai sebuah ikon kota Bengkulu itu sendiri dan tentu saja menjadi daya tarik wisatawan. Hingga saat ini, banyak wisatawan dalam negeri hingga mancanegara yang rela menghabiskan waktu dan tenaganya hanya untuk melihat langsung bunga terbesar yang ada di dunia.

Bunga rafflesia merupakan bunga yang menjadi kebanggaan Indonesia. Akibat alamnya yang baik, membuat Indonesia terkenal sebagai negara dengan keberadaan flora dan fauna yang unik.

Itulah informasi terkait bunga rafflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia saat ini. Keberadaan rafflesia di Indonesia sangat membanggakan, sekaligus hal ini membuktikan bahwa ekosistem flora dan fauna di Indonesia sangat beragam yang disebabkan kondisi alamnya yang sangat indah dan asri.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.