Apresiasi adalah salah satu ekspresi yang bisa Sedulur ungkapkan untuk menghargai pencapaian orang lain.

Setiap kerja keras berhak mendapatkan hasil sesuai dengan upaya yang sudah dikerahkan. Tak hanya hasil, kerja keras juga layak mendapatkan suatu pujian. Bagaimana dengan Sedulur? Apakah sering memuji pekerjaan, hasil, atau karya orang lain? Atau justru Sedulur sering mendapatkan pujian atas proses dan hasil kerja keras yang telah Sedulur lakukan?

Bayangkan apabila hasil keringat yang sudah dilakukan tidak kunjung membuahkan feedback positif dari orang lain. Siapapun, bisa jadi menjadi tidak lagi bersemangat melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah dilakukan. Apalagi jika ternyata hasilnya Sedulur rasa sudah cukup baik untuk akhirnya mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Meski seseorang tidak bekerja untuk mendapatkan pujian atas orang lain, respon positif ini sangat penting untuk diungkapkan. Feedback positif atas hasil pekerjaan, usaha, proses terbaik yang dilakukan oleh orang lain dinamakan apresiasi. Mengapa itu penting? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Baca Juga: Begini Cara Jitu Mengajarkan Si Kecil Menghormati Orang Tua

Pentingnya Mengapresiasi. Apakah Sudah Sedulur Lakukan?

1. Pengertian

1. Pengertian
bengkuluekspress.com

Menurut Prayogi, arti apresiasi adalah semua aktivitas memberikan penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga merupakan bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

Pengertian lain atas istilah tersebut dikemukakan oleh Elliyati yakni merupakan setiap kegiatan yang mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh yang berkaitan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghayati, sehingga dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

2. Makna

2. Makna
sumberpengertian.id

Seperti telah disebutkan di atas, feedback positif merupakan ekspresi penting yang sudah selayaknya orang pahami dan lakukan. Namun, lebih dari pada itu, makna apresiasi tidak bisa dianggap sepele. Tentunya hal ini bisa dilakukan apabila memang perlu untuk dilakukan.

Melalui ungkapan yang positif atas hasil karya orang lain, Sedulur bisa menjadi pribadi yang lebih menghargai orang lain. Tentunya selain orang yang menerima juga merasa dihargai, itu tentu akan berdampak baik pada mental serta tindakan orang lain di masa yang akan datang.

3. Fungsi

3. Fungsi
inilahbanten.co.id

Berdasarkan pengertian, fungsi apresiasi mengerucut pada penghargaan atas hasil karya sastra. Namun, tak hanya karya sastra, sebuah penghargaan atas karya orang lain juga berlaku secara lebih luas. Lebih jauh lagi, penghargaan juga tidak hanya berlaku untuk sebuah karya, namun bisa diaplikasikan pada banyak kondisi dan situasi atas keberhasilan seseorang.

Selain sebagai penghargaan, fungsinya juga sebagai bentuk penilaian terhadap karya orang lain. Didalamnya juga terkandung pembelajaran atau suatu bentuk edukasi dan empati yang bisa diambil dari karya sastra atau keberhasilan orang lain. Jika demikian, bukan tidak mungkin nantinya akan mengembangkan dan memotivasi orang-orang yang bersangkutan.

4. Manfaat

4. Manfaat
suara.com

Sejalan dengan fungsinya, manfaat apresiasi bisa jadi untuk orang lain yang menerima dan untuk diri sendiri yang memberikan ungkapan. Sebagai seorang manusia yang juga bekerja keras, memberikan penghargaan bagi orang lain juga akan meningkatkan rasa cinta dan peduli atas upaya yang dikerahkan oleh orang lain. Tentunya akan meningkatkan empati.

Untuk manfaat apresiasi seni sendiri, hal itu akan membantu orang lain meningkatkan rasa percaya diri, memotivasi orang lain, hingga membakar semangatnya. Tak ada yang salah, dengan menghargai upaya dan hasil karya orang lain tentunya akan membuatnya semakin berkembang.

Baca Juga: Ibu Super, Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bayi

5. Tujuan

5. Tujuan
monitor.co.id

Tujuan apresiasi selain untuk menghargai orang lain, juga bertujuan untuk mengedukasi orang lain agar lebih memahami alasan dari penciptaan sebuah karya. Dengan mengekspresikannya, sang creator bisa menjadi lebih mengerti bahwa karyanya juga dinilai berarti bagi orang lain.

6. Jenis

6. Jenis
liputan6.com

Macam-macam apresiasi terbagi atas beberapa, diantaranya adalah empati, estetis, kritik dan saran. Empati merupakan bentuk menilai sebuah karya dengan memanfaatkan indra di tubuh kita. Adapun estetis lebih pada menghargai sebuah karya dengan pengamatan dan perasaan. Sedangkan kritik dan saran berupa evaluasi sebuah karya agar menjadi lebih baik.

7. Apresiasi Karya Seni

7. Apresiasi Karya Seni
bisnis.com

Mengapresiasi karya seni orang lain sama artinya dengan sadar atas nilai seni dan suatu budaya. Jika sebuah karya diciptakan oleh anak bangsa Indonesia, hal itu akan menciptakan rasa cinta kepada karya anak bangsa. Dengan ini, selain menikmati karya seni, Sedulur juga bisa berempati, menghibur, dan mengedukasi diri sendiri maupun orang yang menciptakan.

Demikian ulasan terkait ekspresi dalam menghargai kerja keras, proses hingga hasil karya orang lain. Tentunya semua hal ada batasnya. Feedback atas karya orang lain akan semakin berharga jika diiringi dengan pembelajaran di dalamnya. Selain sebuah pujian, penghargaan versi lengkap diisi juga dengan saran sebagai sebuah bentuk empati dan perhatian.

Sebelum artikel ini disudahi, satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu belanja menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur. Karena setiap barang yang ada di Aplikasi Super tersedia secara lengkap dengan harga yang super murah.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan mulai gunakan Aplikasi Super sekarang juga.