ayat kursi latin

Ayat kursi menjadi suatu ayat paling agung yang ada di dalam kitab suci Al-Quran. Tentu saja bukan tanpa sebab, melainkan manfaat dan keutamaan yang luar biasa dari ayat ini. Bahkan ayat kursi latin sering diucapkan oleh kaum muslim untuk melindungi diri dari bahaya dunia ataupun bahaya yang berakibat di akhirat kelak.

Pastinya bacaan ayat kursi ini menjadi salah satu bacaan yang wajib diketahui dan dihafalkan oleh seoriang muslim. Nah, jika Sedulur sedang mencari teks ayat kursi latin dan arab beserta artinya, maka sedang berada di tempat yang tepat. Langsung saja, simak dan perhatikan informasi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga: Arti Masya Allah dan Penggunaan yang Tepat Dalam Kehidupan

Apa itu ayat kursi

ayat kursi latin
pexels

Ayat kursi adalah potongan dari Surah Al Baqarah ayat 255 yang dipercaya mempunyai keutamaan luar biasa. Berdasarkan dari makna yang dikandungnya, ayat yang satu ini berisikan mengenai penjelasan kalimat tauhid yang merumuskan pegangan dan pendirian dari seorang muslim, sehingga lebih berani dalam menghadapi segala tantangan dalam kehidupan.

Hal ini membuat ayat kursi sering dibilang sebagai salah satu pegangan bagi seorang muslim untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dalam berbagai aktivitas dan kegiatan.

Bacaan ayat kursi Arab

ayat kursi latin
pexels

Berikut ini bacaan dari ayat kursi Arab yang bisa Sedulur baca:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Bacaan ayat kursi Latin

ayat kursi latin
pexels

Jika sebelumnya ada bacaan dalam tulisan arab, maka berikut tulisan ayat kursi latin:

“Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Arti dari ayat kursi

ayat kursi latin
pexels

Arti dari ayat kursi, adalah sebagai berikut ini:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqoroh: 255)

Baca Juga: Pengertian Hari Kiamat, Dalil dan Ayatnya dalam Agama Islam

Arti dari nama ayat kursi

pexels

Dalam memaknai nama “Kursi” dalam ayat kursi, ada beberapa perbedaan pendapat dari para ulama. Namun perbedaan tersebut saling menguatkan antara satu pandangan dengan pandangan yang lain. Adapun pendapat-pendapat tersebut seperti di bawah ini.

  1. Sebagai pemerintahan, kerajaan, dan juga kekuasaan yang dimiliki oleh Allah SWT.
  2. Sebagai sebuah ruangan yang amat besar, di mana kapasitas ruangan tersebut melebihi luas bumi dan langit.
  3. Sebagai simbol kebesaran dan keagungan dari Allah SWT.
  4. Sebagai ilmu yang termasuk ke dalam salah satu filsafat Allah Ta’alaa. Dengan ilmu tersebut, maka Allah mampu mengatur semua ciptaan-Nya.

Keutamaan ayat kursi

pexels
  • Ayat yang paling agung di dalam Al-Quran

Ayat kursi dianggap sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-Quran karena di dalam ayat tersebut, terdapat nama Allah yang paling agung yakni Al Qayyum dan Al Hayyu.

  • Keagungan ayat kursi melebihi langit dan bumi

Sufyan Ats-Sauri mengatakan jika ayat kursi ini merupakan salah satu ucapan dari Allah atau kalamullah. Dan kalamullah ini lebih agung dari ciptaan Allah yang lain.

  • Merupakan salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Seperti yang telah diketahui, jika dzikir ayat kursi dianjurkan ketika akan tidur. Dengan membaca ayat kursi sebelum tidur, maka tidur kita akan dilindungi dan dijaga oleh Allah dari gangguan setan dan jin selama terlelap.

  • Merupakan ayat perantara masuk ke surga

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yang menerangkan jika ayat kursi ini adalah perantara yang bisa mengantarkan umat muslim untuk masuk ke dalam surga. Jika selama hidup ayat kursi ini selalu dibaca setelah sholat, maka ketika di surga kelak akan diberikan kemuliaan yang tiada tara.

Manfaat ayat kursi

ayat kursi
pexels
  • Mendapat perlindungan dari Allah

Manfaat pertama yang akan Sedulur dapatkan jika membaca ayat kursi usai sholat, maka akan dijaga dan dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai godaan setan, binatang buas yang akan bertindak buruk bagi kita, kejahatan manusia, dan perlindungan untuk keluarga, serta harta benda yang dimiliki.

  • Membukakan Pintu Hikmah dan Rezeki

Dalam kitab “Asraaul Mufidah”, barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali di setiap harinya, maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, rezekinya dipermudah, dan derajatnya dinaikkan oleh Allah di dunia dan di akhirat kelak.

  • Dimudahkan ilmu pengetahuannya

Menurut penuturan dari Syeikh abu Abbas, bagi orang yang membaca ayat kursi sebanyak 50 kali dan meniupkannya ke air hujan kemudian meminumnya, maka Allah akan memudahkan ilmu pengetahuan dan juga akal pikirannya.

  • Dijauhkan dari godaan setan

Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa umat muslim yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali di hari Jumat pagi, kemudian bewudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, maka Allah akan memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar.

  • Mendapatkan perlindungan ketika dalam perjalanan

Setiap orang yang membaca ayat kursi ketika perjalanan maupun ingin berangkat, maka Allah akan memudahkan perjalanan yang dilaluinya. Selain itu, Allah juga akan melindunginya dari berbagai macam bahaya yang bisa terjadi.

Baca Juga: 16 Jenis Makanan Haram dalam Islam, Kamu Sudah Tahu?

  • Dimudahkan segala urusannya

Syeikh Al-Bunni pernah menerangkan jika orang yang membaca ayat kursi, maka Allah akan memberikan pertolongan kepadanya, melapangkan pikirannya sehingga lebih mudah berpikir, mempermudah segala hajat yang dimiliki, dihilangkan dukanya, diluaskan rezekinya, dan diberikan apa yang diminta olehnya.

Setelah Sedulur tahu akan ayat kursi latin dan artinya di atas, sekarang sudah siap kan untuk segera mengamalkannya? Walaupun cukup sederhana, namun banyak orang yang telah membuktikan manfaat dan keutamaan dari ayat kursi ini. Tapi terlepas dari manfaatnya, hendaknya Sedulur melakukan dzikir ayat kursi ini untuk mencari ridho Allah serta kebaikan dunia akhirat.