aplikasi pengolah kata

Selain Microsoft Office, ada banyak aplikasi pengolah kata, data, angka, maupun presentasi yang bisa Sedulur gunakan. Aplikasi pengolah kata digunakan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Mulai dari pengerjaan tugas, membuat makalah, menyusun laporan, hingga menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Sebuah aplikasi pengolah menjadi hal yang sangat penting. Ada banyak aplikasi pengolah kata pada komputer yang bisa Sedulur unduh di internet. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pengolah kata terbaik yang bisa menjadi referensi. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

1. Microsoft Word

aplikasi pengolah kata
Inwepo

Aplikasi pengolah kata dari Microsoft ini paling populer. Microsoft Word merupakan bentukan dari Microsoft Corporation yang berdiri sejak tahun 1975. Sedulur bisa berkreasi menggunakan Microsoft Word untuk keperluan pribadi maupun profesional. Selain mengolah kata, Microsoft Word juga dapat menunjang kegiatan lain seperti menghitung, mengoreksi kata-kata yang tepat, serta membuat grafik atau tabel.

-->

Ada banyak fitur yang bisa digunakan, misalnya autocorrect, mail merge, autopage index, auto formatting, HTML editor, dan booklet layout. Umumnya, Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang hanya dijalankan secara offline. Sedulur bisa mendapatkan aplikasi ini dengan membeli lisensinya melalui situs resmi Microsoft. Aplikasi Microsoft Word dibanderol sekitar Rp2,5 jutaan di situs resminya.

2. Google Docs

VOI

Google Docs menjadi salah satu alternatif aplikasi pengolah kata di era internet saat ini. Aplikasi ini merupakan layanan dari Google. Karena basisnya adalah aplikasi website, dalam penggunaannya diperlukan koneksi internet. Google Docs menjadi aplikasi pengolah kata online gratis paling banyak digunakan. Fungsi aplikasi pengolah kata Google Docs yaitu untuk menulis surat, resume, esai, dan membuat dokumen berbasis teks lainnya. Saat ini, aplikasi ini sudah tersedia dalam 83 bahasa.

3. Corel WordPerfect

Informer Technologies, Inc.
Denarta

Jika Sedulur masih menggunakan PC atau perangkat yang tergolong keluaran lama, maka Corel Wordperfect aplikasi pengolah kata adalah pilihan tepat. Aplikasi ini dapat diinstal pada sistem operasi Windows XP, Windows 2000, maupun Windows 98. Pengoperasian Corel Wordperfect mirip dengan Microsoft Word. Jadi, bila terbiasa menggunakan Microsoft Word, Sedulur tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya bisa mengolah kata, Corel Wordperfect juga dapat membaca file seperti Excel dan Power Point.

4. Star Office Writer

Informer Technologies, Inc.

Aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word yang bisa Sedulur gunakan yaitu Star Office Writer. Aplikasi ini bersifat multiplatform sehingga dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Unix, dan Windows. Star Office Writer mampu mengonversi file dari Microsoft Word. Fiturnya tidak kalah keren dengan aplikasi pengolah kata lainnya.

Ada fitur style dan formatting untuk mengatur teks, paragraf, dan daftar rincian. Fitur multimedia berfungsi mengatur tampilan seperti koran, web, atau poster film. Selain itu, ada juga fitur mail merge untuk mengirim surat secara masal. Lengkap banget, ‘kan?

BACA JUGA: 12 Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru 2022 untuk HP & PC

5. Pages

aplikasi pengolah kata
iMore

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Pages merupakan perangkat pengolah kata profesional yang tersedia secara eksklusif untuk pengguna produk Mac OS saja. Perangkat ini sangat nyaman digunakan untuk membuat draf artikel, laporan harian, atau proposal keperluan bisnis perusahaan. Guna mengakomodir kolaborasi dengan tim, Pages memberikan fitur mengekspor berbagai jenis file, mulai dari DOC, DOCX, PDF, TXT, dan sebagainya.

Aplikasi Pages tersedia secara gratis. Sedulur bisa mendapatkannya tanpa perlu membayar biaya lisensi kepada developer. Namun, tidak semua sistem operasi mendukung perangkat ini. Hanya sistem operasi Mac saja yang dapat mengaksesnya.

6. Notepad

Partnerdigital

Notepad hadir sebagai aplikasi pengolah kata sederhana yang banyak digunakan. Aplikasi ini biasanya tersedia di paket sistem operasi Windows. Notepad berfungsi untuk mengolah teks atau dokumen sederhana yang tidak memerlukan atribut tambahan. Di dunia profesional, Notepad kerap dimanfaatkan untuk menulis catatan meeting, LOG modifikasi software atau aplikasi. Sementara bagi para blogger, Notepad sangat berguna dalam mengedit file XML, serta menetralisir format dokumen yang disalin dari jenis file lain.

7. WPS Writer

Lifewire

WPS Writer adalah aplikasi paling mirip dengan Microsoft Word. Bahkan, aplikasi ini menjadi pesaing terkuat dari Microsoft. Biasa digunakan untuk pengolah dokumen serta menawarkan fitur yang hampir sama seperti Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini sering dimanfaatkan para pekerja profesional yang masih belum bisa membeli lisensi Microsoft Office orisinal. Dalam beberapa kasus, distributor laptop secara gratis memberikan paket WPS Writer ke dalam perangkat yang dijual.

8. Open Office Writer

aplikasi pengolah kata
Wikipedia

Rekomendasi aplikasi pengolah berikutnya adalah Open Office Writer. Aplikasi ini sudah memiliki lisensi General Public Licence (GPL). Adanya lisensi tersebut membuat pengguna bisa mengakses Open Office Writer secara gratis tanpa membayar biaya apa pun. Fitur yang diberikan juga termasuk lengkap. Sedulur dapat membuka dan menyimpan berbagai jenis file dokumen. Kemampuan format teks hingga fleksibilitas dalam menyimpan jenis file dokumen tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres Video Terbaik dan Tidak Mengurangi Kualitas

9. Docs To Go

App Store

Docs To Go merupakan aplikasi pengolah kata sederhana yang masih sangat layak digunakan. Aplikasi ini cocok untuk para pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. Berbagai fiturnya bisa diandalkan untuk mengedit dokumen. Terlebih, aplikasi Docs To Go sudah tersedia dalam layanan mobile sehingga makin praktis digunakan. Bagi Sedulur yang tidak mau repot membawa laptop ke mana-mana sekadar untuk mengedit dokumen, maka Docs To Go versi mobile menjadi alternatif tepat.

10. Canva

aplikasi pengolah kata
Localogy

Canva dikenal sebagai aplikasi pengolah presentasi yang mudah digunakan. Pengguna yang memiliki kemampuan teknologi minim pun bisa menggunakan aplikasi ini. Canva menyediakan akses ke lebih dari 8000 template yang bisa dimanfaatkan dalam mengolah presentasi, lengkap dengan tools desain untuk memaksimalkan komunikasi visualnya.

Selain mengolah presentasi dan membuat desain, Canva juga bisa digunakan untuk membuat dokumen. Dokumen berbasis kata nantinya dapat disimpan dalam format PDF. Ada banyak font tersedia untuk memaksimalkan tampilan dokumen yang dibuat. Bahkan, Sedulur bisa menambahkan gambar dan ilustrasi di dalam dokumen tersebut. Menarik, ‘kan?

Adapun kelebihan Canva yaitu dapat membuat presentasi dan dokumen yang menarik secara mudah, serta memiliki banyak format, layout, atau tools di dalamnya. Hanya saja, Canva baru bisa diakses secara online. Tanpa jaringan internet, Sedulur tidak bisa mengakses dan mengolah dokumen melalui aplikasi ini. Walaupun begitu, aplikasi ini cukup praktis digunakan, baik di laptop maupun versi mobile.

Itu dia rekomendasi aplikasi pengolah kata yang bisa Sedulur gunakan. Sebaiknya, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan perangkat milik Sedulur. Selain itu, perhatikan juga kenyamanan penggunaan. Apabila Sedulur lebih nyaman menggunakan aplikasi secara online, maka Google Docs dan Canva bisa dipilih.

Jika hanya ingin mengolah data dengan aplikasi sederhana, Notepad adalah pilihan tepat. Bagi pengguna MacOS, dapat memilih Pages. Sementara bila Sedulur mencari aplikasi yang bisa digunakan secara offline, Microsoft Word dan WPS Writer masih menjadi pilihan terbaik. Apa pun aplikasi yang dipilih, itu dapat membantu Sedulur membuat dokumen sekaligus berkarya lewat tulisan secara mudah dan praktis. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.