antrian online bpjs ketenagakerjaan

Apakah Sedulur Super berencana untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT)? Tidak perlu khawatir, Sedulur tidak perlu repot mengurusnya di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Melainkan dengan mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan agar tidak penuh.

Layanan yang satu ini, bisa Sedulur gunakan dengan mendaftar antrian BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Dengan mendaftar secara online, maka Sedulur akan lebih mudah dalam berbagai hal, seperti mengurus administrasi atau klaim.

Selain itu, layanan online ini juga sangat efektif agar Sedulur bisa tetap meminimalisir kontak fisik dengan orang lain selama masa pandemi. Lalu bagaimana caranya dan apa saja syaratnya? Langsung simak beberapa hal mengenai antrian online BPJS Ketenagakerjaan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK, Bisa Online

-->

Mengenal BPJS Ketenagakerjaan

antrian online bpjs ketenagakerjaan
Koinworks

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja yang ada di Indonesia. Baik itu untuk sektor formal maupun informal.

BPJS Ketenagakerjaan juga bertanggungjawab untuk memberi perlindungan kepada orang asing yang bekerja di dalam Indonesia sekurang-kurangnya dalam kurun waktu 6 bulan. Perlindungan yang diberikan ini, berupa Jaminan Kematian (JK),  Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),  Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Pada bulan Desember 2019 yakni bertepatan dengan ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-42, Agus Susanto yang merupakan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, mengumumkan jika lembaga ini mendapat panggilan baru yaitu BP JAMSOSTEK.

Akan tetapi, hal itu bukan BPJS Ketenagakerjaan telah berganti nama. Namun ini adalah nama panggilan atau sebutan baru untuk memudahkan orang ketika memanggil BPJS Tenaga Kerja.

Jadi nama resmi dari lembaga ini tetaplah BPJS Ketenagakerjaan, hanya saja ada panggilan baru yakni BP JAMSOSTEK. Selain itu, tidak ada apapun yang berubah, baik itu dalam struktur maupun layanan. Hal ini karena BPJS Ketenagakerjaan telah tercatat dalam undang-undang. Jadi tidak bisa diubah sama sekali.

Cara daftar antrian online BPJS ketenagakerjaan

antrian online bpjs ketenagakerjaan
Kitalulus

Sebelum bisa BPJS ketenagakerjaan login, Sedulur harus registrasi antrian online terlebih dahulu. Untuk registrasi ini, ada sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan. Penyiapan dokumen tersebut dilakukan untuk mempermudah proses administrasi bagi Sedulur yang berencana mengajukan klaim.

Untuk mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan, Sedulur hanya perlu mengunjungi laman “lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id” di laptop atau ponsel, kemudian mengisi semua data yang dimiliki secara asli dan lengkap.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan agar tidak penuh.

  1. Buka aplikasi web browser yang ada di laptop atau ponsel Sedulur.
  2. Kemudian kunjungi situs dengan alamat “https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/”.
  3. Jika sudah terbuka, baca semua syarat dan ketentuan terlebih dahulu.
  4. Setelah itu, centang pada kolom “Saya Setuju” dan klik re-CAPTHCA.
  5. Lanjut, klik tombol “Berikutnya”.
  6. Isi semua data yang dibutuhkan. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, NIK, nomor peserta BPJSTK, hingga nama ibu kandung.
  7. Pastikan semua terisi dengan benar, lalu klik “Berikutnya”
  8. Berikutnya, isi “Data Pekerja Tambahan” yang meliputi alamat domisili, nomor HP, desa atau kelurahan, dan lain sebagainya secara lengkap.
  9. Lalu klik opsi “Ya” atau “Tidak”, untuk pertanyaan “apakah Anda menjalankan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri”.
  10. Kemudian klik tombol “Berikutnya”.
  11. Setelah itu, lanjut dengan mengisi alasan pengajuan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.
  12. Upload dokumen pendukung seperti kartu peserta, KK, KTP, sampai NPWP jika pencairan di atas 50 juta rupiah.
  13. Lalu beralih ke menu “konfirmasi data”, klik “Simpan” jika sudah.
  14. Pada tahapan ini, proses pendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan sudah selesai.

Nantinya, akan muncul notifikasi pengajuan melalui email yang terdaftar. Tunggu saja email tentang waktu pengajuan klaim yang terjadwalkan oleh pihak BPJS masuk. Oh iya, jangan lupa pastikan nomor HP yang terdaftar juga tetap aktif.

BACA JUGA: Cara Cetak Kartu BPJS Online Maupun Offline Mudah Banget

Syarat klaim BPJS Ketenagakerjaan online

antrian online bpjs ketenagakerjaan
Klikaktual

Syarat antrian online BPJS Ketenagakerjaan ini perlu untuk Sedulur penuhi dengan lengkap, agar bisa lolos tahapan verifikasi. Hal ini karena syarat dan ketentuan registrasi antrian online BPJS Ketenagakerjaan dalam pengajuan klaim nantinya harus menyertakan beberapa dokumen tambahan.

Tidak hanya itu, layanan antrian online BPJS Ketenagakerjaan ini juga hanya diperuntukkan bagi kategori peserta tertentu, yakni sebagai berikut:

  • Kepesertaan 10 tahun (pengambilan sebagian 10%).
  • Mengalami pemutusan hubungan kerja.
  • Peserta mengundurkan diri.
  • Peserta meninggalkan wilayah Republik Indonesia (WNI).
  • Usia pensiun 56 (lima puluh enam) tahun.

Sementara itu, adapun beberapa syarat dokumen yang harus kamu lengkapi. Nah, syarat lain untuk mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan, yakni:

  • Scan buku rekening (halaman yang tertera nomor rekening)
  • Foto diri terbaru (tampak depan)
  • Scan Kartu Keluarga
  • Scan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • Scan KTP
  • Scan NPWP (khusus untuk klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo lebih dari Rp50.000.000)
  • Scan surat Keterangan Berhenti Bekerja/Surat Keterangan Habis Kontrak
  • Scan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan atau Surat Keterangan Berhenti Bekerja/Surat Keterangan (jika punya)
  • Scan surat habis kontrak

Untuk dokumen yang lebih dari 1 lembar, Sedulur bisa mengunggahnya menjadi satu file PDF. Jangan lupa pastikan semua dokumen di atas sudah lengkap.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Daftar BPJS Mandiri & Syaratnya

Contoh formulir antrian online BPJS Ketenagakerjaan

Jangannganggur

Waktu paling tepat daftar antrian BPJS Ketenagakerjaan

Suara

Mungkin salah satu hal yang mungkin ingin Sedulur tanyakan yakni, “antrian online BPJS Ketenagakerjaan di buka jam berapa?” Nah, sebenarnya tidak ada peraturan atau ketentuan khusus kapan pendaftaran tersebut dibuka.

Supaya bisa segera terdaftar, disarankan bagi Sedulur untuk melakukan pendaftaran antrian online BPJS di situs “lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id” pada pukul buka pukul 06.00 pagi. Pada waktu tersebut, masih sangat jarang orang yang melakukannya, dan petugas BPJS-pun sudah ada yang online.

Jadi ketika input data milik Sedulur masuk pada pukul 06.00 pagi, kemungkinan besar pendaftaran bisa lebih cepat disetujui.

Kenapa pencairan JHT harus menunggu umur 56 tahun?

Beritasatu

Dian Agung Senoaji, Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJamsostek, telah membenarkan aturan terbaru yang telah diterbitkan Menaker tersebut, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004.

Program JHT ini dibuat dengan tujuan untuk menjamin para peserta menerima uang tunai ketika sudah memasuki masa pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap. Sehingga pekerja dapat mempunyai tabungan saat masa pensiun tersebut datang.

“Jika pekerja mengalami PHK, pemerintah telah menyiapkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan dengan manfaat uang tunai, akses lowongan kerja dan pelatihan kerja,” tuturnya.

Menurut Menaker, ada keuntungan yang bisa diperoleh para pekerja yang terkena PHK di dalam program Jaminan Kehilangan Pekerjaan ini. Salah satunya, yakni pemberian uang tunai sesuai dengan iuran yang dibayarkan kepada BP Jamsostek.

BACA JUGA: Ini Cara & Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, Lengkap!

Mungkin hanya itu informasi tentang cara klaim BJPS Ketenagakerjaan online yang perlu Sedulur ketahui. Sebenarnya kunci utama agar antrian yang didaftarkan cepat disetujui, adalah kelengkapan berkas atau dokumen yang dibutuhkan.

Jadi jika masih ada dokumen yang sekiranya masih kurang, usahakan melengkapinya terlebih dahulu. Sangat disayangkan jika pendaftaran harus tertunda hanya karena satu atau dua dokumen, lho.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.