Pengen cetak kartu BPJS Kesehatan Online? Yuk, simak caranya biar nggak ribet!

Di zaman serba canggih, segala sesuatu sudah bisa dilakukan secara online. Kemajuan zaman ini juga dimanfaat dengan baik oleh BPJS, sebuah institusi pemerintah penyelenggara kesehatan. Sejak diluncurkan pada 1 Januari 2014 yang lalu, BPJS telah melayani berbagai urusan kesehatan masyarakat Indonesia.

Saat ini, masyarakat bisa cek kartu BPJS Kesehatan online, cara mencetak kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar sangat mudah, tinggal mengunjungi laman resmi BPJS yaitu https://www bpjs-online com/cara-cetak-kartu-bpjs-kesehatan/, dan akan ada menu cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan online.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara cetak kartu BPJS Kesehatan Online, yang bisa Sedulur lakukan tanpa harus keluar rumah. Sedulur juga bisa melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan perusahaan.

-->

Seperti apa cara cetak kartu BPJS online maupun offline yang bisa dilakukan? Dan kapan kartu BPJS dikirim ke rumah setelah melakukan pendaftaran. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Surabaya. Dijamin Lengkap!

Apa Itu BPJS Kesehatan?

Apa Itu BPJS Kesehatan

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya menjelaskan terlebih dahulu apa itu BPJS Kesehatan. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah program dari pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap masyarakat Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika sebelum ada BPJS masyarakat Indonesia ada yang kesulitan untuk berobat ke rumah sakit, maka setelah BPJS diresmikan, masyarakat sangat menyambut baik dan bisa berobat ke rumah sakit dengan harga yang terjangkau.

Daftar Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Daftar Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Daftar cara cetak kartu BPJS Kesehatan ini dibutuhkan untuk selalu mempermudah masyarakat dalam menikmati layanan BPJS Kesehatan. Yuk, langsung saja kita simak beberapa cara cetak kartu BPJS yang tersedia dan bisa kita lakukan di bawah ini.

1. Cara Cetak Kartu BPJS Online

Cara Cetak Kartu BPJS Online
  • Pertama Sedulur harus masuk ke situs resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id.
  • Selanjutnya. Sedulur login menggunakan email dan password yang digunakan untuk mendaftar sebelumnya.
  • Kemudian pilih menu Cetak Kartu.
  • Kemudian pilih menu Data.
  • Lalu pilih Cari Data.
  • Pada halaman pencarian, masukan nomor NIK atau data yang lainnya sesuai keinginan kalian.
  • Jika sudah tekan Cari.
  • Selanjutnya akan muncul hasil pencarian, lalu klik Cetak Kartu.
  • Kemudian cetak kartu tersebut ke tempat foto copy atau rental komputer, jika kalian tidak memiliki mesin printer sendiri.

Cara cetak kartu BPJS Kesehatan online yang bisa kita lakukan adalah melalui website resmi BPJS, caranya sangat mudah. Sedulur simak langkahnya di bawah ini:

Terdapat beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencetak kartu BPJS Online. Yuk simak penjelasannya.

2. Cetak Kartu BPJS Kesehatan di Offline

Cetak Kartu BPJS Kesehatan di Offline

Cara ini merupakan pilihan yang umum dilakukan oleh masyarakat, terutama yang belum memiliki akses internet dan melakukan secara online. Yaitu, cara cetak kartu BPJS Kesehatan di kantor BPJS. Proses ini agak ribet dan membutuhkan waktu yang lama.

Karena kita harus mendatangi kantor BPJS dan mengantri panggilan untuk mendapatkan kartu BPJS. Pada awal sebelum BPJS mengeluarkan layanan online, cara ini menjadi pilihan utama yang digunakan oleh masyarakat, karena belum ada pilihan cara lain.

Namun cara cetak kartu BPJS offline pun masih disediakan, walaupun sudah jarang masyarakat yang menggunakannya. Karena selain tersedia offline, terdapat beberapa alternatif yang bisa digunakan.

3. Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online via Mobile JKN

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online via Mobile JKN

Alternatif cara cetak kartu BPJS Kesehatan online yang bisa digunakan adalah melalui Mobile JKN. Dengan mobile JKN, kita bisa melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan online. Mobile JKN adalah platform digital yang menyediakan pelayanan BPJS Kesehatan, salah satunya adalah cetak kartu BPJS Kesehatan online.

Simak cara cetak kartu BPJS Kesehatan online via mobile JKN di bawah ini:

  • Pertama yang harus Sedulur lakukan adalah buka aplikasi mobile JKN terlebih dahulu.
  • Lalu login UserID dan Password yang Sedulur gunakan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  • Setelah login pilih menu Peserta.
  • Kemudian pilih Ubah Data Peserta.
  • Lalu pilih peserta BPJS Kesehatan mandiri yang ingin dicetak kartu pesertanya.
  • Selanjutnya pilih ikon email dan akan muncul tulisan “Apakah anda ingin mengirim kartu ke email anda?” Jika iya tekan OK.
  • Kemudian buka email kalian yang digunakan untuk mendaftar di aplikasi BPJS.
  • Lalu cari file yang berisi kartu BPJS Kesehatan.
  • Jika sudah ketemu download file tersebut.
  • Setelah selesai didownload buka lalu print kartu.
  • Jika Sedulur tidak memiliki printer sendiri, Sedulur bisa print di tempat mana pun.

Selain melalui mobile JKN, Sedulur juga bisa melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan online melalui E-Dabu. Salah satu pilihan lain yang bisa digunakan untuk cetak kartu BPJS Kesehatan online selain menggunakan mobile JKN.

Baca Juga: Cara bayar BPJS di Aplikasi Super

4. Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online via E-Dabu

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online via E-Dabu

E-Dabu merupakan platform digital yang menyediakan layanan untuk cetak kartu BPJS Kesehatan online bagi masyarakat yang membutuhkannya. Karena jika tidak melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan online, kita harus cetak secara langsung ke kantor BPJS.

Seperti yang Sedulur ketahui sendiri, melakukan cetak kartu langsung ke kantor BPJS membutuhkan usaha yang lebih, maka dari itu pilihannya adalah melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan online, karena simpel dan mudah dilakukan. Beriku cara cetak kartu BPJS Kesehatan online via E-Dabu:

  • Pertama buka aplikasi E-Dabu di smartphone kita. Jika belum memiliki, download aplikasinya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya login menggunakan UserID dan Password yang Sedulur miliki.
  • Kemudian pilih menu Cetak Kartu.
  • Kemudian pilih menu Data.
  • Lalu pilih Cari Data.
  • Pada halaman pencarian, masukan nomor NIK atau data yang lainnya sesuai keinginan kalian.
  • Jika sudah tekan Cari.
  • Selanjutnya akan muncul hasil pencarian, lalu klik Cetak Kartu.
  • Kemudian Print kartu tersebut ke tempat foto copy atau rental komputer, jika kalian tidak memiliki mesin printer sendiri.

Setelah melakukan cara cetak kartu BPJS Kesehatan online dan memiliki kartu BPJS, Sedulur harus selalu tepat waktu membayar iuran per bulannya. Walaupun memang iuran pada tahun ini mengalami kenaikan. Namun sebagai peserta, kita harus taat melakukan pembayaran. Cara mudah bayar BPJS adalah menggunakan Aplikasi Super.

Bayar BPSJ di Aplikasi Super

Bayar BPSJ di Aplikasi Super

Jika awalnya Aplikasi Super melayani kebutuhan sembako Sedulur dengan harga murah dan cara yang mudah. Saat ini, Sedulur bisa menikmati layanan Aplikasi Super untuk pembayaran digital. Setelah cara cetak kartu BPJS Kesehatan online dipahami, berikut cara bayar BPJS di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang telah memiliki Aplikasi Super, tinggal klik dan pilih ‘pembayaran digital’. Lalu pilih menunya, dalam kontek ini bayar BPJS online. Masukan nomor ID dan NIK dan segala identitas BPJS kita. Lalu kita tinggal klik bayar dan konfirmasi.

Sangat mudah sekali melakukan pembayaran di Aplikasi Super, belum lagi berbagai bonus yang diberikan. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasinya.

Semoga cara cetak kartu BPJS Kesehatan online di atas bisa membantu Sedulur yang membutuhkan, semoga juga dengan menggunakan Aplikasi Super segala kehidupan Sedulur bisa lebih mudah dilakukan.