Memasuki masa peningkatan evaluasi belajar siswa, maka pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merilis program peningkatan mutu pendidikan yaitu program ANBK. ANBK kepanjangan dari apa? kata ini merupakan singkatan dari Assesment Nasional Berbasis Komputer.

Guna mengetahui mutu pendidikan di Indonesia, ANBK dilaksanakan secara online maupun semi online. Untuk yang dilakukan secara online, maka Sedulur harus mempunyai sambungan internet memadai supaya bisa mengerjakan tes ini.

Nah, penasaran dengan sistem evaluasi mutu pendidikan di Indonesi dengan ANBK ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah.

BACA JUGA: 15 Komik Pendidikan Lucu, Bisa Jadi Pendamping Belajar Anak

-->

Pengertian ANBK

anbk
Kompas TV

Asesmen nasional berbasis komputer adalah program penilaian mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menenangah. Nah, dalam penilaian ANBK artinya dilakukan berdasarkan kemampuan murid seperti literasi, numerasi dan karakter. Tidak hanya itu ANBK bisa dipakai untuk menilai kualitas belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan dan mendukung proses pembelajaran tertentu.

Informasi mengenai ANBK SD diperoleh melalui tiga instrumen pendukung yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Surei Lingkungan Belajar.

Tujuan ANBK

anbk
Suara

Sebagai program penigkatan mutu kualitas pendidikan,maka ANBK memiliki beberapa tujuan lain yang harus kamu tahu. Lantas tujuan ujian asesmen nasional ini adalah pengembangan kompetensi dan karakter murid. Dengan ujian ini diharapkan muncul gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk memunculkan tujuan pembelajaran.  

Tiga instrumen menunjang tujuan ANBK

anbk
SMK Ratna Warta Ubud

Dikutip dari laman Kumparan, ada setidaknya tiga instrumen penting dalam menunjang ANBK  yang harus diketahui yaitu

Asesmen kompetensi minimum (AKM)

Merupakan penilaian kompetensi mendasar dan diperlukan oleh semua murid supaya mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Survey karakter

Selain asesmen kompetensi minimum, ada pula survey karakter. Survey karakter merupaka bagian penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kemudian survey ini akan diikuti oleh peserta didik dan guru dalam mengukur sikap, kebiasaan dan nilai-nilai values.

Survey lingkungan belajar

Setelah mengisi hasil survey maka berikutnya adalah mengetahui survey lingkungan belajar. Biasanya survey ini diikuti oleh kepala satuan pendidikan supaya bisa mengukur kualitas pembelajaran dan bagaimana sistem iklim sekolah dalam menunjang pembelajaran.

BACA JUGA: Contoh Kumpulan Puisi Guru Penuh Makna & Menyentuh Hati

Mekanisme AN & Jadwalnya

anbk
Kompas

Berikutnya terkait jadwal ujian asesmen nasional untuk 2022 sudah dirilis. Sebagaimana dikutip dari laman Kemendikbud atau web ANBK, tentang jadwal pelaksanaan ujian ini sudah tertuang dalam surat bernomor tertuang dalam Surat Pemberitahuan Kelengkapan Data AN 2021 nomor 1178/H/PG.00.02/2022.

“Mempertimbangkan pentingnya hasil Asesmen Nasional tahun 2021 untuk perbaikan pembelajaran dan sebagai baseline untuk perbandingan pada tahun-tahun berikutnya, serta bahwa kelengkapan data Asesmen Nasional menentukan terbit tidaknya rapor pendidikan satuan pendidikan, kami memberikan kesempatan kepada satuan pendidikan untuk melengkapi data AN 2021,” demikian isi surat pemberitahuan tersebut.

Khusus untuk Asesmen Nasional (AN) susulan ini diberikan kepada satuan pendidikan. Baik yang belum melaksanakan AN maupun yang sudah melaksanakan AN akan tetapi datanya belum lengkap.

Pertama, kelengkapan data hasil AN peserta didik, diperoleh dengan mengikuti AN susulan pada tanggal 21-24 Maret 2022.

  1. Daftar satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN dan yang sudah melaksanakan namun data belum lengkap dapat diakses melalui laman ANBK, https://anbk.kemdikbud.go.id;
  2. Satuan pendidikan yang akan mengikuti AN susulan diwajibkan untuk memilih moda pelaksanaan dan mengatur sesi pada laman ANBK mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Maret 2022;
  3. Satuan pendidikan tidak memilih moda pelaksanaan dianggap mengundurkan diri sebagai peserta AN susulan;
  4. Prosedur pelaksanaan AN susulan mengacu pada POS dan Juknis tahun 2021.

Kedua, Kelengkapan data berupa respons dari kepala satuan pendidikan dan pendidik diperoleh dengan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar, melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Kelengkapan data satuan pendidikan dapat dilihat pada laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/. Pengisian mulai tanggal 8 Maret sampai dengan tanggal 24 Maret 2022.

Berikutnya bagaimana jadwal pelaksanaan AN untuk 2022, nah ini berlaku jika Sedulur sudah melengkapi semua data-data yang ada. Nah seperti apa jadwal pelaksanaan untuk AN ini, yuk simak dan pahami penjelasan di bawah ini.

  • 14-15 Maret 2022: Sikroninasi gladi bersih AN susulan khusus untuk moda semionline
  • 16-17 Maret 2022: Gladi bersih AN susulan
  • 19-20 Maret 2022: Sinkronisasi pelaksanaan AN susulan khusus untuk moda semionline
  • 21-24 Maret 2022: Pelaksanaan AN Susulan

BACA JUGA: Jawaban Soal SD, Fungsi Pergelangan Tangan Bagi Tubuh

Contoh soal

Pembelajaran berbasis komputer
Kompasiana

Berikutnya mengenai bagaimana soal-soal untuk ANBK 2022. Ya, semuanya dibedakan menjadi empat  tahap. Mulai dari ANBK SD sampai dengan pelaksanaan tingkat SMA. Penasaran seperti apa contoh soal ANBK, yuk simak beberapa soal ini.

  • Cermati potongan bait puisi berikut!

Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.
Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,
tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.
Kita mesti keluar ke jalan raya,
keluar ke desa-desa,
mencatat sendiri semua gejala,
dan menghayati persoalan yang nyata.

Menurutmu, apa maksud larik-larik dalam puisi tersebut?

a. Keputusan untuk mengambil langkah

b. Keinginan untuk terus bertahan

c. Kemauan untuk bekerja keras

d. Keputusasaan terhadap keadaan

e. Ketidakinginan untuk berubah 

  • Cermati cerita di bawah ini.

Bantu Ibunya Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Unik

Kasih sayang seorang ibu kepada anak tidak akan ada habisnya. Sudah seharusnya seorang anak dapat membantu meringankan beban orang tuanya. Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang anak yang membantu ibunya berjualan dengan cara unik.

Ialah Agung Budi Wibowo (18), pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah. Ibu dari Agung Budi Wibowo sudah cukup lama berjualan telur dadar mini. Sayangnya, sang ibu, Praptining Utami (55), memiliki gangguan penglihatan, sehingga tak bisa berjualan dengan cekatan. Agung akhirnya berusaha mencari ide solusi dan inovasi, agar dapat membantu sang Ibu berjualan.

Oleh karena Agung adalah lulusan SMK Jurusan Teknik Kendaraan, Agung memiliki ide untuk menciptakan robot pembuat telur dadar mini. Ia kemudian belajar dari tayangan YouTube mengenai cara membuat robot. Pemuda ini mempelajarinya seorang diri dengan tekun.

Modal yang dikeluarkan Agung dalam membuat robot itu sebesar Rp1,5 juta. Agung membuat robot tersebut dengan bahan baku dari lingkungan sekitarnya, yaitu dari beberapa suku cadang motor, suku cadang pompa air, dan alat pengatur untuk mengatur robot itu sendiri. Bahan baku tersebut dirangkai dan dirakit sehingga tercipta sebuah robot yang dinamai Egg Filling Robot.

Setelah Agung membuatkan robot untuk membantu ibunya berjualan, ibunya mengaku sangat terbantu. Pekerjaannya yang sebelumnya sulit karena terkendala masalah penglihatan, sekarang menjadi mudah. Omzet penjualannya sekarang naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, banyak anak-anak yang membeli telur dadar mini tersebut karena sangat antusias melihat aksi robot yang mengisi adonan telur.

Setelah kamu membaca wacana tersebut, bukti yang menunjukkan bahwa Agung sangat menyayangi ibunya adalah …

a. Agung belajar dengan baik cara membuat robot di sekolahnya.

b. Agung sangat antusias mempelajari usaha berjualan telur dadar mini.

c. Agung berhasil menaikkan omzet penjualan telur dadar mini di lingkungannya.

d. Agung membuatkan robot untuk memudahkan ibunya bekerja.

e. Agung meminta modal kepada ibunya untuk membuat robot untuk membantu ibunya.

Demikian ulasan mengenai ANBK mulai dari pengertian, tujuan, link pendaftaran hingga kumpulan soal untuk latihan. Semoga ulasan ini membuat Sedulur lebih siap menjalankan ujian asesmen nasional 2022.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.