Saat ada panggilan interview, bingung harus belajar dari mana? Apa aja yang harus disiapkan? Dan masih banyak kebingungan lainnya soal interview.

Nggak perlu khawatir! Kali ini, Aplikasi Super akan memberikan formula jitu menghadapi interview agar berjalan mulus. Apa saja sih tipsnya? Yuk simak tips berikut ini.

1. Gali informasi tentang perusahaan yang dilamar

Life at Super
Unsplash

Saat mendapat panggilan wawancara kerja dari sebuah perusahaan, Sedulur harus menggali secara mendalam informasi tentang company tersebut dan role apa yang Sedulur minati. Jangan sampai saat melakukan wawancara kerja, Sedulur tak mengerti apapun tentang company yang dituju.

Informasi yang Sedulur miliki sangatlah penting bagi HR untuk menilai seberapa besar niat Sedulur untuk melamar di sebuah company. Jika tidak berusaha mencari tahu tentang hal tersebut, bisa mengurangi penilaian terhadap Sedulur.

-->

2. Berpakaian rapi

Life at Super
Unsplash

Penampilan adalah kunci saat Sedulur melalukan wawancara kerja. Tak perlu mengenakan pakaian yang mahal, tetapi cukup berpenampilan rapi dan nyaman dilihat. Selain itu, sesuaikan juga gaya berpakaian Sedulur dengan company yang akan dituju. Apakah company tersebut memiliki kultur berpakaian yang resmi atau santai tapi rapi.

3. Tiba di lokasi lebih awal

Unsplash

Jangan merusak kesan pertama pewawancara kepada Sedulur karena datang terlambat. Pastikan Sedulur datang tepat waktu saat akan menghadiri wawancara kerja. Lebih baik lagi jika Sedulur datang lebih awal sekitar 30 menit sebelumnya.

4. Bangun komunikasi dengan baik

Unsplash

Selama sesi tanya jawab dengan HR, Sedulur harus bisa membangun komunikasi yang baik. Jawab pertanyaan yang diajukan HR dengan jelas, padat, namun berisi. Selain itu, pertahankan tone suara secara stabil, jangan terlalu tinggi namun jangan pula terlalu rendah.

Terakhir, namun tak kalah penting, Sedulur juga harus berani memberikan jawaban yang percaya diri. Agar HR juga tidak meragukan kemampuan Sedulur.

5. Siapkan pertanyaan tentang company dan role yang ditawarkan

Unsplash

Setelah selesai sesi wawancara, HR biasanya akan menawarkan kepada Sedulur untuk bertanya tentang company dan pertanyaan terkait lainnya. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menanyakan apapun yang Sedulur ingin ketahui tentang perusahaan. Kesempatan ini juga bisa Sedulur gunakan untuk bertanya mengenai job desk apa saja yang akan diberikan jika Sedulur bekerja di perusahaan tersebut.

Sudah siap untuk melakukan wawancara kerja? Pastikan Sedulur juga sudah menyiapkan secara matang apa saja yang dibutuhkan sebelum menghadiri interview kerja ya. Dan jangan ragu untuk memulai karier bersama Aplikasi Super, cek peluang karier di sini.