urutan nonton tokyo ghoul

Tokyo Ghoul menjadi salah satu serial anime yang memiliki banyak penggemar, khususnya di Indonesia. Tidak hanya anime lovers sejati, banyak orang yang tidak terlalu suka anime, namun menyukai anime yang satu ini. Jika Sedulur ingin menontonnya, pastikan tahu urutan nonton Tokyo Ghoul terlebih dahulu, ya!

Tokyo Ghoul sendiri menghadirkan cerita tentang konflik antara manusia dengan ghoul, makhluk gaib pemakan manusia. Tentu saja anime Jepang ini menampilkan banyak adegan pertarungan berdarah dan juga mengangkat cerita mengenai isu sosial.

Mendapat respons fenomenal sejak pertama kali dirilis, kini Tokyo Ghoul telah memiliki beberapa seri. Nah bagi yang bingung dan ingin nonton Tokyo Ghoul dari awal cerita, langsung saja simak urutan nonton tokyo ghoul yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Urutan Nonton Fire Force (Enen no Shouboutai), Jangan Salah!

1. Tokyo Ghoul: Jack (OVA 2015)

urutan nonton tokyo ghoul
IMDb
  • Judul            : Tokyo Ghoul: Jack
  • Tahun Perilisan  : 2015
  • Produksi       : Studio Pierrot
  • Genre           : Action, Supernatural, Horror, School, Drama, Seinen
  • Sutradara      : Shouchi Shimada
  • Karakter        : Kishou Arima, Taishi Fura, Uruka Minami
  • Pengisi Suara : Daisuke Namikawa, Ryouhei Kimura, Saori Hayami,
  • Jumlah Episode        : 1

Sinopsis Tokyo Ghoul: Jack

Urutan nonton Tokyo Ghoul yang pertama adalah Tokyo Ghoul: Jack. Bisa dibilang jika Tokyo Ghoul: Jack adalah OVA yang menceritakan kisah masa lalu dari karakter Kishou Arima, yang kemudian menjadi salah satu karakter utama dalam seri Tokyo Ghoul.

Nah, Tokyo Ghoul: Jack mengambil latar waktu sebelum peristiwa utama dalam seri Tokyo Ghoul. Anime yang satu ini berfokus pada kisah Kishou Arima dan Taishi Fura, dua siswa di Akademi CCG (Commission of Counter Ghoul).

Mereka berdua terlibat di dalam penyelidikan atas kasus pembunuhan brutal yang diyakini melibatkan Ghoul, yakni makhluk kanibal yang memakan manusia. Ketika Fura mencoba menyelidiki kasus tersebut, dia bermitra dengan Arima, seorang siswa yang sangat terampil dan juga memiliki sifat yang misterius.

Selama penyelidikan yang dilakukan, mereka berdua menemui jejak-jejak dari Ghoul yang kuat dan juga mematikan. Ghoul tersebut kemudian dikenal sebagai “Kurona” dan “Nashiro”.

Arima dengan keterampilan tempurnya yang luar biasa, dan Fura yang selalu berusaha untuk membuktikan bahwa dirinya layak menjadi anggota CCG, berjuang melawan ancaman dari para Ghoul yang semakin mengganas.

Ya, Tokyo Ghoul: Jack ini memberikan wawasan yang mendalam tentang masa lalu dari Arima dan juga pengalamannya dalam melawan Ghoul. OVA ini menyuguhkan aksi yang intens dan pengembangan karakter yang mendetail.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengetahui beberapa rahasia yang menjadi cikal bakal peristiwa utama dalam dunia Tokyo Ghoul melalui Tokyo Ghoul: Jack.

2. Tokyo Ghoul: Pinto (OVA 2015)

  • Judul            : Tokyo Ghoul: Pinto
  • Tahun Perilisan  : 2015
  • Produksi       : Studio Pierrot
  • Genre           : Drama, Action, Mystery, Horror, Supernatural, Psychological
  • Sutradara      : Tadahito Matsubayashi
  • Karakter        : Chie Hori, Shuu Tsukiyama
  • Pengisi Suara : Megumi Han, Mamoru Miyano
  • Jumlah Episode        : 1

Sinopsis Tokyo Ghoul: Pinto

Tokyo Ghoul: Pinto adalah seri Tokyo Ghoul yang berfokus pada karakter Shuu Tsukiyama. OVA ini juga mengisi beberapa kekosongan yang ada di dalam narasi utama Tokyo Ghoul.

Nah, jadi Pinto mengisahkan kisah di antara peristiwa yang terjadi pada Tokyo Ghoul dan Tokyo Ghoul A. OVA yang satu ini lebih berpusat pada karakter Shuu Tsukiyama, yang dikenal sebagai Gourmet karena kecenderungannya dalam memburu serta menikmati rasa dari manusia Ghoul yang langka.

Suatu ketika, Shuu Tsukiyama bertemu dengan Chie Hori, seorang fotografer muda yang tertarik dengan misteri di balik Gourmet dan juga dunia Ghoul. Salah satu hal yang membuat Tsukiyama tertarik pada Chie, yakni karena dia mempunyai aroma yang unik dan menggoda.

Pada saat Tsukiyama memutuskan untuk memburu dan menikmati rasa unik dari Chie, hubungan di antara mereka berdua pun semakin berkembang. Kemudian Tsukiyama akhirnya mulai membuka diri tentang kehidupannya yang penuh dengan teka-teki dan pertanyaan.

Tokyo Ghoul: Pinto memang memberikan pandangan yang lebih mendalam mengenai karakter Tsukiyama dan latar belakangnya. OVA ini juga mengeksplorasi tema-tema seperti hasrat, kesepian, dan juga perubahan pada diri Tsukiyama.

Meskipun lebih fokus pada aspek karakter, Tokyo Ghoul: Pinto tetap menyajikan atmosfer yang gelap dan misterius khas dari dunia Tokyo Ghoul itu sendiri.

 3. Tokyo Ghoul Season 1 (2014)

  • Judul            : Tokyo Ghoul
  • Tahun Rilis    : 2014
  • Produksi       : Marvelous AQL, Shueisha, TC Entertainment
  • Genre           : Mystery, Action, Psychological, Horror, Drama, Supernatural, Seinen
  • Sutradara      : Shuuhei Morita
  • Karakter        : Ken Kaneki, Touka Kirishima
  • Pengisi Suara : Yurie Kobori, Sora Amamiya
  • Jumlah Episode        : 12

Sinopsis Tokyo Ghoul Season 1

Jika sudah menonton dua seri yang sebelumnya, baru Sedulur bisa masuk Tokyo Ghoul Season 1. Berlatar cerita di Tokyo, muncul makhluk misterius yang dikenal sebagai Ghoul. Ghoul adalah makhluk mitologi gaib yang memakan manusia.

Sementara itu seorang mahasiswa biasa yang bernama Kaneki Ken, tanpa sengaja bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rize Kamishiro. Pada awalnya Ken dan Rize berhubungan layaknya teman biasanya yang cukup akrab.

Akan tetapi, pertemanan mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika Ken tahu jika Rize ternyata adalah seorang Ghoul yang haus akan darah manusia. Kaneki pun langsung diserang oleh Rize. Namun dalam upaya untuk menyelamatkan diri, dia selamat dari serangan tersebut.

Hal ini karena Rize terbubuh setelah terkena benda tumpul. Namun sebagai akibatnya, Kaneki yang selamat mengalami kini transformasi menjadi setengah Ghoul dan setengah manusia.

Semenjak saat itu, Kaneki pun kini hidup di dalam konflik batin antara dua dunia. Dia mencoba beradaptasi dengan kehidupan barunya yakni menjadi setengah Ghoul dan setengah manusia. Kaneki harus terus belajar untuk mengendalikan keinginan darah Ghoulnya.

Dia juga harus terus menyembunyikan identitas aslinya dari teman-teman manusianya. Seiring berjalannya waktu, Kaneki terlibat di dalam konflik antara Ghoul dan CCG (Commission of Counter Ghoul), organisasi yang didedikasikan untuk memberantas para Ghoul.

Pertempuran antara manusia dan Ghoul pun semakin memanas dan menjadi-jadi. Kaneki harus menavigasi dunia yang menjadi semakin rumit, sembari mencari jawaban mengenai keanehan yang dia alami saat ini.

Di samping itu, konspirasi dan pertempuran memuncak membawa Kaneki pada pengembaraan gelap di dalam dan di luar dirinya sendiri.

Nah, Tokyo Ghoul Season 1 ini benar-benar menghadirkan atmosfer gelap, pertempuran yang mendebarkan, dan juga pertanyaan filosofis mengenai identitas serta eksistensi.

BACA JUGA: 5 Fakta Film Hunger Games Terbaru: The Ballad of Songbirds and Snakes

4. Tokyo Ghoul A (2015)

Spiel Anime
  • Judul            : Tokyo Ghoul A
  • Tahun Perilisan  : 2015
  • Produksi       : Marvelous AQL, Shueisha
  • Genre           : Mystery, Action, Psychological, Horror, Drama, Supernatural, Seinen
  • Sutradara      : Shuuhei Morita
  • Karakter        : Ken Kaneki, Touka Kirishima
  • Pengisi Suara : Natsuki Hanae, Sora Amamiya
  • Jumlah Episode        : 12

Sinopsis Tokyo Ghoul A (2017)

Urutan nonton Tokyo Ghoul yang berikutnya adalah Tokyo Ghoul A alias Season 2. Jadi, setelah peristiwa dramatis yang terjadi di akhir musim pertama, Kaneki Ken kini sudah bisa menerima identitas setengan Ghoul dan setengah manusianya.

Kemudian dia memilih untuk tidak bergabung dengan salah satu faksi yang terlibat dalam pertempuran, baik itu Ghoul maupun CCG. Sebaliknya, dia justru bergabung dengan Aogiri Tree, kelompok Ghoul ekstremis yang memiliki tujuan untuk mencari perubahan besar di dalam dunia mereka.

Seiring dengan pergeseran loyalitas dari Kaneki, konflik yang terjadi antara Ghoul dan CCG pun semakin intens. Tokoh-tokoh baru juga banyak yang hadir, aliansi terbentuk dan hancur seiring dengan berjalannya cerita.

Masing-masing karakter baik itu dari manusia maupun Ghoul, mempunyai motivasi dan tujuan mereka sendiri. Hal ini menciptakan ketidakpastian serta konflik yang terus saja meningkat.

Akan tetapi di balik konflik secara fisik, ternyata ada rahasia dan intrik yang lebih dalam terkait dengan asal-usul dari Ghoul dan juga eksperimen yang tersembunyi di balik layar.

Dengan kekuatannya yang semakin berkembang, Kaneki pun berusaha mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang selama ini terus saja membebani pikirannya.

Bisa dibilang jika Tokyo Ghoul A ini menyajikan porsi aksi yang lebih intens, pertempuran yang lebih sengit, dan juga cerita penuh dengan ketegangan. Keseimbangan yang ada di antara manusia dan Ghoul semakin terguncang,

Hal itu membawa cerita dalam seri ini menuju puncak dramatis yang benar-benar mengguncang penonton. Selain itu, musim kedua ini masih tetap mempertahankan atmosfer yang gelap dan filosofis yang telah menjadi ciri khas tersendiri dari seri Tokyo Ghoul.

5. Tokyo Ghoul:re (2018)

  • Judul            : Tokyo Ghoul:re
  • Tahun Perilisan  : 2018
  • Produksi       : Marvelous, TC Entertainment
  • Genre           : Psychological, Action, Mystery, Supernatural, Horror, Drama, Seinen
  • Sutradara      : Odahiro Watanabe
  • Karakter        : Haise Sasake, Ken Kaneki, Kuki Urie, Saiko Yonebayashi, Ginshi Shirazu, Tooru Mutsuki
  • Pengisi Suara : Ayane Sakura, Natsuki Hanae, Natsumi Fujiwara, Kaito Ishikawa, Yuuma Uchida
  • Jumlah Episode        : 12

Sinopsis Tokyo Ghoul:re

Setelah kejadian yang mengguncang Kota Tokyo dalam seri yang sebelumnya yakni Tokyo Ghoul A, dunia masih dihadapkan pada konflik antara manusia dan Ghoul. Akan tetapi, kini mereka berada di periode Tokyo Ghoul:re, di mana CCG (Commission of Counter Ghoul) meluncurkan divisi baru.

Divisi khusus tersebut bernama Quinx Squad, yang terdiri dari manusia yang sudah dimodifikasi secara genetik dengan kemampuan dan kekuatan khas Ghoul. Akan tetapi, mereka masih mempertahankan sifat manusiawi yang dimiliki, sehingga tidak menjadi pemakan manusia layaknya Ghoul.

Kembali ke Tokyo yang masih dipenuhi dengan ancaman Ghoul, ketegangan antara kelompok manusia dengan para Ghoul pun kini semakin meruncing. Di tengah-tengah konflik yang terjadi ini, Haise Sasaki yang merupakan pemimpin Quinx Squad, menderita amnesia.

Dia benar-benar tidak bisa mengingat masa lalunya, dan sifatnya perlahan berbuah menjadi seperti Ghoul. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ingatannya mulai kembali. Tidak hanya sampai disitu, dia harus menghadapi rahasia yang terkubur di dalam dirinya sendiri.

Pertempuran melibatkan antara organisasi rahasia dan munculnya para Ghoul kuat, berhasil menciptakan kekacauan di antara kedua belah pihak. Dengan identitas lamanya sebagai Kaneki Ken, Haise Sasaki harus mencari jawaban di tengah konflik yang lebih besar.

Nah, Tokyo Ghoul:re ini membawa para penonton ke dalam alur cerita yang lebih kompleks dengan karakter-karakter baru. Tentu saja setiap karakter baru tersebut memainkan peran penting dalam memutuskan nasib dari Kota Tokyo.

Musim ketiga ini masih tetap mempertahankan nuansa yang gelap, pertempuran sengit, dan juga tema-tema filosofis yang telah menjadi ciri khas seri Tokyo Ghoul sejak pertama kali dirilis.

6. Tokyo Ghoul: re 2nd Season (2018)

  • Judul            : Tokyo Ghoul: re 2nd Season
  • Tahun Perilisan  : 2018
  • Genre           : Drama, Action, Mystery, Horror, Seinen, Psychological, Supernatural
  • Produksi       : TC Entertainment, Marvelous, Shueisha
  • Sutradara      : Odahiro Watanabe
  • Karakter        : Haise Sasaki, Ken Kaneki, Kuki Urie, Saiko Yonebayashi, Tooru Mutsuki
  • Pengisi Suara : Ayane Sakura, Natsuki Hanae, Natsumi Fujiwara, Kaito Ishikawa
  • Jumlah Episode        : 12

Sinopsis Tokyo Ghoul: re 2nd Season

Tokyo Ghoul:re 2nd Season merupakan sekuel dari musim ketiga, yang melanjutkan cerita dari seri Tokyo Ghoul:re. Di musim keempat ini, menceritakan kejadian setelah peristiwa dramatis di musim yang sebelumnya.

Konflik antara manusia dan Ghoul masih terjadi dan bahkan semakin memanas. Organisasi-organisasi rahasia yang mengendalikan dunia Tokyo Ghoul mulai mengungkap berbagai rencana rahasia yang selama ini tersembunyi.

Haise Sasaki yang sebelumnya adalah Kaneki Ken, masih mencoba menghadapi identitas gandan dan mengatasi konflik internalnya sendiri. Sementara itu, organisasi CCG (Commission of Counter Ghoul) dan pasukan Ghoul bersiap untuk pertempuran besar yang akan mengubah nasib kota.

Konspirasi dan rahasia-rahasia yang ada di masa lalu kini sudah semakin jelas. Karakter-karakter kunci yang ada di dalam seri harus menghadapi pilihan sulit dalam perjalanan mereka. Pertempuran yang sangat sengit antara Ghoul dan CCG kini telah mencapai puncaknya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat manusia dan monster kini semakin berkembang. Apakah manusia pada akhirnya bisa memenangkan pertempuran besar melawan para Ghoul? Atau justru sebaliknya? Langsung saja saksikan Tokyo Ghoul: re 2nd Season.

Ya, bisa dibilang jika Tokyo Ghoul:re 2nd Season ini menyajikan penyelesaian untuk kisah yang telah berlangsung sejak lama. OVA ini akan memberikan jawaban atas berbagai macam misteri yang telah membingungkan para penonton sepanjang seri ini.

Dengan suasana yang gelap, pertempuran memukau, dan juga penuh dengan ketegangan, musim ini tetap mempertahankan esensi yang telah membuat Tokyo Ghoul menjadi salah satu cerita yang unik dan berkesan di dunia anime hingga saat ini.

7. Tokyo Ghoul Live-Action (2017)

Tokyo ghoul
IMDb

Sebenarnya untuk yang satu ini tidak masuk ke dalam urutan nonton Tokyo Ghoul. Sesuai dengan judulnya, film ini adalah versi live-action dari anime Tokyo Ghoul yang dirilis pada tahun 2017.

Alur cerita dari film ini hampir sama seperti anime Tokyo Ghoul season 1, yang mana mengikuti kisah Kaneki Ken. Setelah berkencan dengan seorang gadis bernama Rize Kamishiro, Kaneki langsung diserang olehnya dan diselamatkan oleh konstruksi bangunan yang runtuh.

Kaneki selamat dari serangan dengan beberapa organ dari Rize yang menyatu dengannya berkat transplantasi organ darurat. Hal itu membuatnya berubah menjadi setengah Ghoul dan setengah manusia. Kaneki harus belajar beradaptasi sebagai Ghoul sambil menyembunyikan identitasnya.

Di tengah konflik antara Ghoul dan penyelidikan CCG (Commission of Counter Ghoul), Kaneki menemukan dirinya terjebak di antara dua pihak yang saling bermusuhan. Kemudian dia bertemu dengan Ghouls lain yang membantunya memahami kehidupan barunya, sambil menyelidiki rahasia di balik keberadaan Ghoul.

Itu dia urutan nonton Tokyo Ghoul yang perlu Sedulur ketahui jika ingin menonton serial Tokyo Ghoul dari awal sampai akhir. Silahkan tonton serial tersebut sesuai dengan urutan yang telah dijelaskan, mulai dari Tokyo Ghoul: Jack sampai Tokyo Ghoul:re 2nd.

Jika sudah menonton rangkaian anime tersebut, baru Sedulur bisa menonton versi live-actionnya. Ya, sebagai penggemar sejati, tentu saja rasanya tidak lengkap jika belum menyaksikan versi live-action dari Tokyo Ghoul, bukan?