urutan nonton steins gate

Steins Gate menjadi salah satu anime populer yang masih banyak digemari sampai saat ini. Ya, serial anime perjalanan waktu yang sangat komplit tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan karena plot twist yang tidak main-main, sampai banyak yang mencari urutan nonton Steins Gate.

Plot twist yang dihadirkan mampu main memancing para penonton untuk terus dibuat penasaran mengenai tindakan dan kejadian yang terjadi selanjutnya. Selain itu, banyaknya episode dan perubahan sekuel juga turut membuat penonton bingung saat menontonnya.

Mereka bertanya-tanya, mengapa kejadiannya seperti ini dan juga apa yang akan terjadi. Tentu sangat menjengkelkan, ketika kita sudah menonton seri anime tapi masih ada saja pertanyaan yang muncul. Nah, bagi yang mengalami kebingungan, berikut akan dibeberkan urutan nonton steins gate terbaik!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Anime Movie Romance Terbaik, Wajib Ditonton!

Urutan Nonton Steins Gate Versi Pertama

CBR

Jadi bisa dibilang jika ada dua versi untuk nonton Steins Gate sesuai dengan urutannya. Untuk versi yang pertama ini, cocok untuk Sedulur yang ingin menyaksikan Steins Gate secara lengkap. Langsung saja, berikut ini urutan nonton Steins Gate versi pertama.

1. Steins Gate Episode 1-22

Pertama-tama, Sedulur dapat menonton Steins Gate episode 1 sampai dengan episode 22 dulu. Dalam rangkaian episode ini, para penonton akan dikenalkan dengan karakter utama beserta penjelasan mengenai berbagai permasalahan inti yang terjadi.

Sedulur dapat menyimpan dulu dua episode terakhir, agar bisa lebih paham dengan alurnya karena. Hal ini karena episode 23 dan episode 24 akan membawa penonton ke dalam rangkaian cerita yang sudah berubah dan berbeda.

2. Episode 23: Open the Missing Link

Setelah Steins Gate episode 1 sampai episode 22 selesai ditonton, Sedulur dapat langsung beralih ke Steins Gate: 23β Open the Missing Link. Walaupun hanya ada satu episode saja, namun anime yang satu ini akan memberikan Sedulur sedikit penjelasan tentang episode 23.

Selain itu, akan dijelaskan pula awal mula permasalahan dari Steins Gate 0. Oleh sebab itu, pastikan Sedulur tidak melewatkan bagian yang satu ini, ya!

3. Lanjut Steins Gate 0

Berikutnya Sedulur dapat menonton Stein; Gate 0. Ketika menonton bagian ini, para penonton akan dibawa menuju timeline baru yang menjelaskan apa saja yang terjadi di antara episode 1 sampai episode 22, dengan episode 23 dan episode 24 secara merinci.

Dengan kata lain, Sedulur akan menemukan penyebab utama yang terjadi dalam series utama Steins Gate.

4. Setelah selesai, tonton Steins Gate episode 24

Setelah menonton ketiga bagian yang sebelumnya, sekarang Sedulur dapat menyelesaikan dua episode yang terakhir dari series utama Steins Gate. Dalam episode ini, akan ditampilkan klimaks dari seluruh cerita yang ada pada Steins Gate.

Oleh karena itu, akan sangat mudah bagi Sedulur untuk memahami cerita jika episode 23 dan episode 24 tidak ditonton secara langsung setelah episode 1 sampai episode 22.

5. Steins Gate: Oukoubakko no Poriomania

Kini Sedulur sudah menyelesaikan series utama dari Steins Gate. Ini waktunya untuk mengetahui apa yang terjadi usai peristiwa tersebut. Steins Gate: Oukoubakko no Poriomania merupakan episode spesial dari seluruh cerita yang sudah dihadirkan.

Dalam film ini, Rintarou Okabe dan teman-temannya akan dimintai penjelasan tentang peristiwa di Steins Gate oleh Kurisu Makise.

6. Steins Gate Movie: Fuka Ryouiki no Déjà vu

Terakhir, Sedulur dapat menyaksikan Steins Gate Movie: Fuka Ryouiki no Déjà vu. Di sini, penonton akan diperlihatkan efek yang ditimbulkan dari perjalanan Rintarou Okabe ketika melakukan time travel. Di saat bersamaan, Kurisu Makise juga harus membuat keputusan dengan pilihan yang sangat sulit.

BACA JUGA: 15 Film Komedi Jepang yang Kocak Banget dan Buat Mood Naik

Urutan Nonton Steins Gate Versi Kedua

urutan nonton steins gate
Cultured Vulture

Untuk urutan nonton Steins Gate versi yang kedua ini, sepertinya lebih cocok bagi Sedulur yang ingin segera menyelesaikan cerita. Dalam artian, tidak ingin anime yang ditonton terkesan bertele-tele dan memakan banyak waktu. Langsung saja, berikut ini versi keduanya.

1. Tonton Steins Gate episode 1-22

Sama seperti versi pertama, Sedulur dapat mulai menonton Steins Gate dari episode 1 hingga episode 22 dulu. Hal ini dilakukan agar bisa mengenai karakter utama dan juga penjelasan mengenai berbagai permasalahan inti yang terjadi.

2. Lanjutkan menonton Steins Gate episode 23-24

Setelah itu, bisa langsung lanjut ke dua episode yang terakhir, yakni episode 23 dan episode 24. Ya, kedua episode tersebut menceritakan klimaks dari seluruh cerita yang ada pada Steins Gate. Walaupun masih ada sedikit pertanyaan, namun cerita kedua bagian tersebut tetap saling berkaitan.

3. Langsung ke Steins Gate: Oukoubakko no Poriomania

Jika 24 episode dari Steins Gate sudah ditonton, bisa lanjut ke Steins Gate: Oukoubakko no Poriomania. Bagian ini menjadi penyelesaian dari series yang sebelumnya. Penonton akan dijelaskan mengenai apa yang terjadi setelah peristiwa yang ada di series utama.

4. Terakhir Steins Gate Movie: Fuka Ryouiki no Déjà vu

Nah, versi dua ini juga ditutup dengan Steins Gate Movie: Fuka Ryouiki no Déjà vu. Bagian dimana penonton akan diperlihatkan efek yang terjadi karena perjalanan Rintarou Okabe telah melakukan time travel. Keputusan di antara pilihan yang sangat sulit pun juga harus diambil oleh Kurisu Makise.

Begitulah urutan nonton Steins Gate yang bisa diikuti. Sedulur bebas mau memilih versi pertama maupun kedua, sesuai dengan keinginan. Versi yang kedua memang melewatkan Steins Gate 0, karena memang seperti itu jalan cerita terbaik yang dihadirkan.

Akan tetapi, jika ingin menonton seluruh serial dan film Steins Gate, maka direkomendasikan untuk mengikuti urutan nonton Steins Gate versi pertama. Dengan versi yang pertama ini, dijamin tidak akan ada lagi kebingungan akan series anime tersebut!